sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

4 Jenis Aplikasi Perangkat Lunak yang Harus Ada dalam Komputer Anda

Aplikasi Perangkat Lunak

Aplikasi Perangkat Lunak – Anda tentu sudah sering menggunakan komputer untuk menyelesaikan berbagai macam tugas kantor, sekolah, atau lainnya.

Bagaimana komputer tersebut dapat memproses semua tugas yang Anda perintahkan? Hal ini tak lepas dari peran aplikasi perangkat lunak di dalamnya.

Secara garis besar, peran hardware, brainware, dan software yang saling berkaitan ini mampu memproses semua perintah dalam komputer.

Namun, perangkat lunak inilah yang secara langsung menerima instruksi tertentu sehingga dapat memberikan hasil yang sesuai perintah pengguna.

Pengertian Aplikasi Perangkat Lunak

Apa sebenarnya perangkat lunak atau software? Aplikasi perangkat lunak adalah sekumpulan program atau instruksi pada komputer dalam melaksanakan tugas-tugas tertentu.

Tanpa ada software tentu saja Anda tak dapat melakukan apapun terhadap komputer tersebut.

Intinya software berperan penting dalam melaksanakan perintah dari pengguna. Jadi, software ini meliputi berbagai program yang ada dalam PC, tablet, ponsel, laptop, smartphone, dan perangkat lainnya.

Apa Perbedaan Software dan Hardware?

Komputer terdiri dari hardware dan software. Hardware merupakan komponen komputer yang dapat Anda pegang dan lihat dengan kasat mata.

Sebaliknya software merupakan program dalam komputer yang bersifat tidak nyata jadi tak dapat Anda pegang maupun lihat.

Jenis Perangkat Lunak

Namun, software ini mampu menampilkan perintah yang Anda berikan ketika mengoperasikan komputer. Secara umum, terdapat 4 jenis perangkat lunak yang memiliki tugas berbeda antara satu dengan yang lain.

1. Perangkat Lunak Aplikasi

Jenis aplikasi ini termasuk perangkat lunak yang paling sering Anda gunakan. Program produktif yang ada dalam software ini membantu Anda menyelesaikan berbagai tugas dengan efisien.

Beberapa contoh perangkat lunak aplikasi adalah sebagai berikut:

  • Photoshop

Photoshop termasuk perangkat lunak aplikasi untuk mengedit foto sehingga Anda dapat berkreasi dalam menampilkan berbagai gambar yang menarik secara visual.

  • Ms Excel

Jenis perangkat lunak ini memiliki spreadsheet untuk memudahkan Anda menyajikan data dan menganalisisnya. Ini salah satu aplikasi perangkat lunak pengolah angka yang harus Anda miliki.

  • Skype

Salah satu perangkat lunak aplikasi yang sering Anda gunakan untuk berkomunikasi secara online memang cukup populer.

Aplikasi ini memungkinkan Anda untuk membuat panggilan suara, pesan instan, atau mengobrol melalui video.

Masih ada banyak lagi beberapa contoh perangkat lunak aplikasi yang mampu melaksanakan berbagai tugas sesuai dengan kebutuhan Anda.

Seiring berkembangnya teknologi, jenis aplikasi semacam ini akan terus bertambah menyesuaikan kebutuhan dan trend.

Baca Juga:

Jenis Perangkat Jaringan Komputer beserta Istilah Populer & Fungsinya
Penjelasan Pengertian PC dari Awal Perkembangannya yg Signifikan
7 TERBAIK! Aplikasi Transfer Uang dengan Berbagai Kelebihannya

2. Perangkat Lunak Sistem

Perangkat lunak sistem ialah jenis perangkat lunak yang mendukung perangkat keras, perangkat aplikasi dan pengguna agar saling berinteraksi dan melaksanakan fungsinya bersama-sama.

Software sistem ini memiliki peranan penting dalam mengintegrasikan berbagai jenis aplikasi software dan menjadi software yang paling utama dalam komputer.

Salah satu contoh software sistem adalah sistem operasi yang dapat bekerja di berbagai jenis perangkat.

  • Sistem Operasi pada Komputer

Sistem operasi yang ada pada komputer dan handphone memiliki tipe dan kapasitas berbeda. Beberapa contoh sistem operasi yang biasa Anda temukan pada komputer, laptop, atau tablet ialah Microsoft Windows, Mac, Linux.

  • Sistem Operasi pada Smartphone

Beberapa sistem operasi yang ada pada smartphone meliputi IOS Apple, OS Windows Phone, dan Google Android. Tak hanya sistem operasi, aplikasi perangkat lunak komputer dan smartphone pun berbeda.

3. Perangkat Lunak Pemrograman

Perangkat lunak pemrograman mengacu pada jenis perangkat lunak yang memang bukan untuk pengguna akhir. Jenis perangkat lunak ini khusus untuk para programmer yang memang sudah menguasai bahasa pemrograman, karena programmerlah yang menuliskan kode.

Dengan kata lain perangkat lunak pemrograman adalah suatu program untuk menulis, menguji, mengembangkan, serta mendebug perangkat lunak lainnya, seperti perangkat lunak sistem dan perangkat lunak aplikasi.

  • Cara Kerja Perangkat Lunak Pemrograman

Anda boleh menyimpulkan perangkat lunak ini sebagai perangkat lunak fasilitator karena berfungsi dalam menerjemahkan bahasa pemrograman ke kode bahasa mesin.

Dalam hal ini penerjemah dapat mencakup juru bahasa, perakit dan kompiler.

  • Kompiler

Kompiler ini dapat berfungsi sebagai program yang dapat menerjemahkan berbagai sumber kode ke kode mesin kemudian menjalankannya.

  • Perakit/Assembler

Assembler berperan dalam menerjemahkan assembly atau instruksi dasar komputer ke kode mesin.

  • Penerjemah

Peran penerjemah adalah menjalankan kode sumber ketika program berjalan baris per baris.

  • Fungsi Perangkat Lunak Pemrograman

Biasanya perangkat lunak pemrograman ini berfungsi sebagai program penerjemah. Biasanya seseorang yang bekerja di perusahaan software developer kerap menggunakan perangkat lunak ini.

Contoh aplikasi perangkat lunak pemrograman ialah Python, PHP, Java, Basic, dan sebagainya.

4. Perangkat Lunak Driver

Perangkat lunak driver ini hampir sama dengan jenis perangkat lunak sistem. Driver ini sangat penting agar suatu perangkat mampu menjalankan tugas tertentu.

Jadi, perangkat lunak driver ini menerjemahkan perintah dari sistem operasi ke perangkat keras.

  • Contoh Perangkat Driver

Perangkat lainnya yang terhubung dengan komputer Anda paling tidak memiliki satu perangkat driver agar dapat beroperasi dengan baik.

Contoh dari perangkat driver adalah driver mouse, network card, driver printer, dan lainnya.

Beberapa sistem operasi sudah memiliki driver untuk keyboard, printer, dan mouse, sehingga perangkat ini tidak lagi memerlukan instalasi dari pihak ketiga.

Namun, beberapa jenis perangkat canggih masih menuntut Anda untuk menginstal driver eksternal.

  • Fungsi Perangkat Lunak Driver

Perangkat lunak driver berfungsi mengatur perangkat maupun periferal yang terkoneksi ke dalam komputer. Ada banyak jenis perangkat driver yang jumlahnya mencapai ribuan.

Fungsi dari perangkat driver ialah supaya Anda dapat berkomunikasi menggunakan bahasa standar dengan mudah.

Penyimpanan Perangkat Lunak

Saat Anda menginstall perangkat lunak pada komputer, biasanya perangkat lunak tersebut akan tersimpan di dalam hard drive.

Jadi, ketika program tersebut berjalan, komputer akan membacanya dari perangkat penyimpanan dan menempatkan perintah pada RAM untuk sementara.

Perangkat lunak ini kemudian akan mengarahkan komputer agar melaksanakan perintah dari pengguna, Setelah itu program tertentu segera memproses data dan menyajikannya pada pengguna.

Aplikasi Perangkat Lunak Terpopuler

1. Software Komunikasi

Ada banyak jenis software yang fungsi utamanya sebagai sarana komunikasi. Contoh dari software tersebut adalah Skype, Discord, dan Ventrilo.

2. Software Antivirus

Beberapa software yang berfungsi sebagai antivirus antara lain Norton, McAfee, AVG, dan sebagainya.

3. Software Internet Browser

Software ini memungkinkan Anda untuk mengakses internet. Contoh internet browser tersebut ialah Google Chrome, Firefox, dan Internet Explorer.

4. Software Program Grafis

Bagi Anda yang suka desain grafis atau edit foto, sebaiknya Anda perlu menginstall CorelDraw dan Photoshop. Anda pun boleh menginstall aplikasi perangkat lunak audio untuk hiburan.

Masih banyak lagi jenis-jenis software aplikasi yang dapat Anda gunakan untuk menjalankan tugas-tugas tertentu.

Anda bisa menginstall software aplikasi yang memang Anda perlukan saja agar tidak menghambat kinerja komputer karena terlalu banyak software yang tidak begitu Anda perlukan.

Kesimpulan Aplikasi Perangkat Lunak

Itulah beberapa jenis aplikasi perangkat lunak yang perlu Anda ketahui. Meskipun tidak terlihat, namun perangkat lunak tersebut memiliki peranan yang luar biasa sehingga Anda bisa mendapatkan data yang sesuai.

Semoga penjelasan aplikasi perangkat lunak ini bermanfaat.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *