sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Jenis Perangkat Jaringan Komputer beserta Istilah Populer & Fungsinya

Perangkat Jaringan Kompter

Perangkat Jaringan Komputer – Teknologi semakin berkembang pesat karena hampir semua aspek kehidupan kita sangat berkaitan erat dengan teknologi, terutama perangkat jaringan komputer.

Peranan teknologi komputer ini sangat penting dalam dunia bisnis, pendidikan, kesehatan, dan sebagainya.

Sejak dulu hingga sekarang perangkat jaringan pada komputer dan telepon menjadi dua komponen utama dalam meningkatkan bisnis.

Dari masa ke masa, jaringan komputer ini selalu berubah karena selalu ada inovasi baru sesuai dengan trend. Namun, apa sebenarnya jaringan komputer ini?

Definisi Peralatan Jaringan Komputer

Ada banyak hal yang perlu Anda ketahui tentang seluk beluk jaringan komputer. Dengan memahami perangkat jaringan dan fungsinya, maka Anda dapat menggunakan perangkat tersebut dengan tepat.

Pada dasarnya, perangkat jaringan pada komputer adalah dua atau beberapa perangkat komputer yang terhubung satu sama lain yang berperan penting dalam berbagai sumber data. Jadi, perangkat komputer harus terkoneksi dengan baik.

Istilah Umum dalam Perangkat Jaringan Komputer

Berbicara tentang jaringan komputer, Anda harus memahami beberapa istilah yang ada dalam sistem jaringan komputer. Berikut ini merupakan istilah yang sering muncul dalam pembahasan jaringan komputer:

1. Internet Protokol

Anda mungkin sudah familiar dengan istilah IP yang merupakan kepanjangan dari Internet Protocol. Intinya setiap perangkat yang terkoneksi dalam jaringan komputer sudah pasti memiliki IP address.

Anda dapat menganalogikan IP address ini sebagai identitas atau alamat suatu perangkat yang terhubung dalam jaringan komputer. IP ini berupa label angka yang unik dan berbeda antara perangkat yang satu dengan yang lain.

2. Internet Service Provider

ISP atau Internet Service Provider ialah perusahaan yang menyediakan layanan internet. Tanpa adanya ISP sangat sulit untuk menghubungkan perangkat jaringan komputer.

3. Metropolitan Area Network

MAN adalah jaringan yang mencakup wilayah perkotaan, sehingga dapat menghubungkan beberapa perusahaan melalui transfer data yang cukup cepat.

4. Local Area Network (LAN)

Jaringan perangkat komputer Local Area Network (LAN)

LAN ialah jaringan komputer yang memiliki cakupan wilayah sangat kecil. Anda dapat menjumpai koneksi LAN pada area sekolah, perusahaan maupun instansi lainnya.

5. Wide Area Network

WAN mengacu pada jaringan dengan cakupan wilayah yang sangat luas, sehingga mampu menghubungkan antar kota bahkan antar negara.

6. Domain

Domain adalah nama dari sebuah situs di internet.

7. Domain Name System

DNS ialah suatu sistem yang dapat menerjemahkan nama domain menjadi IP.

8. Ethernet

Ketika Anda menghubungkan komputer menggunakan jaringan kabel, maka jaringan kabel inilah yang dapat Anda sebut sebagai ethernet.

9. Media Access Control Address

MAC address merupakan alamat yang unik untuk mengidentifikasi interface dalam setiap perangkat jaringan komputer.

10. Hypertext Transfer Protocol

HTTP ialah protokol standar dalam web browser.

Jenis – Jenis Perangkat dalam Jaringan Komputer

Sebenarnya perangkat jaringan komputer berguna untuk mengirimkan dan menerima suatu informasi dari satu perangkat ke perangkat yang lain. Perangkat tersebut tentu saja sudah terhubung dalam jaringan internet.

Ada beberapa jenis perangkat dalam jaringan komputer dan masing-masing memiliki fungsi yang berbeda-beda.

1. Router

perangkat jaringan komputer router

Router ialah perangkat yang dapat menghubungkan dua atau beberapa jaringan. Router ini merupakan server akses atau perangkat yang mampu membuat koneksi dari LAN ke ISP.

Ketika memilih router, pastikan Anda tentukan jenisnya terlebih dahulu. Setiap jenis router memiliki fungsi yang berbeda. Berikut ini informasi tentang tipe-tipe router:

– Router Hardware

Router hardware merupakan salah satu perangkat keras yang mampu membagi dan memancarkan IP address.

– Router PC

Router PC mengacu pada sistem operasi untuk membagi IP address. Pada dasarnya, perangkat ini merupakan komputer yang mempunyai rancangan khusus sehingga dapat berfungsi sebagai router.

– Router Aplikasi

Dalam sistem jaringan, tak hanya perangkat keras saja yang terlibat namun ada juga perangkat lunak. Perangkat lunak jaringan komputer adalah software atau perangkat lunak yang berperan dalam akses internet.

Salah satu contoh software jaringan komputer adalah Router aplikasi. Aplikasi ini dapat Anda install pada sebuah sistem operasi sehingga memiliki kemampuan seperti router pada umumnya.

2. Access Point

Selain router, Anda boleh menambahkan access point agar memperluas jangkauan sinyal dari router. Kemampuan access point dalam memancarkan sinyal yang bersumber dari router sangat efektif untuk menghubungkan jaringan yang berbeda.

3. HUB

Biasanya dalam suatu gedung terdapat satu komputer yang berfungsi sebagai sumber data. Untuk menghubungkan komputer sumber data dengan perangkat jaringan komputer yang lainnya maka Anda perlu memasang HUB.

Intinya HUB ini mempunyai peranan penting dalam membagi server ke beberapa jaringan yang ada. Fungsi HUB antara lain:

  • Menyalin Data

HUB mampu menyalin data yang ada pada sumber komputer. Pastikan komputer yang menjadi sumber data ini sudah terhubung dengan port HUB.

  • Mendistribusikan Data

Setelah menyalin data pada sumber komputer tadi, HUB akan mendistribusikan data tersebut ke semua perangkat yang sudah terhubung.

4. Switch

Perangkat Jaringan Komputer Switch

Selain HUB ada lagi perangkat jaringan komputer yang dapat Anda gunakan untuk memperluas jaringan di area tertentu.

Perangkat tersebut adalah switch yang kurang lebih sama dengan HUB namun lebih efektif dalam membagi sinyal. Secara garis besar, switch berfungsi untuk:

  • Membagi Sinyal

Terkadang sinyal koneksi tidak dapat menjangkau semua perangkat. Dengan adanya switch yang mampu membagi dan mendistribusikan sinyal koneksi secara efektif, maka pengiriman data menjadi lebih mudah.

  • Mempercepat Transfer Data

Switch juga mampu mempercepat proses transfer data karena switch mampu mengatur sinyal di area jaringan tersebut secara optimal.

  • Mencegah Tabrakan Data

Anda tak perlu khawatir akan adanya tabrakan data, karena switch mampu mengatasi masalah tersebut dengan mudah.

5. Network Interface Card

NIC ialah kartu untuk menghubungkan sebuah komputer dengan koneksi LAN. Anda pun dapat menghubungkan perangkat ini menggunakan kabel.

6. Bridge

Salah satu perangkat untuk memperkuat sinyal adalah bridge. Perangkat ini sangat efektif dalam memperluas jaringan komputer.

Jika Anda menggunakan bridge, perangkat jaringan komputer dapat dengan mudah menangkap sinyal. Fungsi utama bridge antara lain:

  • Meneruskan Data

Bridge mampu meneruskan data dari sumber perangkat yang satu ke perangkat yang lain secara efisien.

  • Membagi Jaringan

Kemampuannya dalam membagi jaringan ke dalam beberapa bagian akan memperluas jangkauan sinyal.

  • Menyaring Segmen

Bridge dapat menentukan segmen mana saja yang perlu ia saring karena bridge mempunya tabel bridge internal.

7. Konektor

Seperti yang tertera di atas bahwa perangkat keras jaringan komputer adalah semua jenis perangkat yang dapat menghubungkan beberapa komputer agar dapat membagi file atau data dengan mudah.

Konektor termasuk perangkat penting dalam sistem jaringan komputer. Kabel dan adaptor jaringan dapat Anda hubungkan menggunakan konektor ini.

Kesimpulan Perangkat Jaringan Komputer

Itulah beberapa istilah yang cukup populer dalam perangkat jaringan komputer. Jenis perangkat yang Anda gunakan dalam jaringan komputer sudah memiliki tugas yang berbeda-beda.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *