sindunesia Sindunesia, (Pejuang Waktu) yang suka belajar apa saja untuk kemanfaatan sesama.

√ 13+ Penyebab Pemanasan Global dan Penjelasan Lengkap

penyebab, pemansan, global,gambar, pemanasan global, global warming, pemanasan global adalah, ilustrasi, penyebab, pencegahan, pengertian

Penyebab Pemanasan Global – Taukah Anda, apa itu pemanasan global atau biasa disebut global warming?

Global warming terdiri dari dua kata, yakni global yang berarti dunia dan warming berasal dari kata warm yang artinya panas.

Di zaman serba modern ini, beberapa aktivitas manusia disetiap harinya berpengaruh besar menimbulkan pemanasan global.

Begitu juga dengan faktor perkembangan alam sendiri yang merubah kondisi lingkungan..

Pemanasan global atau global warming adalah suatu peristiwa meningkatnya suhu rata-rata atmosfer laut dan daratan bumi.

Peningkatan suhu ini disebabkan oleh gas-gas dan rumah kaca dari aktivitas manusia.

Kondisi ini tentu memiliki dampak yang kuat terhadap bumi, serta seluruh makhluk hidup yang tinggal di bumi itu sendiri.

Padahal bumi sebagai tempat hidup yang harus kita jaga dan rawat agar tetap menjadi rumah yang aman dan nyaman.

Lantas apa penyebab pemanasan global itu? Untuk penjelasan lanjut pemanasan global silahkan simak ulasan di bawah ini. Berikut beberapa sebab terjadinya penyebab pemanasan global.

1. Penyebab Pemanasan Global karena Faktor Efek Rumah Kaca

efek rumah kaca, pemanasan global, global warmingEfek rumah kaca disebabkan karena meningkatnya volume gas karbon dioksida, CO2, metana, nitrous oxid, ozon, dan beberapa bahan kimia seperti CFC dll. Hal ini menjadi sebab efek rumah kaca atau penyebab pemanasan global.

Beberapa hal tersebut terjadi karena banyaknya aktivitas manusia di bumi yang menyebabkan konsentrasi gas karbon dioksida dan gas lainnya meningkat

Sebagai gambaran-nya, rumah kaca adalah suatu bangunan berbentuk rumah yang seluruhnya (dinding, atap) terbuat dari kaca. Rumah kaca digunakan sebagai tempat bercocok tanam sayuran, buah-buahan, bahkan apartemen dan gedung kantor.

Umumnya, rumah kaca sangat banyak ditemui di negara-negara besar dunia. Sedangkan di Indonesia, karena matahari bersinar sepanjang tahun, maka rumah kaca jarang digunakan atau minoritas saja.

Karena sifatnya kaca yang memantulkan cahaya secara otomatis akan mengganggu penyerapan sinar matahari ke bumi.

Rumah kaca bekerja dengan menangkap cahaya matahari dan panas dari sinar matahari terperangkap di dalam bangunan sehingga udara menjadi tetap hangat.

Jadi, pada siang hari, suhu di dalam rumah kaca menjadi semakin hangat dan pada malam hari suhunya juga tetap hangat.

Konsep pembangunan rumah dan gedung seperti ini banyak juga dampak negatif terhadap kehidupan bumi.

Disamping meningkatnya polusi gas karbondioksida, efek rumah kaca menjadi sebab berhubungan yang dapat mengganggu proses pencahayaan matahari masuk ke bumi. Akibatnya suhu panas bumi mengalami peningkatan.

Karena panas matahari yang ke permukaan bumi dipantulkan lagi ke atmosfer, sedangkan di atmosfer terperangkap oleh gas-gas karbon, sehingga mengalami pemberhentian dan tidak dapat diteruskan kembali ke luar angkasa.

Dari hal itu akibatnya panas cahaya matahari tersebut akan dipantulkan kembali ke bumi dan terjadilah peristiwa pemanasan global.

2. Menumpuknya Gas Karbon Monoksida oleh Kendaraan Bermotor

polusi kendaraan, asap,

Diatas adalah gambar penyebab pemanasan global. Pertumbuhan penduduk yang setiap tahun-nya meningkat memicu penumpukan gas karbon monoksida di dunia.

Karena semakin besar dan padat penduduk, maka pengguna kendaraan seperti motor, mobil sejenisnya juga meningkat.

Artinya jika kendaraan semakin bertambah otomatis polusi udara tambah meningkat dan menimbulkan penumpukan gas karbon monoksida.

Dampak dari kendaraan bermotor sangat berimbas pada penyebab pemanasan global, karena gas yang dikeluarkan dari kendaraan bermotor merupakan gas karbon monoksida penyebab pemanasan global.

Bahayanya lagi karbon monoksida ini sangat tidak baik untuk kesehatan manusia.

Banyak di berbagai tempat yang sudah tercemar dan sangat mudah untuk terhirup ke dalam paru-paru, yang mana ini bisa menyebabkan seseorang kekurangan oksigen.

Baca Juga: Penyebab Terjadinya Kekeringan Lengkap, Pengertian, Dampak, & Penanggulangannya

3. Penyebab Pemanasan Global karena Pembuangan Gas Industri

pembuangan gas industri, pabrik, polusi udara, pencemaran, global warming, pemanasan global

Beberapa penyebab pemanasan global adalah aktivitas industri pabrik yang berlebihan.

Asap yang ditimbulkan berpengaruh besar terhadap pemanasan global.

Karena ada beberapa gas polusi yang dihasilkan, diantaranya adalah gas metana, karbon monoksida, karbondioksida, dan yang lainnya.

Efek yang timbul akan berujung membahayakan kondisi bumi, karena semakin tinggi kadar gas di atmosfer akan menimbulkan pemanasan global.

Kondisi seperti ini yang secara terus menerus, dapat menimbulkan kurangnya oksigen dan pencemaran udara, yang berdampak buruk pada kesehatan manusia dan lingkungan.

4. Pemakaian CFC yang Tidak Terukur

pengunaan cfc, berlebihan, pupuk, pertanian, peternakan, bakteriCFC atau Cloro Four Carbon, adalah penyebab pemanasan global yang sifatnya masih bisa diminimalisir, CFC merupakan peralatan rumah tangga yang dihasilkan dari penggabungan antara bahan baku dan bahan kimia.

CFC umumnya terdapat pada kulkas dan AC yang menimbulkan pemanasan global.

Pada tahun 1970 an, beberapa ilmuwan menemukan bahwa penggunaan bahan pendingin buatan (syntetic refrigerant) berbahan chloroflourcarbon berdampak merusak lapisan ozon bumi.

CFC akan mengakibatkan pengikisan lapisan ozon bumi. Bisa jadi sinar ultarviolet matahari masuk ke bumi secara langsung dan meningkatkan suhu panas bumi.

Ketika freon (CFC) terlepas ke atmosfer, maka akan berubah menjadi karbondioksida dan menambah kepadatan gas rumah kaca di atmosfer.

Baca Juga: Proses Terjadinya Tanah Longsor beserta Penjelasan Lengkap

5. Penyebab Pemanasan Global karena Menurunnya Luas Hutan

menurunnya luas hutan, hutan gundul, hutan sempit, kebakaran hutan, tandus, kekeringan, pemanasan global, global warming, dampak, penyebab, akibatEfek hutan yang semakin berkurang juga penyebab pemanasan global. Kondisi cuaca berubah buruk karena tidak ada yang menstimulasi karbondioksida menjadi oksigen.

Selain itu berkurangnya kadar oksigen juga menyebabkan terjadinya pencemaran udara dan pernafasan pun menjadi terganggu.

Menurun-nya luas hutan, karena sering adanya pembakaran hutan tanpa reboisasi membuat lahan hutan semakin sempit.

Karena hutan merupakan paru-paru dunia yang berperan penting sekali untuk makhluk hidup, hutan akan merubah suhu menjadi panas dan kekeringan.

6. Polusi Kendaraan dari Bahan Bakar Minyak Bensin

Polusi kendaraan, bahan bakar, minyak, bensin, mobil, motor, pemanasan global, polusi, karbondioksidaKendaraan dan minyak adalah sebuah benda yang memiliki fungsi berkaitan, kendaraan seperti motor, mobil bus, akan memerlukan minyak, untuk proses pembakaran.

Dari pembakaran akan menghasilkan karbondioksida berlebihan yang berpengaruh besar menjadi penyebab pemanasan global.

Di zaman modern ini kita manusia banyak melupakan alam, karena teknologi yang dibuat manusia belakangan ini banyak merusak alam, salah satu teknologi sekarang yang memicu adalah kendaraan bermotor.

Jadi kendaraan yang kita gunakan setiap hari banyak menghasilkan polusi, dan polusi-polisi ini bisa mencemari alam lingkungan kita.

Pertama adalah CO2 yang sering keluar dari asap kendaraan. CO2 ini pasti akan naik ke atas dan memenuhi dan menebal di dalam lapisan atmosfer.

Karena ketebalan-nya radiasi yang masuk tidak akan bisa keluar lagi dan memanaskan suhu temperature bumi. Oleh karena itu proses tersebut bisa kita sebut efek pemanasan rumah kaca atau global warming.

Nah, polusi inilah yang menyebabkan pemanasan global, karena karbondioksida merupakan gas yang menangkap panas cahaya matahari sehingga tidak bisa di salurkan lagi ke luar atmosfer.

Akibatnya memberikan dampak buruk bagi kesehatan, karena padatnya polusi di lingkungan yang penduduknya mayoritas tinggal di pinggir jalan raya.

7. Penyebab Pemanasan Global karena Pemborosan dan Polusi Asap Pembangkit Listrik 

Pemborosan Listrik, Polusi, asap, Pembangkit Listrik, pemanasan global, penyebab Aktivitas manusia setiap harinya tidak akan pernah lepas dengan namanya listrik, bahkan listrik dianggap sebagai kebutuhan pokok. Akan tetapi kebiasaan menggunakan listrik yang kurang tepat akan berdampak buruk pada kehidupan bumi.

Seiring perkembangan dan kemajuan teknologi, banyak kebiasaan penggunaan listrik terlalu lama semakin meningkat dan berakibat pelepasan gas karbondioksida semakin banyak.

Kebiasaan seperti ini akan menurunkan cadangan energi untuk masa depan  hal ini sudah menjadi ketergantungan di masyarakat dan memungkinkan sebagai penyebab pemanasan global.

Termasuk juga boros dalam penggunaan listrik, perlu kita ketahui bahwa pemborosan dalam penggunaan listrik adalah salah satu sebab terjadinya global warming.

Karena penggunaan listrik secara terus menerus akan menghasilkan tegangan yang yang memicu penguapan dan menimbulkan cuaca ekstrim serta naiknya suhu di permukaan bumi .

Sehingga sisa pembakaran dan efek tegangan yang seharusnya naik ke atmosfer menimbulkan polusi karbondiksida dan menjadi sebab efek rumah kaca.

Dengan peristiwa-peristiwa seperti ini sekarang banyak iklan di berbagai media yang melakukan himbauan untuk hemat dalam penggunaan listrik.

Jadi hemat listrik adalah kepedulian kita akan keselamatan bumi.

8. Polusi Metana oleh Pertanian, Perkebunan, dan Peternakan

Polusi, metana, pertanian, perkebunan, peternakan, pemanasan global

Taukah Anda Gas metana merupakan gas pemicu penyebab pemanasan global, gas ini sangat berpengaruh dalam pemanasan global karena metana merupakan urutan kedua penyebab utama terjadinya pemanasan global.

Gas metana  terbentuk dari hasil pemecahan bakteri pada peternakan, pertanian, dan perkebunan yang kurang sempurna,  sehingga terjadi kekurangan bahan organik..

Sebagai contoh adalah semakin tinggi produksi hewan ternak maka gas metana yang akan dilepaskan ke permukaan bumi akan semakin meningkat.

9. Penerapan Rumah Modern

Penerapan rumah modern, efek rumah kaca, pemanasan globalPenggunaan rumah modern merupakan penyebab pemanasan global. Perkembangan di dunia yang semakin berkembang, banyak manusia lebih memilih desain rumahnya terbuat dari kaca.

Hal ini menyebabkan tidak maksimalnya penyerapan cahaya matahari di bumi yang kemudian akan menimbulkan efek rumah kaca.

Kasusnya, cahaya yang mengenai bangunan tidak dapat diserap maksimal maka cahaya akan dipantulkan lagi ke udara.

Karena panas matahari berotasi di dalam bumi, kemudian proses ini akan menyebabkan pengaruh percepatan terjadinya pemanasan global.

10. Pengrusakan Hutan

Pengrusakan hutan, pembakaran hutan, hutan gundul, kekeringan, penyebab, pemanasan global, kebakaran hutanPengrusakan hutan merupakan aktivitas penyebab pemanasan global. Karena hutan memiliki fungsi paru-paru dunia yang akan menyerap gas karbondioksida dan menghasilkan oksigen.

Apabila semakin banyak penebangan liar, penggundulan hutan, maka jumlah karbondioksida akan meningkat. Jika karbon semakin banyak yang berkumpul di atmosfer maka akan menyebabkan pemanasan global.

Selayaknya diperlukan reboisasi dan penghijauan pada hutan-hutan yang mulai gundul. Gerakan seperti ini sangat perlu, agar hutan di sekeliling bisa tumbuh subur hijau dan menghasilkan banyak oksigen.

Upaya tersebut bisa meminimalisir pemanasan global karena banyaknya pohon akan menyerap gas karbondioksida sera dapat memperbaiki ekosistem lingkungan.

11. Pencurian Hutan yang Merajalela

pengerusakan hutan, pembakaran hutan, penebangan pogon, liar, pembukaan lahan, hutan gundul, keringBanyak kasus yang terjadi terhadap hutan, tidak jarang para manusia yang memiliki kepentingan pribadi dan salah memanfaatkan hutan demi pembukaan lahan baru.

Kemudian rela melakukan pencurian hutan seperti penebangan pohon secara liar, pembakaran, dan lain sebagainya.

Akhirnya hari demi hari hutan menjadi semakin kering, gersang dan gundul. Hal ini berpengaruh sebagai penyebab pemanasan global.

Sebab, semakin sering terjadi pencurian hutan maka kondisi lingkungan sekitar akan semakin tercemar.

Dari pencemaran tersebut bisa menyebabkan kerusakan hutan dan gangguan pada pernafasan.

12. Pembakaran Sampah Secara Berlebihan

pembakaran sampah, penyebab, pemanasan global, pencemaran udara, global warming

Hal yang sering kita temui di lingkungan adalah pembakaran sampah secara berlebihan.

Karena banyaknya asap yang dihasilkan maka volume gas karbondioksida yang naik ke atmosfer akan semakin banyak juga.

Secara berkala, karena penumpukan dari gas pembakaran seperti ini dapat menimbulkan efek penyebab pemanasan global.

Contoh kasus seseorang melakukan pembakaran sampah, namun ia lalai dan ditinggalkan begitu saja, perilaku seperti ini dapat menimbulkan gas metana.

Setelah tercipta gas metana disisi lain terdapat dampak negatif, yang mana akan menangkap banyaknya karbondioksida sehingga penghasilan oksigen akan menurun.

13. Penyebab Pemanasan Global karena Kurangnya  pepohonan

kurang, pepohonan, kekeringan, pemanasan global

Pemanasan global bisa terjadi karena kurangnya pepohonan. Seperti yang kita ketahui, peran penting dari pohon dapat membantu menurunkan suhu panas matahari serta menghirup karbon dioksida yang menimbulkan penyebab pemanasan global.

Pohon memiliki fungsi penting terhadap lingkungan, apabila banyak pohon, maka kondisi lingkungan menjadi sejuk, polusi berkurang, dan jauh dari pencemaran udara.

14. Polusi Asap Pabrik atau Perusahaan Industri

Polusi, asap, pabrik, perusahaan, industri, pencemaran, pemanasan globalKebutuhan tenaga kerja dan persaingan bisnis yang semakin meningkat menghasilkan banyaknya lapangan pekerjaan yang berbentuk pabrik dan industri.

Polusi dari aktivitas industri pabrik-pabrik tersebut akan meningkatkan suhu panas bumi.

Indonesia memang banyak berdiri industri pabrik didalamnya, disamping banyaknya pabrik masyarakat juga belum banyak yang menjalankan usaha sendiri.

Karena masih jarangnya masyarakat yang menjalankan usaha secara mandiri. Jadi, pertumbuhan industri pabrik seakan didukung oleh masyarakat, yang mana banyak masyarakat membutuhkan pekerjaan dan disitu juga pabrik menyediakan lowongan.

Karena meningkatnya aktivitas produksi dalam pabrik sehingga banyak menimbulkan masalah pencemaran udara yang mengandung karbondioksida. Tentu hal ini akan menimbulkan penyebab pemanasan global.

Proses Pemanasan Global

Proses awal terjadi pemanasan global karena matahari yang menyinari bumi yang disertai beberapa faktor lingkungan lain.

Sebagian panas matahari tersebut akan diserap oleh bumi dan sisanya yang tidak terserap akan dipantulkan kembali ke atmosfer (luar angkasa).

Sedangkan di atmosfer terdapat gas dari efek rumah kaca seperti sulfur dioksida SO2, gas karbon dioksida (CO2), uap air, metana dan faktor penyebab pemanasan global lain-nya.

Hal ini kemudian menimbulkan cahaya matahari terperangkap tidak bisa keluar atmosfer dan kembali dipantulkan ke permukaan bumi yang terjadi berulang kali.

Seperti inilah siklus gas dan panas matahari akan berputar di bumi yang kemudian menyebabkan pemanasan global (global warming).

Cara Mengatasi Pemanasan Global

Cara mengatasi pemanasan global akan lebih efektif jika dilakukan secara bersama-sama.

Berikut adalah beberapa cara mengatasi pemanasan global:

  • Mengurangi penggunaan energi fosil.
  • Kurangi menggunakan kendaraan yang menyebabkan polusi.
  • Mengurangi penebangan pohon.
  • Hemat penggunaan listrik.
  • Beralih menggunakan energi ramah lingkungan.
  • Berinvestasi dalam produk ramah lingkungan.
  • dll.

Popular Search Pemanasan Global

Bencana yang akan terjadi jika pemanasan global dibiarkan adalah pertanyaan bagi kita yang harus dijawab untuk ditemukan solusinya.

jelaskan penyebab pemanasan global, dampak pemanasan globalpengertian pemanasan global menurut para ahlicontoh pemanasan globalmakalah pemanasan global
bencana akibat pemanasan globalselain efek rumah kacaterjadinya pemanasan globalpenyebab utama pemanasan global
yang dapat dilakukan oleh siswa adalahapa penyebab, sebutkan penyebabdi masyarakat, di rumah, dari alamgambar penyebab pemanasan global
perilaku manusia yang merupakanklasifikasikanlah pernyataan yang merupakansebutkan gas gas pemicu terjadinyaposter artikel pemanasan global
sindunesia Sindunesia, (Pejuang Waktu) yang suka belajar apa saja untuk kemanfaatan sesama.

One Reply to “√ 13+ Penyebab Pemanasan Global dan Penjelasan Lengkap”

  1. mantapsssss!!!

Comments are closed.