Sindu Muda Sindu Muda, (Pejuang Waktu) yang suka belajar apa saja untuk kemanfaatan sesama.

√ Pengertian Pemasaran Secara Umum, Konsep | Manajemen, Sistem, Jenis, Tujuan Lengkap

7 min read

Pengertian Pemasaran

Pengertian Pemasaran  Secara Umum ­– atau biasa disebut dengan marketing memiliki peranan yang sangat penting untuk semua jenis bidang usaha.

Karenanya pemasaran atau marketing mempunyai peran sebagai penghubung antara produsen suatu perusahaan dengan masyarakat sebagai pemakai produk.

Pemasaran atau marketing biasa disebut sebagai ujung tombak perusahaan, karena walaupun sebagus apapun produk atau perusahaan dalam produktifnya hal ini tidak menjamin akan kesuksesan perusahaan.

Artinya apabila sistem pemasaran-nya lemah perusahaan itu tidak akan pernah maju dan berkembang dalam mencapai target dan pemuasan pada kebutuhan masyarakat.

Istilah Pengertian pemasaran secara umum sangat penting untuk di perhatikan dalam suatu perusahaan manapun guna mengoptimalkan target tujuan suatu perusahaan.

Pemasaran merupakan ujung tombak terhadap pencapaian tujuan dan kesuksesan perusahaan.

Pengertian pemasaran secara umum

Pengertian pemasaran merupakan proses kegiatan secara menyeluruh, terpadu dan terencana, yang dilakukan oleh sebuah institusi atau organisasi dalam menjalankan usaha agar dapat memenuhi kebutuhan pasar dengan cara membuat produk.

Produk harus memiliki nilai jual, penetapan harga, selling, dan harus mendistribusikan-nya melalui kegiatan pertukaran untuk dapat memuaskan konsumen dan perusahaan.

Pengertian sangat relevan dan berhubungan dengan pengertian produk.

Pengertian Pemasaran Menurut Para Ahli

Disamping pengertian pemasaran secara umum ada beberapa pengertian menurut para ahli sebagai berikut:

Menurut Kotler (2001)

Pengertian pemasaran berarti bekerja dengan pasar sasaran untuk mewujudkan pertukaran yang potensial dengan maksud memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Sehingga dapat dikatakan bahwa keberhasilan pemasaran merupakan kunci sukses dari suatu perusahaan.

Menurut Stanton (2001)

Menurut Stanton pemasaran adalah suatu sistem keseluruhan dari kegiatan-kegiatan bisnis yang ditujukan untuk merencanakan, menentukan harga, mempromosikan dan mendistribusikan barang atau jasa yang memuaskan kebutuhan baik kepada pembeli yang ada maupun pembeli potensial.

Menurut Tung Dasem Waringin

Menurut Tung Desem Waringin, pengertian pemasaran adalah media untuk mengkomunikasikan sebuah nilai tambah yang lebih tinggi dari nilai awal.

Menurut John Westwood

Menurut John Westwood, pengertian pemasaran adalah sebuah usaha terpadu yang dijalankan untuk memenuhi kebutuhan konsumen serta memberikan keuntungan atau laba kepada perusahaan.

Pengertian Pemasaran Lain

Pengertian lain ini tidak jauh berbeda dengan pengertian sebelumnya pengertian pemasaran secara umum.

Pemasaran atau dalam bahasa Inggris marketing adalah proses penyusunan komunikasi terpadu yang bertujuan untuk memberikan informasi tentang barang atau jasa yang berkaitan guna memuaskan kebutuhan dan keinginan manusia.

Dari definisi pemasaran diatas, terdiri beberapa kalimat inti antara lain adalah:

  • Pemasaran merupakan suatu proses kegiatan secara menyeluruh dan terpadu dengan terencana.
  • Pemasaran dijalankan oleh sebuah lembaga atau organisasi terutama adalah perusahaan.
  • Pemasaran mayoritas dilaksanakan dalam rangka untuk menjalankan bisnis.
  • Pemasaran sengaja dilakukan agar dapat memenuhi target perusahaan kebutuhan konsumen.
  • Pemasaran dilakukan dengan cara produksi barang, menetapkan harga jual, mengkomunikasikan atau mempromosikan, serta mendistribusikan melalui adanya kegiatan pertukaran.
  • Pemasaran untuk memuaskan kebutuhan konsumen dan perusahaan.

Kunci Sukses Kegiatan Pemasaran Secara Mendasar

Pemasaran memang berbeda jika dibandingkan dengan penjualan, dari hasil perbandingan didapatkan definisi pemasaran diatas dengan definisi penjualan maka kita tahu bahwa terdapat adanya perbedaan yang begitu jelas.

Yang mana penjualan merupakan salah satu bagian dari kegiatan pemasaran secara utuh, jadi pemasaran lebih memiliki peran menyeluruh untuk menunjang penjualan.

Hal ini juga berhubungan dengan perbedaan ekonomi mikro dan makro.

Konsep Pemasaran

Pengertian Pemasaran Secara Umum, perbedaan ekonomi mikro dan makro

Pemasaran diawali dengan pemenuhan kebutuhan manusia yang kemudian tumbuh menjadi keinginan manusia.

Contohnya, seorang manusia membutuhkan nasi untuk memenuhi kebutuhan pokok. Jika ada sebuah nasi maka kebutuhan pokoknya akan terpenuhi.

Tetapi manusia tidak hanya ingin memenuhi kebutuhannya namun juga ingin memenuhi keinginannya yaitu misalnya sebungkus nasi merek McDonald’s yang praktis dan mudah dibawa.

Karenanya manusia ini memilih McDonald’s yang sesuai dengan kebutuhan makanan pokok dan sesuai dengan keinginannya yang juga praktis.

Konsep pemasaran  ini terjadi karena adanya proses dalam pemenuhan kebutuhan dan keinginan manusia.

Kebutuhan tersebut adalah pemenuhan produk (product), penetapan harga (price), pengiriman barang (place), dan promosi barang (promotion).

Seseorang yang berprofesi dibidang pemasaran disebut pemasar. Agar berjalan dengan baik seorang pemasar sebaiknya memiliki pengetahuan dalam konsep dan prinsip pemasaran.

Hal ini bertujuan agar kegiatan pemasaran dapat tercapai sesuai dengan kebutuhan dan keinginan masyarakat terutama pihak konsumen yang sebagai target.

Konsep-Konsep Utama Pemasaran

Beberapa konsep utama pemasaran meliputi: kebutuhan, keinginan, permintaan, produksi, utilitas, nilai & kepuasan, pertukaran, transaksi dan hubungan pasar, pemasaran dan pasar.

Kita bisa membedakan antara kebutuhan, keinginan dan permintaan. Kebutuhan ialah suatu keadaan dirasakan-nya untuk mempertahankan hidup serta memperoleh kesejahteraan.

Sedangkan keinginan adalah kehendak yang kuat akan pemuas yang spesifik terhadap beberapa kebutuhan yang lebih mendalam.

Sedangkan Permintaan adalah keinginan akan produk yang spesifik karena adanya dukungan dan kemampuan serta perasaan untuk membelinya.

Konsep pemasaran tersebut dibuat  menggunakan tiga faktor utama yaitu:

  • Saluran perencanaan dan kegiatan perusahaan wajib berorientasi pada pasar atau konsumen.
  • Volume penjualan yang menguntungkan harus menjadi tujuan perusahaan, bukan berarti volume untuk kepentingan volume itu sendiri.
  • Seluruh kegiatan pemasaran dalam perusahaan wajib di koordinasikan dan diintegrasikan secara organisasi.

Tujuan utama konsep pemasaran

Tujuan utama konsep pemasaran ialah melayani konsumen dengan memperoleh sejumlah laba, atau dapat diartikan sebagai perbandingan antara penghasilan dengan bea yang layak.

Hal Ini berbeda dengan konsep penjualan yang menitik beratkan pada keinginan perusahaan saja.

Falsafah dalam pendekatan penjualan adalah memproduksi suatu pabrik, kemudian meyakinkan kepada konsumen agar bersedia membeli produknya.

Sedangkan pendekatan konsep pemasaran menghendaki supaya manajemen menentukan keinginan konsumen terlebih dulu, baru setelah itu melakukan bagaimana caranya memuaskan.

Pengertian Manajemen Pemasaran

Manajemen pemasaran terdiri dari dua kata yaitu manajemen dan pemasaran, jadi manajemen pemasaran berasal dari dua kata yang dikombinasi.

Menurut Kotler dan Armstrong pemasaran adalah analisis, perencanaan, implementasi, dan pengontrolan dari program-program yang didesain untuk menciptakan, membangun, dan memelihara pertukaran yang menguntungkan dengan pembeli sasaran untuk mencapai tujuan perusahaan.

Sedangkan manajemen ialah proses perencanaan (Planning), pengorganisasian (organizing) penggerakan (Actuating) dan pengawasan.

Artinya, bahwa Manajemen Pemasaran sebagai analisis, perencanaan, penerapan, dan pengendalian program yang didesain untuk menciptakan, membangun, dan mempertahankan pertukaran yang menguntungkan melalui pasar sasaran dengan maksud untuk menggapai tujuan organisasi.

Baca Juga: Tugas Manajer Pemasaran dan Wewenang dalam Perusahaan

Sistem Pemasaran

Pengertian Pemasaran Secara Umum, perbedaan ekonomi mikro dan makro

Sistem adalah kolompok item atau bagaian komponen yang saling berhubungan dan saling berkaitan secara tetap dalam menyusun satu kesatuan terpadu.

Jadi dapat diartikan sistem pemasaran merupakan kumpulan lembaga atau institusi yang melaksanakan tugas pemasaran barang, jasa, ide, orang, dan faktor-faktor lingkungan yang saling memberikan pengaruh dan membentuk serta mempengaruhi hubungan perusahaan dengan pasarnya.

Klasifikasi  atau pengelompokan item yang saling berhubungan dan saling berkaitan dalam pemasaran :

  • Gabungan organisasi yang melaksanakan kerja pemasaran.
  • Produk, jasa, gagasan atau manusia yang dipasarkan.
  • Perantara (pengecer, grosir, agen transportasi, lembaga keuangan).
  • Kendala lingkungan (environmental constraints).
  • Target pasar.

Sederhananya bahwa sistem pemasaran terdiri dari dua unsur yang saling berkaitan, yaitu organisasi pemasaran dan target pemasaran.

Unsur-unsur dalam sebuah sistem pemasaran sejajar dengan unsur-unsur yang ada pada sistem radio stereo. Bekerja secara terpisah, namun dapat dipertemukan pada waktu secara tepat.

Macam-Macam Sistem Pemasaran Secara Umum

  • Sistem pemasaran saluran vertikal

Pada sistem ini produsen, grosir, dan pengecer bertindak dalam satu keterpaduan, dengan tujuan mengendalikan perilaku saluran dan mencegah perselisihan antara anggota saluran.

  • Sistem pemasaran saluran horizontal

Pada sistem ini, dibutuhkannya kerjasama antara dua atau lebih perusahaan yang bergabung untuk memanfaatkan peluang pemasaran yang ada.

  • Sistem pemasaran saluran ganda

Pada sistem ini dilakukan pengabungan antara gaya pengeceran dengan pengaturan fungsi distribusi dan manajemen, kemudian dari belakang dipimpin secara sentral.

Lingkungan Sebuah Sistem Pemasaran

Lingkungan sistem pemasaran terdiri dari lingkungan mikro , makro dan lingkungan non pemasaran.

  • Lingkungan mikro eksternal

Lingkungan mikro tersebut ialah:

    • Pasar (market).
    • Pemasok.
    • Pialang (marketing intermediaries).
  • Lingkungan makro ekstern.

Lingkungan makro tersebut ialah:

    • Demografi (kependudukan).
    • Kondisi ekonomi.
    • Kekuatan sosial dan budaya.
    • Kekuatan politik dan legal.
  • Lingkungan Non–Pemasaran Intern
    • Lingkungan non – pemasaran lainnya adalah areal perusahaan, ketangguhan bagian riset dan pengembangan.

Kekuatan intern bersifat menyatu (interest) dalam organisasi serta dikendalikan oleh manajemen.

Strategi Pemasaran

Pengertian Pemasaran Secara Umum, perbedaan ekonomi mikro dan makro

Strategi pemasaran merupakan perihal yang sangat penting bagi perusahaan dimana strategi pemasaran merupakan suatu cara mencapai tujuan dari sebuah perusahaan, karena kemampuan untuk menjual proposisi terbatas pada jumlah orang yang mengetahui hal tersebut.

Hal ini juga dikemukakan pendapat oleh Swastha Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.

Kemudian menurut W. Y. Stanton pemasaran adalah sesuatu yang meliputi seluruh sistem yang berhubungan dengan tujuan untuk merencanakan dan menentukan harga melalui promosi, distribusi barang dan jasa yang bisa memuaskan kebutuhan pembeli aktual maupun potensial.

Berdasarkan pengertian di atas, proses pemasaran dimulai dari menemukan apa yang diinginkan oleh konsumen. Yang akhirnya pemasaran memiliki tujuan dan target  yaitu :

  • Konsumen potensial mengetahui secara rinci produk yang kita hasilkan dan perusahaan dapat menyediakan seluruh permintaan mereka atas produk yang dihasilkan.
  • Perusahaan dapat menjelaskan secara detail mengenai kegiatan yang berhubungan dengan pemasaran produknya.
  • Kegiatan pemasaran ini meliputi berbagai kegiatan, mulai dari penjelasan mengenai produk, desain produk, promosi produk, pengiklanan produk, komunikasi kepada konsumen, sampai pengiriman produk agar sampai ke tangan konsumen secara cepat.
  • Dapat Mengenal dan memahami keinginan dan kebutuhan konsumen sehingga produk cocok dengannya dan dapat terjual dengan baik.

Kesimpulan, bahwa pembuatan produk atau jasa yang diinginkan oleh konsumen harus menjadi fokus kegiatan operasional maupun perencanaan suatu perusahaan.

Unsur Strategi Pemasaran

Menurut situs nurfasta.com ada beberapa unsur dari strategi pemasaran, diantaranya yaitu sebagai berikut :

  • Penentuan Pasar

Makna dari pasar sangatlah luas sehingga pengusaha dalam hal ini bagian manajemen pemasaran harus menentukan dan memilih secara tepat dibagian tertentu, pasar mana yang  akan dilayani, ini harus dilakukan supaya pemasarannya memiliki tujuan jelas .

Segmentasi pemasaran merupakan hal awal dalam sebuah strategi pemasaran dari semua upaya, dan sangat perlu mendapatkan penanganan serius, supaya produk atau jasa nantinya benar-benar dapat di atur sedemikian rupa dengan keinginan pasar.

Segmentasi pemasaran ialah upaya pengklasifikasian atau pengelompokan pasar untuk mempermudah bagaimana nantinya pasar akan diperlakukan, karena sudah barang tentu modal akan terbatas, sebisa mungkin dana yang ada digunakan seefektif mungkin.

Pasar yang tersegmen dengan tepat didalam permulaan usaha akan membuat dana pada awal usaha menjadi efisien, hal ini tentu sangat bermanfaat bagi pengusaha atau manajemen pemasaran yang memiliki modal yang minimalis.

  • Perencanan Produk

Sebelum membangun sebuah produk yang siap dikeluarkan dipasaran, manajemen pemasaran hendaknya perlu membuat perencanaan produk yang telah disesuaikan dengan target pasarnya.

Misalnya penentuan besaran volume produk, iklan, juga tokoh yang ada dalam iklan.

Suatu contoh, mengapa deterjen banyak berukuran mini volumenya, tidak hanya berukuran besar? atau lihat mengapa shampo Clear menggunakan model pria muda rupawan?

Mengapa tidak menggunakan artis veteran yang masih tenar? mengapa botol saos menggunakan yang sederhana namun kuat?

Beberapa pertanyaan diatas tentu sudah melalui perencanaan, begitu juga dengan hal-hal detail lainnya pastinya sudah direncanakan pula guna menunjang  pencapaian dan tujuan perusahaan.

  • Manajemen Harga

Manajemen harga merupakan suatu upaya strategis, paling strategis didalam memulai persaingan, bisa diawali dengan perhitungan secara matang dalam internal perusahaan lalu dibandingkan denga para pesaing.

Manajemen harga ini dimulai dengan cara yang sederhana, harga saat promosi, harga eceran, harga reseller atau dengan agen lain.

Belum lama ini, pengembangan strategi pemasaran dalam manajemen harga bisa sangat luas.

Hal ini karena pasar sekarang juga turut andil dalam penentuan harga, menjadi masukan di pasar, utamanya saat pasar merespon secara rendah produk tertentu dengan tingkat kreatifitas harga yang keliru, respon pasar atas rumusan harga para pesaing.

Bisa kita amati contoh nyata, Wings Food senantiasa menarik dalam memastikan harga yang berbasis segmen pasar, contohnya Beli 3 jas jus gratis 1 jas jus, Beli 3 bungkus Kopi gratis 1 bungkus.

Coba perhatikan, ini dapat menguntungkan 2 belah pihak, sang pembeli juga penjual, apabila yang dibeli cuma 1 bungkus saja, maka bonus akan menjadi milik penjual, yang bisa dijadikan uang ketika dijual lagi.

  • Distribusi

Distribusi adalah bagian strategi pemasaran yang karena faktor efisien dan efektivitas bisa membuat lancarnya proses penyaluran barang.

Ada tiga pihak yang akan terpuaskan yaitu, Produsen, Agen atau reseller, dan Konsumen. Distribusi merupakan layanan yang dampaknya dapat dirasakan oleh semua pihak yang karenanya menggunakan jalur mata rantai.

Kita ketahui keunggulan dari produk buku Gramedia, Gramedia merupakan pemasaran yang juga distributor buku, disamping produsen buku sekaligus pemilik toko buku di berbagai kota, ini merupakan inline serta integratif.

  • Komunikasi dan Promosi

Lini komunikasi sepatutnya disusun dengan benar sebab lini ini hendak menjadi awal dari pertemuan atau awal dari hubungan berupa informasi-informasi dengan konsumen.

Komunikasi meliputi penerapan pendekatan pemasaran, sistem publikasi promosi penjualan, hubungan dengan hubungan, penjualan langsung, pembuatan media yang mendukung.

Karena komunikasi yang tepat akan menyebabkan persepsi yang baik ke dalam pasar.

Suatu contoh, iklan keju yang ada di televisi, disana digambarkan hanya dengan selembar keju, seorang anak bisa bertambah pintar dan cerdas.

Dari contoh tersebut sekarang coba Anda bayangkan, apakah benar seorang anak akan semakin cerdas hanya dari mengkonsumsi selembar keju?

Nah, seperti itulah strategi pemasaran, semuanya harus kreatif dan komunikatif agar menarik dan menimbulkan kesan baik.

Kesimpulan

Kesimpulannya bahwa pemasaran merupakan usaha terpadu untuk menggabungkan rencana-rencana strategis yang diarahkan sebagai pemuas kebutuhan dan keinginan konsumen untuk memperoleh keuntungan yang diharapkan melalui proses pertukaran atau transaksi.

Orang Lain Juga Mencari Pengertian Pemasaran Secara Umum

pengertian pemasaran menurut para ahlistrategi pemasarandefinisi pemasaran menurut kotlerpengertian pemasaran menurut para ahli 2016
pengertian manajemen pemasaranfungsi pemasaran contoh pemasaranpengertian pemasaran menurut para ahli 2017pengertian pemasaran online
pengertian pemasaran produkpengertian pemasaran langsungpengertian pemasaran secara umumpengertian pemasaran menurut kotler
jelaskan pengertian pemasaranjurnal pengertian pemasaran pdfjelaskan pengertian pemasaran onlineapa pengertian pemasaran
Sindu Muda Sindu Muda, (Pejuang Waktu) yang suka belajar apa saja untuk kemanfaatan sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *