sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

8 Inti Manfaat Dasar Negara (Beserta Kedudukannya)

manfaat dasar negara

Manfaat Dasar Negara – Setiap negara pasti punya dasar yang dijadikan pedoman. Manfaat dasar negara bagi suatu negara, amatlah penting bagi negara itu sendiri.

Sebelum membahas tentang manfaat dasar negara, ada baiknya Anda tahu dan paham terkait pengertian dasar negara itu sendiri.

Dasar negara merupakan fundamen suatu negara. Dasar negara sifatnya kokoh dan kuat, sehingga bisa dijadikan sebagai pandangan hidup bermasyarakat.

Manfaat dasar negara adalah hal-hal yang untung dan diperoleh negara karena memilikinya. Nilai-nilai kehidupan bermasyarakat, diatur dalam suatu dasar negara.

Bayangkan jika suatu negara tidak memiliki dasar negara, maka tentu kehidupan bermasyarakat akan menjadi kacau balau.

Beberapa Manfaat Dasar Negara

Seperti yang dikatakan sebelumnya, suatu negara pasti punya dasar yang dijadikan pijakan. Dari situ, setiap lapisan masyarakat pasti merasakan manfaat dari dasar negaranya tersebut.

Contoh manfaat dasar negara Indonesia adalah tumbuhnya rasa cinta tanah air dan terciptanya masyarakat yang damai meski banyak perbedaan.

Masih banyak lagi contoh manfaat dari adanya dasar negara. Jika dilihat dari sudut pandang lebih luas, apakah manfaat dasar negara itu? Berikut ini ada beberapa poin manfaat yang bisa Anda pahami:

1. Pedoman Hidup

Pedoman hidup merupakan pandangan atau pegangan dalam menjalankan hidup. Dasar negara yang berisi aturan-aturan hidup bermasyarakat, menjadi landasan berpedoman bagi seluruh lapisan masyarakat.

Dengan adanya pedoman hidup yang terpadu ini, maka semua masyarakat punya kesamaan dalam menjalankan hidup di lingkungan masyarakat. Aturan dalam dasar negara ini biasa dikenal dengan norma sosial.

2. Tujuan Jelas Bernegara

Semua orang yang hidup di dunia ini, pasti punya tujuan bernegara. Jika tidak ada tujuan bernegara, maka orang akan hidup secara sembarangan.

Kejahatan dan tindak laku awur-awuran akan merajalela karena tidak adanya tujuan kemakmuran dalam bernegara.

Adanya aturan yang dirangkum dalam dasar negara, membuat setiap tujuan bernegara jadi lebih jelas dan terstruktur.

Masyarakat jadi lebih mudah menjalani kehidupan sosialnya dengan berusaha memenuhi tujuan bernegara ini.

3. Landasan Paham dan Patuh Pada Negara

Sudah menjadi hal yang mutlak bagi semua orang untuk menaati setiap aturan norma yang ada. Namun adanya dasar negara, menjadikan semua orang jadi lebih paham tentang negara tempat ia tinggal.

Setelah paham maka secara serta merta, masyarakat akan lebih patuh pada aturan mutlak yang berlaku di negaranya ini. Masyarakat juga jadi punya alasan mengapa ia harus patuh pada aturan yang berlaku.

4. Membentuk Jiwa dan Kepribadian Negara

Sudah menjadi hal yang mutlak jika suatu negara punya identitas, termasuk bagaimana kepribadian yang digambarkan oleh negara tersebut.

Dasar negara yang kokoh dan baik, tentu akan menciptakan kepribadian negara yang bagus pula. Maka dasar negara tidak bisa disusun secara awur-awuran. Semua harus dilandaskan pada kebaikan dan nilai-nilai kehidupan bermasyarakat.

5. Jalan Kemudahan Mencapai Cita-Cita Negara

Tidak hanya individu masyarakat, suatu negara juga memiliki cita-cita yang harus dipenuhi demi kemakmuran masyarakatnya.

Adanya dasar negara yang kokoh, akan membantu memudahkan jalan negara tersebut dalam mencapai cita-citanya.

Apalagi jika semua masyarakat sadar akan dasar negara yang dianutnya ini, maka cita-cita negara bisa lebih mudah menemukan jalan untuk tercapai.

6. Pemersatu Bangsa

Manfaat dasar negara selanjutnya adalah sebagai pemersatu bangsa. Masyarakat di segala penjuru wilayah negara, akan bersatu jika ada pedoman yang mengikatnya.

Dari sini bisa dilihat bahwa dasar negara akan menyatukan segala perbedaan yang ada dalam masyarakat.

Contoh dasar negara Pancasila, yang selama ini menyatukan masyarakat Indonesia dari segala perbedaan yang ada. Mulai dari suku yang beragam, ras, agama, dan masih banyak lagi perbedaan lainnya.

Lantas masyarakat masih bisa hidup berdampingan dengan baik, meskipun banyak perbedaan di antara mereka.

7. Sumber Hukum

Bagi negara hukum seperti Indonesia, dasar negara punya peran yang sangat penting sebagai sumber hukum.

Aturan hukum diambil dengan landasan dasar negara ini, sehingga membuat aturan atau norma pun jadi tidak awut-awutan. Semua terstruktur dan bersumber dengan pasti.

Dasar negara Indonesia sendiri adalah Pancasila. Dalam Pancasila, terdapat lima poin pokok yang menggambarkan kepribadian Indonesia.

Dari landasan lima pokok Pancasila tersebut, maka diperoleh nilai-nilai atau norma yang hingga saat ini berlaku bagi semua masyarakat.

8. Perjanjian Bangsa

Dasar negara juga bisa menjadi bentuk perjanjian bangsa. Adanya dasar negara yang berisi aturan-aturan, secara tidak langsung menjadi pengikat janji suatu bangsa. Perjanjian ini tentu telah disepakati oleh berbagai pihak dari negara tersebut.



Kedudukan Dasar Negara

Kedudukan Dasar Negara

Selain manfaat dasar negara, Anda juga perlu memahami bagaimana kedudukan dasar negara ini bagi negara yang berkaitan. Apa saja kedudukan yang dimaksud? Berikut ini beberapa macamnya:

1. Dasar Tegaknya Negara

Seperti yang sudah dijelaskan di awal, manfaat dari dasar negara merupakan pondasi bangunan bangsa. Ibaratnya sebuah bangunan, pasti memiliki dasar atau fondasi.

Jika tidak ada pondasi yang kuat, maka mustahil bisa berdiri tegak bangunan tersebut.

Hal ini juga berlaku bagi suatu negara. Dasar negara menjadi poin penting dan vital bagi terbangunnya suatu negara yang kokoh.

2. Acuan Penyelenggaraan Kegiatan Negara

Sebelum menyelenggarakan suatu kegiatan, negara harus punya tujuan nasional yang menjadi landasan. Selain itu, harus ada aturan yang menjadi batas penyelenggaraan-nya.

Dasar negara dijadikan sebagai tolak ukur untuk menyelenggarakan kegiatan tersebut. Dengan begitu, negara juga jadi lebih mudah memperoleh jalan dalam mewujudkan cita-cita nasional negara.

3. Alasan Pergaulan Internasional

Bisa kita lihat negara Indonesia, merupakan salah satu negara anggota PBB (Persatuan Bangsa Bangsa). Organisasi atau hubungan internasional ini, tentu punya tujuan tertentu.

Sebelum menjalin hubungan internasional, negara hendaknya memandang kembali pada dasar negara yang ada.

Sehingga mengikuti jalinan pergaulan ini tidak hanya dilakukan karena ikut-ikutan semata, namun ada tujuan dan makna di balik pergaulan yang dibuat.

Manfaat dasar negara bisa dijadikan alasan untuk turut serta dalam pergaulan internasional ini. Lewat pergaulan ini nantinya, pembangunan dan cita-cita negara pun jadi bisa terwujud dengan mudah.

4. Pedoman Menggunakan Hak dan Kewajiban

Adanya dasar negara, membuat masyarakat jadi bisa menggunakan haknya secara penuh. Begitu pula dengan kewajibannya yang mutlak harus dilakukan oleh setiap lapisan masyarakat.

Dengan adanya dasar negara, masyarakat jadi punya alasan yang sah untuk menggunakan hak-haknya. Masyarakat juga jadi punya semangat dalam menjalankan setiap kewajibannya sebagai warga negara.

5. Sumber Hukum Nasional

Sebelumnya telah dijelaskan pada poin manfaat dasar negara, bahwa dasar negara dijadikan sebagai sumber hukum.

Dalam hal ini, dasar negara jadi dasar sumber munculnya berbagai hukum nasional yang berlaku di negara tersebut.

Kesimpulan Manfaat Dasar Negara

Berbagai manfaat dasar negara di atas, bisa menjadi sandaran untuk Anda semua dalam memahami arti dan fungsi dasar negara yang ada.

Dari penjelasan terkait manfaat dan kedudukan dasar negara tersebut, kini Anda bisa sepenuhnya memaknai dasar negara untuk satu dipegang teguh.

sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *