sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Perangkat Lebih Lega, Inilah Cara Hapus Cache iPhone

cara hapus cache iphone

Beberapa diantara Anda mungkin pernah ketika sedang asyik berfoto tiba-tiba ada pemberitahuan memori penuh pada perangkat. Kondisi seperti ini memang sangat menjengkelkan, di mana perangkat tidak mampu lagi menyimpan file baru. 

Bukan hanya kerap terjadi pada perangkat Android, pengguna iPhone juga tentu pernah mengalami hal serupa. 

Seperti yang diketahui, kapasitas penyimpanan internal pada iPhone umumnya lebih terbatas dibanding Android. Nah, untuk mengatasi hal ini, Anda menghapus beberapa file dan aplikasi yang tidak penting. 

Selain itu, Anda juga bisa menghapus cache pada perangkat untuk melegakan ruang penyimpanan iPhone.

Lantas, bagaimana cara hapus cache iPhone? Berikut penjelasan lengkapnya.

cara hapus cache iphone

Pengertian Cache

Sebelum masuk ke cara hapus cache pada iPhone, kita perlu mengetahui pengertiannya terlebih dahulu. 

Cache adalah suatu proses yang dilakukan aplikasi atau browser untuk menyimpan informasi yang pernah diakses. Dengan adanya cache, aplikasi atau browser akan memuat informasi yang pernah diakses secara lebih cepat karena sudah ada salinan informasi yang tersimpan.

Namun di balik manfaatnya tersebut, cache akan menyita ruang penyimpanan perangkat dan membuatnya cepat penuh, terutama ketika dibiarkan terus-terusan menumpuk. Alhasil, kinerja perangkat menjadi lambat dan sering error.

Manfaat Cache

Seperti yang dijelaskan singkat di atas, kehadiran cache pada perangkat sebenarnya memiliki manfaat yang cukup penting untuk perangkat, yaitu membuat device dapat menjalankan aplikasi dan browser secara cepat. 

Jadi, ketika Anda menjalankan aplikasi dan website, loading yang dibutuhkan tidak terlalu lama atau error. Ini karena sistem operasi yang telah menyimpan file lokal.

Hal ini berdampak pada kenyamanan Anda berselancar di website dan aplikasi. Cache juga sangat berkontribusi pada traffic dan konversi yang membuat pengguna semakin mudah dalam mengakses berbagai website terkait. 

Jadi, bagaimanapun cache adalah komponen yang keberadaannya sangat diperlukan pada perangkat.

Apakah Cache Harus Dihapus?

Pertanyaan yang kerap kali diutarakan oleh pengguna smartphone adalah, apakah cache harus dihapus? 

Untuk menjawab pertanyaan ini sebenarnya sangat tergantung pada kondisi perangkat iPhone yang Anda miliki. Jika perangkat Anda memiliki ruang penyimpanan yang masih lega dan masih bisa menampung data-data, maka tidak perlu menghapus cache. Bagaimanapun cache sangat membantu loading aplikasi dan browser Anda menjadi lebih cepat dan efisien. 

Namun, hal ini tidak berlaku jika kapasitas penyimpanan pada perangkat yang Anda memiliki hampir penuh bahkan sudah muncul notifikasi. 

Cara yang paling aman adalah dengan menghapus cache pada perangkat untuk mengurangi beban ponsel dalam menyimpan file. Ketika langkah ini dilakukan, tidak akan ada data yang hilang, melainkan hanya “salinan” informasi pada browser dan aplikasi saja.

Lalu, berapa lama cache boleh dibiarkan tertumpuk pada perangkat? Lagi-lagi ini tergantung dengan kondisi perangkat yang Anda gunakan. Namun untuk menjaga kinerja ponsel tetap kencang, Anda bisa menghapus cache iPhone satu bulan sekali atau kurang dari itu.

Cara Hapus Cache iPhone 

Masuk pada pembahasan utama yakni cara hapus cache iPhone. Langkah ini hanya bisa dilakukan jika Anda sudah memutuskan untuk menghapus cache karena ruang penyimpanan penuh. 

Nah, berikut beberapa cara menghapus cache perangkat iPhone yang bisa Anda coba.

Via Browser Safari

Cara pertama yang bisa dicoba untuk menghapus cache pada iPhone adalah dengan menggunakan browser Safari. 

Sebenarnya, cache juga bisa dihapus dengan bantuan aplikasi lain, namun itu membutuhkan ruang penyimpanan lagi. Berbeda jika Anda menggunakan browser Safari, di mana Anda tidak perlu download aplikasi dan beban ponsel pun tidak akan bertambah.

Browser Safari sendiri merupakan open source web browser yang tersedia pada perangkat iPhone. Ya, Safari merupakan browser bawaan iPhone yang bisa dimanfaatkan untuk menghapus cache yang tidak penting. 

Layaknya browser pada umumnya, Safari juga mudah digunakan dengan tampilan yang user friendly. Ya, user interface yang dimiliki browser ini tampak sederhana dan interaktif, sehingga dapat memberikan kenyamanan lebih pada pengguna iPhone.

Langsung saja, berikut ini cara mudah yang bisa Anda ikuti untuk menghapus cache pada perangkat iPhone dengan bantuan browser Safari:

  • Pertama masuk pada menu setting di perangkat iPhone Anda.
  • Selanjutnya, gulir layar ke bawah sampai Anda menemukan Browser Safari.
  • Di bagian bawah menu Privacy & Security, Anda bisa klik Clear History & Website Data  untuk menghapus cache.
  • Jika Anda menemukan tampilan kotak dialog Pop-Up, lanjutkan saja dengan klik Clear History & Data untuk menghapus seluruh cache perangkat iPhone.

Itulah langkah mudah yang bisa Anda terapkan untuk menghapus cache dengan bantuan browser safari. Hanya dengan tiga langkah mudah, perangkat iPhone Anda akan lebih lega dari cache sampah yang tidak penting.

Melalui File Data Aplikasi

Cara selanjutnya yang bisa Anda coba adalah menggunakan file data aplikasi pada perangkat. Caranya pun tidak kalah sulit dan hasil pembersihan cache bisa maksimal.

Berikut ini beberapa langkah cepat yang bisa Anda terapkan pada perangkat iPhone:

  • Pertama masuk pada menu setting di perangkat iPhone Anda.
  • Masuk pada menu General.
  • Lanjutkan pilih iPhone Storage yang menampilkan daftar aplikasi yang ada pada perangkat iPhone. Anda juga bisa mengetahui informasi dari aplikasi-aplikasi tersebut secara detail, termasuk kapasitas penggunaan memori dan waktu penggunaan.
  • Buka satu per satu aplikasi dan periksa ruang penyimpanan yang digunakan. Klik aplikasi yang dimaksud dan tap Offload App.
  • Pada Pop-Up page, pengguna juga bisa menghapus aplikasi yang dipilih dengan perintah Offload App.

Fitur Offload App memang jarang digunakan sehingga tidak sedikit pengguna iPhone yang mengetahui fungsinya. Namun, fitur ini juga sangat berguna jika Anda ingin menghapus aplikasi yang sudah lama tidak dioperasikan. 

Kelebihannya, data-data aplikasi tersebut tidak akan hilang secara permanen dan masih bisa digunakan jika aplikasinya diinstal kembali nantinya.

Me-restart Perangkat

Cara terakhir dan paling mudah dilakukan yaitu dengan memanfaatkan fitur restart pada perangkat. Ya, hanya dengan melakukan restart cache sampah yang menumpuk pada perangkat bisa terhapus.

Berikut ini langkah mudah yang bisa diikuti untuk menghapus cache iPhone  melalui fitur restart:

  • Langsung saja tekan Sleep/Awake button beberapa detik.
  • Jika Slide to Power Off muncul, silahkan geser menu tersebut sebagai persetujuan untuk mematikan perangkat. Dengan ini perangkat Anda akan mati secara otomatis.
  • Nyalakan kembali perangkat dengan tekan Sleep/Awake button beberapa waktu dan cache otomatis terhapus.

Meskipun mudah dan cepat, namun penghapusan cache dengan cara restart perangkat tidak maksimal. Di mana proses ini hanya bisa menghapus cache pada aplikasi yang tengah dibuka.

Sehingga, cache sampah pada aplikasi yang jarang dibuka atau sedang tidak diakses tetap harus dihapus secara manual.

Dengan mengikuti beberapa cara di atas, kinerja perangkat iPhone Anda bisa kembali stabil. Perlu diketahui, penghapusan cache juga harus dilakukan secara berkala.

sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *