sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Penjelasan Pengertian PC dari Awal Perkembangannya yg Signifikan

Pengertian PC

Pengertian PC – Sejak dulu hingga sekarang komputer terus mengalami inovasi yang tentunya menjadi lebih canggih. Namun sebelum itu, Anda perlu mengetahui apa itu pengertian PC.

PC ini merupakan kepanjangan dari Personal Computer. Beberapa mungkin menyebut komputer tapi banyak juga menyebutnya PC.

Mungkin selama ini Anda hanya mengetahui cara menggunakan komputer, fitur apa saja yang ada di dalamnya, dan fungsinya.

Tetapi pernahkah terlintas bagaimana awal penemuan komputer yang identik dengan komponen dan sistem yang canggih di dalamnya?

Apa Sebenarnya Pengertian PC?

Intinya Personal Computer atau PC sama artinya dengan komputer yang menjadi bagian penting dalam menjalankan kegiatan sehari-hari maupun bisnis.

Seiring dengan perkembangan teknologi ini sebutan untuk benda berteknologi tinggi ini pun mengalami perubahan dari masa ke masa.

Ketika pada masa-masa penemuan komputer, orang zaman dahulu menyebutnya mikrokomputer. Setelah melalui beberapa periode, terjadi beberapa perubahan, lebih tepatnya transformasi dengan tambahan fitur lebih canggih sehingga berkembang menjadi PC tablet, laptop, dan sebagainya.

Jadi, PC adalah sebuah komputer multifungsi yang mempunyai kemampuan, ukuran, dan harga khusus, sehingga hanya dapat Anda gunakan sendiri atau untuk satu orang saja. Itulah mengapa alat tersebut lebih Anda kenal sebagai Personal Computer.

Tentu saja PC ini berbeda dengan jenis komputer yang memang diperuntukkan bagi teknisi yang mungkin dapat melakukan beberapa penambahan komponen.

Sejarah PC

Sejarah PC

Tidak lengkap rasanya membahas personal computer ini tanpa mengetahui bagaimana awal penemuan teknologi tersebut.

Perjalanan komputer yang berawal sebagai mesin sederhana hingga berkembang menjadi semakin kompleks seperti saat ini berlangsung cukup lama.

  • Awal Penemuan

Generasi pertama dari sebuah PC ialah mikrokomputer yang pertama kali muncul pada sekitar tahun 1970 an. Saat itu orang menggunakan istilah mikrokomputer untuk mendefinisikan pengertian PC. Karena masih awal penemuan, maka jumlah produksi mikrokomputer ini masih sangat terbatas.

  • Penjualan

Awal mula penjualan jumlah komputer yang ada memang sangat sedikit karena hanya segelintir orang saja yang mampu menggunakannya.

Jadi, hanya orang-orang yang mampu merakit atau mengoperasikannya sendiri yang berpotensi membeli mikrokomputer ini.

  • Kapasitas

Mengingat masih awal tahap pengembangan,kapasitas dan kemampuan komputer pada masa itu memang sangat rendah.

Jika Anda bandingkan dengan PC pada masa sekarang, memang sangat jauh perbedaannya. Pengertian pc client pun dapat Anda kaitkan dengan kapasitas komputer.

  • Pengguna

Siapakah yang menggunakan komputer dengan kapasitas terbatas pada masa itu? Peminat komputer sederhana ini hanyalah segelintir orang seperti insinyur, peminat komputer, ahli elektronika, atau orang yang memang tertarik untuk mengotak-atik mikrokomputer tersebut.

  • Tahap Pengembangan

Karena kurangnya kemampuan mikrokomputer, maka perlu adanya pengembangan agar mampu menyediakan komputer bisnis.

Hal ini bertujuan untuk memperluas target pasar sehingga lebih banyak peminat yang tertarik untuk membeli komputer.

  • Processor

Jenis processor untuk mikrokomputer ini ialah intel4004 yang pertama kali muncul pada sekitar tahun 1971. Processor inilah yang terdapat pada jenis mikrokomputer yang sempat populer ketika penggunaan chip silikon PC ini semakin marak.

  • Home Computer

Mikrokomputer yang ada dalam generasi kedua ini Anda kenal dengan sebutan home computer. Intinya PC dan home computer ini ialah sama. Jenis PC inilah yang cukup fleksibel untuk semua orang, tidak hanya golongan tertentu saja.

Pengembangan terus menerus berhasil menciptakan mikrokomputer yang berguna dalam proses perniagaan. Tipe PC IBM ini sangat populer pada tahun 1980 karena harganya yang terjangkau. Selain itu, PC tersebut cocok sebagai PC pribadi maupun bisnis.

Komponen Utama dalam PC

Komputer dapat melakukan kinerja yang cukup kompleks sebab memiliki komponen penting di dalamnya. Masing-masing komponen memiliki tugas yang berbeda.

Jadi, mengenal PC saja tidak cukup namun perlu memahami isi komponen PC juga.

1. Hardware

Hardware Komputer

Hardware atau perangkat keras adalah suatu perangkat pokok yang menyusun sebuah komputer. Jenis perangkat ini dapat kita lihat dan raba secara langsung. Contoh dari hardware adalah keyboard, touchpad, layar, dan sebagainya.

Fungsi Hardware

Kegunaan hardware ini sebagai penyokong semua jenis proses komputerisasi dan mampu bekerja sesuai dengan perintah brainware. Pengertian PC desktop berkaitan erat dengan peran masing-masing komponen.

Jenis Hardware

Hardware memiliki beberapa jenis dengan spesifikasi yang berbeda-beda. Anda dapat menyimak pengertian PC laptop dan jenis hardware di dalamnya yang mungkin berbeda dengan hardware PC Jenis hardware meliputi:

  • Perangkat Input

Perangkat Input adalah hardware yang memberikan perintah langsung kepada perangkat output. Dengan kata lain, sebagai pemberi informasi kepada pengguna komputer.

Contoh dari Perangkat Input adalah Joystick, Mouse, Scanner, FlashDrive, CD, keyboard dan lain-lain.

  • Perangkat Output

Hardware yang menyajikan hasil olah data setelah melalui beberapa proses dalam komputer kepada pengguna. Contoh dari perangkat output ialah VGA adapter, proyektor, monitor, printer, network card, cutting plotter dan lain-lain.

  • Perangkat Pemroses

Hardware yang bertugas untuk mengolah data input yang berasal dari pengguna untuk kemudian melalui tahap pemrosesan. Perangkat pemroses ini mencakup CPU, memory, hardisk, processor, motherboard dan sebagainya.

2. Software

Software Komputer

Berlawanan dengan Hardware, software merupakan data elektronik yang tersimpan dalam komputer. Data elektronik ini berperan untuk memproses instruksi agar dapat memberikan hasil sesuai dari perintah tersebut. Anda tak dapat melihat atau memegang software karena tidak bersifat nyata.

Jenis Software

Selain PC, Anda perlu memahami pentingnya software dalam PC tersebut. Jenis software mencakup:

  • Program Aplikasi

Software yang tertulis dalam bahasa pemrograman dan berlaku untuk bidang tertentu. Contoh program aplikasi ialah microsoft Excel,Word, Powerpoint dan lain-lain.

  • Utility

Utility berperan untuk membantu dalam sistem operasi. Jika kita mempelajari pengertian PC tablet maka sistem operasinya pun akan berbeda. Contoh dari sistem ini ialah Google Chrome, Anti Virus, Mozilla, pemutar video dan sebagainya.

  • Sistem Operasi

Software yang bertugas untuk mengorganisir komponen mesin pada komputer. Contohnya ialah Windows, Linux, Unix, Macintosh.

  • Bahasa Pemrograman

Software yang berperan sebagai instruksi standar dalam memerintahkan komputer. Contoh software ini ialah, Pascal, Javascript, PHP, Phyton, dan sebagainya.

3. Brainware

Brainware Computer

Jika Anda sudah mengenal PC, maka Anda dapat menganalogikan brainware sebagai otak dari PC tersebut. Jadi, brainware adalah pengguna yang memberikan perintah tertentu agar komputer dapat beroperasi.

Tipe Brainware

  • Administrator

Pengguna yang mengelola sistem operasi maupun program-program yang terdapat dalam komputer. Dengan memahami pengertian PC server, Anda pun dapat memahami peranan masing-masing brainware.

  • Operator

Operator adalah pengguna yang menjalankan sistem dan peralatan yang berhubungan dengan perangkat komputer. Operator ini dapat merawat sistem yang ada pada komputer, menyediakan data mana yang dapat Anda akses, dan sebagainya.

  • Programmer

Menjadi programmer sudah semestinya memahami bahasa pemrograman. Orang inilah yang menyediakan program-program untuk perancangan sistem komputer.

Kesimpulan Penegertian Pc

Semua komponen komputer ini saling berkaitan sehingga jika terdapat bagian yang rusak maka akan mengganggu kinerja yang lain.

Oleh karena itu, tahu tentang pengertian PC dan mengenal jenis-jenis komponen yang ada di dalamnya dapat membantu Anda agar lebih bijak dalam mengoperasikan komputer.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *