pengertian ikan

Pengertian Ikan, Lengkap dengan Ciri Hingga Contohnya

Diposting pada

Pengertian Ikan – Siapa tak kenal ikan, salah satu hewan yang banyak dimanfaatkan oleh manusia sebagai bahan makanan maupun hewan peliharaan.

Walaupun sudah kenal, tapi mungkin Anda belum paham apa pengertian ikan dan seluk beluk hewan laut tersebut.

Banyak jenis dari ikan yang hidup di perairan, baik itu sungai, air tawar, lautan, dan lainnya. Kebanyakan merupakan hewan berdarah dingin atau disebut juga poikilotherm.

Lantas, apa sebenarnya ikan, bagaimana ciri, klasifikasi, dan semua tentang ikan?

Pengertian ikan

Jika bicara soal definisi ikan, ikan merupakan salah satu hewan vertebrata yang bernafas menggunakan insang untuk mendapatkan oksigen.

Masuk dalam kerajaan animalia, filum chordata, dengan 27 ribu lebih spesiesnya tersebar di berbagai penjuru dunia.

Jika dilihat dari ukurannya, ikan yang paling kecil teridentifikasi dengan ukuran 1/4 inchi atau sekitar 7 milimeter yaitu jenis stout infantfish. Sedangkan yang terbesar bisa sampai berukuran 14 meter yaitu paus hiu.

Apa Ciri-Ciri Ikan?

Apa Ciri-ciri Ikan

Setelah mengetahui pengertian ikan, maka Anda perlu tahu tidak semua hewan laut itu masuk kategori ikan, makanya dibedakan berdasarkan ciri-cirinya.

Sehingga ketika Anda menemukan hewan dengan ciri-ciri berikut, maka dipastikan dia adalah salah satu jenis ikan walaupun dari kelas ikan yang berbeda.

1. Garis Lateral

Yaitu garis yang terletak di sepanjang tubuh ikan. Ada juga yang berbentuk lubang-lubang kecil, guratan pada sisi tubuh, dan lainnya. Fungsi dari garis ini sebagai pendeteksi getaran dan gerakan.

Dimana ikan akan bisa menyesuaikan diri pada kedalaman air bahkan mendeteksi apakah ada mangsa di sekitarnya.

Baca juga:  Daur Hidup Ikan: Klasiafikasi, Kandungan Gizi, Hingga Habitat Ikan Lengkap!

2. Kantong Renang

Ikan memiliki bagian tubuh yang disebut kantong renang, fungsinya untuk membantu kestabilan ikan saat mengapung di air. Sehingga dia tidak akan tenggelam terlalu dalam atau mengambang di permukaan air.

Keberadaan kantung renang ini juga memungkinkan ikan untuk bisa tidur tanpa harus tenggelam ke dasar air.

3. Sisik

Bagian tubuh yang satu ini memiliki fungsi untuk melindungi bagian tubuh ikan, termasuk memaksimalkan kemampuannya saat berenang.

4. Hidup di Air

Nah, yang namanya ikan pasti identik dengan kehidupan di dalam air, baik itu ikan berukuran kecil hingga besar. Mereka mendiami berbagai jenis perairan sesuai dengan habitat masing-masing.

Ada yang hanya bisa hidup di air tawar sehingga tak akan kuat ketika dipindahkan ke laut, begitu juga sebaliknya. Tapi, ada juga yang bisa hidup di air tawar maupun air laut.

5. Punya Insang

Alat pernapasan yang dimiliki ikan adalah insang, yang akan membantu ikan menyerap oksigen dari air. Kemudian melepaskannya dalam bentuk karbon dioksida, sehingga mereka bisa bernafas lancar di dalam air.

Namun, ternyata ada beberapa kategori ikan yang juga menggunakan paru-paru untuk bernafas. Nah, yang perlu diingat, walaupun ikan memiliki insang tapi tidak semua yang punya insang itu masuk kategori ikan.

Ada amfibi yang ketika masih fase berudu memiliki insang, kemudian ketika metamorfosis terjadi maka insang akan digantikan dengan alat pernafasan lain.

6. Berdarah Dingin

Seperti dijelaskan sebelumnya, ikan itu berdarah dingin yang mengandalkan lingkungan sekitarnya dalam hal pengaturan suhu tubuh karena tak mampu mengatur suhu tubuh sendiri.

Jadi, saat ikan berada di dalam air bersuhu dingin otomatis akan membuat suhunya ikut turun. Makanya, untuk ikan yang tidak tahan suhu dingin dia akan lebih pendiam saat musim dingin dan memilih tidak aktif.

Hal ini juga menjadi alasan, mengapa ikan di berbagai kedalaman laut itu berbeda-beda. Sebab, mereka menyesuaikan dengan suhu di sekitarnya.

Baca Juga:

10 Jenis Ikan Air Tawar Hias Paling Diminati
10 Makanan Ikan Koi Terbaik Agar Cepat Besar & Sehat
10 Manfaat Terumbu Karang Untuk Manusia dan Alam
Baca juga:  10 Jenis Ikan Air Tawar Hias Paling Diminati

7. Sirip

Merupakan bagian tubuh ikan yang fungsinya untuk bergerak selama di dalam air, baik itu melakukan manuver, menjaga stabilitas gerakan, dan lainnya.

Secara umum, ikan punya beberapa sirip yaitu di bagian ekor, samping kiri dan kanan tubuhnya, bagian punggung dan di area dubur.

Bentuk sirip sesuai dengan jenis ikan, tidak ada standar baku ukurannya dan tujuan dari penggunaan sirip tersebut.

8. Ukuran MataIk

an memiliki ukuran mata yang berbeda-beda, biasanya tergantung bagaimana cara mereka menangkap makanan. Ada ikan yang matanya lebih ke atas, karena mangsanya kebanyakan berada di kawasan atas perairan.

9. Warna Tubuh

Tubuh ikan memiliki warna dan corak yang sangat variatif. Semua warna itu memiliki fungsi, misalnya ikan dengan warna terang biasanya cenderung beracun.

Beda dengan ikan berwarna netral, akan membantunya untuk tidak mudah ditemukan oleh predator.

10. Bentuk Tubuh

Bentuk tubuh dari ikan membantunya dalam melakukan perburuan mangsa. Ada ikan yang tubuhnya berbentuk torpedo sehingga kecepatan berenangnya lebih mumpuni.

Ada juga yang memiliki bentuk tubuh pipih, sehingga mudah melayang dan bersembunyi dengan posisi miring.

Jenis Ikan Berdasarkan Struktur Tulang

Jenis Ikan Berdasarkan Struktur Tulang

Karena sudah mengerti pengertian ikan, maka Anda juga perlu tahu jenisnya. Ada tiga jenis ikan jika dikategorikan berdasarkan struktur tulangnya.

Anda perlu tahu, sehingga nanti jika menemukan ikan tertentu saat memancing bisa langsung mengenalinya sebagai jenis ikan tertentu.

1. Ikan Tulang Rawan

Nama latinnya adalah Chondrichthyes yaitu ikan yang punya mulut di bagian bawah sisi tubuhnya, kemudian terdapat pula rahang dan lidah di dalamnya.

Kebanyakan jenis ini hidup di laut dengan jenis sisik yang lebih kasar jika dibandingkan dengan ikan jenis lain. Contoh nama ikan dari jenis Chondrichthyes adalah ikan pari, hiu, dan paus.

2. Ikan Tidak Punya Rahang

Beda lagi dengan jenis yang bernama latin Agatha ini. Ciri utamanya adalah bagian silindris panjang, tidak punya rahang tapi memiliki mulut yang berbentuk lingkaran. Kebanyakan hidup di air tawar atau dasar laut

Baca juga:  Sketsa Gambar Ikan Hias dan Konsumsi Lengkap (Nemo, Hiu, Paus, Lele, Koi, Mas, Lumba dll)

Ikan jenis ini, juga masuk kategori primitif, makanya kebanyakan spesiesnya sudah punah walaupun beberapa masih bisa ditemukan sampai sekarang, seperti lamprey laut, belut laut, dan lamprey sungai.

3. Ikan Tulang Keras

Bagaimana dengan ikan tulang keras? Yaitu ikan yang juga sangat mudah ditemukan dan ukurannya termasuk besar, mulai dari satu meter hingga empat meter. Bagian tubuh ikan ini, memiliki tulang yang di dalamnya mengandung fosfat dan kalsium.

Jenis ikan dengan nama latin Osteichthyes ini ada yang hidup di air tawar, rawa, maupun air laut. Beberapa contohnya adalah, arwana, lele, cupang, koi, gabus, dan masih banyak lagi.

Apa Saja Manfaat Ikan?

Apa Saja Manfaat Ikan

Dengan mengetahui pengertian ikan dan ciri-cirinya Anda semakin paham tentang apa itu ikan. Berikutnya, yang perlu diketahui adalah manfaat dari ikan untuk manusia dan kehidupan di bumi.

1. Makanan

Banyak jenis ikan yang bermanfaat sebagai makanan bagi manusia. Bukan saja sekedar makanan biasa, tapi kandungan hebat dari ikan membantu tumbuh kembang manusia sejak kecil hingga dewasa.

Terdapat berbagai vitamin, mineral, lemak esensial, dan zat penting lainnya yang memiliki peranan dalam sistem metabolisme tubuh. Makanya, dari kecil anak-anak selalu dianjurkan untuk banyak makan ikan.

2. Mengendalikan Berbagai Penyakit

Ikan juga membantu manusia untuk mengendalikan berbagai penyakit dengan mengkonsumsinya pada takaran yang tepat.

3. Menjadi Bahan Baku Berbagai Produk

Berbagai jenis ikan juga dimanfaatkan untuk bahan baku berbagai produk, mulai dari makanan, produk kecantikan, hingga industri.

Banyak pengetahuan baru, yang bisa didapat dari informasi seputar pengertian ikan dan lainnya. Untuk membuat kesadaran lebih tinggi bahwa di alam terdapat makhluk lain yang memiliki keunikannya sendiri.

Gambar Gravatar
Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.