sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Cara Menonaktifkan NSP Telkomsel Terbaru Dengan Mudah

cara menonaktifkan nsp telkomsel

Untuk Anda yang merupakan pengguna lama Telkomsel, tentu sudah familiar dengan fitur NSP, bukan? Ya, untuk memberikan kepuasan lebih bagi para penggunanya, Telkomsel selalu memberikan beragam layanan yang menarik, salah satunya adalah fitur NSP tersebut.

NSP atau Nada Sambung Pribadi adalah salah satu layanan berbayar dari Telkomsel. Layanan ini bisa mengubah nada sambung standard milik pengguna dengan lagu yang disukai. 

Singkatnya, ketika seseorang menghubungi nomor pengguna Telkomsel yang memasang NSP, maka ia akan mendengarkan nada sambung dengan musik yang sudah dipilih. Alih-alih hanya mendengarkan nada tut-tut-tut, kini penelepon bisa menikmati lagu saat menunggu telepon diangkat.

Namun, beberapa pengguna Telkomsel merasa NSP kini sudah tidak menjadi tren dan biaya perpanjangannya pun cukup lumayan. Oleh karenanya, banyak pelanggan yang mulai mencari cara menonaktifkan NSP Telkomsel.

Nah, jika Anda salah satunya, berikut ini beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menghentikan langganan NSP Telkomsel..

cara menonaktifkan nsp telkomsel

Mengecek NSP Telkomsel

Sebelum membahas tentang cara untuk menonaktifkan NSP Telkomsel, ada baiknya jika Anda mengerti bagaimana langkah untuk mengecek NSP tersebut. Hal ini penting karena nantinya Anda bisa mengetahui status berlangganan NSP yang sebelumnya Anda pasang di nomor Telkomsel.

Nah, ada beberapa cara yang bisa digunakan untuk mengecek NSP Telkomsel, sebagai berikut:

 

  • Menggunakan dial up

 

Untuk mengecek NSP Telkomsel, Anda bisa menggunakan dial up. Ini adalah cara yang termudah sekaligus cepat karena Anda tidak diharuskan menginstall aplikasi tambahan.

Guna mengecek NSP melalui dial up, langkah yang harus dilakukan adalah sebagai berikut:

  • Pertama, buka aplikasi telepon atau panggilan pada HP yang Anda gunakan
  • Setelah itu, ketik kode dial untuk mengecek NSP Telkomsel tersebut, yaitu *121*9#
  • Tekan OK atau Call
  • Tunggu beberapa saat hingga nantinya jendela sistem Telkomsel muncul
  • Jika sudah, pilih opsi menu nomor 2 yang tertera yaitu NSP yang aktif
  • Kemudian, ketik angka 2 pada kolom kosong dan tap tombol kirim
  • Tunggu beberapa saat, nantinya akan muncul informasi tentang NSP yang aktif di nomor Telkomsel yang Anda gunakan

Dari beberapa langkah di atas bisa dilihat bahwa cara pengecekan NSP dengan opsi dial up cukup mudah. Nah, setelah mengetahui informasi tentang NSP tadi, Anda bisa memilih opsi untuk menonaktifkan atau tidak.

 

  • Menghubungi call center

 

Cara lain yang bisa dilakukan untuk mengecek NSP Telkomsel adalah dengan menghubungi call center. Cara kedua ini bisa dijadikan alternatif jika Anda mendapatkan kendala ketika hendak menggunakan opsi dial up.

Nah, untuk menghubungi call center Telkomsel, Anda hanya tinggal melakukan panggilan suara ke nomor 188. Nantinya, panggilan Anda akan dijawab oleh call center Telkomsel dan Anda bisa langsung menanyakan perihal NSP Telkomsel yang Anda gunakan, terutama berkaitan dengan masa aktif.

Dua opsi di atas bisa menjadi langkah yang dapat Anda lakukan untuk mengecek NSP Telkomsel yang Anda gunakan. Tinggal memilih salah satu cara di atas, dan informasi tentang NSP akan langsung Anda dapatkan.

Cara Menonaktifkan NSP Telkomsel Dijamin Mudah

Lantas, bagaimana cara untuk menonaktifkan NSP Telkomsel tersebut?

Nah, terkait poin di atas, ada beberapa cara yang bisa Anda terapkan untuk menonaktifkan NSP Telkomsel yang sebelumnya Anda gunakan. Berikut ini beberapa opsi cara yang bisa Anda lakukan:

 

  • Menggunakan SMS

 

Cara pertama yang bisa Anda lakukan untuk menonaktifkan NSP Telkomsel yang Anda aktifkan sebelumnya yaitu melalui SMS. Meskipun cukup mudah dan cepat, hanya saja, Anda perlu memastikan bahwa sisa pulsa Anda cukup untuk mengirimkan SMS ke provider.

Berikut langkah-langkah untuk menonaktifkan NSP Telkomsel dengan menggunakan SMS:

  • Buka aplikasi pesan atau SMS pada HP yang Anda gunakan
  • Setelah itu, Anda hanya tinggal mengetik pesan dengan format RING (spasi) OFF
  • Kirim SMS tersebut ke nomor provider Telkomsel di nomor 1212
  • Tunggu balasan dari provider Telkomsel
  • Jika Anda mendapatkan balasan dari sistem Telkomsel, maka artinya NSP Anda sudah berhasil dihentikan 
  • Selesai 

Dengan cara di atas, NSP Telkomsel yang sebelumnya Anda aktifkan kini sudah berhasil dihentikan. Tentu saja, nada sambung nomor telepon Telkomsel Anda akan kembali ke setting standard tanpa adanya lagu yang dimainkan.

 

  • Menggunakan dial up

 

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan NSP Telkomsel adalah dengan menggunakan dial up. Berbeda dengan cara sebelumnya, di sini Anda tidak membutuhkan pulsa sedikitpun.

Nah, untuk menonaktifkan NSP Telkomsel dengan melalui dial up, ada beberapa langkah yang perlu Anda lakukan, seperti berikut ini:

  • Buka aplikasi telepon atau panggilan pada HP yang Anda gunakan
  • Jika sudah, ketik menu dial untuk menonaktifkan NSP Telkomsel di nomor *121*9#
  • Kemudian, klik OK atau Call
  • Tunggu beberapa saat hingga sistem menghadirkan jendela yang baru dengan beberapa detail menu 
  • Jika opsi menu sudah muncul, Anda tinggal memilih nomor 4, yaitu opsi berhenti berlangganan NSP
  • Ketik angka 4 pada kolom kosong yang tersedia dan tap tombol kirim
  • Tunggu beberapa saat
  • Nantinya, Telkomsel akan memberikan informasi terkait status dari NSP yang Anda gunakan di mana langganan NSP sudah berhasil dihentikan 

Jika dicermati, cara menonaktifkan NSP dengan menu dial up ini sangat gampang. Hanya saja, Anda perlu mengecek apakah nomor dial up yang digunakan masih sama atau Telkomsel sudah melakukan perubahan.

 

  • Menghubungi call center

 

Menghubungi call center juga bisa dijadikan alternatif cara menonaktifkan NSP Telkomsel. Selain mudah, ketika menggunakan layanan call center, Anda juga bisa menanyakan informasi lain -selain NSP, pada customer service.

Untuk menghubungi call center, Anda bisa langsung menelepon nomor call center Telkomsel yaitu 188. Namun, pastikan jika Anda memiliki pulsa yang mencukupi karena panggilan ini termasuk panggilan yang berbayar.

Nantinya, jika Anda sudah terhubung dengan layanan call center, maka Anda bisa langsung mengajukan penghentian langganan NSP Telkomsel. Setelah menanyakan beberapa indentifikasi kartu, pihak call center Telkomsel akan langsung menonaktifkan NSP tersebut.

 

  • Menunggu masa aktif habis

 

Cara lain yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan NSP adalah dengan menunggu masa aktif. Sama halnya dengan sim card, langganan NSP juga memiliki masa aktif dan nantinya akan diperpanjang secara otomatis.

Nah, jika Anda menggunakan cara ini, maka selain menunggu masa aktif habis, pastikan jika pulsa Anda juga habis. Dengan cara ini, nantinya proses perpanjangan masa aktif NSP akan gagal dan program langganan NSP Telkomsel Anda secara otomatis akan berhenti. 

Beberapa hal di atas adalah langkah yang bisa dilakukan untuk menonaktifkan NSP Telkomsel secara cepat. Pilih saja salah satu cara yang dirasa paling mudah dan cepat untuk menonaktifkan NSP Telkomsel tanpa ribet dan jika bisa, tanpa adanya tambahan biaya apapun. Semoga bermanfaat. 

sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *