sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Fitur Tersembunyi Telegram yang Tak Ada di Wahtsapp

fitur tersembunyi telegram-sindunesia

Beberapa tahun terakhir, semakin banyak pengguna yang dibuat penasaran dengan fitur tersembunyi Telegram. Apalagi, memang masih banyak banget orang-orang yang belum tahu tentang fitur-fitur ini.

Pada umumnya, pengguna Telegram cuma tahu bahwa fitur-fitur Telegram yang biasa saja. Nggak beda jauh sama fitur WhatsApp dan aplikasi chatting lainnnya yang bisa digunakan buat chattingan, ngirim pesan gambar, audio, dan beberapa file.

Padahal sebenarnya, ada loh beberapa fitur tersembunyi yang mesti kamu tahu di Telegram. Dan fitur-fiturnya tuh keren-keren, bakalan membuat kamu ngerasa bahagia deh. Bagi yang penasaran, simak penjelasannya berikut ini!

Fitur Tersembunyi Telegram

Meskipun sudah digunakan oleh banyak orang, namun tetap saja, masih jarang yang tahu bahwa Telegram dibekali dengan fitur-fitur menarik. Aplikasi satu ini bahkan digadang-gadang akan menggantikan posisi WhatsApp sebagai aplikasi chat terbaik.

Ya Karena semua orang sudah tahu, bahwa Telegram mempunyai fitur keamanan yang sangat baik. Bahkan, beberapa bulan yang lalu, tersebar kabar bahwa WhatsApp akan digantikan oleh Telegram.

Kabar menariknya adalah, nyaris semua fitur keren ini nggak dimiliki oleh aplikasi chattingan lain loh. Jadi, bakalan wajar banget kalau kita menyebutnya dengan fitur eksklusif yang dimiliki oleh Telegram.

1. Secret Chat

Fitur tersembunyi Telegram yang pertama adalah secret chat atau chat tersembunyi.
Kamu pernah ngebayangin nggak sih, bisa berkirim pesan dengan orang lain tanpa diketahui siapapun? Pasti pernah dong ya.

Nah, aplikasi satu ini memungkinkan kamu untuk melakukannya, yakni dengan keberadaan fitur secret chatnya. Jadi, fitur ini bakalan mengamankan semua chat kamu.

Dalam artian, pesannya nggak bakalan terekam atau tersimpan ke server Telegram. Keren kan? Dan yang nggak kalah menariknya lagi adalah, pesan ini bakalan hilang dengan sendirinya, sesuai dengan waktu yang ditetapkan.

Bagi kamu yang menggunakan Telegram, wajib banget sih make fitur ini. Kenapa? Karena kamu kadang membutuhkan beberapa hal privasi yang memang nggak perlu diketahui oleh orang lain kan?

Atau, fitur ini juga dapat kamu gunakan kalau ingin memberikan kejutan kepada seseorang, atau yang lainnya. Dan terakhir, alasan yang paling keren adalah, kamu nggak bisa merekam layarnya, atau men-screenshootnya.

Karena ketika kamu rekam layar, maka hasilnya bakalan hitam. Jadi ya bener-bener private banget lah.

2. Edit Pesan

Ya. fitur tersembunyi Telegram yang kedua adalah edit pesan. Aplikasi chat mana sih yang bisa membuat kamu mengedit pesan? Kayaknya belum ada deh selain Telegram.

Kalau di WA, kamu salah ketik, maka satu-satunya cara untuk mengubah pesannya adalah dengan menghapus atau menarik pesannya ya.

Bayangkan, jika kamu sampai salah ketik atau typo beberapa kali, tentu nggak enak dong kalau mau narik pesan berulang kali. Kesannya jadi kurang etis.

Tapi kalau di Telegram, kamu bisa mengedit pesannya, sehingga nggak perlu lagi repot-repot menarik pesannya. Cukup diedit aja. Simpel banget kan? Cocok nih buat yang suka typo.

3. Auto Night Mode

Aplikasi satu ini juga dibekali dengan mode malam ya. Kayak aplikasi lainnya deh, cuman bedanya, kamu bisa membuat mode malam secara otomatis.

Itu artinya, kalau sudah malam, maka tampilan Telegramnya bakalan langsung ke mode malam secara otomatis.

Nggak perlu mengaturnya manual setiap hari. Atau, kamu juga bisa membuat jadwal, kapan Telegram akan menggunakan mode malam, dan kapan menggunakan mode siang. Tujuannya sederhana tapi berdampak banget.

Yaitu, untuk menjaga mata kamu agar tidak rusak kalau terlalu sering menggunakan ponsel dengan mode siang.

Bukan itu saja, pengaturan mode dengan fitur tersembunyi Telegram juga akan menghemat baterai ponsel. Pokoknya, sesuaikan saja dengan kebutuhan kamu.

4. Mengirim File yang Ukurannya Besar Banget

Pernah mengirim file yang gede via WA tapi gagal? Tenang, kamu bisa mengirimnya lewat Telegram aja. Tapi, pastikan dulu bahwa teman kamu juga menggunakan Telegram ya. Untuk sekali pengirimannya, Telegram memberikan kapasitas maksimal itu 1.5 GB.

Gede banget ini. Pas lah buat kamu yang memang selalu mengirim file gede ke siapapun. Nggak ribet lagi menguploadnya ke sebuah situs atau yang lainnya.

Dan yang nggak kalah kerennya lagi adalah, kamu bisa mengkompres video dan gambar supaya ukurannya lebih kecil saat dikirim.

5. Buat Tema Sendiri

Salah satu fitur tersembunyi Telegram yang sangat rugi kalau nggak dimanfaatkan adalah tema. Ya, kamu bisa meng-custom tema sendiri loh.

Pengaturan temanya juga bisa kamu share nantinya. Fitur ini pas untuk mereka yang suka bosan melihat tampilan Telegram yang mungkin kesannya biasa aja. Dan mungkin, kamu pernah ngerasainnya. Iya kan?

6. Tidak Menyimpan Gambar Otomatis

Fitur tersembunyi Telegram satu ini akan membuat memori penyimpanan kamu lebih lega. karena kamu bisa mengatur penyimpanan gambar, file, atau yang lainnya. Sehingga, kalau misalnya ada file masuk, filenya nggak bakalan otomatis tersimpan.

Hitung-hitung mengurangi beban memori penyimpanan. Terutama buat yang storagenya sudah limit. Karena berdasarkan berbagai kasus, banyak loh yang nggak sadar kalau memori penyimpanannya cepat habis cuma gara-gara semua file yang masuk ke Telegram terdownload secara otomatis. So, jangan lupa untuk memanfaatkan fitur ini ya.

7. Privacy Lengkap

Di antara beberapa fitur tersembunyi Telegram yang lain, fitur ini tampaknya menjadi incaran yang paling sering digunakan.

Karena kamu bisa mengatur privacy sedetail mungkin. Jadi, selain bisa memblokir, kamu juga bisa menyembunyikan nomor kamu dari pengguna yang lain.

Selain itu, kamu bisa juga mengatur kapan terakhir dilihat dan status onlinenya. Kadang kala, ada di antara kamu yang membutuhkan fitur privacy semacam ini kan? Dan biasanya, ini dipicu oleh banyak hal.

Dan setiap orang pasti mempunyai privacy yang ingin dilindungi, mulai dari foto profil, nomor kontak, dan lain sebagainya.

Dengan fitur ini, kamu benar-benar bisa mengatur apa saja yang memang ingin diketahui dan dilihat oleh orang lain, dan apa saja yang ingin disimpan sendiri.

***

Sampai saat ini, Telegram masih menjadi alternatif aplikasi chat favorit dari berbagai kalangan. Ada banyak fitur menarik lainnya yang belum ditemukan di aplikasi chat lain, seperti: fitur channel, penyimpanan cloud, edit pesan, dan lain sebagainya.

Ada satu lagi yang unik dari Telegram. Dilansir dari situs klikjon.com, Telegram memiliki system penyimpanan sendiri yang dinamakan cloud.

Dengan fitur ini, kita sudah nggak perlu lagi melakukan backup dan restore ketika ingin mengganti perangkat, karena semuanya sudah tersimpan di dalam cloud.

Selain itu, dengan fitur ini, keamanan data juga lebih terjaga. Kita nggak perlu men-download foto atau video dan menyimpannya di memori HP kita ketika ingin menontonnya, karena semua sudah tersimpan di dalam cloud Telegram.

Dan menariknya lagi, tidak ada cara lagi untuk mengembalikan chat atau data yang sudah terhapus, sehingga ini memungkinkan keamanan privasi kita lebih terjaga.

Kesimpulan

Nah, itulah berbagai fitur eksklusif dan tersembunyi pada aplikasi chat Telegram. Jika kamu sudah mencoba semua fitur di atas, jangan lupa share ke teman-teman kamu, ya!

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *