Info Lengkap Olahraga Bulu Tangkis (Aturan dan Teknik)

Dilla

olahraga bulu tangkis

Olahraga bulu tangkis adalah permainan populer di dunia. Untuk memainkannya, Anda harus tahu cara olahraga bulu tangkis yang benar.

Bulu tangkis atau badminton adalah sebuah olahraga sekaligus permainan. Negara seperti Indonesia, Cina, dan Korea dikenal sebagai pencetak para pemain yang handal.

Olahraga bulu tangkis bisa dimainkan oleh siapa saja asalkan memiliki raket dan kok sebagai alat bermain.

Sebelum memainkan olahraga ini, Anda patut memahami bagaimana cara memainkannya dengan teknik yang benar.

Aturan-aturan dalam bulu tangkis juga sudah ditentukan secara internasional. Berikut ini adalah rincian sejarah, teknik, peraturan dan seputar arena bulu tangkis.

Sejarah Bulu Tangkis

Bulu tangkis diyakini berasal dari peradaban Mesir Kuno jauh sebelum perhitungan kalender Masehi. Kemudian, olahraga bulu tangkis berkembang di negara Eropa dan Asia secara masif.

Di Cina, permainan ini disebut dengan jianzi yang dimainkan dengan cara memukul bola bulu unggas.

Sementara di Inggris, permainan bulu tangkis dikenal sebagai shuttlecock. Dari dulu sudah dikenal dengan cock karena juga memang menggunakan bulu unggas. Permainan zaman dahulu adalah dengan menjaga agar cock tidak jauh ke tanah.

Permainan ini terus berkembang seiring dengan penjajahan inggris. Olahraga bulu tangkis makin populer di tahun 1850-an dengan nama badminton. Nama ini diambil dari nama istana Inggris. Di Indonesia, badminton juga berkembang sangat pesat hingga dibentuk PBSI pada tahun 1951.

Aturan Bermain Bulu Tangkis

Aturan Bermain Bulu Tangkis

1. Alat bermain

  • Kok adalah peralatan olahraga bulu tangkis yang akan tetap melambung di udara karena dipukul melintasi net. Kok harus terbuat dari bulu yang ditancapkan pada gabus. Jumlah bulu harus 16 helai dengan panjang kok 64 centimeter dan berat 5,5 gram.
  • Raket adalah alat olahraga bulu tangkis yang terpenting karena dipakai untuk menangkis kok. Panjang raket tidak boleh lebih dari 68 cm dengan lebar 22 cm. Raket bisa terbuat dari kayu atau aluminum sebagai bingkainya, namun bagian tengahnya harus berupa senar.

2. Jumlah pemain

  • Pemain tunggal adalah permainan yang masing-masing tim hanya terdiri dari satu orang. Lawan main harus setara gender, jadi putra hanya bermain dengan putra. Begitu juga dengan putri.
  • Pemain ganda adalah pemain yang terdiri dari 2 orang dalam satu tim dan gendernya pun harus sama sehingga terbagi dua kategori, yakni putra dan putri.
  • Pemain ganda campuran adalah permainan yang terdiri dari putra dan putri dalam masing-masing regu.

3. Perhitungan skor

Olahraga bulu tangkis terdiri dari 2-3 set. Masing-masing set terdiri dari 21 poin. Jika ada pemain yang mencapai 21 poin terlebih dahulu, maka ia adalah pemenang di set tersebut.

Apabila dalam 2 set menang berturut-turut, maka permainan berhenti di 2 set dan dia adalah pemenangnya.

4. Pelanggaran

  • Jika kok menyangkut di net, maka pemain tersebut harus merelakan 1 poin kepada lawan.
  • Kok jatuh di area sendiri atau menyangkut di net.
  • Pemain bergerak sebelum berhasil servis
  • Raket terbang ke area lawan saat melakukan pukulan.
  • Kok dipukul sebanyak lebih dari 1 kali.

Baca Juga:

5. Ukuran lapangan

Standar lapangan sudah ditentukan sehingga untuk kompetisi tidak boleh diabaikan. Panjang lapangan adalah 13,40m dengan lebar 6,10m.

Ukuran net sebagai peralatan olahraga bulu tangkis juga harus diperhatikan. Tinggi net adalah 1,52m. Jarak pemain untuk melakukan servis depan ke net adalah 1,98m.

Teknik Dasar Bulu Tangkis

Teknik Dasar Bulu Tangkis

Setiap olahraga pasti memiliki teknik tertentu, begitu juga olahraga bulu tangkis. Teknik-teknik ini sangat penting dan harus dipahami oleh pemain.

Kesalahan teknik bermain bisa membuat pemain didiskualifikasi atau cidera di lapangan.

1. Teknik pegang raket

  • Teknik forehand adalah teknik memegang raket yang paling mudah dan nyaman untuk seorang pemula. Cara memegangnya mirip seperti dengan memegang benda lain. Telunjuk dan ibu jari tidak bertemu, melainkan membentuk sudut seperti huruf V.
  • Teknik backhand adalah kebalikan dari teknik forehand. Pemain akan menyejajarkan ibu jarinya secara lurus terhadap pegangan raket. Sementara jari-jari lainnya berada di sisi yang berlainan di balik gagang.

2. Posisi badan

  • Pemain harus menumpukan berat badan sepenuhnya pada kedua kaki.
  • Kaki dibuka lebar seperti ancang-ancang, namun hanya selebar bahu saja. Kaki agak ditekuk. Pemain juga boleh menempatkan salah satu kaki agak di depan daripada kaki lainnya.
  • Tangan ditekuk saat memegang raket. Posisi raket berada sejejar kepala atau dada.

3. Posisi kaki

Posisi kaki dalam olahraga bulu tangkis sangat penting. Kaki adalah tumpuan utama sehingga harus dijaga dengan seimbang.

Di sisi lain, butuh latihan yang panjang agar kaki bisa cepat dan lincah. Gerak kaki dituntut sangat cepat, mengikuti arah kok akan ditangkis.

4. Servis

Servis adalah teknik olahraga bulu tangkis yang harus dipahami dengan baik. Pasalnya, posisi dan teknik ini adalah awal permainan dimulai.

Salah satu pemain akan memukul kok terlebih dahulu ke arah lawan. Teknik ini dibagi ke dalam 3 macam:

  • Forehand pendek adalah teknik memukul dengan lemah sehingga kok diekspektasikan jatuh di balik net area lawan. Teknik ini digunakan untuk mengecoh lawan yang berdiri jauh dari net.
  • Forehand tinggi adalah teknik servis yang membuat kok melambung sangat tinggi. Kok diekspekktasikan jatuh jauh di belakang lawan, namun masih berada di area garis.
  • Backhand adalah teknk sevis yang menggunakan tenaga sedang. Servis dilakukan dengan santai, namun hasil pukulannya cukup kuat. Kok bisa jatuh di area yang sulit diprediksi lawan sehingga digunakan untuk mengecoh.

5. Cara menangkis

  • Lob

Lob adalah teknik menangkis kok yang membuat kok melambung sangat tinggi. Pemain ingin agar kok yang dipukulnya selalu berada di belakang lawan, sehingga mereka lebih cepat lelah.

Lawan juga harus selalu mundur untuk bisa mencapai kok dan mengembalikan pukulan.

  • Drop shot

Drop shot bisa dibilang sebagai pukulan jebakan dalam olahraga bulu tangkis. Nantinya, pemain akan memukul dengan lurus meski tenaganya kecil.

Tujuannya adalah agar kok bisa jatuh di dekitar net. Pemain bahkan bisa melompat terlebih dahulu untuk mengecoh lawan.

  • Drive

Untuk mengembalikan serangan dengan cepat, pemain bisa mengembalikan kok dengan teknik drive. Nantinya, kok akan ditangkis dengan lurus atau menyilang. Nantinya, kok akan terbang ke samping lawan.

  • Netting

Mirip dengan namanya, teknik yang satu ini memang digunakan pemain agar kok jatuh di sekitar net. Pukulannya bisa jadi lemah dan rendah.

Jenis tangkisan yang satu ini sangat sulit untuk dikembalikan lawan. Jika raket lawan menyentuh net, maka terjadi pelanggaran.

  • Smash

Pukulan yang satu ini menjadi pukulan yang paling kencang di antara tangkisan lain. Sesuai dengan namanya, pukulan ini sengaja dipakai untuk mematikan lawan.

Teknik memukulnya dilakukan dengan kencang. Arah kok juga menukik ke bawah sehingga sulit ditangkis lawan.

Penjelasan tentang olahraga bulu tangkis di atas cukup untuk membuka pengetahuan Anda tentang olahraga ini. Bulu tangkis menjadi olahraga yang primadona di berbagai negara. Pastikan Anda memahami teknik bermain bulu tangkis sebelum meluncur ke arena bermain.

Baca juga

Bagikan:

Dilla

Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Tinggalkan komentar


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.

close