sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

MUDAH! Cara Mengirim Barang Lewat JNE (Cocok Untuk Pemula)

cara mengirim barang lewat jne

Cara Mengirim Barang Lewat JNE – Kemudahan mengirimkan barang sudah semakin mudah dewasa ini. Hal ini bukan hanya karena sarana dan prasarana transportasi yang selalu diperbaiki, tetapi juga menjamurnya jasa ekspedisi.

Agar bisa sampai tujuan, tentu dibutuhkan cara mengirim barang lewat JNE yang tepat.

Sayangnya, masih ada sebagian orang yang masih bingung tentang langkah mengirim barang yang baik dan benar. Hal ini umumnya terjadi pada para pemula.

Seringkali, karena pemahaman yang kurang, terjadi kesalahpahaman antara pengirim, kurir maupun penerima.

Untuk menghindari hal tersebut, maka sebaiknya memahami urutan yang benar dalam proses pengiriman barang.

7 Cara Mengirim Barang Lewat JNE Sampai Tujuan Tepat Waktu

Berikut tujuh langkah mudah cara mengirim barang lewat JNE agar tepat waktu dan alamat tujuan.

1. Cek Berat dan Ongkos Kirim

Sebelum mengirim lewat cara kirim barang lewat JNE ke luar pulau, luar kota maupun ke dalam kota, pastikan dahulu berat dari barang yang akan dikirim.

Sebab, umumnya jasa ekspedisi semacam JNE menggunakan patokan berat untuk ongkos kirim, selain juga memikirkan masalah jarak.

Jadi, semakin berat barang yang akan dikirim, semakin besar pula ongkos yang harus ditanggung. Selain itu, harga untuk pengiriman dalam kota tentu berbeda dengan luar kota maupun luar pulau. Jenis pengiriman juga berpengaruh terhadap harga.

Misalnya, Anda memilih jenis pengiriman JNE Oke dengan tujuan Jakarta dari Kota Solo. Maka ongkos kirim yang harus Anda bayar adalah Rp 13 ribu per kg.

Jadi, jika Anda mengirim barang seberat 2 kg, maka ongkos yang harus Anda bayar adalah 2 x 13 ribu, yaitu sebesar Rp 26 ribu.

Untuk bisa melihat ongkos kirim, Anda bisa melihat lewat situs resmi JNE atau aplikasi yang memang khusus menghitung ongkos kirim dari berbagai jasa ekspedisi.

Hal ini penting, terutama bagi Anda yang berniaga. Jangan sampai rugi karena salah memperhitungkan ongkos kirim.

2. Kemas Paket

Langkah selanjutnya yang harus diperhatikan adalah pengemasan paket. Hal ini penting diperhatikan agar cara mengirim barang lewat JNE bisa tepat tujuan dan barang sampai dalam keadaan baik. Untuk pengiriman darat, hampir semua barang bisa dikirimkan.

Namun ada beberapa jenis barang yang dilarang untuk dikirimkan, misalnya binatang hidup, cairan berbahaya dan jenis barang lain, sesuai ketentuan ekspedisi.Jika

Anda hendak mengirimkan barang cair, perhatikan juga cara kirim barang cair lewat JNE. Sebab, tentu barang cair memiliki tingkat kerawanan yang lebih tinggi dibandingkan dengan barang padat. Maka untuk mengemasnya, Anda perlu memberikan perlindungan ekstra.

Misalnya jika Anda ingin mengirimkan sirup dengan botol kaca, maka pastikan Anda melapisi tiap botol dengan bubble wrap sebelum disusun ke dalam kardus tebal.

Selain itu, jika tidak ada bubble wrap, Anda dapat menggunakan kertas bekas. Lapiskan kertas tersebut setebal mungkin untuk menghindarkan botol dari benturan.

Jika Anda mempunyai stiker khusus yang bertuliskan “Awas Barang Pecah Belah” atau “Fragile” dan semacamnya, ada baiknya Anda menempelkannya pula ke sekeliling kardus. Hal ini agar kurir bisa lebih berhati-hati saat memperlakukan paket Anda.

3. Tulis Alamat

Cara mengirim barang lewat JNE selanjutnya yang harus diperhatikan adalah tentang penulisan alamat. Terkadang banyak pengirim barang yang abai terhadap hal kecil semacam ini.

Padahal, jika kurang lengkap dalam menulis alamat, maka paket bisa salah sasaran dan bahkan tidak sampai tujuan. Alamat tujuan harus ditulis selengkap mungkin.

Bukan hanya nama jalan dan nomor saja, jika ada kecamatan dan kelurahan pun sebaiknya disertakan.

Bahkan jika perlu, tuliskan juga penanda yang bisa dilihat dengan jelas. Misalnya, jika rumah penerima dekat dengan kantor pos, kelurahan, sekolah atau penanda lainnya.

Bisa juga menyertakan keunikan yang dimiliki rumah, misalnya cat berwarna hijau botol, terdapat patung hewan dan lain sebagainya.

Selain itu, cara tulis alamat kirim barang lewat JNE yang benar juga harus menyertakan nomor telepon dari penerima paket.

Hal ini bertujuan untuk mempermudah kurir apabila kesulitan menemukan alamat yang dimaksud, atau kejadian lainnya.

4. Datang ke Kantor JNE Terdekat

Setelah semua paket siap, maka cara mengirim barang lewat JNE selanjutnya adalah mendatangi kantor JNE terdekat. Hal ini tentu bukan perkara sulit.

Sebab, sebagai salah satu jasa ekspedisi ternama, JNE memiliki ribuan kantor cabang dan mitra yang ada di berbagai daerah.

Bagi mereka yang sudah sering mengirim barang, serta dalam jumlah yang besar, terkadang JNE juga menyediakan jasa penjemputan paket.

Syarat dan ketentuannya berbeda tergantung dari kesepakatan yang disetujui oleh kedua belah pihak.

Jika Anda masih baru dalam hal berkirim barang lewat jasa ekspedisi, jangan ragu untuk bertanya. Anda akan dibantu untuk masalah pengiriman barang lewat petugas yang mencatat pengiriman.

Jangan lupa untuk meminta resi jika sudah selesai dan membayar ongkos kirim.

5. Pilih Jenis Layanan

Tata cara kirim barang lewat JNE yang tidak boleh terlewatkan adalah memilih jenis layanan. Seperti yang sudah disebutkan di atas, ada beberapa macam layanan yang disediakan oleh JNE. Setiap layanan memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing.

Untuk kategori yang paling murah terdapat JNE Oke, namun estimasi barang ke tempat tujuan bisa lebih lama dibandingkan paket yang lain.

Setelah itu, ada JNE REG yang merupakan layanan menengah, baik dalam urusan harga maupun estimasi kedatangan barang.

Sedangkan yang tercepat dan termahal ada JNE YES, yang memiliki slogan Yakin Esok Sampai, atau satu hari pengiriman. Selain layanan tersebut, terdapat pula beberapa layanan lain, seperti JRT dan POPBOX.

Pilih layanan yang sesuai dengan kebutuhan Anda. Jika paket tersebut adalah milik pembeli, maka serahkan keputusan pemilihan jenis layanan kepada pelanggan Anda.

Setelah selesai memilih jenis layanan serta konfirmasi kebenaran data, maka resi akan dicetak dan Anda tinggal membayar biaya kirim.

6. Cek Status Pengiriman

Resi yang dimaksudkan di atas bukan hanya berguna sebagai alat bukti pembayaran dalam cara mengirim barang lewat JNE saja, tetapi juga berguna untuk memantau pengiriman.

Di dalam resi, atau blanko yang bertuliskan data-data, terdapat nomor yang terdiri dari perpaduan huruf dan angka.

Nomor tersebut bisa digunakan untuk melacak keberadaan paket Anda. Sehingga, baik Anda maupun penerima paket, dapat memeriksa sejauh mana paket tersebut dalam perjalanan.

Dengan demikian, jika terjadi keterlambatan, Anda maupun penerima paket dapat menanyakannya kepada pihak JNE.

7. Barang Sampai di Tujuan

Ketika sudah masuk dalam masa estimasi waktu kedatangan paket, jangan lupa untuk menghubungi pihak penerima paket. Pastikan paket sudah sampai ke tangan penerima.

Jika barang sampai dalam keadaan baik, maka contoh cara kirim barang lewat JNE yang dibahas di atas sudah dipraktekkan dengan baik.

Kesimpulan Cara Mengirim Barang Lewat JNE

Dengan mengetahui cara mengirim barang lewat JNE yang benar, maka siapapun dapat mengirim barang tanpa takut tidak sampai atau rusak. Memang selalu ada kemungkinan yang terjadi ketika di jalan.

Tetapi dengan penanganan paket yang tepat sejak awal, maka kemungkinan buruk bisa diminimalisasi.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *