Sindu Muda Sindu Muda, (Pejuang Waktu) yang suka belajar apa saja untuk kemanfaatan sesama.

Kumpulan Jenis-Jenis Dinosaurus dari Purbakala Sampai Kepunahannya

jenis-jenis-dinosaurus
jenis-jenis-dinosaurus
jenis-jenis dinosaurus

Jenis-Jenis Dinosaurus–Taukah anda? Jika sebelum adanya manusia pada ratusan tahun lalu Bumi hanya berisikan dengan tumbuhan dan binatang raksasa saja.

Benar, salah satu binatang raksasa yang tak asing kita dengar adalah dinosaurus.

Bukan opini menurut para ahli, berdasarkan catatan sejarah ternyata sekitar 230 juta tahun yang lalu binatang yang berukuran sangat besar ini pernah menjadi penghuni planet Bumi waktu itu.

Dinosaurus merupakan golongan hewan purbakala dari Klad Dinosauria. Pertama kali munculnya dinosaurus ini pada periode Trias.

Dinosaurus merupakan hewan vertebrata dominan selama 135 juta tahun, yang dimulai sejak periode Jura (sekitar 201 juta tahun yang lalu).

Masa itu berakhir pada periode Kapur, sekitar 65 juta tahun yang lalu. Kemudian dinosaurus musnah karena terjadi peristiwa kepunahan Kapur-Paleogen sebelum era Mesozoikum.

Meski dinosaurus tersebut telah punah, namun kita tidak kehilangan sejarah untuk belajar dan mengenalinya lewat penemuan fosil-fosil oleh para ilmuwan.

Mengenal Jenis-Jenis Dinosaurus

Selain itu sebagai manusia di zaman sekarang ini ada beberapa cara yang bisa kita lakukan untuk mengenali jenis dinosaurus ini, yaitu dengan membaca buku atau melihat film yang mengulas seputar dinosaurus.

Sejak pertama kalinya fosil jenis-jenis dinosaurus ditemukan pada awal abad ke-19, rangkaian kerangka dinosaurus telah menjadi wisata utama di berbagai museum penjuru dunia.

Bahkan dinosaurus juga menjadi bagian yang tak terpisahkan dari sejarah kebudayaan dunia.

Jenis-Jenis Dinosaurus

Memiliki ukuran yang besar serta sifatnya yang dianggap buas dan garang telah menyebabkan penerbitan buku dan film yang mengisahkan tentang dinosaurus tersebut.

Seperti yang kita ketahui, salah satunya adalah film Jurassic Park, Jurassic World, film kartun The Land Before Time, dan lain sebagainya.

Pada umumnya sebagian besar dinosaurus berhabitat di daratan, namun ada juga jenis dinosaurus sebagai hewan yang hidup di air.

Baik, kali ini sindunesia.com sajikan informasi berupa ulasan mengenai berbagai jenis-jenis dinosaurus yang sempat menjadi penghuni bumi kala itu.

Jenis Dinosaurus Tyronnosaurus Rex dan Brontosaurus atau Apatosaurus 

Tyronnosaurus Rex

Dinosaurus ini merupakan jenis yang sangat populer dan biasa dikenal dengan sebutan T-Rex. T-Rex memiliki makna kadal kejam yang dipublikasikan pada film-film Hollywood tentang dinosaurus.

Binatang ini menjadi karnivora darat terbesar sepanjang sejarahnya, dengan diameter tubuh mencapai 12 meter/40 kaki dan berat badan 7 ton.

T-Rex lebih dikenal sebagai predator ganas dengan gigitan tertajam di antara binatang purba lainnya, selain itu t-rex juga suka memangsa dinosaurus jenis triceratops dan edmontosaurus.

Brontosaurus atau Apatosaurus

Apatosaurus atau sering dikenal dengan Brontosaurus yang berarti “kadal kilat” merupakan salah satu jenis dinosaurus herbivora yang memiliki leher panjang dengan diameter tubuh mencapai 26 meter dan berat 32 ton.

Habibat Brontosaurus ini cenderung berada dan hidup berkelompok di tepi danau serta hutan sebagai tempat habitatnya

Jenis Dinosaurus Triceratops dan Velociraptor

Triceratops

Jenis dinosaurus satu ini cukup terkenal yang biasa disebut dengan bahasa Yunani Tritop bermakna (tiga tanduk) .

Dinosaurus ini merupakan jenis hewan yang memiliki tiga tanduk dengan badan yang besar.

Tanduk tersebut berfungsi untuk menyerang musuh dan mempertahankan diri, seperti ketika diserang oleh jenis T-Rex.

Tritop juga disebut sebagai dinosaurus ksatria, sebab memiliki bentuk kepala dan tanduk layaknya seperti seorang ksatria dengan pedang dan tameng

Panjang tanduk Tritop ini bisa tumbuh hingga 9 meter, dan tingginya mencapai 3,8 meter, serta berat mencapai 6,8 ton.

Velociraptor

Jenis dinosaurus ini biasa disingkat dengan Raptor yang termasuk dalam sub-ordo Dromaesauridia yang memiliki ukuran tubuh sedang.

Jenis dinosaurus ini merupakan pemangsa mirip dengan si T-Rex yang hidup di penghujung zaman kretasius sekitar 65-71 juta tahun lalu.

Bedanya jika dinasaurus Raptor ini ukurannya lebih kecil dibanding dengan T-Rex.

Diameter panjang tubuhnya sekitar lima kaki (1.5 meter) dan tinggi tiga kaki (1 meter) serta berat sekitar 15-30 pound (7-14 kilogram) .

Velociraptor biasanya memilih hidup secara berkelompok dan tergolong sebagai dinosaurus yang cerdas.

Mereka biasa memangsa menggunakan strategi pengalih perhatian sehingga ia mampu hidup dan bersaing dengan predator besar lainnnya.

Jejak akhir velociraptor ini fosilnya ditemukan di daerah Mongolia, Rusia, dan Cina.

#BELUM TAU REPTIL: BACA CIRI-CIRI REPTIL BESERTA RUANG LINGKUP & PENJELASAN

Jenis Dinosaurus Compsognathus dan Spinosaurus

Compsognathus

Jenis dinosaurus ini memiliki ukuran tubuh yang kecil diantara jenis-jenis lainya. Bahkan ukurannya hanya mencapai 60 cm atau sebesar ayam pada umumnya.

Diperkirakan bahwa dinosaurus ini merupakan sebagai jenis terkecil di dunia. Jumlah Compsognathus jauh lebih banyak daripada Velociraptor, dan mereka lebih suka hidup secara berkelompok dan mirip seperti T-Rex dan Raptor.

Sejarah hidup Compsognathus tercatat pada penghujung zaman Jurassic sampai dengan awal zaman Cretaceous.

Spinosaurus

Dinosaurus yang ini, merupakan kategori jenis terbesar di dunia sepanjang sejarah.

Hewan ini sebagai metheropoda raksasa yang dapat tumbuh dengan diameter 15 meter dan tinggi sekitar 5 meter serta berat mencapai 7,6 ton.

Untuk panjang tengkorak Spinosaurus ini mencapai 1,75 meter yang memiliki seratus gigi-gigi runcing dan lurus dengan  ukuran berkisar 17 cm.

Jenis Dinosaurus Ankylosaurus dan Megalosaurus

Ankylosaurus

Adalah jenis dinosaurus dengan tubuh sepanjang 9 meter atau 30 kaki. Sedangkan beratnya mencapai 9 ton.

Dinosaurus ini memiliki cangkang tubuh yang keras sebagai perisai pertahanan untuk melindungi tubuhnya dari serangan predator seperti Tyrannosaurus-Rex.

Ankylosaurus memiliki ekor panjang dan sangat keras yang terdapat bola dari batu dengan berat sekitar lima kilogram yang berfungsi sebagai alat untuk menyerang hewan.

Beberapa para ilmuwan dan ahli palaeontologi biasanya menyebut Ankylosaurus ini dengan sebutan “Anky kecil”.

Megalosaurus

Jenis dinosaurus ini dianggap sebagai dinosaurus yang pertama kali ditemukan manusia.

Dinosaurus Megalosaurus merupakan yang terbesar pada pertengahan zaman jurasik atau 70-155 juta tahun yang lalu.

Waktu pertama kali ditemukan orang menganggap ia berjalan menggunakan empat kaki namun dilanjut pada penemuan berikutnya dapat dibuktikan bahwa ia berjalan dengan dua kaki saja.

Ukurannya tubuhnya bisa tumbuh hingga sembilan meter sedangkan tingginya bisa mencapai tiga sampai empat meter dengan berat sekitar 1300 kilogram atau 3,5 ton.

#BACA JUGA: SISTEM GERAK PADA HEWAN, PENJELASAN & GAMBAR LENGKAP

Jenis Dinosaurus Stegosaurus dan Shantungosaurus

Stegosaurus

Jenis dinosaurus Stegosaurus ini merupakan yang paling mudah untuk dideskripsikan, sebab identik dengan punggungnya yang memiliki barisan sisik saling silang antara sisik satu dengan sisik lainnya.

Jenis dinosaurus ini adalah kelompok hewan dengan genus dinosaurus herbivora besar dari awal zaman Jurassic di Amerika Utara.

Disamping itu, Dinosaurus ini juga memiliki dua pasang duri panjang pada ekornya yang berfungsi sebagai alat pertahanan diri dari musuh serta untuk melumpuhkan mangsa dalam mencari makan.

Shantungosaurus

Jenis dinosaurus ini memiliki tubuh sedang atau tidak terlalu besar. Spesies ini merupakan salah satu dinosaurus non-sauropoda terbesar yang pernah hidup di Bumi.

Memiliki paruh bebek ini berukuran panjang 15 meter dan beratnya sekitar 15 ton.

Disamping dari ukurannya yang amat besar, dinosaurus ini ternyata bisa berlari dengan dua kaki belakangnya saja.

Meski memiliki empat kaki, ketika dikejar oleh burung rapuh dan tyrannosaurus yang biasa terjadi di habitat asli timur Asia, maka berlari dengan dua kaki akan jauh lebih cepat.

Penutup

Nah, itulah sajikan informasi berupa ulasan mengenai berbagai jenis-jenis dinosaurus beserta gambar yang sempat menjadi penghuni bumi kala itu.

Semoga dapat bermanfaat dan dapat membantu dalam belajar serta mengenalinya.

mnbvc
Sindu Muda Sindu Muda, (Pejuang Waktu) yang suka belajar apa saja untuk kemanfaatan sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *