Cara Mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is Missing

Cara Mengatasi Api-Ms-Win-Crt-Runtime-L1-1-0.dll is Missing Dengan Mudah

Diposting pada

Cara Mengatasi Api-Ms-Win-Crt-Runtime-L1-1-0.dll is Missing – Apakah Anda pernah menemukan notifikasi di layar smartphone yang bertuliskan api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing?…

…Nah, perlu diketahui bahwa pesan tersebut adalah sebuah tanda yang muncul ketika ada error pada saat membuka aplikasi tertentu, terutama game.

Ketika pesan error tersebut muncul, maka aplikasi atau game tidak bisa dijalankan dengan baik. Bahkan, Anda pun nantinya harus menghentikan aplikasi tersebut.

Lantas, apa yang menyebabkan dan bagaimana cara mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing yang muncul tersebut? 

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas tentang beberapa penyebab pesan error tersebut muncul serta cara untuk mengatasinya. Penasaran? Simak ulasan selengkapnya!

Cara Mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is Missing

Penyebab Munculnya Pesan Api-Ms-Win-Crt-Runtime-L1-1-0.dll is Missing

Sebelum membahas tentang cara untuk mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing, tentu Anda harus mengetahui penyebab dari munculnya pesan error tersebut. 

Perlu diketahui, DLL sendiri –salah satu keterangan dari pesan error tersebut, merupakan singkatan dari dynamic link libraries.

Fungsi dari file ini adalah untuk menjalankan aplikasi dan berfungsi sebagai komponen eksternal. Nah, sebenarnya, api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll adalah salah satu bagian dari visual credit sebuah aplikasi ataupun game.

Oleh karenanya, pesan error yang muncul tersebut kebanyakan terjadi karena Anda belum memasang visual credit tadi. Selain itu, pesan error tersebut bisa muncul dikarenakan beberapa sebab lainnya, seperti:

  • Adanya file registry yang rusak atau corrupt
  • File DLL yang secara tidak sengaja hilang
  • Adanya virus yang menyerang aplikasi ataupun game yang dibuka
  • Kesalahan pada pengaturan

Beberapa hal di atas adalah sebab umum kenapa api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing bisa muncul. Tentu saja, nantinya Anda harus mengetahui secara detail apa yang menyebabkan pesan error tersebut muncul agar bisa diatasi dengan lebih mudah. 

Baca juga:  Pengertian Mozilla Firefox

Cara Mengatasi Pesan Error Api-Ms-Win-Crt-Runtime-L1-1-0.dll is Missing

Seperti yang dibahas sebelumnya bahwa ada beberapa hal yang menjadi sebab munculnya pesan error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing. Nah, munculnya pesan error tersebut bisa diartikan bahwa file dll tersebut sudah hilang dari sistem.

Untuk mengatasinya, ada beberapa cara yang bisa Anda lakukan dengan mudah. Beberapa cara yang dimaksud diantaranya adalah sebagai berikut:

 

  • Instal visual credits

 

Ketika pesan api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing muncul, salah satu solusi yang bisa dilakukan yaitu dengan menginstal visual credits. 

Bisa dikatakan jika solusi pertama ini termasuk yang paling mudah dan juga efektif. Tidak hanya itu, aplikasi visual credit juga bisa didapatkan secara gratis di Microsoft. 

Fungsi dari aplikasi ini adalah untuk memberikan beragam data dll yang dibutuhkan aplikasi atau game yang hendak Anda buka. Salah satu dari fungsi tersebut adalah data runtime.

Nah, cara mengatasi api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing dengan menginstal visual credits bisa dilakukan dengan beberapa langkah berikut:

  • Buka terlebih dahulu Visual C++ dari situs resmi Microsoft melalui browser
  • Jika sudah, buka aplikasi vc_redist.x64.exe yang terdapat di dalamnya
  • Centang di bagian kolom accept license agreements
  • Klik instal
  • Tunggu proses instalasi hingga selesai kemudian tutup installer tersebut
  • Selesai

Dengan cara di atas, maka pesan api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing yang muncul bisa diatasi secara cepat. 

Hanya saja, Anda perlu mengetahui bahwa visual credits memiliki banyak versi. Oleh karenanya, demi kemudahan, Anda bisa memasang semua versi tersebut di komputer atau laptop yang Anda gunakan.

Baca juga : 4 Jenis Aplikasi Perangkat Lunak yang Harus Ada dalam Komputer Anda

  • Repair program visual credits

 

Cara lain yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing adalah dengan melakukan repair program visual credits. 

Baca juga:  Penyebab dan Cara Mengatasi D3DX9_43.dll is Missing

Cara ini bisa digunakan khusus untuk Anda yang sebelumnya sudah pernah memasang aplikasi visual credit. Oleh karenanya, nantinya Anda tidak perlu menginstal aplikasi tersebut.

Untuk melakukan repair pada software visual credits tersebut, Anda bisa melakukannya dengan beberapa langkah mudah, yaitu:

  • Masuk ke menu control panel pada device yang Anda gunakan
  • Ketik icon program
  • Setelah itu, pilih opsi program and features
  • Cari visual credit
  • Jika sudah ditemukan, klik kanan pada software tersebut dan kemudian klik change
  • Setelah itu, klik repair
  • Selesai 

Setelah langkah tersebut dilakukan, Anda bisa melakukan tes sekali lagi untuk melihat apakah pesan error tersebut masih muncul atau tidak. 

Jika ternyata pesan error tadi masih muncul, maka Anda bisa melakukan repair secara keseluruhan pada visual credits yang ada di control panel.

 

  • Instal NET framework

 

Opsi lain yang bisa dilakukan untuk mengatasi masalah api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing adalah dengan instal NET framework. Cara ini juga bisa dikatakan cukup mudah dan juga sangat efektif. 

Sebagaimana diketahui, NET framework merupakan salah satu aplikasi sistem yang memiliki peranan penting dan diperlukan dalam beragam program yang berbeda. 

Memang, error CRT runtime tidak berhubungan secara langsung, namun cara ini bisa digunakan untuk menghilangkan pesan api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing.

Adapun langkah yang perlu dilakukan untuk mengatasi pesan error dengan menginstal NET framework adalah sebagai berikut:

  • Download terlebih dahulu NET framework di situs resmi Microsoft dan pilih versi yang paling baru
  • Buka aplikasi NET framework yang sudah diunduh tersebut
  • Jika sudah, centang pada kolom license
  • Klik instal untuk melanjutkan proses 
  • Tunggu proses sampai selesai 

Setelah proses di atas selesai, Anda bisa melakukan restart pada device yang Anda gunakan. Apabila desktop sudah kembali menyala, maka lakukan tes ulang pada aplikasi yang ingin Anda jalankan tersebut. Seharusnya, pesan api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing sudah tidak muncul lagi.

Baca juga:  4 Jenis Aplikasi Perangkat Lunak yang Harus Ada dalam Komputer Anda

 

  • Update Windows

 

Jika beberapa langkah di atas tidak bisa mengatasi masalah api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing yang muncul, maka cara lain yang dapat digunakan untuk mengatasinya adalah dengan melakukan update Windows. 

Bisa jadi, pesan error yang muncul tersebut dikarenakan Anda menggunakan sistem Windows yang kadung lama.

Nah, untuk melakukan update Windows, beberapa langkah yang perlu Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Buka setting Windows
  • Jika sudah, masuk ke menu update & security
  • Klik pada opsi check for updates
  • Tunggu proses pencarian update hingga selesai dan lakukan update jika pembaruan sudah tersedia
  • Selesai 

Secara umum, langkah untuk melakukan update pada Windows adalah beberapa poin di atas. Hanya saja, mungkin Anda akan menemukan langkah yang sedikit berbeda tergantung dari versi Windows yang Anda gunakan pada device tersebut.

Nah, beberapa hal langkah di atas bisa Anda lakukan untuk mengatasi pesan error api-ms-win-crt-runtime-l1-1-0.dll is missing yang muncul. 

Sebagai tambahan, jika pesan tersebut masih saja muncul, maka solusi terakhir yang bisa Anda lakukan adalah melakukan uninstall pada aplikasi atau game yang Anda gunakan tadi.

Nantinya, jika Anda masih ingin menggunakan aplikasi atau game tersebut, maka Anda bisa menginstal ulang. Tentu saja, ada baiknya jika Anda menggunakan versi aplikasi atau game yang paling baru untuk mengantisipasi agar pesan error tadi tidak muncul kembali. Semoga bermanfaat.

Gambar Gravatar
Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.