sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Sketsa Burung Garuda Pancasila: Makna, Karakteristik & Cara Menggambarnya

sketsa burung garuda

Sketsa Burung Garuda – Untuk meningkatkan sisi edukatif pada anak-anak yang diselipkan dengan kegembiraan bagi mereka, maka anak-anak bisa menggambar apa saja yang mereka sukai. Misalnya dengan membuat sketsa burung garuda yang ada pada simbol pancasila.

Kamu juga bisa banget loh menggambar burung garuda, yang diawali dengan membuat sketsanya yang unik dan sederhana.

Menggambar sketsa untuk gambar burung garuda ini juga bisa menambah ilmu tentang nilai filosofi bagi burung garuda yang ada di pancasila.

Macam-Macam Gambar dan Sketsa Burung Garuda

Kini, sudah ada banyak tutorial dalam membuat sketsa garuda atau burung garuda yang ada di pancasila. Kamu bisa memilih sketsa apa saja dalam membuat burung garuda tersebut.

Seperti sederet gambar dan sketsa berikut ini, yang masih berkaitan dengan burung garuda:

  • Gambar Burung Garuda Asli

gambar burung garuda asli

Gambar sketsa burung garuda yang satu ini merupakan gambar burung yang asli, dan tentunya sering Kamu lihat di mana-mana.

Burung garuda ini menjadi lambang dari pancasila, yang juga menjadi pedoman bagi bangsa Indonesia.

Nah, Kamu bisa membuat gambar burung garuda seperti yang terlihat di gambar ini, lengkap dengan masing-masing gambar lainnya seperti padi dan kapas, banteng, pohon beringin, bintang dan rantai. Masing-masing gambar ini juga memiliki nilai filosofinya masing-masing.

Warna dari burung garuda asli ini adalah kuning tua, sedangkan warna dari gambar lainnya berbeda-beda. Kamu bisa membuat gambar burung garuda ini dengan warna yang sesuai dengan warna aslinya.

  • Sketsa Gambar Burung Garuda Pancasila

sketsa gambar burung pancasila

Pembuatan sketsa untuk gambar burung garuda sebenarnya pola dan bentuknya sama saja dengan pola yang Kamu buat untuk burung garuda asli.

Namun untuk membuat sketsa ini boleh tidak ditambahkan warna, jadi warnanya hitam putih saja sebagai gambar dasar.

Hal yang membedakan pada gambar dan sketsa burung garuda yang asli ini hanya dari ukurannya. Ukurannya bisa disesuaikan dengan ukuran kertas atau sesuai kebutuhan dalam pembuatan sketsa tersebut.

  • Gambar Sketsa Burung Garuda Berwarna

gambar sketsa burung garuda berwarna

Pada saat Kamu membuat sketsa gambar burung garuda yang diberi warna maka sebaiknya Kamu membuat gambar yang jelas.

Misalnya dengan menambahkan aksen tertentu di setiap gambarnya, contohnya tambahkan mata di gambar banteng agar gambar itu menyerupai bentuk banteng yang sesungguhnya.

Pilihan warnanya jangan sembarangan ya, warnanya harus sama dengan warna dari gambar aslinya.

Sebaiknya gunakan pensil warna agar warnanya juga lebih tegas, padat dan jelas. Warna yang terdapat pada gambar garuda berwarna itu akan semakin terlihat indah.

  • Gambar Burung Garuda Hitam Putih

sketsa burung garuda hitam putih

Kalau Kamu ingin membuat gambar burung garuda dengan warna hitam putih, maka Kamu bisa membuat gambar yang menyerupai vector dengan paduan warna hitam dan putih.

Gambar burung garuda di atas sehelai kertas putih, lalu tambahkan gambar burung berwarna hitam.

Masing-masing gambar pada simbol lambang pancasila ini, juga diberi warna hitam dengan latar berwarna putih.

Paduan warna hitam dan putih yang unik ini akan menjadi semakin sempurna dan tetap memperlihatkan ketegasan pada gambar tersebut.

Cara Menggambar Sketsa Burung Garuda

cara menggambar sketsa burung garuda

selain menggunakan pensil warna untuk mewarnai gambar burung garuda, Kamu juga bisa menggunakan spidol berwarna hitam karena warna hitam merupakan warna yang netral. Untuk permulaan yang mudah, Kamu bisa menggambar bagian sayapnya dahulu.

Setelah itu baru tambahkan gambar tubuh burung dan kemudian kepala dan kakinya. Bagian simbolnya yang ada di bagian tengah dibuat terakhir. Bisa juga bagian simbolnya dibuat setelah menggambar sayap, saat Kamu akan membuat bagian badannya.

Cara Mewarnai Gambar Sketsa Burung Garuda Pancasila

cara mewarnai sketsa burung garuda

Cara mewarnai gambar pada sketsa burung garuda, sebenarnya sama saja dengan mewarnai gambar pada umumnya. Sama juga dengan langkah awal dalam menggambar burung garuda, Kamu bisa mewarnai bagian sayapnya terlebih dahulu.

Selain itu, media pewarnaan ini bisa apa saja. Bisa dengan menggunakan pensil warna, crayon ataupun spidol. Namun untuk hasil yang lebih rapi sebaiknya gunakan pensil warna karena warnanya juga lebih keluar dan lebih tajam.



Jumlah Bulu Burung Garuda

  1. jumlah bulu burung garuda
  2. jumlah bulu burung garuda2
  3. jumlah bulu burung garuda lengkap

jumlah bulu yang ada di burung garuda ini bermacam-macam, misalnya untuk bulu pada bagian sayapnya ada 17 helai bulu. Sesuai dengan hari kemerdekaan Indonesia tanggal 17 Agustus. Sedangkan jumlah bulu bagian ekornya ada 8.

Jumlah bulu pada bagian pangkal ekor dan leher ada 19 dan 45. Jadi, seluruh jumlah bulu pada burung garuda ini sesuai dengan hari kemerdekaan Indonesia yaitu tanggal 17, bulan 8, dan tahun 1945.

Makna Burung Garuda Pancasila

  1. makna burung garuda pancasila
  2. makna burung garuda pancasila
  3. makna burung garuda pancasila

Berikut ini penjelasan tentang makna dari burung garuda pancasila yaitu sebagai berikut:

  • 1. Garuda

sketsa burung pancasila garuda

Burung garuda ini dikenal dari sebuah mitologi kuno, warna keemasan pada burung ini merupakan simbol dari kejayaan dan keagungan bangsa Indonesia. Paruh, ekor dan cakar menunjukkan kekuatan pembangunan serta tenaga yang besar yang dimiliki oleh Indonesia.

  • 2. Perisai

sketsa burung garuda pancasila perisai

Perisai ini terletak di bagian tubuh burung garuda yang melambangkan bentuk pertahanan, perjuangan dan perlindungan diri untuk mencapai tujuan. Warna hitam yang ada di garis pemisah adalah garis khatulistiwa, artinya negara kita dilintasi dengan garis khatulistiwa itu.

Warna dasar pada perisai adalah merah dan putih, yang menjadi warna bendera negara Indonesia.

  • 3. Pita Bertuliskan semboyan Bhinneka Tunggal Ika

sketsa burung garuda pancasila bertulisakan semboyan bhibeka tunggal ika

Semboyan kalimat Bhineka Tunggal Ika di bagian pita yang digenggam oleh burung garuda adalah berbeda-beda tapi tetap satu jua.

Indonesia terdiri dari berbagai macam suku, budaya, agama dan sebagainya, tapi harus tetap bersatu dengan bahasa nasional.

Karakteristik dan Sejarah Penggunaan Burung Garuda Sebagai Lambang Pancasila

  1. Karakteristik dan Sejarah Penggunaan Burung Garuda Sebagai Lambang Pancasila
  2. Karakteristik dan Sejarah Penggunaan Burung Garuda Sebagai Lambang Pancasila2
  3. Karakteristik dan Sejarah Penggunaan Burung Garuda Sebagai Lambang Pancasila3

Lima lambang pancasila terdiri dari bintang, pohon beringan, padi dan kapas, kepala banteng, dan rantai. Awalnya lambang negara Indonesia ini digunakan di Sidang Kabinet Republik Indonesia Serikat (RIS) pada tahun 1950.

Rancangannya dibuat oleh Sultan Hamid II dari Pontianak tapi lalu disempurnakan lagi oleh Soekarno. Burung garuda adalah burung yang sangat menyayangi ibunya dan selalu melindunginya, hal itu berasal dari mitologi Hindu. Burung ini juga berani bertarung dengan naga untuk menyelamatkan ibunya.

Itulah sebabnya Soekarno menggunakan burung garuda sebagai lambang pancasila, karena sikap yang tangguh serta kuat pada burung ini. Tujuannya supaya bangsa Indonesia juga bisa sekuat dan setangguh Soekarno.

Pada tahun 1965 silam, lagu Garuda Pancasila pun diciptakan oleh Sudharnoto dan kemudian menjadi lagu wajib perjuangan bagi bangsa Indonesia.

Sebagai warga negara Indonesia yang baik, kita harus mengenal makna dan sejarah garuda pancasila ini dan menerapkannya dalam kehidupan sehari-hari. Maka, Kamu juga harus belajar cara membuat sketsa burung garuda yang benar dengan langkah-langkah yang tepat.

Hal itu juga menjadi bagian dari pemahaman Kamu tentang sejarah dan karakteristik burung garuda itu sendiri, yang berkaitan dengan pancasila sebagai lambang negara Indonesia.

Akhir Kata

Itulah kumpulan gambar sketsa burung garuda beserta makna, karakteristik dan cara menggambarnya. Semoga bermanfaat, salam sketsa burung garuda dan selamat berkarya 😀

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *