sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

7 Contoh Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak, Apa Saja?

Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak

Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak – Masih ingatkah Anda dengan hukum kekekalan energi? Hukum tersebut menyatakan bahwa energi tidak dapat diciptakan maupun dimusnahkan.

Namun bentuknya bisa diubah. Salah satu yang banyak dijumpai adalah perubahan energi listrik menjadi energi gerak.

Pada kesempatan kali ini akan dijelaskan mengenai contoh-contoh perubahan energi listrik menjadi energi gerak. Sebenarnya, contohnya bisa dilihat dalam keseharian. Misalnya kipas angin yang bisa bergerak ketika terhubung dengan listrik.

Tapi bagaimanakah cara kerjanya secara detail? Mari simak pembahasan di bawah ini untuk mengetahui penjelasan selengkapnya.

Mengenal Motor Listrik Penggerak

Mengenal Motor Listrik Penggerak

Di dalam setiap peralatan yang mengubah energi listrik menjadi gerak terdapat motor listrik penggerak. Komponen ini merupakan inti atau nyawa dari setiap peralatan tersebut. Proses konversi energi listrik dari sumber listrik menjadi energi gerak terjadi pada motor penggerak ini.

Cara kerjanya cukup sederhana. Pertama, energi listrik digunakan untuk menghasilkan medan magnet atau lebih dikenal dengan elektromagnet.

Magnet di dalam motor listrik ada dua yaitu statis atau memiliki kedudukan yang tetap dan dinamis yang ditempatkan di sebuah poros sehingga bisa berputar.

Berikut penjelasan lebih lengkap tentang prinsip kerja motor listrik.

  1. Pertama, arus listrik yang berada di dalam medan magnet akan menghasilkan gaya.
  2. Apabila kawat yang menghantarkan arus tersebut dibegkokkan menjadi sebuah loop atau lingkaran, maka kedua sisinya akan menjadi sudut kanan medan magnet dan memperoleh gaya di arah yang berseberangan.
  3. Gaya yang berpasangan ini menghasilkan torque atau tenaga putar untuk memutar kumparan.

Contoh Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak

Contoh Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak

Perubahan energi listrik menjadi energi gerak atau kinetik ini sangat dekat dengan kehidupan sehari-hari. Contohnya adalah kipas angin, mikser, blender, dan masih banyak lagi. Perubahan energinya memang bisa dilihat dengan kasat mata.

Namun untuk mengubah energi listrik menjadi gerak diperlukan mekanisme yang cukup rumit. Masing-masing alat memiliki caranya sendiri-sendiri untuk bisa menghasilkan gerakan dari energi listrik.

1. Mobil Listrik

Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak

Contoh yang pertama adalah mobil listrik. Kendaraan yang dianggap ramah lingkungan ini mulai populer sejak akhir 2019 ketika Tesla meluncurkan produk mobil listrik.

Sama seperti namanya, bahan bakar utama dari mobil ini adalah listrik yang disimpan di dalam baterai.

Mobil listrik ini mengubah bahan bakar yang berasal dari energi listrik menjadi gerakan atau energi mekanik. Prinsip kerja mobil listrik dimulai ketika pedal gasnya ditekan atau diinjak, selanjutnya akan terjadi hal-hal di bawah ini.

  1. Controller akan mengambil daya listrik dari inverter dan baterai traksi, kemudian mengatur daya listrik tersebut.
  2. Selanjutnya, inverter mengirimkan energi listrik ke motor. Besarnya energi listrik ini menyesuaikan tekanan yang diberikan pada pedal gas.
  3. Motor listrik bekerja dengan mengubah energi listrik yang masuk menjadi gerakan berupa putaran atau rotasi.
  4. Rotasi yang dihasilkan motor akan menghasilkan rotasi pada transmisi dan menggerakkan roda.
  5. Mobil pun berjalan.

2. Kipas Angin

Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak kipas angin

Kipas angin merupakan salah satu peralatan elektronik yang hampir selalu ada di setiap rumah. Fungsinya tentu saja menghembuskan angin agar ruangan terasa lebih sejuk.

Kipas angin memiliki sebuah motor listrik di dalamnya yang berfungsi untuk menggerakkan baling-baling.

Baling-baling tersebut bisa bergerak karena dikaitkan di bagian poros motor listrik. Cara kerjanya jauh lebih sederhana dibandingkan mobil listrik.

Ketika ada listrik yang mengalir ke dalam kipas angin, medan magnet akan terbentuk di dalam motor listrik. Medan magnet ini menghasilkan gaya saling tolak sehingga menghasilkan gerakan memutar.

Karena baling-baling langsung terhubung dengan poros motor, maka gerakannya akan terjadi secara langsung.

Baca Juga:

7 Manfaat Penting Pembangkit Listrik Tenaga Air Bagi Kehidupan Manusia
Jenis-Jenis Listrik yang Umum Digunakan & Cara Memebedakannya
7 Pengertian Ahli Tentang, Apa Itu Listrik? Beserta Jenis-jenis Listrik

3. Mixer

Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak

Anda tentu sudah tidak asing alat elektronik bernama mixer yang berfungsi untuk mengaduk adonan. Cara kerja alat ini hampir sama seperti kipas angin.

Prinsip kerjanya dimulai ketika ada listrik mengalir ke saklar dan dialirkan lagi menuju ke motor penggerak. Motor inilah yang bertugas untuk melakukan perubahan energi listrik menjadi energi gerak menggunakan medan elektromagnetik yang terbentuk di dalamnya.

Selanjutnya, motor akan menggerakkan roda gigi di dalam mixer sehingga pengaduk bergerak memutar. Umumnya, motor yang dipakai di dalam mixer termasuk jenis universal yang mampu menghasilkan beberapa kecepatan berbeda.

4. Mesin Cuci

Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak Mesin Cuci

Satu lagi alat rumah tangga yang bekerja dengan menerapkan perubahan energi listrik menjadi energi gerak mesin cuci.

Namun berbeda dengan kipas angin, mesin cuci screw pulsator untuk menghubungkan antara motor penggerak dengan bak cuci atau bak pengering.

Jadi, listrik yang mengalir ke dalam mesin cuci akan masuk ke motor terlebih dahulu. Kemudian motor menghasilkan energi gerak yang dihubungkan ke screw pulsator. Setelah itu bak cuci atau pengering akan berputar.

Pada mesin cuci dua tabung, motor yang dipakai pada bak cuci memiliki kecepatan putar yang rendah. Sementara motor berkecepatan putar tinggi dipasang pada bak pengering.

5. Vacum Cleaner

Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak Vacum Cleaner

Masih dari peralatan rumah tangga, vacum cleaner menggunakan prinsip kerja yang hampir sama seperti pada kipas angin. Berikut ini cara kerja mesin pengisap debu secara lebih jelas.

  1. Ketika mesin dihubungkan sumber listrik, listrik tersebut akan mengaktifkan motor penggerak.
  2. Motor tersebut kemudian menggerakkan kipas yang bentuknya seperti baling-baling pesawat. Karena langsung terhubung dengan motor, maka kipas akan bergerak beriringan dengan motor.
  3. Putaran kipas menghasilkan udara bertekanan yang mampu menarik benda-benda serta debu.
  4. Selanjutnya, udara yang terhirup dari luar diarahkan menuju filter lalu dibuang.
  5. Debu dan benda-benda lainnya tertahan di filter sehingga tidak keluar kembali bersama udara.

6. Blender

Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak Blender

Blender memiliki komponen utama yang disebut motor listrik penggerak. Prinsip kerjanya sangat mirip seperti kipas angin.

Ketika tombol power digeser ke posisi On atau sesuai dengan kecepatan yang diinginkan, listrik AC diubah menjadi listrik DC melalui dioda.

Selanjutnya, arus DC kemudian diteruskan menuju ke komutator secara periodik sehingga arus tersebut dapat memutar motor ke arah yang sama. Arus tersebut diteruskan ke kumparan hingga menimbulkan medan elektromagnet.

Medan magnet akan memutar rotor pada porosnya. Selanjutnya, perputaran motor ini memutar blade pada blender.

7. Lift

Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak Lift

Lift atau elevator pada dasarnya bergerak dengan menggunakan prinsip pesawat sederhana, yaitu katrol. Cara kerjanya sama seperti ember, tali, dan roda di katrol. Ember dihubungkan dengan roda menggunakan tali.

Dengan prinsip pesawat sederhana ini, tidak dibutuhkan energi yang besar untuk menarik beban pada ember.

Prinsip yang sama diberlakukan untuk lift namun dengan sistem yang lebih canggih. Lift ini berfungsi layaknya ember namun terbuat dari logam.

Kemudian shave pada sistem lift berfungsi seperti roda pada katrol. Sementara talinya menggunakan tali baja yang kuat.

Untuk menggerakkan lift tersebut digunakanlah motor listrik. Ketika posisinya ON, motor penggerak akan aktif dan menghasilkan energi gerak.

Kesimpulan Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak

Perubahan energi listrik menjadi energi gerak ini banyak diterapkan di berbagai peralatan seperti yang sudah dijelaskan di atas. Semua alat tersebut menggunakan motor listrik untuk mengubah energi listrik menjadi gerak.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *