sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Perkembangan Teknologi Komunikasi

perkembangan teknologi komunikasi

Perkembangan Teknologi Komunikasi – Pada saat ini perkembangan teknologi komunikasi yang begitu pesat berdampak langsung pada perkembangan media dan cara komunikasi manusia.

Tak terhitung berapa banyak teknologi komunikasi baru yang telah dikembangkan oleh para ahli dan dikenalkan kepada masyarakat.

Bentuk daripada teknologi komunikasi saat ini merupakan hasil pengembangan dari beberapa teknologi komunikasi zaman dahulu.

Contohnya seperti satelit komunikasi, penggunaan spektrum terbatas, alat perekam dan pemutarnya, media transmisi gelombang lebar tertutup, serta perkembangan sistem informasi digital.

Pengertian Teknologi Komunikasi

Pengertian Teknologi Komunikasi
Pengertian Teknologi Komunikasi

Teknologi komunikasi adalah pengembangan alat dan aplikasi yang meliputi mesin dan material yang mampu memudahkan manusia untuk menyelesaikan pekerjaan.

Komunikasi adalah suatu proses penyampaian pesan, informasi, atau pertukaran data antara satu orang dengan orang lain, sekelompok orang atau lingkungan sekitarnya.

Komunikasi dibagi menjadi dua yaitu komunikasi verbal dan non verbal guna mempermudah seseorang untuk mengerti makna atau pesan yang disampaikan.

Jadi teknologi komunikasi adalah pengembangan alat atau aplikasi yang digunakan untuk memudahkan manusia dalam menyampaikan pesan atau informasi kepada orang lain, sekelompok orang dan lingkungan sekitar.


Perbedaan Teknologi Komunikasi dan Teknologi Informasi

perkembangan teknologi komunikasi-teknologi-tik-perkembangan teknologi-pengertian teknologi-alat komunikasi-teknologi adalah-teknologi informasi dan komunikasi-dampak negatif internet-perkembangan teknologi informasi-kemajuan teknologi-teknologi komunikasi-dampak positif dan negatif internet-alat komunikasi modern-perkembangan teknologi komunikasi-gambar alat komunikasi-dampak positif internet-negatif-perkembangan teknologi di indonesia-perkembangan teknologi informasi dan komunikasi-pengertian teknologi informasi dan komunikasi-pengertian tik-tik adalah-pengertian teknologi menurut para ahli-artikel tentang teknologi-definisi teknologi-sejarah komunikasi-apa itu teknologi-sejarah tik-klasifikasi media pembelajaran abad 21-dampak positif dan negatif media sosial-macam macam teknologi-arti komunikasi-dampak internet-manfaat teknologi-pengertian ict-sejarah teknologi-materi tik-kepanjangan tik-sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi-dampak positif-alat alat komunikasi-dampak negatif teknologi-alat komunikasi zaman dahulu-dampak positif dan negatif teknologi-artikel tik-mencakup-perkembangan tik-apa yang dimaksud dengan komunikasi-dampak positif media sosial-komponen kewargaan digital

Teknologi komunikasi ditekankan berdasarkan suatu hasil data dapat, disebarkan, disalurkan, dan disampaikan ke tempat tujuan.

Sedangkan teknologi informasi lebih ditekankan berdasarkan pada hasil data yang diperoleh dari berbagai sumber dan media.

Dari masa ke masa teknologi informasi berkembang cepat dibarengi dengan meningkatnya perkembangan komputer yang juga didukung oleh piranti perkembangan teknologi komunikasi yang ada.

Seiring dengan meningkatnya perkembangan teknologi elektronika, sistem transmisi dan sistem modulasi  maka teknologi komunikasi ini berkembang cepat.

Imbasnya dapat kita rasakan berbagai macam banyak informasi dapat disampaikan dengan cepat dan tepat.


Peranan Teknologi Komunikasi

Peranan Teknologi Komunikasi
Peranan Teknologi Komunikasi

Ruang lingkup teknologi komunikasi dalam masyarakat telah berkembang pesat, sehingga tidak ada masyarakat modern yang mampu bertahan tanpa komunikasi.

Konsep inilah yang menjadi dasar bahwa manusia memiliki kebutuhan untuk berinteraksi sosial.

Komunikasi yang berhubungan dengan kehidupan berbudaya memiliki makna yang luas (termasuk lintas budaya) terjadi dalam beragam wujud dan bentuk.

Perkembangan teknologi turut memberikan arti dan peran yang penting dalam bidang komunikasi dan interaksi social, agar komunikasi tersebut dapat berlangsung tanpa adanya batasan ruang dan waktu.

Jadi komunikasi memiliki peran sebagai penggerak interaksi sosial dalam masyarakat yang dapat terus berkembang dalam setiap aspek kehidupan.

Peranan tersebut berfungsi untuk memenuhi kepentingan dan kebutuhan individu maupun kelompok yang dapat memberikan manfaat untuk kehidupan yang berkelanjutan.


Bentuk Teknologi Komunikasi

Bentuk Teknologi Komunikasi
Bentuk Teknologi Komunikasi

Manusia adalah mahluk sosial sedangkan komunikasi adalah kodrat yang setiap harinya pasti dilakukan.

Hal itu telah berlaku sejak zaman dahulu seiring berkembanaganya zaman, alat komunikasi pun terus mengalami perkembangan dari masa ke masa.

Berikut ini adalah beberapa bentuk teknologi komunikasi.

  • Surat
  • Telegraf
  • Telepon
  • Pager
  • Komputer

Awal perkembangan-nya komunikasi hanya dapat dilakukan dengan bertatap muka secara langsung mengunakan isyarat dan alat bantu kuno contohnya seperti pembuatan asap, tali dll.

Kondisi tersebut membuat jangkauan komunikasi manusia terbatas pada ruang lingkup yang sempit dan sulit untuk berkomunikasi dengan orang yang jauh keberadaan-nya.

Namun seiring berjalan-nya waktu, perkembangan teknologi informasi secara perlahan menghilangkan keterbatasan itu, dan berubah dari yang kuno menjadi luar biasa modern.

Silahkan simak beberapa contoh perkembangan alat komunikasi berikut.

Surat

perkembangan teknologi komunikasi-teknologi-tik-perkembangan teknologi-pengertian teknologi-alat komunikasi-teknologi adalah-teknologi informasi dan komunikasi-dampak negatif internet-perkembangan teknologi informasi-kemajuan teknologi-teknologi komunikasi-dampak positif dan negatif internet-alat komunikasi modern-perkembangan teknologi komunikasi-gambar alat komunikasi-dampak positif internet-negatif-perkembangan teknologi di indonesia-perkembangan teknologi informasi dan komunikasi-pengertian teknologi informasi dan komunikasi-pengertian tik-tik adalah-pengertian teknologi menurut para ahli-artikel tentang teknologi-definisi teknologi-sejarah komunikasi-apa itu teknologi-sejarah tik-klasifikasi media pembelajaran abad 21-dampak positif dan negatif media sosial-macam macam teknologi-arti komunikasi-dampak internet-manfaat teknologi-pengertian ict-sejarah teknologi-materi tik-kepanjangan tik-sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi-dampak positif-alat alat komunikasi-dampak negatif teknologi-alat komunikasi zaman dahulu-dampak positif dan negatif teknologi-artikel tik-mencakup-perkembangan tik-apa yang dimaksud dengan komunikasi-dampak positif media sosial-komponen kewargaan digital-surat

Surat merupakan alat komunikasi untuk menyampaikan informasi tertulis oleh suatu pihak kepada pihak lain dengan maksud memberitahukan suatu maksud tertentu.

Pertama kali munculnya surat yaitu ribuan tahun lalu di negara Mesir. Bentuk pengiriman-nya biasanya menggunakan orang dan binatang seperti burung merpati.

Kekurangan teknologi komunikasi surat tentunya cukup memakan waktu pengiriman yang lama yakni membutuhkan waktu antara satu hingga tiga hari bahkan bisa lebih.

Telegraf

perkembangan-teknologi-komunikasi-telegraph-perkembangan teknologi komunikasi-teknologi-tik-perkembangan teknologi-pengertian teknologi-alat komunikasi-teknologi adalah-teknologi informasi dan komunikasi-dampak negatif internet-perkembangan teknologi informasi-kemajuan teknologi-teknologi komunikasi-dampak positif dan negatif internet-alat komunikasi modern-perkembangan teknologi komunikasi-gambar alat komunikasi-dampak positif internet-negatif-perkembangan teknologi di indonesia-perkembangan teknologi informasi dan komunikasi-pengertian teknologi informasi dan komunikasi-pengertian tik-tik adalah-pengertian teknologi menurut para ahli-artikel tentang teknologi-definisi teknologi-sejarah komunikasi-apa itu teknologi-sejarah tik-klasifikasi media pembelajaran abad 21-dampak positif dan negatif media sosial-macam macam teknologi-arti komunikasi-dampak internet-manfaat teknologi-pengertian ict-sejarah teknologi-materi tik-kepanjangan tik-sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi-dampak positif-alat alat komunikasi-dampak negatif teknologi-alat komunikasi zaman dahulu-dampak positif dan negatif teknologi-artikel tik-mencakup-perkembangan tik-apa yang dimaksud dengan komunikasi-dampak positif media sosial-komponen kewargaan digital-surat-telegraf

Teknologi telegraf merupakan penemuan menakjubkan pada masanya, dimana memperbolehkan pesan jarak jauh melalui media kode morse.

Telegraf umum digunakan pada kepentingan komunikasi bisnis, kemudian mereka mengalami perkembangan yakni dengan receiver elektromagnetik yang memperbolehkan kode morse langsung diterjemahkan dalam bentuk tulisan.

Telepon

perkembangan-teknologi-komunikasi-telegraph-perkembangan teknologi komunikasi-teknologi-tik-perkembangan teknologi-pengertian teknologi-alat komunikasi-teknologi adalah-teknologi informasi dan komunikasi-dampak negatif internet-perkembangan teknologi informasi-kemajuan teknologi-teknologi komunikasi-dampak positif dan negatif internet-alat komunikasi modern-perkembangan teknologi komunikasi-gambar alat komunikasi-dampak positif internet-negatif-perkembangan teknologi di indonesia-perkembangan teknologi informasi dan komunikasi-pengertian teknologi informasi dan komunikasi-pengertian tik-tik adalah-pengertian teknologi menurut para ahli-artikel tentang teknologi-definisi teknologi-sejarah komunikasi-apa itu teknologi-sejarah tik-klasifikasi media pembelajaran abad 21-dampak positif dan negatif media sosial-macam macam teknologi-arti komunikasi-dampak internet-manfaat teknologi-pengertian ict-sejarah teknologi-materi tik-kepanjangan tik-sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi-dampak positif-alat alat komunikasi-dampak negatif teknologi-alat komunikasi zaman dahulu-dampak positif dan negatif teknologi-artikel tik-mencakup-perkembangan tik-apa yang dimaksud dengan komunikasi-dampak positif media sosial-komponen kewargaan digital-surat-telegraf-telephone

Telepon merupakan alat komunikasi yang digunakan untuk menyampaikan pesan suara utamanya pesan yang berbentuk percakapan.

Umumnya telepon beroperasi menggunakan transmisi sinyal listrik dalam jaringan telepon sehingga memungkinkan pengguna telepon dapat berkomunikasi dengan pengguna lainnya.

Hingga saat ini teknologi telepon terus mengalami perkembangan serta membantu komunikasi jarak jauh dalam waktu yang singkat.

Semua manfaat yang dapat dirasakan sekarang merupakan hasil karya dan jerih payah dari penemu ternama (Alexander Graham Bell).

Pager

perkembangan-teknologi-komunikasi-telegraph-perkembangan teknologi komunikasi-teknologi-tik-perkembangan teknologi-pengertian teknologi-alat komunikasi-teknologi adalah-teknologi informasi dan komunikasi-dampak negatif internet-perkembangan teknologi informasi-kemajuan teknologi-teknologi komunikasi-dampak positif dan negatif internet-alat komunikasi modern-perkembangan teknologi komunikasi-gambar alat komunikasi-dampak positif internet-negatif-perkembangan teknologi di indonesia-perkembangan teknologi informasi dan komunikasi-pengertian teknologi informasi dan komunikasi-pengertian tik-tik adalah-pengertian teknologi menurut para ahli-artikel tentang teknologi-definisi teknologi-sejarah komunikasi-apa itu teknologi-sejarah tik-klasifikasi media pembelajaran abad 21-dampak positif dan negatif media sosial-macam macam teknologi-arti komunikasi-dampak internet-manfaat teknologi-pengertian ict-sejarah teknologi-materi tik-kepanjangan tik-sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi-dampak positif-alat alat komunikasi-dampak negatif teknologi-alat komunikasi zaman dahulu-dampak positif dan negatif teknologi-artikel tik-mencakup-perkembangan tik-apa yang dimaksud dengan komunikasi-dampak positif media sosial-komponen kewargaan digital-surat-telegraf-telephone-pager

Sesudah telepon ditemukan, kemudian diciptakan komunikasi baru menggunakan pesan singkat dengan sinyal radio, yakni Pager atau juga dikenal dengan nama Beeper.

Pager merupakan media penerima pesan portable berdasarkan prinsip kode signal radio pada frequency tertentu yang kemudian ditransmisikan melalui provider.

Pager sendiri hanya dapat menerima pesan singkat dan mereka dibagi menjadi numeric pager, alphanumeric pager, serta two-way alphanumeric pager.

Komputer dan Laptop

perkembangan-teknologi-komunikasi-telegraph-perkembangan teknologi komunikasi-teknologi-tik-perkembangan teknologi-pengertian teknologi-alat komunikasi-teknologi adalah-teknologi informasi dan komunikasi-dampak negatif internet-perkembangan teknologi informasi-kemajuan teknologi-teknologi komunikasi-dampak positif dan negatif internet-alat komunikasi modern-perkembangan teknologi komunikasi-gambar alat komunikasi-dampak positif internet-negatif-perkembangan teknologi di indonesia-perkembangan teknologi informasi dan komunikasi-pengertian teknologi informasi dan komunikasi-pengertian tik-tik adalah-pengertian teknologi menurut para ahli-artikel tentang teknologi-definisi teknologi-sejarah komunikasi-apa itu teknologi-sejarah tik-klasifikasi media pembelajaran abad 21-dampak positif dan negatif media sosial-macam macam teknologi-arti komunikasi-dampak internet-manfaat teknologi-pengertian ict-sejarah teknologi-materi tik-kepanjangan tik-sejarah perkembangan teknologi informasi dan komunikasi-dampak positif-alat alat komunikasi-dampak negatif teknologi-alat komunikasi zaman dahulu-dampak positif dan negatif teknologi-artikel tik-mencakup-perkembangan tik-apa yang dimaksud dengan komunikasi-dampak positif media sosial-komponen kewargaan digital-surat-telegraf-telephone-pager-komputer

Saat ini, manusia sangat terbantu pekerjaannya oleh suatu alat yang disebut komputer. Semua pekerjaan menjadi lebih efisien dengan bantuan komputer.

Hampir di setiap lembaga, instalasi, kantor, dan rumah didalamnya kita dapat menemukan komputer. Nama komputer berasal dari kata to compute yang artinya untuk menghitung.

Dalam sejarahnya, komputer beriringan dengan sejarah perkembangan alat hitung, karena landasan prinsip kerja komputer sebagai alat hitung.


Dampak Perkembangan Teknologi Komunikasi Pada Kehidupan Manusia

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi yang cepat dan tidak langsung memerlukan manusia untuk keperluan sehari-hari.

Dampak Bidang Informasi dan Komunikasi

Dampak teknologi Bidang Informasi dan Komunikasi
Dampak teknologi Bidang Informasi dan Komunikasi

Perkembangn informasi dan komunikasi telah terjadi perubahan sangat cepat. Disamping kemajuan yang positif dan negatif yang dapat kita rasakan.

Dampak Positif

  • Lebih cepat mendapatkan informasi yang akurat dan terbaru dari berbagai belahan bumi melalui internet.
  • Proses komunikasi antara individu atau kelompok yang jauh lebih mudah dan efisien hanya dengan ponsel.
  • Mudah mendapatkan layanan bank dimanapun berada, dan berbaring-berbaring.

Dampak Negatif

  • Penyalah gunaan layanan komunikasi oleh jaringan intelijen.
  • Penggunaan informasi dan situs internet yang oleh oknum khusus untuk tujuan kejahatan.
  • Kerusakan Komputer karena terserang virus, kehilangan berbagai file yang mencemasakan sebagai kerugian teknologi.

Dampak Pada Bidang Ekonomi dan Bisnis

Dampak Pada Bidang Ekonomi dan Bisnis
Dampak Pada Bidang Ekonomi dan Bisnis

Penerapan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam bidang ekonomi dan bisnis memiliki Manfaat dan juga berpengaruh positif dan negatif.

Dampak Positif

  • Kemajuan teknologi yang meningkat mendorong peningkatan produktivitas industri juga meningkat, baik dari aspek teknologi industri maupun pada aspek jenis produksi.
  • Peningkatan ekonomi akan semakin tinggi dan meluas.
  • Menuntut pekerja untuk menambah keterampilan dan pengetahuan diri Anda lebih tinggi.
  • Lapangan pekerjaan terbuka banyak karena maraknya penggunaan TIK.

Dampak Negatif

  • Banyak tenaga kerja nganggur karena persyaratan kualifikasi yang sesuai dengan kebutuhan perusahaan.
  • Memicu kemerosotan karakter yang melahirkan generasi mental instan, boros, dan terjemahan komosumtif.
  • Proses jual beli online menentang aksi tipu dapat merugikan pihak lain.

Dampak Pada Bidang Sosial

Dampak teknologi komunikasi Pada Bidang Sosial
Dampak teknologi Pada Bidang Sosial

Dalam dunia sosial, perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memberikan pengaruh positif dan negatif, diminta sebagai berikut.

Dampak Positif

  • Kemajuan teknologi komunikasi yang cepat memfasilitasi komunikasi antar manusia dari suatu tempat ke tempat lain.
  • Pemerintah dapat lebih cepat dalam mensosialisasikan kebijakanya kepada masyarakat.
  • Informasi dan peristiwa masyarakat dapat langsung diterjemahkan dan diterima oleh masyarakat luas.

Dampak Negatif

  • Komunikasi menjadi berubah dan terhambat, yang secara tatap muka menjadi tidak dan beralih melalui dunia maya.
  • Cenderung menjadi seseorang yang bersifat individual karena terus-menerus bergaul dengan dunia sendiri di dalam komputer.
  • Pesatnya teknologi informasi, dalam berbagai media seperti internet, membuat celah masuknya hal yang membingungkan pornografi, pornoaksi, serta kekerasan lain.

Dampak Pada Bidang Budaya

Dampak Pada Bidang Budaya
Dampak Pada Bidang Budaya

Berikut adalah beberapa perkembangan positif dan negatif perkembangan teknologi komunikasi dalam bidang budaya.

Dampak Positif

  • Mempermudah di negara tertentu untuk mengetahui berbagai jenis yang ada di negara lain-nya.
  • Mempermudah proses belajar dan mentransfer pelajar antar negara.
  • Mempermudah pendistribusian karya-karya lokal seperti, film, fashion atau perabot ke banyak negara berbeda benua yang akan menjunjung identitas Negara serta membuat Negara semakin dikenal oleh dunia.

Dampak Negatif

  • Terjadinya akulturasi budaya yang kemudian berkembang dan berkolaborasi di dalamnya.
  • Mempercepat perubahan pola kehidupan bangsa yang mengubah norma.
  • Membuat sikap tertutup dan berpikir ketat.
  • Mudah disetujui oleh hal yang dirilis Barat dan lenyapnya identitas kultural budaya lokal.

Dampak Pada Bidang Politik

Dampak Pada Bidang Politik
Dampak Pada Bidang Politik

Berikut ini beberapa perkembangan positif dan negatif perkembangan teknologi komunikasi dalam bidang politik.

Dampak Positif

  • Berikan dukungan yang besar untuk persetujuan demokrasi di banyak negara.
  • Meningkatnya hubungan diplomatik antar negara.
  • Kerjasama antar negara jadi lebih cepat dan mudah.
  • Menegakkan nilai-nilai demokrasi.
  • Partisipasi aktif dalam percaturan politik untuk menuju perdamaian dunia.
  • Memperluas dan meningkatkan hubungan dan kerja sama Internasional.

Dampak Negatif

  • Negara tidak lagi dipertimbangkan sebagai pemegang kunci dalam proses pembangunan.
  • Timbulnya gelombang koordinasi (dambaan akan kebebasan).
  • Adanya ancaman disintegrasi bangsa dan negara yang akan menggoyahkan Negara Kesatuan Republik Indonesia.
  • Semakin besar nilai-nilai politik individu, kelompok, lolos, diktatorkan, atau tirani minoritas.

Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi
Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi

Tidak dapat dipungkiri tentang perkembangan teknologi informasi Sangat memengaruhi perkembangan teknologi komunikasi.

Teknologi informasi dan komunikasi menjadi dua hal yang tidak dapat dibatalkan, sehingga lahirlah istilah “Teknologi Informasi dan Komunikasi” atau yang populer disebut dengan TIK.

Perpaduan ditambah dengan keberadaan media Internet semakin meningkatkan perkembangan-nya.

Terkait, perkembangan teknologi internet ini telah mengubah pola seseorang dalam percakapan.

Contohnya Email, merupakan faktor utama perubahan cara berkomunikasi. Dengan memiliki satu alamat email saja, kita dapat menerima berbagai model komunikasi yang ada dalam Internet.

Berikut beberapa model komunikasi, dibagi:

  • Forum
  • Milis / Kelompok
  • Situs jejaring sosial
  • Blog
  • Situs file sharing
  • E-learning

Teori Konteks Historis Komunikasi Internasional

Menurut teori Konteks Sejarah Komunikasi Internasional pada saat ini untuk mempelajari sejarah perkembangan teknologi komunikasi itu sangat penting, dari berbagai jenis alat komunikasi pra sejarah hingga masa modern saat ini.

Dari hal itu kita menjadi lebih mudah untuk mengembangkan teknologi yang semakin cepat dan semakin canggih.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai perkembangan teknologi komunikasi beserta, dampak, fungsi, teori beserta peran-nya, semoga bermanfaat.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

One Reply to “Perkembangan Teknologi Komunikasi”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *