sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Memahami Lompat Harimau: Pengertian, Teknik Dasar, Cara, Perlengkapan & Manfaat (Lengkap)

loncat harimau
loncat harimau

Lompat Harimau – Kamu pastinya sudah tidak asing lagi dengan olahraga yang dinamakan dengan lompat harimau. Olahraga ini juga memiliki nama lain yaitu tiger sprong.

Jika kamu sering ikut latihan silat, tentu rutin sekali mempraktikkan-nya.
Tapi jika belum tahu caranya, maka mulai sekarang kamu harus mempelajarinya. Karena tiger sprong ini memiliki banyak sekali manfaat bagi tubuh.

Pengertian Lompat Harimau (Tiger Sprong)

pengertian lompat harimau

Perlu kamu tahu, sebenarnya tiger sprong ini merupakan salah satu bagian dari senam lantai. Pada dasarnya senam lantai memiliki banyak sekali gerakan dan salah satunya adalah tiger sprong ini.

Awalnya gerakan ini merupakan salah satu bentuk dari salto namun sudah mendapatkan pengembangan dan berubah menjadi tiger sprong.

Mungkin kamu selama ini hanya tahu lompat harimau hanya melompat dengan gaya seperti menerkam layaknya harimau.

Namun ternyata lompatan ini memiliki banyak sekali teknik. Penerapan teknik fungsinya adalah untuk bisa menghindari dan meminimalisir risiko cedera.

Mengingat lompatan ini bertumpu pada bagian tubuh lain dan bisa mengakibatkan cedera jika tidak menerapkan teknik dengan baik.

Coba kamu bayangkan pada gerakan salto, jika sampai salah langkah bisa menyebabkan cedera. Hal serupa juga akan terjadi pada gerakan tiger sprong. Sebab keduanya memiliki banyak persamaan.

Related post lainnya:


Teknik Dasar Lompat Harimau (Tiger Sprong)

Teknik Dasar Lompat Harimau

Sebelum kamu mempraktikkan gerakan tiger sprong maka harus paham dulu beberapa poin penting. Salah satunya harus paham bahwa gerakan ini fokus pada kekuatan bahu, tangan dan juga lengan. Tanpa mengandalkan tiga bagian itu, lompatan akan gagal.

Berikut ini 3 teknik yang biasa digunakan:

  • Sikap Awalan

Teknik pertama yaitu sikap sebelum melakukan lompatan gaya harimau. Sikap ini sangat penting ditaati agar bisa melakukan lompatan dengan lancar tanpa masalah.

Sikap yang harus kamu lakukan yaitu berdiri dengan tegak bersama kedua lengan yang lurus di samping badan.

Lalu posisikan tubuh menjadi condong ke depan dengan sikap seperti orang yang bersiap untuk berlari.

Kamu juga harus mengukur terlebih dahulu jarak tempuh ketika berlari. Jarak ini disesuaikan dengan tingkat ketinggian penanda yang ada.

  • Lompatan dan Gulingan

Ketika kamu sudah memahami dan mempraktikkan sikap awalan sebelum melakukan lompatan, maka selanjutnya adalah melakukan lompatan dan berguling.

Lari sampai dekat dengan penanda yang tersedia. Kalau sudah dekat penanda, gunakan kedua kaki sebagai tumpuan dan lakukanlah tolakan.

Angkat badan kamu dan lakukan gerakan melompat dengan posisi condong ke depan sampai melewati tanda yang ada.

Kemudian supaya gerakan lompatan gaya harimau bisa sempurna, saat badan terbang melewati tanda, luruskan tungkai kaki dan ayunkan kedua lengan menuju ke depan.

Saat kamu sedang dalam posisi melayang, gulingkan tubuh ke arah depan seperti melakukan roll. Saat jatuh gunakan tangan untuk bertumpu dan segera sembunyikan kepala lalu menunduk sampai menyentuh dada. Usahakan tangan melindungi kepala agar tidak menjadi tumpuan.

Setelah itu ketika kamu berguling, gerakkan pundak agar menjadi bagian yang menyentuh matras pertama kali. Secara otomatis bagian punggung akan menjadi bulat dan kamu bisa berguling ke depan seperti melakukan roll.

  • Sikap Akhir Pendaratan

Sikap ketiga saat melakukan lompat harimau yaitu sikap pendaratan. Ketika kamu berhasil melompat dan kemudian berguling dengan sempurna, maka selanjutnya adalah langsung bersikap jongkok.

Jadi setelah berguling dengan tumpuan pundak dan punggung, langsung atur posisi jongkok dengan dua tangan lurus ke arah depan. Kamu harus melakukan tiga sikap ini secara cepat tanpa ada jeda agar lompatan bisa terlihat sempurna.


Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Tiger Sprong

Hal-Hal yang Perlu Diperhatikan saat Melakukan Tiger Sprong

Tiger sprong sebenarnya bukan merupakan gerakan yang mudah dilakukan banyak orang. Jika kamu sampai salah melangkah, maka bisa menyebabkan cedera yang cukup fatal.

Oleh sebab itu penting sekali memperhatikan beberapa hal sebelum tiger sprong. Berikut ini hal-hal tersebut:

1. Pertama ketika kamu sedang dalam sikap lompatan dan gulingan, usahakan memiliki tolakan kedua kaki yang sangat kuat. Tujuannya agar tubuh bisa melayang dengan sempurna dan segera bisa memposisikan diri agar berguling ke depan.

2. Tumpuan tangan ketika berguling ke depan juga harus sangat kuat karena menahan laju badan yang sedang melompat. Jika tidak kuat, maka bisa menyebabkan cedera pada bagian tangan atau bahkan leher.

3. Hal penting kedua juga harus dihindari yaitu jangan bertumpu pada kepala ketika mendarat dari lompatan dan akan berguling.

4. Selanjutnya upayakan kamu mampu berguling dengan sempurna untuk menghindari cedera.

5. Jangan berhenti di tengah gerakan karena sangat berbahaya. Tiger sprong harus dilakukan secara berurutan dengan cepat tanpa ada jeda. Sebab jika ada jeda, maka akan mengakibatkan cedera karena posisi yang tidak sempurna.

6. Lalu terakhir hal penting yang harus diperhatikan adalah jangan takut. Hilangkan keraguan dan ketakutan saat akan melakukan lompatan dan gulingan. Lakukan semua teknik dengan total dan rasa percaya diri yang tinggi.


Manfaat Gerakan Lompat Harimau

manfaat olahraga lompat harimau tiger sprong

Kegiatan positif olahraga tentu memiliki banyak efek dan manfaat yang baik untuk kesehatan manusia, seperti halnya lompat harimau/tiger sprong ini yang antara lain manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Menjadikan Tubuh Lebih Langsing

Gerakan seperti pada lompatan dan gulingan mampu membakar kalori lebih banyak. Sebab untuk melakukan tolakan yang kuat, maka membutuhkan energi yang tinggi dan gerakan otot yang maksimal. Semua itu akan menyebabkan kalori di dalam tubuh terbakar dengan sempurna.

  • Bertambahnya Kelenturan Tubuh

Lompat harimau sangat mengandalkan kelincahan dan ketangkasan. Melakukan gerakan ini secara rutin akan membuat tubuh kamu bisa lebih luwes dan lentur. Karena tubuh menjadi terbiasa melakukan gerakan-gerakan yang cukup sulit dilakukan.

  • Meningkatkan Kesehatan Jantung

Masih dengan gerakan lompatan dan gulingan, ternyata gerakan itu bisa membantu jantung bekerja dengan maksimal. Pada gerakan-gerakan itu membutuhkan energi yang tinggi dan pada akhirnya memaksa jantung memompa lebih banyak darah.

Sehingga otot jantung akan lebih terlatih dan membuat jantung menjadi lebih sehat.

  • Membuat Metabolisme Tubuh Menjadi Lebih Lancar

Ketika konsumsi energi tinggi dan jantung bekerja lebih maksimal, maka hasil akhirnya membuat metabolisme tubuh menjadi sangat lancar. Pembakaran kalori akan memicu munculnya keringat dan membuat metabolisme lebih lancar lagi.


Perlengkapan/Peralatan Lompat Harimau

perlengkapan olahraga lompat harimau

Secara umum perlengkapan olahraga loncat harimau tidaklah banyak, yakni cukup dengan dua alat matras dan penanda, berikut penjelasannya.

  • Matras

Matras menjadi alat penting untuk melakukan tiger sprong. Matras ini akan melindungi kamu dari risiko cedera yang lebih parah. Alas yang empuk akan membuat tubuh lebih nyaman ketika mendarat dan berguling setelah loncatan.

  • Penanda

Penanda memiliki fungsi untuk menjadi batas agar peserta lompatan bisa melompat lebih tinggi. Namun ketinggiannya tetap disesuaikan dengan tinggi badan para peserta. Tanpa ada penanda, peserta akan kesulitan untuk bisa melompat lebih tinggi.


Cara Melakukan Lompat Harimau

cara melakukan lompat harimau

Berikut adalah langkah-langkah dan cara melakukan lompat harimau:

  1. Pertama perhatikan penanda yang harus kamu lalui.
  2. Setelah itu lakukan sikap awalan dengan posisi seperti akan berlari. Kemudian larilah menuju ke batas penanda tersebut.
  3. Langkah selanjutnya yaitu saat sudah dekat dengan penanda, gunakan kaki sebagai tumpuan dan lakukan tolakan agar badan kamu bisa melayang melewati penanda tersebut. Posisikan tubuh bagian atas lebih condong ke depan agar bisa mendarat menggunakan pundak dan punggung.
  4. Saat melayang, tekuk kepala dan sembunyikan ke dada. Siapkan kedua tangan sebagai tumpuan saat mendarat.
  5. Ketika mendarat, gunakan tangan sebagai pendaratan pertama. Setelah itu gulingkan tubuh dengan memanfaatkan pundak sebagai bantalan dan kemudian punggung secara otomatis akan mengikutinya.
  6. Terakhir posisikan kaki dan tubuh menjadi jongkong dengan tangan lurus ke depan setelah berguling atau roll.

Lompat harimau ini merupakan salah satu gerakan yang sangat bermanfaat. Contohnya bisa mempraktekkannya ketika motor kamu akan menabrak, maka kamu bisa melompat dan mendarat menggunakan teknik lompatan ini agar lebih aman dan menghindari cedera.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai Lompat Harimau mulai dari Pengertian, Teknik Dasar, Cara, Perlengkapan, hal yang harus dilakukan serta manfaat yang diperoleh. Terimakasih semoga bermanfaat.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *