sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

4 Cara Melihat Email Sendiri Dengan Mudah

cara melihat alamat email sendiri

Email saat ini menjadi salah satu akun yang penting dan harus dimiliki. Di mana fungsi email salah satunya yaitu untuk mendaftarkan akun media sosial seperti Twitter, Instagram, Facebook, TikTok maupun lainnya. 

Selain penggunaan untuk mendaftarkan akun media sosial, email juga dapat digunakan untuk mendaftarkan pelayanan publik seperti ATM, pajak, hingga BPJS. Hal inilah yang membuat email menjadikan sebuah kebutuhan. 

Email juga umumnya digunakan untuk kepentingan professional, baik berkirim pesan bisnis maupun untuk melakukan marketing.

Nah, untuk mendapatkan semua fungsi tersebut, tentu Anda harus mengetahui email sendiri. Lalu, bagaimana cara melihat email sendiri? Simak penjelasan di bawah ini untuk menemukan jawabannya.

cara melihat alamat email sendiri

4 Cara Melihat Email Sendiri Melalui Smartphone

Jika Anda menggunakan smartphone, berikut ini empat cara melihat email sendiri secara mudah.

Menggunakan Aplikasi Gmail

Menggunakan aplikasi Gmail merupakan salah satu hal yang paling mudah yang dapat Anda lakukan. Aplikasi Gmail ini merupakan aplikasi bawaan yang sudah disediakan pada smartphone Android. 

Jika Anda sudah login email, maka alamat email akan selalu terlihat di aplikasi Gmail.

Berikut langkah-langkah cara melihat email sendiri dengan menggunakan aplikasi Gmail:

  • Buka aplikasi Gmail yang ada pada smartphone Android 
  • Jika sudah terbuka, pilih foto profil Gmail yang berada di pojok kanan atas
  • Setelah Anda pilih maka akan terlihat semua alamat email Anda
  • Catat agar tidak lupa

 

Sebagai catatan, jika Anda login ke lebih dari satu akun pada perangkat Android yang digunakan, maka Anda bisa klik salah satu foto profil email yang ingin diketahui.

Menggunakan Pengaturan Smartphone Bawaan 

Selain menggunakan aplikasi Gmail, Anda juga bisa memanfaatkan pengaturan pada smartphone untuk melihat email sendiri. Berikut langkah-langkah untuk melihat email Anda melalui pengaturan smartphone:

  • Buka pengaturan pada smartphone Anda
  • Carilah menu Google dan klik menu Google tersebut
  • Setelah itu alamat email Anda akan muncul

Caranya juga sangat mudah sama dengan menggunakan aplikasi Gmail. Cara ini juga bisa dicoba untuk pengguna iPhone.

Menggunakan Browser pada Smartphone 

Browser pada handphone Anda juga dapat digunakan untuk melihat email sendiri dengan mudah. Hanya saja, jika melakukan pengecekan melalui browser, Anda harus sudah tersinkronisasi dengan akun Google pada handphone yang Anda gunakan. 

Untuk caranya Anda bisa mengikuti langkah-langkah berikut:

  • Silahkan masuk pada situs www.gmail.com dengan menggunakan browser yang ada di smartphone
  • Kemudian akan muncul tampilan Gmail, pilih tiga garis yang berada pada kanan layar smartphone, kemudian silahkan klik halaman Gmail Anda.
  • Setelah Anda klik halaman Gmail maka akan muncul semua alamat email yang sudah terhubung dengan smartphone yang Anda gunakan.

Penggunaan dengan browser ini dapat dilakukan dengan smartphone  Android maupun iOS sehingga dapat memudahkan seluruh pengguna Android maupun iPhone. 

Melihat Menggunakan Google Play Store

Tidak hanya menggunakan tiga cara di atas, cara melihat email sendiri  juga bisa dilakukan melalui Google Play Store lho. Ketika Anda menggunakan Google Play Store Persyaratan awal yang harus dilakukan yaitu masuk atau login menggunakan alamat email yang sudah Anda miliki. 

Caranya juga tidak kalah mudah dengan cara-cara lainnya yang sudah dijelaskan di atas. Simak langkah-langkah berikut melihat email sendiri dengan menggunakan Google Play Store berikut ini: 

  • Silahkan buka Google Play Store pada smartphone Anda
  • Kemudian tab foto profil yang yang gunakan pada akun email yang berada di pojok kanan atas
  • Setelah Anda klik, akan muncul secara otomatis email-email yang sudah login pada Google Play Store. 

Cara ini tentu hanya bisa dilakukan pada perangkat Android. Sementara untuk pengguna PC atau laptop Anda bisa mengeceknya melalui menu Google. 

Tips Agar Tidak Lupa dengan Akun Email

Ketika Anda sudah memahami cara melihat email sendiri dengan mudah, namun agar tidak mudah lupa dengan alamat sendiri, Anda bisa melakukan beberapa hal ini. 

Pertama catat email Anda, ketika Anda sudah mulai membuat akun email jangan lupa untuk mencatat alamat email dan juga password email. 

Catatlah di tempat yang Anda ingat seperti pada buku jurnal atau buku notes yang Anda miliki. Opsi lain yang lebih praktis yaitu mencatat email di notes HP.

Selain itu, Anda juga bisa membuat note di aplikasi yang bisa memudahkan Anda melihat semua catatan penting. Cara sederhana lain yang bisa dilakukan untuk mengingat alamat email yaitu dengan screenshoot layar ketika Anda mendaftarkan akun email, kemudian bisa Anda simpan di galeri Anda. 

Beberapa cara di atas akan sangat membantu, khususnya bagi Anda yang mudah lupa terhadap sesuatu. Pastikan pula penulisan dilakukan dengan benar, seperti kapital, spasi, angka dan simbol.

Cara Memulihkan Akun Gmail

Karena tidak mencatat alamat email, seseorang sering kali lupa dan tidak bisa login email melalui perangkat smartphone maupun PC. Biasanya, ketika hal ini terjadi maka Anda akan mendapatkan notifikasi.

Lain halnya jika Anda lupa sandi ataupun nama pengguna namun juga tidak mendapatkan kode verifikasi, maka Anda perlu memulihkan akun Google Anda. 

Dengan memulihkan Akun Google maka Anda dapat login kembali ke akun email yang sudah dibuat. Jika akun Gmail ini dibuat oleh kantor maupun group lainnya pemulihan akun tidak dapat berfungsi. 

Lupa Kata Sandi yang Digunakan

Selain lupa alamat email, pengguna juga tidak bisa login ke akun jika lupa kata sandi. Beruntungnya, akun akan lebih mudah dipulihkan ketika Anda lupa kata sandi atau password email.

Nah, berikut ini solusi yang bisa Anda coba ketika lupa password atau kata sandi email. 

  • Pertama masuk ke Gmail klik lupa kata sandi
  • Ketika Anda akan memulihkan akun Google maka Anda harus mengkonfirmasi pertanyaan-pertanyaan yang sudah diajukan oleh pihak Gmail. Jawablah pertanyaan yang sudah diajukan secara jujur dan sebaik-baiknya. 
  • Kemudian setelah Anda menjawab pertanyaan, Anda dapat melakukan setel ulang sandi. Pastikan Anda membuat kata sandi yang kuat sebelum akun Anda digunakan kembali. 
  • Setelah itu catat alamat email dan kata sandi baru tersebut.

Itulah 4 cara melihat email sendiri yang banyak digunakan. Namun sebelum mencoba seluruh cara di atas, sesuaikan kembali dengan device yang Anda gunakan, apakah Android, iOS ataupun Windows.

Meski beberapa cara di atas tidak hanya dapat digunakan untuk melihat email pada smartphone, melainkan pada perangkat lain seperti PC, Laptop, dan juga Tablet, tetapi posisi ikon Gmail sering kali berbeda-beda.

Oleh sebab itu, sesuaikan antara posisi email dan perangkat yang gunakan. Semisal untuk perangkat desktop, Anda bisa cek alamat email melalui browser dan langsung klik titik sembilan yang ada di pojok kanan layar. Kemudian klik Gmail dan cek alamat email Anda di sini.

sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *