sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

7 Pengertian Ahli Tentang, Apa Itu Listrik? Beserta Jenis-jenis Listrik

Apa Itu Listrik

Apa Itu Listrik? – Pernahkah Anda bertanya-tanya tentang apa itu listrik? Ya, tepat sekali, listrik adalah fenomena dalam fisika yang memiliki hubungan dengan aliran elektron dari sebuah atom. Aliran elektron ini biasanya diakibatkan oleh adanya proses kimia maupun gesekan.

Secara umum, ada listrik tegangan rendah dan listrik tegangan tinggi. Namun, sebenarnya apa itu listrik tegangan rendah? Lalu apa pengertian listrik tegangan tinggi? Memangnya apa pengertian listrik menurut para ahli? Apa saja jenis-jenis listrik yang umum digunakan?

Pengertian Listrik Menurut Para Ahli

Listrik merupakan sebuah aliran yang mengandung muatan listrik, dimana muatan listrik ini pastinya berhubungan dengan aliran elektron. Itulah pengertian sederhana dari pengertian listrik secara umum dan sederhana.

Namun, kira-kira bagaimana menurut para ahli? Apa listrik itu? Apakah listrik memiliki manfaat yang sangat penting? Penasaran? Mari simak beberapa penjelasan singkat para ahli tentang pengertian listrik, berikut:

1. Menurut Aip Saripudin

Aip Saripudin memiliki pengertian listrik yang sangat sederhana. Dimana menurut Aip Saripudin, listrik merupakan sebuah energi dalam jumlah yang sangat banyak dimanfaatkan oleh manusia.

Secara singkat Aip Saripudin menjelaskan bahwa listrik merupakan energi yang banyak digunakan manusia untuk memenuhi kebutuhan sehari-hari.

2. Menurut Hasan Amrin

Menurut Hasan Amrin, listrik ialah sesuatu wujud energi dan listrik hanya salah satu dari banyaknya bentuk energi. Dimana memang ada banyak jenis energi di bumi dan listrik merupakan salah satu di antara jenis energi tersebut.

3. Menurut Thomasnet

Lain halnya dengan Thomasnet. Menurut Thomasnet listrik adalah wujud energi yang gampang diganti menjadi bermacam-macam jenis energi lain, sehingga energi listrik banyak digunakan oleh manusia.

Energi listrik memang merupakan energi yang sangat unik dan menarik. Hal ini tentu disebabkan listrik dapat diubah ke dalam berbagai bentuk energi lain, misalnya seperti energi gerak dan energi panas.

4. Menurut Gatut Susanto dan Sasi Agustoni

Menurut Gatut Susanto dan Sasi Agustoni, listrik ialah sumber energi yang akan disalurkan melalui kabel atau penghantar lainnya. Dimana penghantar lain ini disebut sebagai konduktor listrik.

5. Menurut Mikrajudin

Masih searah dengan pengertian listrik menurut ahli lain. Menurut Mikrajudin, listrik merupakan salah satu wujud dari energi.

Bahkan menurut Mikrajudin tidak hanya BBM (Bahan Bakar Minyak) yang menjadi energi utama kehidupan.

Akan tetapi, listrik juga sudah menjadi salah satu wujud tenaga utama dalam kehidupan. Hal ini terbukti dengan adanya jenis-jenis listrik yang sangat membantu dalam kehidupan manusia.

6. Menurut Heinz Frick dan Pujo L

Hampir senada dengan pengertian listrik menurut Thomasnet. Menurut Heinz Frick dan Pujo, listrik adalah energi yang bisa diganti menjadi energi lain, misalnya seperti menciptakan panas, gerak (mekanik), sinar serta kimia.

7. Menurut KBBI

Seperti halnya yang mungkin sudah Anda ketahui, KBBI merupakan kependekan dari Kamus Besar Bahasa Indonesia.

Sehingga di dalamnya terdapat banyak jenis kata serta artinya yang sangat membantu, termasuk tentang pengertian listrik. Pengertian itu ada dalam KBBI.

Ada beberapa pengertian listrik menurut KBBI. Hal ini tentunya dikarenakan listrik sendiri dibagi menjadi beberapa jenis. Misalnya seperti apa itu listrik prabayar dan pasca bayar? Selain itu, ada juga listrik dinamis.

Kendati kata listrik dan jenisnya harus dicari pada dua kata yang berbeda. Namun, Anda masih bisa menemukan pengertian singkatnya dalam KBBI.

Anda bisa memadukan arti dari kedua kata dan menggabungkannya menjadi pengertian yang mudah dipahami.

Lalu apa sih pengertian listrik secara umum di KBBI? KBBI mengartikan listrik sebagai sebuah daya atau energi yang muncul akibat dari adanya gesekan antar benda atau akibat adanya proses fisika. Pengertian ini hampir mirip dengan pengertian umum listrik.

Baca Juga:

7 Manfaat Penting Pembangkit Listrik Tenaga Air Bagi Kehidupan Manusia
7 Contoh Perubahan Energi Listrik Menjadi Energi Gerak, Apa Saja?
7 Jenis Alat Ukur Listrik yang Umum Digunakan oleh Teknisi

Jenis-Jenis Listrik

Jenis-Jenis Listrik

Seperti yang sudah sempat disinggung sebelumnya, listrik terbagi menjadi beberapa jenis, misalnya saja listrik prabayar dan listrik pasca bayar. Kedua jenis listrik ini pastinya dibedakan menurut cara pembayarannya.

Selain berdasarkan cara pembayarannya, listrik juga dibedakan menurut alirannya. Berdasarkan aliran ini listrik juga terbagi ke dalam dua jenis listrik, yaitu listrik statis dan listrik dinamis. Memangnya apa itu listrik statis dan contohnya? Begitu pula dengan apa listrik dinamis itu?

  • Listrik Statis

Listrik statis merupakan jenis listrik yang sementara diam di suatu benda. Jadi, bila umumnya listrik memiliki aliran muatan listrik (pergerakan elektron), namun listrik statis merupakan listrik dengan muatan listrik yang diam untuk sementara waktu (elektron tidak mengalir).

Listrik statis ini dapat terjadi karena adanya gosokan atau gesekan pada dua buah benda. Contohnya seperti kain wol didekatkan ke tubuh, dimana nantinya akan muncul listrik statis yang menarik rambut-rambut di badan Anda.

Contoh lain dari listrik statis adalah dengan menggosok-gosokan balon pada rambut. Selanjutnya Anda bisa menempelkan balon ke dinding dan balon pun akan menempel dengan mudah. Hal ini tentu terjadi akibat adanya listrik statis dalam balon.

Tak hanya dalam skala kecil saja, listrik statis juga dapat terjadi dalam skala besar. Misalnya fenomena terjadinya listrik statis yang terlihat melalui timbulnya petir yang diakibatkan oleh adanya loncatan dari listrik statis.

Pada dasarnya, listrik statis menggunakan prinsip sederhana. Dimana bila dua buah benda didekatkan maka akan terjadi dua kemungkinan, antara benda akan saling tarik menarik atau benda saling tolak menolak.

Benda akan saling tarik menarik bila memiliki kutub listrik yang sama. Misalnya benda yang sama-sama bermuatan listrik negatif atau sama-sama bermuatan listrik positif. Begitu pula sebaliknya listrik akan saling tarik menarik bila memiliki kutub listrik yang berbeda.

  • Listrik Dinamis

Jenis listrik berdasarkan alirannya yang berikutnya adalah listrik dinamis. Memang apa itu listrik dinamis dan contohnya? Berbeda halnya dengan listrik statis yang memiliki aliran yang diam di tempat. Listrik dinamis merupakan listrik yang bisa bergerak.

Listrik yang bisa bergerak dimaksudkan adalah listrik yang memiliki aliran elektron. Dimana adanya elektron yang mengalir, artinya elektron telah bergerak dari satu tempat ke tempat lain. Hal ini menyebabkan timbulnya energi listrik, maka energi ini disebut dengan listrik dinamis.

Listrik dinamis sendiri kembali dibagi ke dua jenis listrik. Dimana terdapat listrik dinamis dengan arus searah atau biasa disebut dengan listrik DC dan listrik dinamis dengan arus listrik bolak-balik atau biasa disebut listrik AC.

Rangkaian listrik dinamis ini, baik listrik AC maupun listrik DC hanya dapat menyala dalam sebuah rangkaian listrik yang tertutup.

Dimana terdapat dua titik dengan kutub listrik yang berbeda. Contoh listrik dinamis sendiri dapat dilihat pada lampu dan baterai.

Kesimpulan Apa Itu Listrik?

Beberapa penjelasan tentang apa itu listrik menurut beberapa ahli serta jenis-jenis listrik di atas tentunya dapat memberikan pengetahuan tambahan kepada Anda. Mulai dari penjelasan tentang apa itu listrik statis dan contohnya, serta yang lainnya.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *