sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Ragam Cara Memasukan Voucher Smartfren. Paling Mudah!

cara memasukan voucher smartfren

Saat ini, Smartfren menjadi salah satu provider internet mobile yang banyak digunakan di Indonesia. Meskipun di awal kemunculan provider ini dikenal dengan penyedia layanan CDMA, namun kini Smartfren sudah bisa digunakan untuk smartphone dengan jaringan GSM.

Menyediakan internet dengan jaringan yang cukup bagus dan harga yang bisa dikatakan terjangkau, Smartfren memang menjadi pilihan yang tepat. Tidak hanya itu, provider internet ini juga menyediakan paket internet dalam bentuk voucher, selain opsi pulsa.

Dengan adanya opsi voucher, pengguna akan dimudahkan karena mereka bisa membeli beberapa voucher sekaligus untuk dijadikan stok agar tidak bingung ketika hendak memperpanjang paket internet.

Nah, untuk mengaktifkan voucher tersebut, pengguna harus memasukan kode voucher terlebih dahulu. Lantas bagaimana cara memasukkan voucher Smartfren? Berikut ini ulasan lengkapnya.

cara memasukan voucher smartfren

Cara Memasukkan Voucher Smartfren Dengan Mudah

Berbincang tentang cara memasukkan voucher Smartfren, ada beberapa opsi cara yang bisa Anda lakukan. Nah, adapun beberapa cara yang bisa dilakukan untuk memasukkan voucher Smartfren dengan mudah diantaranya adalah sebagai berikut:

 

  • Melalui SMS

 

Cara pertama untuk memasukkan voucher Smartfren dengan mudah adalah melalui SMS ke nomor operator. Bisa dikatakan jika cara ini adalah opsi yang tepat, terutama untuk Anda yang ingin memasukkan voucher internet dan data Anda terlanjur habis.

Lantas, bagaimana cara untuk memasukkan voucher Smartfren dengan metode SMS ini?

Ada beberapa langkah yang perlu dilakukan, yaitu:

  • Gosok terlebih dahulu voucher Smartfren yang sudah Anda beli dan Anda akan menemukan 16 digit angka
  • Jika sudah, buka aplikasi pesan di smartphone dan tulis pesan dengan format ISI (spasi) 16 digit nomor dari voucher Smartfren tersebut ke nomor 999
  • Tunggu sebentar hingga mendapatkan pemberitahuan dari sistem Smartfren jika pulsa atau paket internet Anda sudah masuk 
  • Selesai 

Cara pertama ini cukup mudah dan simple untuk dilakukan. Tidak hanya itu, SMS ke operator Smartfren untuk mengaktifkan voucher juga tidak dibebankan biaya apapun. 

 

  • Menggunakan kode USSD

 

Untuk memasukkan voucher Smartfren yang sudah dibeli, Anda juga bisa melakukannya dengan menggunakan kode USSD. Cara ini tentu saja sangat mudah dan tidak perlu menunggu waktu pemrosesan yang lama.

Nah, langkah yang harus Anda lakukan untuk memasukan kode voucher lewat USSD, yaitu:

  • Buka dial pad atau aplikasi telepon pada smartphone yang Anda gunakan
  • Kemudian, pada dial pad tersebut, ketik *999*16 digit kode voucher Smartfren#
  • Jika sudah, lakukan panggilan atau tekan OK
  • Tunggu beberapa saat untuk pemrosesan voucher tersebut
  • Smartfren akan mengirimkan pemberitahuan jika kode voucher sudah dimasukkan dan sudah aktif
  • Selesai 

Jika Anda menggunakan cara ini, maka Anda juga bisa mendapatkan tambahan informasi lainnya terkait voucher yang Anda masukkan tersebut, seperti total kuota internet hingga masa aktifnya.

 

  • Menghubungi Interactive Voice Response

 

Cara lain yang bisa dilakukan untuk memasukkan voucher Smartfren adalah dengan menghubungi interactive voice response atau IVR yang disediakan oleh Smartfren. Layanan ini akan memandu Anda untuk memasukkan voucher yang Anda beli dan Anda bisa menikmati baik pulsa ataupun paket data yang Anda inginkan.

Lalu, bagaimana cara untuk menggunakan layanan ini?

Caranya sangat mudah. Anda hanya tinggal menelepon nomor 999 yang merupakan nomor panggilan IVR Smartfren. Setelah itu, ikuti petunjuk sesuai dengan arahan yang Anda dengarkan. 

Nantinya, Anda akan disuruh untuk memasukkan 16 digit angka dari voucher Smartfren yang Anda gosok. Setelah itu, Smartfren akan memberikan informasi jika voucher sudah aktif. Sangat mudah, bukan?

 

  • Menggunakan aplikasi My Smartfren

 

Seperti beberapa provider lainnya, Smartfren kini juga menghadirkan aplikasi yang terintegrasi dengan berbagai layanan yang diberikan dengan nama My Smartfren. 

Nah, aplikasi ini juga bisa dijadikan cara untuk memasukkan voucher Smartfren yang sudah Anda beli sebelumnya dengan sangat mudah.

Adapun langkah untuk memasukkan voucher Smartfren melalui aplikasi My Smartfren diantaranya adalah sebagai berikut:

  • Instal terlebih dahulu aplikasi My Smartfren yang bisa Anda dapatkan melalui Google Play ataupun Apple App Store
  • Lakukan login menggunakan akun email atau nomor Smartfren yang Anda gunakan
  • Jika sudah, masuk ke halaman utama dan klik pada opsi top up
  • Setelah itu, pilih opsi voucher yang tertera
  • Masukkan 16 digit angka voucher Smartfren yang sebelumnya sudah Anda dapatkan
  • Klik pada opsi konfirmasi
  • Tunggu beberapa saat hingga pulsa atau paket internet yang Anda inginkan berhasil ditambahkan
  • Selesai 

Bisa dikatakan bahwa My Smartfren adalah aplikasi yang wajib dimiliki oleh pelanggan Smartfren. Pasalnya, selain memudahkan memasukkan voucher Smartfren, aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengecek program terbaru dari Smartfren.

Hanya saja, aplikasi ini bisa diakses secara online saja. Oleh karenanya, pastikan Anda sudah melakukan perpanjangan data internet setelah paket internet Anda habis.

 

  • Memakai website My Smartfren

 

Satu lagi cara yang bisa dilakukan untuk memasukkan voucher Smartfren ke nomor smartphone Anda, yaitu dengan menggunakan website My Smartfren. 

Metode ini cocok untuk Anda yang mungkin belum memiliki aplikasi My Smartfren karena memori smartphone yang terbatas atau alasan lainnya.

Cara untuk menggunakan situs resmi Smartfren ini pun sangat mudah. Anda tentu hanya perlu berkunjung ke situs smartfren.com. 

Pada halaman utama situs, Anda akan menemukan beberapa menu utama. Namun pastikan Anda hanya fokus pada kolom tempat memasukkan 16 digit nomor voucher saja.

Masukkan nomor voucher yang Anda miliki serta nomor Smartfren yang Anda gunakan. Jika sudah, klik OK untuk melakukan konfirmasi. Tunggu proses tersebut hingga nantinya voucher Smartfren yang Anda beli sudah dimasukkan dan bisa digunakan.

Adanya beberapa cara tentu saja akan memberikan keleluasaan yang lebih bagi Anda untuk mencari mana cara yang paling mudah dan paling tepat untuk dilakukan. 

Tentu, Anda bisa memilih mana cara memasukkan voucher Smartfren yang paling mudah dan paling cepat untuk digunakan.

Kenapa Gagal Memasukkan Voucher?

Ada kalanya pengguna Smartfren gagal memasukkan voucher. Nah, ada beberapa alasan kenapa hal tersebut bisa terjadi. 

Penyebab umumnya adalah salah memasukkan 16 digit nomor voucher yang dibeli. Oleh karenanya, Anda harus mengecek ulang nomor tersebut sebelum melakukan konfirmasi.

Selain itu, alasan kenapa voucher gagal dimasukkan yaitu karena voucher sudah kedaluwarsa ataupun sudah dipakai sebelumnya. 

Terkait hal ini, penting bagi Anda untuk mengecek masa aktif voucher yang Anda beli tersebut dan juga pastikan jika Anda membeli voucher dengan keadaan yang masih tersegel rapi. Satu lagi yang penting untuk diingat, jangan mudah tergoda harga yang terlampau murah.

Demikian ulasan tentang cara memasukkan voucher Smartfren dan juga beberapa alasan kenapa pengguna gagal untuk memasukkannya. Semoga bermanfaat.

Adanya beberapa cara tentu saja akan memberikan keleluasaan yang lebih bagi Anda untuk mencari mana cara yang paling mudah dan paling tepat untuk dilakukan.

sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *