sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

√ Jenis-Jenis Radio | Penjelasan, Sejarah, Cara Kerja, & Gambar [Lengkap]

JENIS-JENIS-RADIO-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi
jenis-jenis radio

Jenis-Jenis Radio – Radio adalah suatu perangkat elektronik yang banyak digunakan di lingkungan masyarakat selain daripada televisi. Karenanya radio sebagai alat komunikasi elektronik yang sudah tidak asing dikenal sejak jaman dulu dan merupakan alat penyebaran berita bersejarah.

Istilah lain berbagai jenis radio merupakan media masa dengan metode satu arah untuk menyampaikan pesan, informasi, berita maupun hiburan kepada masyarakat dengan jangkauan tertentu.

Radio terdiri dari beberapa komponen didalamnya yaitu, Oscilator dan mixer, tuning atau lingkaran penala, penguat frekuensi menengah (MF/IF), detector, penguat suara (AF), penguat akhir, dioda serta macam-macam resistor.

Untuk mengetahui lebih lanjut mengenai jenis-jenis radio, simak berikut penjelasan-nya.

Sejarah Radio

Berawal dari inovasi radio yang dikembangkan oleh james Maxwell, pada proses ini berlangsung dengan waktu yang cukup panjang.

Hingga sampai saat ini radio menjadi media komunikasi massa yang tetap popular digunakan.

Pada tahun 1865, atas eksperimen-nya James Maxwell berhasil menemukan gelombang elektromagnetis yang dapat digunakan pada radio dan televisi.

Teori Maxwell mengatakan bahwa gerakan magnetis bisa mengarungi ruang angkasa dengan kecepatan hampir sama dengan kecepatan cahaya yaitu 186.000 mil/detik.

Teori milik James Maxwell mengenai gelombang elektromagnetik ini telah dibuktikan oleh Heinrich Hertz pada tahun 1884 mengenai frekuensi gelombang.

Pada suatu waktu, Guglemo Marconi memakai teori tersebut sebagai bahan penelitiannya, serta betul-betul teruji adanya teori tersebut.

Kala itu, Marconi bisa mengirimkan data informasi tanpa menggunakan kawat yang melintasi Samudera Atlantik.

Sampai pada akhirnya, radio telah mengalami perkembangan yang dapat dipakai oleh masyarakat hingga saat ini.

Meskipun dalam radio terdapat kekurangan ataupun kelebihan, namun media komunikasi ini diakui sebagai media massa yang dapat diandalkan karena cukup efektif dalam menyampaikan pesan dan informasi.

Didalam proses perkembangan-nya radio untuk mengikuti zaman, saat ini ada beberapa banyak jenis-jenis radio yang diciptakan.

Adapun Jenis-Jenis Radio di Indonesia

Berikut adalah beberapa jenis-jenis radio yang digunakan di Indonesia.

  • Radio Publik
  • Radio Swasta
  • Radio Komunitas
  • Radio Berlangganan

Lebih Lengkap Lagi Baca Juga: Jenis- Jenis Kabel Listrik

1. Radio Publik

jenis-jenis-radio-radio-publik-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi

Radio publik ini atau biasa disebut radio pemerintahan, merupakaan sistem dari radio yang dipegang penuh oleh bagian pemerintahan.

Dalam pengelolahnya dikerjakan oleh salah satu kementerian dalam pemerintahan tersebut, yang telah disetujui dan diatur dengan perundang- undangan.

Dalam arti lain bahwa radio ini semua kendali dan operasinya dipegang khusus oleh pemerintahan.

Salah satu contoh ialah RRI (Radio Republik Indonesia). Secara penuh RRI ini telah diolah oleh Departemen Penerangan yang telah dikukuhkan oleh SK Menteri Penerangan RI No. 19 tahun 1968.

2. Radio Swasta

jenis-jenis-radio-radio-swasta-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi

Radio ini berbeda halnya dengan radio publik yang sepenuhnya dipegang oleh pemerintahan. Bahwa radio swasta ini adalah radio yang dimiliki dan dikelola oleh perorangan yang sifatnya komersil.

Sehingga, sumber penghasilan untuk operasional radio swasta ini sepenuhnya berasal dari iklan. Meskipun demikian, radio swasta tetap berada dibawah perundang-undangan mengenai penyiaran yang disepakati melalui lisensi pemerintahan.

Sehingga, radio swasta di Indonesia ini masih berada dibawah naungan perundang-undangan yang salah satunya adalah lembaga sensor.

Berbeda halnya di Amerika yang terdapat beberapa radio yang berjenis sebagai radio swasta yang di antaranya adalah CNS, ABC, NBC, dan MBS.

Radio-radio tersebut, berdasarkan sistem pemerintahan Amerika Serikat bahwa radio swasta tersebut memiliki kebebasan penuh dalam penyiaran. Dengan arti lain, beberapa radio swasta tersebut tidak mengenal kata sensor.

3. Radio Komunitas

jenis-jenis-radio-komunitasjenis-jenis-radio-radio-swasta-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi

Jika radio publik dipegang pemerintahan sebaliknya radio swasta dipegang perseorangan, berbeda dengan radio komunitas yang dipegang bersama-bersama dalam komunitas tertentu.

Artinya, radio komunitas ini dibangun dengan tanggung jawab bersama oleh beberapa kelompok orang dalam suatu komunitas yang yang mampu mengerahkan sumberdayanya.

Alat operasionalnya pun masih sederhana dengan memanfaatkan alat seadanya untuk sebisa mungkin radio dapat bekerja dengan baik.

Jadi beberapa peralatan yang digunakan pun tidak cenderung dari alat yang canggih dan mahal.

Sehingga dapat dikatakan bahwa jangkauan yang dimiliki oleh radio komunitas ini sangatlah terbatas, hanya berada pada wilayah dan daerah komunitas itu sendiri.

Pada umumnya, radio komunitas ini disebut juga sebagai radio pendidikan, radio sosial, atau radio alternatif lainnya.

Radio Berlangganan

jenis-jenis-radio-radio-berlangganan-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi

Radio berlangganan ini merupakan radio yang sejenis atau memiliki sifat kemiripan dengan radio publik. Yang mana kendali radio tersebut dipegang oleh suatu lembaga yang bernama Lembaga Penyiaran Berlangganan.

Lembaga Penyiaran Berlangganan merupakan lembaga penyiaran di Indonesia yang berbentuk badan hukum.

Selain itu lembaga tersebut merupakan jasa yang menyelengarakan penyiaran berlangganan yang sudah diakui oleh izin penyelenggara penyiaran berlangganan.

Sehingga, ini dapat menyebarkan dan memancarluaskan siaran kepada masyarakat dari radio yang berlangganan.

Jenis-Jenis Radio Menurut Barangnya

Selain beberapa jenis-jenis radio yang ada di Indonesia kali ini ada radio yang berdasarkan jenis barangnya. Berikut penjelasannya.

  • Radio AM
  • Radio FM
  • Radio Internet
  • Radio Satelit
  • Radio Berdefinisi Tinggi (HD Radio)

1. Radio AM

jenis-jenis radio-am-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi

Radio AM atau modulasi amplitude, adalah radio yang bekerja dengan prinsip memodulasikan gelombang radio dan gelombang audio.

Gelombang tersebut keduanya sama-sama memiliki amplitudo yang berkelanjutan konstan.

Namun, proses modulasi tersebut akan mengubah amplitude gelombang penghantar (radio) sesuai dengan amplitudo gelombang audio.

2. Radio FM

jenis-jenis-radio-radio-fm-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi
jenis-jenis radio

Radio FM atau modulasi frekuensi, merupakan radio yang bekerja menggunakan prinsip serupa dengan radio AM, yaitu dengan memodulasi gelombang radio (penghantar) dengan gelombang audio.

Hanya saja, pada radio FM ini ketika proses modulasi menyebabkan perubahan pada frekuensinya.

Radio dengan sistem FM ini memiliki penyaluran musik jauh lebih sempurna dibanding AM, yang mana hasil dari produksi suara musik dapat terdengar lebih jernih, tajam, dan sesuai dengan aslinya.

Dalam siaran FM tersebut, Komposisi bass dan treble terpadu harmonis, berbeda dengan siaran AM yang menyajikan musik dengan treble tumpul dan bernoissy.

3. Radio Internet

jenis-jenis-radio-internet-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi
jenis-jenis radio

Semenjak adanya penemuan internet, hal ini mulai mengubah transmisi sinyal analog yang digunakan oleh radio konvensional.

Radio internet atau yang dikenal sebagai web radio, radio streaming,dan e-radio bekerja dengan cara mentransmisikan gelombang suara lewat internet atau merupakan sebuah layanan penyiaran audio yang ditransmisikan melalui internet.

Cara kerja radio internet hampir sama dengan radio konvensional yang gelombang pendek (short wave), yaitu dengan menggunakan medium streaming berupa gelombang yang konstan.

Sistem kerja ini memungkinkan siaran radio dapat terdengar ke seluruh dunia jikalau pendengar memiliki perangkat internet.

Itulah sebabnya banyak kawula ekspatriat yang menggunakan radio internet sebagai obat rindu pada negara asalnya.

Di Indonesia, radio internet biasanya dikolaborasikan dengan sistem radio analog oleh stasiun radio teresterial untuk memperluas jangkauan siarnya.

4. Radio Satelit

jenis-jenis-radio-satelite-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi
jenis-jenis radio

Radio satelit mentransmisikan gelombang audio memakai sinyal digital. Berbeda dengan sinyal analog yang bekerja dengan menggunakan gelombang konstan, kemudian gelombang suara ditransmisikan melewati sinyal digital yang berupa kode biner 0 dan 1.

Karena menggunakan satelit sinyal ini ditransmisikan ke daerah jangkauan yang lebih jauh dan luas.

Hanya saja siaran radio satelite hanya dapat diterima menggunakan perangkat khusus yang bisa menerjemahkan sinyal terenkripsi.

Selain itu, siaran radio satelit ini hanya bisa diterima di tempat terbuka dimana antena pada pesawat radio memiliki garis pandang sejajar dengan satelit pemancar.

Radio satelit hanya bisa bekerja pada areal yang tidak berpenghalang besar seperti terowongan atau gedung. Karena hal itu perangkat radio satelit cocok dan banyak dipromosikan untuk radio mobil.

Untuk mendapat transmisi siaran yang baik, perlu dibuat stasiun repeater seperti di negara Amerika agar memiliki kualitas layanan prima.

5. Radio Berdefinisi Tinggi (HD Radio)

jenis-jenis-radio-Radio-Berdefinisi-Tinggi-(HD Radio)-jenis jenis radio-jenis jenis radioaktif-jenis jenis radio-jenis jenis radio penerima-macam macam radio komunikasi-macam macam radioterapi
jenis-jenis radio

HD radio atau biasa dikenal sebagai radio digital merupakan radio yang bekerja dengan menggabungkan sistem analog dan digital sekaligus dan ditambah beberapa macam-macam saklar.

Dengan system tersebut memungkinkan dua stasiun digital dan analog dapat berbagi frekuensi yang sama. Hal ini membuat banyak konten bisa disiarkan pada posisi yang sama serta lebih efisien.

Untuk kualitas suara yang dihasilkan HD radio sama jernihnya dengan radio satelit, namun layanan yang ditawarkan gratis.

Penutup

Nah, itulah beberapa jenis-jenis radio yang ada di Indonesia selengkapnya. Sehingga, kita tahu bagaimana jenis dan bentuknya maupun cara penyiaran-nya. Oleh karena itu penyiaran yang baik adalah penyiaran dengan dasar aturan undang-undang yang berlaku.

Incoming Search Terms

Jenis jenis radio, jenis jenis radio aktif, jenis jenis radio, jenis jenis radio penerima, macam macam radio komunikasi, macam macam radio terapi selengkapnya hanya di sindunesia.com

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *