sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

7 Manfaat Penting Pembangkit Listrik Tenaga Air Bagi Kehidupan Manusia

pembangkit listriik tenaga air

Pernahkah Anda mendengar tentang PLTA? Apa sih PLTA itu? Apakah PLTA penting bagi kehidupan manusia sehari-hari?

Ya, tepat sekali, PLTA merupakan singkatan dari Pembangkit Listrik Tenaga Air. Dimana pastinya PLTA memiliki peran penting dalam kehidupan manusia. Mengapa demikian?

Sesuai dengan namanya, Pembangkit Listrik Tenaga Air atau PLTA adalah pemanfaatan air sebagai salah satu sumber energi listrik yang dapat diperbaharui.

Dengan begitu, maka tak heran bila ada banyak manfaat penting dari pembangunan PLTA, seperti beberapa manfaat berikut ini:

Cara Kerja PLTA

Cara Kerja Pembangkit Listrik Tenaga Air

Pada dasarnya, prinsip kerja PLTA adalah dengan mengubah energi potensial air menjadi energi listrik. Untuk mengubah energi ini, perlu dilakukan beberapa tahapan, yakni:

  •  Memanfaatkan Aliran Sungai dengan Arus Tinggi

Pemanfaatan aliran sungai dengan arus tinggi dikarenakan energi potensial terjadi karena perbedaan ketinggian. Sehingga untuk mendapatkan energi potensial, air yang tinggi diperlukan perbedaan tinggi air yang cukup.

Oleh sebab itu, sungai dengan air terjun yang cukup tinggi sangat disarankan. Akan tetapi, sungai arus tinggi sudah bisa digunakan untuk membuat PLTA. Hal ini karena energi potensial air dapat diperoleh dari bendungan dengan ketinggian yang sesuai.

Energi potensial yang tinggi, kemudian membentuk energi kinetik air yang tinggi. Energi kinetik ini didapat dari arus air yang berada dalam kecepatan tertentu. Energi kinetik inilah yang nantinya akan menggerakkan turbin pada PLTA.

  • Mengubah Energi Kinetik Menjadi Energi Mekanik

Turbin PLTA yang bergerak akibat energi kinetik air mengubah energi kinetik air menjadi energi mekanik. Meskipun terlihat perubahan terjadi dari energi kinetik ke energi mekanik, namun besar energi mekanik juga dipengaruhi oleh energi potensial.

  • Mengubah Energi Mekanik Menjadi Energi Listrik

Selanjutnya setelah terbentuk energi mekanik, maka energi akan diubah menjadi energi listrik. Caranya pun cukup mudah, dimana rotor pada generator yang bergerak akibat pergerakan turbin akan otomatis mengubah energi.

Secara singkat, demikianlah cara kerja dari PLTA. Oleh karenanya, bukan hal aneh bila disebut PLTA memanfaatkan perubahan energi, sebab memang terjadi beberapa kali perubahan energi.

Baca Juga:

Daftar Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Air

Daftar Manfaat Pembangkit Listrik Tenaga Air

1. Sumber Energi

Dapat dilihat dari namanya, Pembangkit Listrik Tenaga Air (PLTA) tentunya adalah salah satu sumber energi, khususnya untuk energi listrik.

Sehingga dengan sumber energi ini, masyarakat bisa menggunakan listrik dengan lebih nyaman.

Bahkan PLTA tak hanya bisa menyediakan sumber listrik untuk skala kecil layaknya kebutuhan listrik untuk rumah tangga, melainkan juga bisa digunakan untuk memenuhi kebutuhan listrik di sektor industri maupun untuk sumber energi skala besar lainnya.

Oleh karenanya, bukan hal aneh bila PLTA mulai menjadi pilihan sumber energi listrik yang menarik. Termasuk di Indonesia. Kini PLTA mulai banyak dikembangkan serta disebar luaskan.

Akan tetapi, bagaimana cara kerja PLTA? Bagaimana cara mengubah air menjadi energi listrik? Bagaimana cara menjadikan aliran air menjadi sebuah sumber listrik yang utama?

2. Irigasi

Seperti halnya yang telah dijelaskan sebelumnya, PLTA dibangun di area sungai yang memiliki air terjun atau sebuah bendungan di sungai.

Di Indonesia sendiri kebanyakan PLTA dibangun dengan menggunakan bendungan, dibandingkan dengan air terjun.

Dengan begitu, maka bendungan ini pun memiliki air yang tersimpan di dalamnya. Air dalam bendungan ini biasanya akan dimanfaatkan untuk pengembangan dalam sektor pertanian. Tepatnya air dalam bendungan akan digunakan sebagai sumber irigasi.

Air bendungan akan dialirkan ke arah sawah dan ladang, sehingga tanaman tidak akan kekurangan air dan kegiatan pertanian dapat dimaksimalkan. Dengan begitu, maka ketahanan pangan nasional dapat dimaksimalkan.

Oleh karenanya, bukan hal aneh bila PLTA banyak digunakan di pedesaan. Sebab, air yang ada di dalam bendungan PLTA dapat digunakan oleh masyarakat, khususnya untuk irigasi lahan pertanian.

3. Energi Cadangan

Manfaat penting dari adanya Pembangkit Listrik Tenaga Air yang selanjutnya adalah dapat menjadi sumber energi cadangan nasional.

Sebab, saat ini sumber listrik nasional di Indonesia masih mengandalkan batu bara sebagai sumber energi.

Sedangkan seperti halnya yang Anda ketahui, batu bara merupakan sumber energi tak terbarukan. Dengan demikian, maka diperlukan sumber energi cadangan yang dapat diperbaharui, seperti halnya air yang dapat diperbaharui dengan mudah.

Oleh karena itu, PLTA dapat dijadikan alternatif sumber energi listrik untuk saat ini. Bahkan sebagai energi cadangan nasional. Selain itu, juga dapat dijadikan opsi sebagai pengganti pembangkit listrik tenaga batu bara, kelak.

4. Meningkatkan Ekonomi

Energi listrik merupakan salah satu faktor paling penting dalam upaya peningkatan ekonomi. Melalui pasokan energi listrik yang cukup, maka kegiatan industri akan berjalan lancar bahkan meningkat. Peningkatan industri tentu berpengaruh terhadap ekonomi masyarakat.

Bahkan tak hanya berhenti di masyarakat saja, peningkatan ekonomi ini juga akan berpengaruh terhadap peningkatan ekonomi negara. Peningkatan ekonomi negara ini tentunya dipengaruhi oleh adanya pajak penggunaan air untuk PLTA.

Sehingga bisa disimpulkan bahwa dengan adanya PLTA dapat membantu dalam meningkatkan roda perekonomian, baik meningkatkan perekonomian masyarakat maupun meningkatkan penghasilan negara. Selain itu, kebutuhan listrik rakyat juga terjamin.

5. Sumber Cadangan Air

Selain dimanfaatkan untuk pertanian air dalam bendungan juga dapat dimanfaatkan untuk banyak hal. Termasuk sebagai cadangan air masyarakat, khususnya untuk persiapan di musim kemarau.

Umumnya, di musim kemarau akan terjadi penyusutan air, sebab jarang ada hujan bahkan tidak ada hujan. Hal ini menyebabkan persediaan air akan menipis, apalagi bila terjadi musim kemarau panjang.

Akan tetapi, kebutuhan air ini dapat teratasi dengan adanya bendungan, termasuk bendungan air dari PLTA. Dengan begitu, maka masalah kesulitan air pun dapat teratasi dan masyarakat tidak perlu khawatir masalah kekurangan air. Pasalnya, sudah ada cadangan air di bendungan PLTA.

6. Energi Listrik Paling Ramah Lingkungan

Selain itu, PLTA bersifat ramah lingkungan karena tidak menghasilkan banyak emisi gas. Bahkan PLTA disebut sebagai sumber listrik paling bersih. Hal ini dikarenakan emisi gas yang dihasilkan tidak sebanyak sumber energi listrik lain.

Terlebih perkiraan intensitas emisi gas rumah kaca yang dihasilkan terbilang kecil, khususnya bila dibandingkan dengan pembangkit listrik lain. Selain itu, PLTA juga merupakan sumber energi yang dapat diperbaharui, sehingga membuatnya lebih terlihat ramah lingkungan.

7. PLTA Sebagai Wisata

Seperti yang sudah disinggung sebelumnya, PLTA banyak dimanfaatkan di daerah pedesaan. Khususnya daerah-daerah yang memiliki banyak sungai, seperti halnya di daerah Kalimantan Timur. Hal ini pastinya diakibatkan PLTA di Indonesia masih banyak memanfaatkan bendungan.

Akan tetapi, akibat penggunaan bendungan ini maka terciptalah manfaat lain dari pembangunan Pembangkit Listrik Tenaga Air. Manfaat yang dimaksud pastinya adalah terciptanya destinasi wisata baru nan unik.

Dimana selain meningkatkan ekonomi dari industri, layaknya yang sudah dijelaskan sebelumnya, bendungan tempat PLTA yang dijadikan destinasi wisata juga dapat dimanfaatkan masyarakat untuk memperoleh keuntungan ekonomi.

Tak hanya itu saja, bendungan PLTA ini juga dapat digunakan sebagai sarana edukasi. Khususnya untuk edukasi mengenai sumber energi listrik ramah lingkungan, pemanfaatan air sebagai sumber listrik, dan lain sebagainya.

Kesimpulan Pembangkit Tenaga Air

Itulah beberapa manfaat penting dari Pembangkit Listrik Tenaga Air. Bagaimana menurut Anda? Apakah manfaat PLTA sangat membantu kehidupan sehari-hari manusia? Ataukah malah sebaliknya?

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *