sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis dan Peraturan Permainannya (Lengkap)

ukuran lapangan bulu tangkis
ukuran lapangan bulu tangkis

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis – Olahraga yang menggunakan raket seperti bulu tangkis memang sangat menyenangkan. Dari semua tingkatan umur pasti suka dengan olahraga ini, namun memang masih jarang sekali orang yang paham masalah ukuran lapangan bulu tangkis.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis

ukuran lapangan bulu tangkis
ukuran lapangan bulu tangkis

Layaknya jenis olahraga permainan ketangkasan lainnya, bulu tangkis memiliki sebuah lapangan khusus yang memang didesain dengan ketentuan yang sudah ada. Jika kamu hanya bermain untuk hobi mungkin ukuran lapangan tidak begitu penting.

Tapi jika kamu mulai ingin terjun menjadi pemain profesional, maka harus mulai menyesuaikan diri dengan ukuran lapangan yang sudah sesuai standar yang ada.

Untuk kompetisi yang bersifat daerah atau nasional, tentu akan menggunakan lapangan yang memiliki standar nasional.

Kemudian jika kamu bertanding mewakili negara di luar negeri, bisa saja akan menerapkan standar ukuran lapangan bulu tangkis tingkat internasional.

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar Nasional

ukuran lapangan bulu tangkis nasional

Pembahasan pertama adalah masalah ukuran untuk standar nasional. Di Indonesia sendiri ada sebuah organisasi yang menaungi olahraga bulu tangkis yang bernama Persatuan Bulu Tangkis seluruh Indonesia atau PBSI. Keberadaan organisasi PBSI ini sangat penting sekali untuk olahraga bulu tangkis di Indonesia.

Sebab organisasi itulah yang akan memberlakukan aturan atau ketentuan terkait dengan permainan bulu tangkis. Di antaranya termasuk masalah ukuran lapangan yang digunakan, net, raket, tata cara permainan dan lain-lain. Untuk lebih jelasnya, berikut ini uraiannya:

  • Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Tunggal Putra atau Putri

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Tunggal Putra atau Putri

Aturan penggunaan lapangan untuk kelas tunggal berbeda dengan kelas ganda. Untuk partai tunggal kamu akan menggunakan sebuah lapangan dengan panjang 13,40 meter. Kemudian lebarnya sekitar 5,18 meter.

Lalu untuk panjang kawasan penerima servis yaitu 4,77 meter dan lebar area bagi penerima servis adalah 2,59 meter.

  • Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Ganda Putra atau Putri dan Campuran

ukuran lapangan bulu tangkis

Ukuran selanjutnya adalah untuk partai ganda putra, putri dan juga campuran. Pertama ukuran panjangnya adalah 13,40 meter atau sama dengan partai tunggal yaitu sampai ke batas garis terluar. Kemudian lebarnya lebih besar yaitu sampai 6,10 meter sampai garis samping terluar.

Ketentuan selanjutnya adalah panjang area penerima servis yaitu 3,96 meter dan lebarnya 3,05 meter.

Artikel Terkait Lainnya:

Ukuran Lapangan Bulu Tangkis Standar Internasional

ukuran lapangan bulu tangkis standart internasional
ukuran lapangan bulu tangkis standart internasional

Jika melihat secara umum, ukuran standar internasional yang digunakan sebenarnya tidak begitu jauh berbeda dengan ukuran lapangan berstandar nasional. Panjang total lapangan bulu tangkis berstandar internasional yaitu 13,40 meter dengan lebar total 6,10 meter.

Kemudian jarak yang ada antara garis servis dengan garis pembatas dua lapangan atau untuk net adalah 1,98 meter.

Permukaan Lapangan Bulu Tangkis/Badminton

Permukaan Lapangan Bulu Tangkis atau Badminton

Untuk menyelenggarakan sebuah pertandingan resmi, ada ketentuan sendiri mengenai permukaan lapangan bulu tangkis. Tujuan pemberlakuan peraturan ini adalah demi menjaga kenyamanan dan keamanan pemain selama mengikuti jalannya pertandingan.

Bahan utama untuk permukaan lapangan bulu tangkis atau badminton adalah kayu atau menggunakan bahan sintetis yang memiliki karakter lunak.

Sangat tidak disarankan membuat lapangan dengan permukaan yang berbahan utama beton atau bahan sintetis berkarakter keras.

Garis Lapangan Bulu Tangkis

garis lapangan bulu tangkis

Jika kamu sudah tahu ukuran lapangan, maka selanjutnya kamu harus tahu masalah garis lapangan. Berikut ini beberapa penjelasan garis lapangan bulu tangkis:

  • Garis Lapangan Badminton Area Servis

Luar area servis pada partai tunggal dan ganda berbeda-beda. Untuk partai tunggal memiliki batas yaitu pertama pada garis samping bagian dalam dan garis belakang bagian luar. Jadi ukuran yang didapatkan adalah panjang 13,40 meter dengan lebar 5,18 meter.

Lalu pada partai ganda menggunakan garis samping terluar dan garis belakang bagian dalam. Sehingga ukurannya panjang hanya 11,88 meter dengan lebar yang lebih besar sampai 6,10 meter. Penting sekali memahami masalah garis lapangan ini.

  • Tebal Garis Lapangan Badminton

Ternyata sekali ada aturan ukuran lapangan, kamu juga tidak boleh sembarangan memasang garis lapangan. Sebab ada aturan khusus yaitu semua garis memiliki ketebalan 40 mm. Kemudian juga wajib menggunakan warna yang kontras dengan lapangan.

Tujuannya agar bisa terlihat jelas oleh wasit yang menjaga jalannya pertandingan.

Ukuran Net Bulu Tangkis

Layaknya ukuran lapangan, net bulu tangkis juga memiliki aturan tersendiri. Net wajib memiliki warna yang gelap, kecuali tepi jaring warnanya harus putih dengan ketebalan 75 mm. Lalu lebar net tersebut harus 0,75 meter atau sepanjang 75 cm. Panjangnya adalah 6,10 meter dengan ketinggiannya 1,5 meter.

Peraturan Bulu Tangkis

peraturan bulu tangkis

  • Servis

Servis dilakukan dari kotak sisi kiri mengarah ke kotak sisi kanan dan sebaliknya. Posisi servis ini ditentukan jumlah poin yang didapat selama pertandingan.

Jika genap atau nol maka servis dilakukan pada lapangan kanan mengarah ke kiri dan jika ganjil kiri menuju ke kanan.

Tapi untuk servis pertama kali, maka akan dilakukan undian siapa yang berhak melakukan servis.

  • Sistem Pindah Bola

1. Setiap tim menentukan siapa pemain yang bertindak sebagai orang pertama. Ini akan berlaku pada semua set.

2. Penentuan posisi servis orang pertama ditentukan oleh poin ganjil atau genap.

3. Semua tim ganda punya kesempatan servis ketika belum terjadi pindah bola kecuali saat servis.

4. Ketika servis pindah bola, maka dilakukan oleh pemain yang ada di posisi kanan lapangan, bukan oleh orang pertama.

  • Sistem Reli Poin

1. Pada partai ganda, hanya memiliki satu kesempatan servis tanpa servis kedua.

2. Servis dilakukan dengan didasarkan posisi pemain berada. Posisi itu ditentukan dari jumlah poin.

3. Jika lawan tidak mendapatkan poin, maka pemain yang melakukan servis akan tetap sama.

  • Sistem Perhitungan Poin

Untuk bisa menang set 1, maka harus unggul 21 poin. Jika seri sampai 20 poin, maka ditambah 2 poin dan tim yang mendapat 22 poin akan menang set 1. Kalau saat set 2 kedua tim sama-sama menang, maka hasil akhir ditentukan pada set 3.

Manfaat Bulu Tangkis

manfaat bulu tangkis

Bulu tangkis merupakan olahraga yang mengharuskan tubuh bergerak dengan lincah dan tenaga yang kuat. Sehingga bisa memberikan beberapa manfaat bagi kesehatan tubuh kamu. Berikut ini beberapa manfaatnya:

  1. Mencegah kelebihan berat badan.
  2. Kaki menjadi kuat.
  3. Menghindarkan diri dari stres.
  4. Membuat tubuh memiliki postur ideal.

Sejarah Bulu Tangkis

sejarah bulu tangkis

Banyak yang mengatakan asalnya dari Mesir Kuno sekitar 2000 SM. Karena ada sebuah permainan yang memiliki karakter sama seperti badminton.

Lalu ada juga yang memprediksi badminton asalnya dari China. Sebab negara itu memiliki permainan bernama Jianzi yang mirip dengan badminton.

Inggris juga diduga menjadi asal mula badminton atau bulu tangkis. Sebab pada zaman pertengahan banyak anak-anak memainkan permainan battledores atau shuttlecocks dengan tongkat.

Lalu permainan itu juga dikenalkan ke Jepang, China dan Siam atau Thailand saat Inggris menjajah Asia.

Permainan itu kemudian mengalami perkembangan dan menjadi sebuah kompetisi dengan penambahan beberapa alat seperti jaring atau net. Permainan kembali ke Inggris dan pada 1860 Isaac Spratt menuliskan pamflet dan menjadi sejarah pertama nama badminton.

Ketentuan mengenai bulu tangkis dibuat pertama kali oleh Klub Badminton Bath sekitar 1877. Kemudian terbentuk juga Asosiasi Bulu Tangkis Inggris 1893, disusul kejuaraan pertama All England 1899.

Jika ingin menjadi pemain profesional, maka kamu harus paham masalah ukuran lapangan bulu tangkis. Mungkin setelah paham artikel di atas kamu juga ingin bisnis lapangan bulu tangkis yang menguntungkan.

Akhir Kata

Demikian pembahasan mengenai ukuran lapangan bulu tangkis beserta dengan sejarah, sistem permainan/peraturan hingga manfaat yang diperoleh daripada olahraga bulu tangkis.

Semoga bermanfaat guna membantu dalam belajar dan memahami olahraga ini, khususnya ukuran lapangan bulu tangkis.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *