Arus listrik adalah

Arus Listrik adalah: Pengertian dan Manfaatnya

Diposting pada

Arus listrik merupakan aliran muatan listrik yang mengalir dari suatu titik ke titik lainnya dalam sebuah rangkaian setiap satuan waktu.

Dimana arus listrik adalah komponen penting dalam dunia kelistrikan, sehingga bukan hal yang baru bila terdapat banyak sumber dari arus listrik.

Karena peran arus listrik termasuk penting, maka tak heran bila sumber arus listrik memiliki peranan yang penting juga, khususnya untuk kehidupan manusia. Memang apa pentingnya sumber arus listrik?

Pengertian Arus Listrik Adalah

Arus listrik merupakan gelombang elektromagnetik dalam muatan listrik. Namun secara umum, arus listrik merupakan aliran muatan listrik yang mengalir dari energi potensial yang tinggi menuju ke energi potensial rendah.

Selain itu, arus listrik ialah besar vektor yang masuk ke dalam besaran pokok. Satuan arus listrik ialah ampere dengan simbol A dalam sistem besaran pokok satuan internasional ( SI ).

Bahkan alat untuk mengalirkan arus listrik sangat banyak. Namun yang paling terkenal, pastinya voltmeter. Melalui beberapa hal sederhana ini, terlihat pentingnya arus listrik bagi manusia.

Manfaat Arus Listrik

Saat ini arus listrik adalah kebutuhan bagi kehidupan manusia pada umumnya, berikut adalah contoh manfaat dari arus listrik:

1. Arus Listrik Sebagai Sumber Energi dan Penerangan

Arus Listrik Sebagai Sumber Energi dan Penerangan

Alat untuk mengalirkan arus listrik bermacam-macam. Dengan alat yang tepat, maka sumber arus listrik akan dapat disalurkan untuk membantu kehidupan manusia. Sebab, ada banyak manfaat penting dari adanya sumber arus listrik.

Manfaat penting dari sumber arus listrik yang paling populer pastinya sebagai sumber energi serta untuk penerangan.

Dimana kedua hal ini sangat berkaitan dengan sumber arus listrik, bahkan penerangan sangat membutuhkan bantuan arus listrik.

Ketika siang hari, mungkin kebutuhan penerangan tidak terlalu diperlukan. Sebab ada sumber penerangan alami yang menyinari, yaitu matahari. Akan tetapi, bagaimana dengan malam hari? Di saat matahari sudah kembali ke peraduannya?

Ketika malam hari tentu dibutuhkan penerangan bantuan, misalnya seperti menggunakan lampu atau senter. Akan tetapi, baik lampu maupun senter sangat membutuhkan keberadaan dari sumber arus listrik.

Hal ini tentu disebabkan lampu tidak akan bisa menyala tanpa arus listrik. Begitu pula dengan senter. Walaupun menggunakan baterai, namun baterai juga membutuhkan sumber arus listrik untuk mengisinya. Oleh karena itu, sumber listrik memiliki peran penting dalam penerangan.

Sama halnya dengan yang telah sempat dibahas, sumber arus listrik adalah penting sebagai sumber energi. Penjelasannya pun cukup singkat, sebab dengan adanya sumber listrik dipercaya mampu membangkitkan seluruh energi.

Khususnya sumber energi yang sangat penting dan memegang peranan dalam menopang kehidupan serta aktivitas harian manusia. Sehingga sebagai sumber energi, tentunya sumber arus listrik memiliki peranan dan manfaat yang sangat penting.

Baca Juga:

2. Arus Listrik Sebagai Penghasil Gerak dan Panas

Penghasil Gerak dan Panas

Sumber arus listrik adalah memiliki manfaat penting untuk menghasilkan gerak dan panas. Dimana gerak dan panas ini pastinya akan sangat membantu kehidupan manusia. Dikarenakan beberapa alat yang membantu manusia membutuhkan gerak dan panas.

Salah satu contoh dari sumber arus listrik sebagai penghasil gerak ada pada kipas angin. Tanpa ada sumber arus listrik maka kipas angin tidak akan bisa bergerak, sehingga tidak bisa menghasilkan angin yang membantu menyejukkan udara panas.

Selain kipas angin, sebenarnya penggunaan sumber arus listrik sebagai penghasil gerak juga bisa didapatkan pada alat lain.

Khususnya alat-alat yang dapat membantu keperluan Anda sehari-hari, sehingga sumber listrik menjadi sesuatu yang sangat penting.

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, selain sebagai penghasil gerak sumber listrik juga sangat membantu sebagai penghasil panas.

Dengan begitu, maka banyak peralatan elektronik yang dapat dimaksimalkan fungsinya untuk menghantarkan panas.

Hal ini dikarenakan dengan adanya sumber arus listrik maka panas akan didapatkan dengan mudah. Sehingga alat-alat layaknya setrika, kompor listrik, oven listrik, penanak nasi elektrik dan beberapa peralatan elektronik lain bisa digunakan dengan baik.

Tentunya, hal tersebut terjadi diakibatkan dari sumber arus listrik adalah menghasilkan panas yang baik. Oleh karena itu, sumber arus listrik sangat berperan penting bagi manusia, khususnya untuk memberikan panas.

3. Arus Listrik Untuk Membantu Aktivitas

Arus Listrik Untuk Membantu Aktivitas

Di masa yang semakin modern ini, Anda dalam melakukan aktivitas sehari-hari pasti tak luput dari berbagai peralatan elektronik.

Mulai dari smartphone, komputer, laptop, dan tablet semua dibutuhkan dalam menjalankan aktivitas harian.

Namun sayangnya, semua alat elektronik tersebut membutuhkan sumber arus listrik untuk menyalakannya. Bahkan ada beberapa alat elektronik yang sudah mencantumkan satuan untuk arus listrik adalah ampere, dengan tegangan dan kebutuhan listriknya.

Hal ini tentu menunjukkan betapa penting dan berharganya sumber arus listrik dalam membantu aktivitas harian manusia, khususnya bagi Anda yang merupakan manusia modern masa kini. Begitu pula dengan Anda yang sudah kecanduan penggunaan alat elektronik.

Sebagai ilustrasi singkat penggambaran sumber arus listrik yang membantu kehidupan sehari-hari adalah ketika ingin menghubungi seseorang dalam jarak yang jauh, maka Anda membutuhkan handphone ataupun telepon.

Akan tetapi, baik handphone atau telepon akan membutuhkan sumber arus listrik untuk menopangnya agar tetap hidup dan menjalankan fungsinya dengan baik.

Hal ini dikarenakan, apabila baterai handphone habis, maka dibutuhkan sumber listrik untuk mengisinya.

Dari ilustrasi singkat tersebut, dapat dilihat bahwa sumber arus listrik memang sangat penting. Apalagi memang dibutuhkan alat elektronik untuk mempermudah kegiatan sehari-hari. Bahkan banyak aktivitas yang dapat dilakukan dengan lebih efektif serta efisien.

Semakin efektif kegiatan harian yang Anda lakukan, maka akan semakin efisien dalam menjalankan aktivitas tersebut. Dengan begitu, maka peranan dari manfaat adanya sumber arus listrik terlihat semakin jelas.

4. Arus Listrik Membantu Fungsi Alat Elektronik

Arus Listrik Membantu Fungsi Alat Elektronik

Salah satu manfaat penting dari sumber arus listrik adalah dapat dimanfaatkan untuk memaksimalkan fungsi alat-alat elektronik.

Sebab, arus listrik merupakan gelombang elektromagnetik, jadi sumber arus listrik berperan penting menghidupkan alat elektronik.

Akan tetapi hal ini kurang berlaku, bahkan mungkin tidak dibutuhkan untuk peralatan elektronik yang menggunakan baterai.

Misalnya seperti senter baterai, radio dengan baterai, dan lainnya. Pasalnya, sumber energi alat elektronik tersebut dari baterai bukan dari arus listrik langsung.

Namun sebenarnya, baterai pun membutuhkan sumber arus listrik untuk mengisi energi baterai supaya dapat bertahan.

Sehingga dapat disimpulkan bahwa sumber arus listrik memang merupakan kunci penting dalam memaksimalkan penggunaan alat elektronik.

Terlebih di zaman yang semakin modern kebutuhan akan alat elektronik cukup tinggi. Mulai dari penggunaan televisi, radio maupun smartphone semua membutuhkan listrik. Oleh karenanya tak heran bila sumber listrik dibilang sebagai bagian penting dalam kehidupan.

5. Arus Listrik Sebagai Hiburan

Arus Listrik Sebagai Hiburan

Salah satu manfaat penting dari sumber arus listrik adalah sebagai sarana atau tempat untuk hiburan. Walaupun manfaat dari sumber arus listrik ini bukanlah manfaat paling utama, namun manfaat ini sangat dibutuhkan.

Sumber arus listrik dapat dimanfaatkan untuk sarana hiburan dikarenakan dengan adanya sumber arus listrik, maka Anda dapat menyalakan beberapa alat untuk menghibur diri.

Misalnya saja dengan menyalakan alat-alat yang mendukung hiburan, seperti untuk menyalakan piano, radio, televisi, gitar listrik dan handphone.

Semua peralatan tersebut, tentu membutuhkan sumber arus listrik. Bila tidak ada arus listrik, maka peralatan tersebut tidak akan dapat menjadi sarana hiburan menarik.

Seperti yang telah dibahas sebelumnya, secara sekilas sumber arus listrik juga dapat digunakan sebagai tempat hiburan. Lebih tepatnya, tempat sumber arus listrik beradalah yang dapat digunakan sebagai tempat hiburan.

Seperti halnya sumber arus listrik yang berasal dari pembangkit listrik tenaga air (PLTA), maka tempat hiburan dari sumber arus listrik yang dimaksud untuk liburan adalah bendungan tempat PLTA berada. Selain sejuk, tentu banyak edukasi yang biasanya didapatkan.

Kesimpulan Arus Listrik

Itulah beberapa pentingnya sumber arus listrik adalah untuk membantu dalam kehidupan manusia. Meskipun terlihat sederhana, namun nyatanya arus listrik merupakan besaran vektor yang memiliki peran dan manfaat penting dalam kehidupan sehari-hari manusia.

Gambar Gravatar
Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *


The reCAPTCHA verification period has expired. Please reload the page.