sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Ukuran Lapangan Bola Voli | Putra, Putri, Voli Mini dan Voli Pantai

ukuran lapangan bola voli
ukuran lapangan bola voli

Ukuran Lapangan Bola Voli – Olahraga yang mudah dimainkan selain sepak bola adalah bola voli. Ketika ingin memainkan-nya di rumah, kamu tidak butuh lapangan yang besar dan bola khusus. Tapi jika ingin latihan untuk persiapan pertandingan, maka patuhi ukuran lapangan bola voli dan ukuran bolanya.

Sebab semua lapangan pertandingan dirancang dengan ukuran khusus yang sudah sesuai dengan standar.

Gambar dan Ukuran Lapangan Bola Voli

Bola voli memiliki popularitas yang hampir sama seperti sepak bola khususnya di Indonesia. Tidak heran kamu bisa menemukan banyak sekali sekolah yang memberikan materi pembelajaran bola voli. Sebab materi dasarnya bisa dikatakan sangat mudah sekali.

Secara umum kamu bisa melihat ukuran lapangan bola voli seperti saat tayangan pertandingan kelas nasional maupun internasional. Sebab ukuran lapangan di Indonesia sendiri juga tidak jauh dengan standar ukuran yang ditetapkan oleh organisasi bola voli skala internasional.

Biasanya ukuran standartnya adalah sekitar 1/5 dari ukuran standar lapangan sepak bola internasional. Banyak juga negara yang menggunakan standar ukuran tersebut untuk kompetisi bola voli. Tapi ada juga beberapa pihak yang tidak ikut dengan standar tersebut.

Pada umumnya kamu harus membuat sebuah lapangan yang datar dengan ukuran panjang total 18 meter dan lebar 9 meter. Ukuran ini lebih banyak digunakan oleh pihak-pihak yang menyelenggarakan kompetisi dan bisa kamu jadikan acuan.

Kemudian untuk panjang garis serang di dalam kotak lapangan adalah sekitar 3 meter. Lalu area untuk melakukan servis bola juga 3 meter di luar lapangan utama. Kamu juga harus memberikan garis pembatas di dalam lapangan dengan ukuran 5 cm.

Pertama garis itu diberikan pada tengah lapangan yang menjadi pembatas antara kedua tim dan menjadi batas penempatan net. Lalu garis diberikan pada antara area serang dan area clearance atau kawasan untuk menghalau serangan dari lawan.

Ukuran Lapangan Bola Voli Mini

Dari waktu ke waktu ketika permainan bola voli memiliki banyak peminat, terjadi perkembangan yang cukup menarik. Salah satunya adalah hadirnya jenis olahraga bola voli mini yang lebih ditujukan bagi para siswa yang masih berada di Sekolah Dasar.

Mengingat postur tubuh siswa SD masih sangat kecil dan akan sangat kesulitan berada di ukuran lapangan yang besar. Selain ukuran yang besar membuat anak-anak kesulitan menjangkau, net yang lebih tinggi juga membuat mereka kesulitan memainkan bola voli.

Oleh karena itu hadir bola voli mini yang memiliki ukuran lebih kecil dibandingkan dengan lapangan standar nasional maupun internasional. Karena ukuran lapangan yang kecil, jumlah pemain yang ada di dalamnya juga dibatasi menjadi lebih sedikit.

Bola voli mini memiliki jumlah pemain di lapangan sebanyak 4 orang dan tersedia 2 orang sebagai pemain cadangan. Berbicara masalah ukuran lapangan, untuk bola voli ini bisa dikatakan mengalami penyusutan yang lebih banyak.

Ukuran standar untuk versi mini adalah panjangnya 12 meter pada kedua sisi atau 6 meter pada masing-masing sisi dengan lebar 6 meter.

Lalu pada garis serang memiliki ukuran 2 meter ditarik dari sisi tengah pembatas antara dua tim. Sehingga secara otomatis, area clearance memiliki panjang 4 meter.

Ukuran Lapangan Voli Pantai

Permainan bola voli pantai memiliki panjang standar sampai 16 meter kemudian dibagi menjadi dua sisi dan lebarnya sekitar 8 meter. Selain itu medan bola voli pantai juga tidak boleh sembarangan. Tidak semua pantai bisa digunakan untuk kompetisi bola voli pantai.

Jika ingin bertanding bola voli pantai maka harus memiliki sebuah pantai yang memiliki pasir cukup halus. Sebenarnya ada alasan tertentu mengapa kamu harus memiliki pantai yang memiliki pasir halus.

Jumlah pemain yang hanya 2 orang dan ukuran lapangan yang tidak jauh berbeda dengan ukuran lapangan voli pada umumnya, membuat para pemain bekerja lebih ekstra. Untuk bisa meraih bola dari lawan biasanya mereka sampai jatuh bangun di lapangan.

Oleh sebab itulah pasir pantai yang digunakan harus memiliki karakter yang halus. Agar badan para pemain bola voli tidak mengalami luka ketika terjatuh saat mengejar bola dari lawan. Apalagi para pemain bola voli pantai biasanya juga jarang menggunakan pakaian yang tertutup.

Baca Juga: √ Lompat Jangkit, Penjelasan Lengkap

Ukuran Net Bola Voli

Net untuk laki-laki jauh lebih tinggi yaitu standartnya adalah 2,43 meter dari permukaan lapangan. Kemudian untuk perempuan memiliki ketinggian standard yaitu 2,24 meter. Lalu untuk lebar net yang digunakan antara laki-laki dan perempuan sama yaitu 1 meter.

Panjang net yang digunakan sekitar 9 meter dan posisi tiang juga berada di luar lapangan utama. Jaraknya dari lapangan utama adalah mulai dari 0,5 meter sampai 1 meter. Tinggi tiang yang digunakan adalah 2,55 meter. Di atasnya juga diberikan antena dengan tinggi 80 cm.

Net yang digunakan juga memiliki sebuah pita yang melindunginya pada setiap sisi dengan lebarnya 5 cm dan panjangnya sama dengan panjang net. Selain itu bentuk jaring-jaring net adalah persegi dengan ukuran 10 cm.

Ukuran Bola Voli

Bola yang digunakan untuk voli berbeda dengan bola pada umumnya. Ada beberapa syarat yang harus dipenuhi sebelum menggunakan bola khusus voli. Syarat pertama adalah diameter bola mulai dari 18 cm sampai 20 cm. Kemudian ukuran keliling bola bekisar 65 cm sampai 67 cm.

Tingkat tekanan bola yaitu 0,300 sampai 0,325 kg/cm2 atau 294,3 sampai 318,82 mbar dan 4,26 sampai 4,61 hPA/psi. Lalu dengan berat sekitar 260 gram sampai 280 gram.

Gambar Lapangan Bola Voli

Berikut gambar dan detail daripada ukuran lapangan bola voli:

  1. gambar ukuran lapangan bola voli
  2. gambar lapangan bola voli

F.A.Q

Permainan Bola Voli Diciptakan oleh?

Pencipta bola voli adalah seorang instruktur pendidikan jasmani yaitu William G. Morgan dengan nama awal permainan ini adalah Mintonette. Nama itu berubah pada tahun 1896 ketika dirinya diundang menjelaskan mengenai permainan tersebut oleh Dr. Luther Halsey.

Lalu penemu olahraga adalah sebuah organisasi yang bernama Young Men’s Christian Association atau YMCA.

Jumlah Pemain Bola Voli dalam Satu Regu Adalah?

Berbeda dengan jumlah pemain sepak bola, jumlah pemain yang ada pada sebuah pertandingan bola voli ada bermacam-macam.

Untuk kelas senior memiliki 6 orang pemain di lapangan dengan 4 orang cadangan. Lalu pada kelas bola voli mini untuk anak SD ada 4 orang dengan 2 pemain cadangan dan voli pantai berjumlah 2 orang.

Lama Permainan Bola Voli Ditentukan oleh?

Lama permainan ditentukan oleh jumlah poin yang didapatkan salah satu tim. Untuk bisa menang dan menyelesaikan pertandingan, tim harus mencapai 25 rally point. Tapi jika kedua tim memiliki poin yang sama contohnya 24-24, maka penentuan pemenang ditentukan dengan penambahan 2 poin.

Lalu ada tiga babak yang akan diselenggarakan pada setiap pertandingan. Tapi jika saat babak kedua sudah terlihat pemenangnya maka tidak perlu mengadakan babak ketika. Tim dianggap menang jika berhasil unggul 25 poin selama 2 babak.

Tapi jika masing-masing tim mampu unggul 25 poin pada babak kedua, maka pemenang pertandingan ditentukan pada babak ketiga.
Jika kamu sudah mengetahui ukuran lapangan bola voli, sekarang bisa mencoba membuatnya di rumah.

Akhir Kata

Kamu bisa membuat lapangan dengan permukaan tanah langsung atau lapangan semen. Jadi bisa menyesuaikan ketersediaan lahan, tidak seperti olahraga lainnya.

Terimakasih, semoga bermanfaat.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *