sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

5 Jenis-Jenis Seni Eksotis (Pengertian dan Contohnya)

jenis jenis seni rupa

Jenis-Jenis Seni – Jenis elemen seni tak sebatas seni rupa saja. Jenis-jenis seni sangat beragam dan berada disekitar kita. Berikut adalah pengertian ragam seni dan contohnya.

Seni adalah bentuk dari imajinasi yang dituangkan ke dalam wujud benda, baik objek maupun abstrak. Imajinasi ini mengandung estetika dan makna penting yang ada di baliknya. Jenis-jenis seni terbagi ke dalam lima macam yang kreasinya cenderung bebas.

Secara umum, seni tak memiliki keterikatan kecuali sastra kuno. Dalam praktiknya, kini seni berkembang menjadi kreasi yang inovatif untuk kehidupan manusia. Berikut ini adalah ragam seni beserta contohnya:

Seni Rupa

jenis jenis seni rupa

1. Seni Dekorasi

Seni yang satu ini melibatkan desain dan hasilnya adalah bentuk ornamen. Ornamen tersebut memiliki kualitas estetika yang sangat tinggi.

Kita kadang menyebutnya sebagai seni kerajinan tangan. Seni dekorasi contohnya seperti taplak meja yang terbuat dari anyaman kain.

2. Seni Pahat

Seni patung adalah bagian dari seni rupa yang muncul dalam bentuk tiga dimensi. Seni patung tak selalu berbentuk makhluk hidup, namun juga yang berkaitan dengan model keramik dan memahat. Contoh hasil seni pahat atau mematung adalah patung dan tembikar.

3. Seni Grafiti

Grafiti merupakan jenis-jenis seni yang sering disebut sebagai street art atau seni jalanan. Bentuknya adalah lukisan atau gambar yang biasanya ada di area umum seperti transportasi umum atau gedung. Bentuk lukisannya bertema hip-hop yang digambar menggunakan spidol atau spray.

4. Kaligrafi

Berasal dari Cina, kaligrafi kini lebih berkembang pesat di pelosok dunia dan menjadi seni yang sangat ekspresif. Seni ini berbentuk tulisan kata yang mengandung harmoni, integritas dan ritme. Umumnya, kaligrafi hanya menggunakan dua warna hitam dan putih sehingga terkesan mewah.

Seni Musik

jenis jenis seni (musik)

1. Musik Klasik

Musik klasik menjadi seni yang paling unik dan familiar di telinga. Siapapun pasti bisa menebak alirannya karena seringkali dijadikan tema musik di tempat publik maupun iklan.

Musik ini pertama kali dikenalkan pada abad ke-18 yang dimainkan secara homofonik dengan menggunakan piano.

2. Musik Pop

Jenis seni musik ini berkembang di tahun 1950’an dan berasal dari Barat. Pop merupakan singkatan dari popular yang digandrungi oleh anak muda.

Ciri aliran musik ini adalah tempo dan ritmenya yang asik untuk dibuat tarian. Pemusik seringkali membuat lagu dalam aliran pop karena lebih mudah diterima oleh pasar.

3. Musik Blues

Aliran musik ini memiliki sejarah yang panjang dan dilahirkan oleh African-American di USA pada ujung abad ke-19. Blues awalnya hanya vokal saja, namun kini diiringi instrumental. Musik dalam jenis-jenis seni Barat ini terkenal sebagai cara menyampaikan emosi ketimbang narasi tertentu.

4. Musik Jazz

Awal mulanya, musik jazz berkembang untuk menyampaikan rasa bahagia atau sedih dalam bentuk instrumental. Musik ini mulai populer di abad ke-20 di Amerika.

Jazz identik dengan permainan satu alat musik seperti terompet atau saxophone dan masih berkembang secara kontemporer hingga kini.

Baca Juga:

Pengertian Kerajinan Berbasis Media Campuran, Prinsip, Jenis & Karakteristiknya
Mengenal Teknik Dusel dalam Seni Rupa dan Cara Mengaplikasikannya
30+ Kreasi Contoh Kerajinan dari Kulit Jagung (Cara Pembuatannya)

Seni Film dan Teater

Seni Film dan Teater

1. Film Independen

Film independen disebut juga sebagai film indies yang biasanya berbudget minimal dan diproduksi oleh studio film yang independen juga.

Promosi film juga tidak terlalu besar dengan perilisan terbatas. Film ini bisa mengangkat tema apa saja mulai dari sosial, religius, hingga cinta.

2. Film Dokumenter

Sesuai dengan namanya, film dokumenter adalah film yang mendokumentasikan kejadian tertentu. Tidak ada selingan fiktif di dalamnya. Semua yang ditampilkan adalah fakta, sesuai kenyataan. Unsur utama film adalah pesan khusus dan juga sebagai media kritik.

3. Film Pendek

Istilah film pendek tidaklah asing di telinga siapapun. Durasi filmnya berbeda dengan film komersial. Umumnya, film dikemas dalam durasi 15-60 menit saja.

Materi dalam film sangat singkat dan padat. Film pendek seringkali menjadi tugas sekolah dengan mengangkat tema tertentu.

4. Drama Musikal

Seni teater ini banyak digemari oleh mereka yang mencintai musik klasik. Drama musikal biasanya mengangkat tema-tema zaman Renaissance, namun ada juga yang kontemporer. Pemain tak hanya berakting mengikuti cerita, tetapi juga akan memadukan dengan jenis seni tari.

5. Teater Boneka

Teater boneka tak hanya untuk audiens anak-anak saja. Dalam jenis-jenis seni kontemporer, teater ini masih sering mengangkat tema yang sifatnya religius dan mengandung banyak pesan. Pemain akan memainkan sarung tangan boneka dengan suara berbeda untuk tiap karakternya.

Seni Sastra

jenis jenis seni dan sastra

1. Prosa

Prosa adalah bentuk sastra yang bersifat bebas. Tak ada keterikatan ritme, rima, diksi, suara, atau aturan tertentu.

Prosa juga merupakan bentuk ekspresi seni yang bisa digunakan untuk konten media seperti majalah. Bentuk prosa antara lain adalah deskriptif, naratif, dan eksposisi.

2. Puisi

Siapapun mengenal puisi sebagai bait yang indah dan bertujuan untuk membangun kesadaran melalui kata. Bait puisi juga mengandung makna yang spesial. Diksi dalam puisi mengekspresikan keindahan, perasaan, imajinasi, dan majas.

3. Drama

Drama adalah bentuk sastra yang panjang. Deskripsinya disampaikan dalam bentuk monolog atau dialog. Ada dua bentuk drama secara umum yakni skrip dan panggung. Genre drama sangat luas di antaranya adalah komedi, tragedi, dan opera.

4. Sastra Kuno

Sastra kuno merupakan salah satu cabang yang literaturnya berasal dari kerajaan dan sama sekali tak terkait dengan nasionalisme.

Sastra kuno contohnya adalah dongeng dan puisi. Sifat sastra kuno cenderung terikat dengan rima dan isinya adalah cerita terkait legenda.

5. Sastra Modern

Sesuai dengan namanya, sastra modern mengikuti perkembangan zaman yang ada di masyarakat. Sastra ini mendeskripsikan informasi yang jelas dan pengetahuan yang berguna untuk kehidupan. Meski begitu, jenis-jenis seni terkait ini di antaranya masih berupa prosa, puisi, atau cerita.

Seni Arsitektur

jenis jenis seni Arsitektur

1. Gaya Yunani

Seni arsitektur ini termasuk ke dalam lima jenis elemen seni utama dalam dunia arsitektur. Tipe gaya yang satu ini banyak digunakan di Yunani dan Roma yang menggambarkan peradaban kuno. Bentuknya sangat klasik dengan elemen pilar dalam jumlah yang banyak di bangunannya.

2. Gaya Gothic

Gaya gothic banyak diadopsi di Eropa seperti Perancis dan sekitarnya. Gaya ini masih populer hingga kini sejak ratusan lalu.

Ciri utama bangunan adalah banyaknya lengkungan yang runcing dan juga kubah. Salah satu bentuk apresiasi seni gaya gotik yang terkenal adalah Notre Dame di Paris.

3. Gaya Modern

Di abad ke-20, gaya arsitektur modern mulai berkembang dan mengutamakan gaya yang minimalis. Struktur bangunan cenderung sederhana dan juga memaksimalkan fungsi. Ciri khas utama dengan gaya ini adalah penggunaan baja dan kaca sebagai bagian bangunan.

4. Gaya Neofuturistik

Jenis-jenis seni lain yang ada di dalam kategori arsitektur adalah neofuturistik. Gaya yang satu ini adalah sebuah pendekatan ideal yang melihat masa depan.

Bangunan dibangunan dengan struktur inovatif dan penggunaan teknologi. Contoh hasilnya adalah Heydar Aliyec di Azerbaijan.

5. Gaya Neoklasikal

Gaya ini adalah pembaruan dari gaya klasik seperti gaya Yunani. Terkenal di abad 18, gaya ini masih digunakan hingga kini karena terkesan elegan.

Biasanya, gaya bangunannya memiliki bentuk lingkaran yang masif. Contoh bangunannya adalah White House di Amerika Serikat.

Jenis-jenis seni tak hanya sebatas lukisan atau patung saja. Nyatanya, teatrikal, film, literatur dan arsitektur juga merupakan bagian dari seni.

Lima jenis seni di atas akan terus berkembang seiring waktu dan membangun ciri peradaban di generasinya.

sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *