sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Penyebab dan Cara Mengatasi D3DX9_43.dll is Missing

Cara Mengatasi D3DX9_43.dll is Missing

Salah satu masalah yang cukup kerap muncul ketika Anda membuka aplikasi atau game yang baru saja diinstal adalah munculnya pesan error D3DX9_43.dll is missing di layar Anda. Nah, ketika pesan tersebut muncul, aplikasi atau game yang Anda instal tersebut tidak akan bisa digunakan sebagaimana mestinya.

Agar aplikasi atau game tersebut bisa digunakan, tentu saja mengetahui cara mengatasi D3DX9_43.dll is missing menjadi hal yang sangat penting. Pengetahuan Anda terkait cara untuk mengatasi pesan error tersebut pun nantinya akan membuat Anda terhindar dari rasa panik ketika pesan error tersebut muncul.

Nah, pada kesempatan ini akan dibahas penyebab dan cara untuk mengatasi pesan error D3DX9_43.dll is missing yang muncul. Penasaran apa saja langkah yang bisa dilakukan ketika pesan error ini muncul? Simak ulasan selengkapnya!

 Cara Mengatasi D3DX9_43.dll is Missing

Sekilas Tentang D3DX9_43.dll

Sebelum membahas tentang cara untuk mengatasi pesan error yang muncul terkait D3DX9_43.dll is missing, tentu Anda perlu mengetahui sekilas tentang D3DX9_43.dll terlebih dahulu. 

D3DX9_43.dll sendiri adalah salah satu dari sekian banyak jenis file yang terdapat dalam sebuah software DirectX sendiri.

Perlu diketahui bahwa DirectX merupakan software yang akan menghubungkan baik aplikasi atau game ke perangkat keras. Dengan adanya software ini, aplikasi dan game yang Anda instal nantinya akan bisa dijalankan dengan baik tanpa adanya masalah yang berarti.

Pesan error D3DX9_43.dll is missing yang muncul menandakan bahwa software DirectX tersebut tidak bisa berjalan dengan lancar. Hal ini dikarenakan file D3DX9_43.dll yang ada di dalamnya hilang. Oleh karenanya, aplikasi dan game yang Anda instal pun tidak bisa bekerja secara optimal.

Penyebab D3DX9_43.dll is Missing

Seperti namanya, penyebab munculnya pesan error D3DX9_43.dll is missing yaitu karena adanya file D3DX9_43.dll yang hilang dari program yang diinstal. Hal ini merujuk pada terjemahan kata “missing” yang dalam bahasa Indonesia berarti hilang.

Adapun hilangnya file D3DX9_43.dll tersebut bisa disebabkan oleh software yang corrupt ataupun kesalahan pada proses instalasi. 

Selain itu, software yang sudah lama dan tetap dipaksakan digunakan juga bisa menjadi sebab kenapa pesan error D3DX9_43.dll is missing tersebut akan muncul.

Cara Mengatasi D3DX9_43.dll is Missing

Nah, ketika Anda mendapati adanya pesan error D3DX9_43.dll is missing yang muncul di layar, maka Anda tidak perlu panik. Sebab, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengatasi masalah ini dengan mudah dan juga cukup cepat.

Berikut beberapa cara yang bisa dilakukan untuk mengatasi pesan error D3DX9_43.dll is missing:

 

  • Instal DirectX

 

Untuk mengatasi pesan error D3DX9_43.dll is missing, solusi pertama yang bisa Anda lakukan adalah dengan menginstal DirectX. Apa yang sebenarnya dimaksud dengan DirectX tersebut?

Seperti yang dibahas di awal, DirectX merupakan sebuah kumpulan program yang digunakan untuk memproses kinerja dari suatu game ataupun suatu aplikasi tertentu. 

Kinerja tersebut meliputi font, grafis 3D, grafis 2D, audio, proses GPU atau VGA dan lainnya. Oleh karenanya, fungsi dari DirectX tersebut bisa dikatakan sangat penting.

Dengan menginstal DirectX, maka pesan error D3DX9_43.dll is missing yang muncul nantinya akan hilang. Adapun cara instalasi DirectX yang bisa Anda lakukan adalah sebagai berikut:

  • Download file DirectX terlebih dahulu. Anda bisa mendapatkannya di website resmi Microsoft dan pastikan Anda memilih versi DirectX yang paling baru
  • Jika proses download sudah selesai, klik dua kali untuk memulai proses instalasi
  • Klik opsi accept this agreement
  • Setelah itu, klik next dan tunggu hingga proses instalasi tersebut selesai
  • Jika proses instalasi sudah selesai, maka restart terlebih dahulu device yang Anda gunakan
  • Kemudian, buka game atau aplikasi yang tadinya error dan cek apakah kerusakan tersebut masih terjadi
  • Selesai 

Dengan langkah di atas, pesan error D3DX9_43.dll is missing tidak akan muncul lagi. Selain itu, cara ini termasuk yang paling efektif dan sangat disarankan untuk Anda lakukan pertama kali.

 

  • Melalui file REDIST

 

Cara lain untuk mengatasi pesan error D3DX9_43.dll is missing yang muncul adalah dengan menggunakan file REDIST. 

Perlu diketahui bahwa beberapa developer game kerap menyimpan ragam file di folder dengan nama REDIST. Nah, di dalam folder tersebut terdapat beragam kumpulan file sistem. 

Nah, Anda bisa menginstal file ini untuk mengatasi pesan error yang muncul. Cara instalasi yang dilakukan pun sama dengan poin sebelumnya.

Nantinya, setelah proses instalasi selesai, Anda tinggal membuka file tersebut dan membuka file DXSETUP yang terdapat pada folder DirectX tadi. Dengan demikian, sistem akan berusaha memperbaiki pesan error D3DX9_43.dll is missing yang muncul.

Selain itu, ada baiknya jika Anda melakukan langkah serupa ke beberapa software lain dalam file tersebut. Misalnya saja, software Microsoft Visual C++ agar nantinya pesan error D3DX9_43.dll is missing tersebut tidak akan muncul kembali.

 

  • Memasang file secara manual

 

Untuk mengatasi pesan error D3DX9_43.dll is missing yang muncul, Anda juga bisa memasang file secara manual. Cara ini bisa menjadi sebuah solusi apabila cara pertama dan kedua belum memberikan hasil yang Anda inginkan.

Secara mendasar, memasang file secara manual sebenarnya bertujuan untuk menambahkan file tertentu secara tepat agar bisa bekerja secara optimal. Dan salah satu contohnya adalah file D3DX9_43.dll tersebut.

Lantas, bagaimana cara untuk memasang file D3DX9_43.dll ini secara manual?

Ada beberapa langkah yang perlu Anda perhatikan untuk memasang D3DX9_43.dll secara manual. Beberapa langkah yang dimaksud adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka halaman dll-files.com untuk mencari file D3DX9_43.dll tersebut
  • Di kolom yang terdapat di halaman tersebut, cari saja file D3DX9_43.dll 
  • Jika sudah ditemukan, unduh file tersebut dan sesuaikan dengan bit-rate Windows yang Anda gunakan apakah 32 bit atau 64 bit
  • Apabila proses download sudah selesai, lalu lakukan ekstrak file tersebut menggunakan aplikasi WinRAR atau lainnya
  • Salin file dll yang sudah berhasil diekstraksi tadi
  • Setelah itu, tempel file tersebut di dalam folder game tujuan di mana ada file dengan ekstensi exe 
  • Jika sudah, buka kembali game atau aplikasi yang hendak Anda gunakan tersebut 
  • Selesai 

Dengan cara di atas, Anda nantinya bisa memainkan game atau menggunakan aplikasi tanpa ada pesan error D3DX9_43.dll yang kembali muncul. 

Cara yang satu ini bisa dijadikan alternatif solusi yang tepat. Hanya saja, Anda memang harus selektif dalam memilih file D3DX9_43.dll karena selain jumlah file nya banyak, tidak semua game atau aplikasi kompatibel dengan salah satu file.

Nah, beberapa poin di atas merupakan solusi yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi pesan error D3DX9_43.dll yang muncul. 

Tentu saja, Anda bisa memilih salah satu dari beberapa solusi di atas dan menerapkannya sesuai kebutuhan. Jika salah satu cara belum berhasil, cobalah dengan cara selanjutnya. Semoga bermanfaat.

sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *