Sindu Muda Sindu Muda, (Pejuang Waktu) yang suka belajar apa saja untuk kemanfaatan sesama.

Pengertian Web Browser LENGKAP | Sejarah, Contoh, & Kegunaan

Pengerian Web Browser

Pengertian Web Browser – Masyarakat Indonesia pastinya sangat familiar dengan penggunaan internet yang menyajikan perangkat lunak untuk digunakan sesuai fungsinya.

Hal ini membuat web browser menjadi sebuah perangkat lunak yang menjadikan kebutuhan pokok untuk dimiliki oleh setiap orang.

Web browser menjadi perangkat lunak sebaagai alat untuk menggunakan internet. Sayangnya tidak semua orang mengetahui pengertian web browser.

Definisi web browser tentunya beragam, hal ini akan selaras dengan pengertian website. Web browser dan website tentunya dua komponen yang ketergantungan, karena website tidak bisa diakses jika web browser bukan menjadi pelantaranya.

Baik, sebelum sebelum mengenal intenet lebih jauh, mari kita ketahui pengertian website terlebih dahulu.

Pengertian Website Menurut Para Ahli

Pengertian Web Browser Menurut Para Ahli

Berikut adalah himpunan pengertian website menurut para ahli dari masing-masing bidang dalam dunia website.

1. Surya Maharir

Menurutnya, website meruapakan wahana yang bisa dijadikan sebagai perantara interaktif untuk berkomunikasi.

Website juga bisa menjadi suatu jaringan komputer yang terintegrasi menjadi satu bagian. Website berfungsi untuk memberikan layanan kepada penggunanya sesuai dengan kebutuhannya. Maka tak heran jika Anda menemukan berbagai jenis website.

2. Taufiq Hidayatullah

Taufiq Hidayattullah pernah berpendapat bahwa website merupakan sistem yang paling berpengaruh dalam penggunaan internet.

Hal ini disebabkan website akan terintegrasi oleh sistem manapun, bisa menjadi sebuah peranata komunikasi, menyebar informasi, ataupun membuat suatu sistem baru pada internet.

3. Tallib Haer

Tallib Haer pernah mengatakan bahwa website merupakan tempat yang bisa dimanfaatkan menjadi sebuah sistem informasi.

Hal ini disebabkan karena jaringan internet mampu terintegrasi ke seluruh penjuru dunia, sehingga website menjadi tempat untuk membagikan informasi atau pun pusat perdagangan yang bisa digunakan oleh seluruh penjuru dunia.

4. Smitdey

Smitdey mengartikan website sebagai kumpulan dari halaman web yang bersatu membentuk domain. Hal ini bisa menjadi satu atau dua halaman web.

Penggunaan domain pada website juga merupakan element penting untuk menampilkan fungsi dari sistem tersebut. Website tanpa domain bisa menjadi suatu perangkat yang kurang kredibel dan profesional.

BACA : APLIKASI BELAJAR BAHASA INGGRIS YANG MUDAH & PRAKTIS!

5. Suwanto Raharjo

Suwan Raharjo pernah berpendapat bahwa website merupakan bagian dari internet yang paling sering digunakan. Hal ini mengalahkan layanan internet lain seperti news, gopher, email, atau pun ftp.

Website merupakan perangkat penting dalam pengguna internet karena fungsinya sangat krusial dan beragam. Definisi website tentunya akan terintegrasi dengan pengertian web browser.

6. Thomson

Thomson mendefinisikan website sebagai sebuah sistem informasi yang terdiri dari beberapa bentuk grafis.

Hal ini menyebabkan website menjadi memiliki berbagai desain dan dipenuhi oleh sumber daya yang bisa diperdayakan.

Website juga merupakan sistem yang berhubungan dengan jaringan internet yang sangat besar jangkauannya.

7. Yuhefizar

Website merupakan sebuah cara untuk menampilkan berbagai informasi melalui internet. Hal ini bisa berupa teks atau pun link sambungan yang tersambung ke beberapa server.

Website juga bisa menjadi sebuah platform interaktif dengan sistem rumit yang hanya bisa dibuat oleh profesional programmer dan web developer.

BACA JUGA: Aplikasi Keyboard Android Terbaik | TerUPDATE 2020, Sudah Punya?

Sejarah Web

Sejarah Web Browser

Berikut adalah catatan sejarah web berdasarkan fase dan perkembangannya.

1. Fase Tim Berners

Web sendiri mulai berkembang dan dikenal karena seorang ilmuwan yang bernama Tim Berners Lee. Hal ini membuat dirinya dijuluki sebagai Bapak Internet di akhir tahun 1980-an.

Pada fase web yang dikembangkan oleh Tim Berners, web hanya menjadi sebuah sistem yang belum sempurna karena keterbatasan akses jaringan.

2. Peluncuran Web Pertama

Pada tahun 1991 Tim Berners berhasil meluncurkan suatu browser bersama dengan rekan-rekannya. Hal ini menandakan abad digitalisasi telah hadir dengan ditemukannya browser pertama di dunia.

CERN merupakan tempat percobaan browser pertama yang menunjukkan hasil karya dari Tim Berners adalah sebuah masterpiece.

3. Perkembangan Fungsi Web

Peluncuran pertama web di tahun 1991 ini menghasilkan respon positif dari masyarakat yang membuat sistem tersebut terus berkembang.

Pada saat itu web bisa berfungsi menjadi perangkat lunak yang bisa mengunjungi sebuah website, serta menjadi sistem editor untuk membuat website.

Hal ini membuat Tim Berners Lee menghasilkan sebuah sistem internet yang aplikatif.

4. Perkembangan Target dan Sasaran

Pada saat awal kemunculan web, targetnya hanyalah dari beberapa kalangan eksklusif informatika serta teknik.

Hal ini disebabkan browser tool bisa diperdayakan menjadi perangkat ilmu pengetahuan baru. Hal ini juga membuat pengertian web browser menjadi beragam berdasarkan penemuan para ahli.

Macam-Macam Web Browser

Ada beberapa macam-macam web browser yang sering kita temui di dunia internet, berikut adalah dua jenis web browser yang paling umum dan populer.

1. Google Chrome

Google Chrome

Google Chrome merupakan web browser yang paling digandrungi oleh banyak orang, baik itu dalam penggunaannya di personal komputer atau pun smartphone.

Hal ini dikarenakan Google Chrome mampu menjadi web browser yang stabil dan juga cross-platform. Desainnya pun sangat responsif untuk membuka berbagai platform.

2. Mozilla Firefox

web-browser-gambar

Mozilla Firefox merupakan web browser yang memiliki tampilan sederhana dan mudah digunakan. Mozilla Firefox juga mampu menembus sistem benchmark tes sampai ke babak akhir, tapi kinerjanya akan menjadi sedikit lamban.

Pada awalnya Mozilla Firefox merupakan sebuah sistem sederhana, namun seiring perkembangannya ini menjadi web browser yang paling populer.

Cara Kerja Web

Secara umum cara kerja web memiliki beberapa tahapan yang kompleks. Tahap pertama informasi web yang diterima akan disimpan pada tempatnya dalam bentuk page.

Tahap selanjutnya halaman tersebut akan disimpan pada server web di setiap komputer. Hal ini membuat para penggunanya menjadi komputer client yang berfungsi sebagai bagian pembaca halaman pada halaman web tersebut.

BACA JUGA: DAFTAR APLIKASI PENGOLAH KATA TERBAIK, SUDAH PUNYA?

Contoh Aplikasi Web

Berikut adalah contoh aplikasi web browser yang paling populer.

1. Book My Show

Book My Show

Aplikasi web ini memiliki fungsi untuk memperjual belikan tiket secara digital serta dikuasai oleh perusahaan yang mengembangkan progressive web.

Aplikasi web ini tentunya bisa diunduh pada smartphone untuk keperluan penggunanya. Aplikasi web ini terus berkembang dan membuat konversi konsumen yang meningkat secara drastis.

2. Pinterest

Pinterest web browser

Jika Anda telah memahami pengertian web browser, Pinterest bisa menjadi salah satu platform untuk menyempurnakan pemahaman Anda.

Hal ini disebabkan karena Pinterest menyajikan berbagai media dalam bentuk gambar atau pun Gif. Anda juga bisa membuat akun untuk menikmati berbagai layanan yang disediakan oleh Pinterest.

Kegunaan Website

Manfaat web browser

Beberapa banyak kegunaan website ini tentu semakin memudahkan penggunanya dan memberikan fungsi yang bermanfaat.

1. Memudahkan User

Website memiliki kegunaan untuk memudahkan user untuk mendapatkan berbagai macam informasi. Website juga mampu menyimpan bermacam-macam konten yang bisa diunduh dari internet ke personal komputer Anda.

2. Media Sosial

Keberagaman sistem dan kode kompleks membuat website menjadi sebuah platform interaktif yang bisa digunakan untuk bertukar informasi.

Website bisa digunakan menjadi media sosial untuk memenuhi kebutuhan interaksi serta hiburan masyarakat hari ini.

3. Hiburan

Akses yang tidak terbatas bisa membuat website menjadi sebuah platform hiburan oleh seluruh masyarakat penjuru dunia.

Semua orang bisa mengakses video, suara, atau pun gambar yang disajikan oleh beberapa website, salah satunya adalah Youtube.

Fungsi Web Browser

Fungsi Web Browser

Web browser memiliki fungsi utama sebagai penghubung antara user dan situs-situs website lain. Berikut adalah penjabaran fungsi web browser secara umum.

  • Untuk menampilkan halaman atau situs-situs website.
  • Menerjemahkan script menjadi tampilan yang menarik.
  • Menjamin keamanan situs website yang dikunjungi.
  • Mendukung penyimpanan data halaman secara offline.
  • Memberikan dukungan untuk akses ke mesin-mesin pencari seperti google, yahoo dll.

Penutup

Website dan web browser tentunya akan terus berkembang sesuai dengan perkembangan zaman. Hal ini dikarenakan setiap manusia akan memiliki kebutuhan yang berubah, sehingga dibutuhkan teknologi yang sesuai dengan kebutuhan masyarakat.

Dari pengertian web browser dan website tentunya memiliki akses yang sangat luas, tentunya Anda harus menggunakan fasilitas tersebut dengan bijak dan kemanfaatan.

Popular Search Pengertian Web Browser

pengertian web browser dan contohnyapengertian web browser dan search enginepengertian web browser adalahpengertian web browser menurut para ahli 2015
pengertian web browser dan fungsinyaWeb browser fungsi manfaat dan contohnyapengertian web browser beserta contohnyapengertian web browser dan jenisnya
pengertian web browser dan macam macamnyapengertian web browser dan macamnyajelaskan pengertian web browserjelaskan tentang pengertian web browser
apa pengertian web browserjelaskan pengertian web browser dan search enginesebutkan pengertian web browserjelaskan pengertian web browser mozilla firefox

 

mnbvc
Sindu Muda Sindu Muda, (Pejuang Waktu) yang suka belajar apa saja untuk kemanfaatan sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *