sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tulisan Arab Bismillah: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم Penjelasan Lengkap

tulisan arab bismillah

Tulisan Arab Bismillah – Dalam tulisan bahasa Arab, bismillahirahmanirahim adalah kalimat suci yang diturunkan oleh Allah SWT kepada nabi Muhammad Saw melalui perantara malaikat Jibril as.

Kemudian nabi mengajarkan kalimat bismillah kepada umatnya supaya digunakan sebagai pembuka dalam segala aktivitas baik sifatnya ibadah maupun muamalah.

Seperti halnya ibadah sholat, membaca Alqur’an, membuka suatu kegiatan agama seperti muqodimah dan sebagainya.

Penting bagi umat Islam untuk mengamalkan kalimat bismillah dalam mengawali setiap kegiatan sehari-hari guna mendapat keberkahan dan keridhaan Allah SWT.

Selain itu, dalam kalimat bismillah terdapat arti yang sangat luar biasa. Kalimat yang mengandung makna yang penuh manfaat bagi kehidupan manusia di dunia hingga akhirat.

Contoh Tulisan Arab Bismillah

contoh tulisan arab bismillah

Berikut adalah contoh tulisan Arab bismillahirahmanirahim yang disertai penjelasan dan artinya.

ِبِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيْم

Arti bismillahirrahmanirrahim adalah “Dengan menyebut nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang”.

Secara umum, kalimat bismillah memiliki makna yaitu sebagai kalimat yang diniatkan untuk melakukan sesuatu hal atas izin Allah SWT.

Selain itu, bismillah bisa juga diartikan sebagai kalimat permohonan restu agar mendapatkan kelancaran dalam setiap perbuatan.

Didalam Al-Qur’an, kalimat bismillah terdapat dalam semua surat yang berjumlah 114 kecuali surat At-taubah.

Bismillah merupakan kalimat yang sangat dianjurkan diucapkan setiap kali ketika hendak memulai sesuatu.

Dikisahkan dalam surat An-naml ayat 30, menceritakan tentang isi surat yang dikirim oleh nabi Sulaiman kepada ratu saba’ yakni juga dengan menggunakan kalimat bismillah.

Ayat tersebut yang artinya“Sesungguhnya surat itu, dari Sulaiman dan sesungguhnya (isinya): “Dengan menyebut nama Allah yang maha pemurah lagi maha penyayang”.

Tulisan Arab Bismillah Kaligrafi

tulisan arab bismillah kaligrafi

Islam tidak hanya membahas tentang ilmu peribadahan saja, namun juga seni tulisan Arab kaligrafi.

Kaligrafi merupakan karya seni yang menjadi salah satu kebanggaan dari umat Islam dengan menyajikan konsep tulisan arab yang indah.

Selain sebagai seni rupa Islam, tulisan kaligrafi juga sebagai sarana dakwah dengan menyampaikan ayat suci Alqur’an didalam penulisan kaligrafi arabnya.

Berikut adalah contoh tulisan Arab Bismillah kaligrafi yang sangat indah.

  1. tulisan arab bismillah kaligrafi
  2. contoh tulisan arab bismillah kaligrafi
  3. tulisan arab bismillah kaligrafi

Tulisan Arab Bismillah Png

Tulisan Arab bismillah Png merupakan sebuah format gambar yang memakai komposisi tanpa adanya background.

Tulisan Arab bismilllah ini sangat cocok dijadikan belajar menulis kaligrafi yang bagus. Nah, Berikut beberapa contoh tulisan arab Png.

  1. tulisan arab bismillah png
  2. tulisan bismillah png emas
  3. tulisan arab bismillah png keren
  4. tulisan arab bismillah png biru

Tulisan Arab Bismillah Untuk Undangan dan Word

tulisan arab bismillah untuk undangan

Seiring dengan berkembangnya zaman, Islam pun menjadi sebuah agama yang berkemajuan serta banyak yang memeluknya. Terlebih juga banyak sekali umat muslim yang mengadakan sebuah pernikahan.

Moment seperti ini banyak yang memerlukan surat undangan untuk memberitahukan sebuah pernikahan kepada sanak keluarga, saudara maupun tetangga. Selain itu, tulisan Arab juga dapat digunakan dalam penulisanya di word.

Dalam hal ini, saya akan membahas tentang tulisan Arab bismillah untuk undangan dan word.

Maksud dari tulisan Arab bismillah untuk undangan dan word yaitu sama seperti gambar tulisan Arab bismillah diatas namun, berbeda dalam penggunaanya.

Biasanya, penggunaan tulisan Arab bismillah tersebut disertai kata pengantar untuk mempublikasikan isi surat undangan tersebut.

Sedangkan tulisan Arab bismillah untuk word, biasanya untuk dijadikan bahan-bahan artikel atau jurnal ilmiah yang membahas tentang agama.

Berikut ini contoh gambar tulisan Arab bismillah-Nya.

Tulisan Arab Bismillah Untuk Undangan dan Word

Tulisan Arab bismillah diatas merupakan contoh buat undangan, sedangkan gambar yang dibawahnya adalah contoh tulisan Arab bismillah di Microsoft word.

Untuk membuat tulisan Arab di Microsoft word tersebut Anda bisa menggunakan translator dalam penulisanya.

Jika tidak terdapat di perangkat lunak Microsoft word, maka harus menghubungkan translate bahasa di google atau mesin pencari yang lain.

Tulisan Arab Bismillah dan Assalamu’alaikum

tulisan bismillah dan assalamualaikum

Assalamu’alaikum merupakan suatu ungkapan salam bagi seorang sesama muslim.

Sebagaimana yang sudah dijelaskan diatas tadi tentang bismillah, sekarang kita membahas kalimat atau tulisan assalamu’alaikum, baik penjelasan, arti, maupun contoh tulisan Arab assalamu’alaikum.

Pengucapan assalamu’alaikum asanya dilakukan pada saat bertemu maupun akan berpisah. Dimana isi dari kalimat tersebut ialah mengandung arti saling mendoakan akan keselamatan, rahmat atau kasih sayang, dan keberkahan hidup kepada sesama saudara muslim/muslimat.

Dalam suatu riwayat hadist nabi juga dijelaskan yang intinya “mengucapkan salam kepada saudara muslim itu hukumnya sunah, sedangkan menjawabnya hukumnya wajib “wallahu’alam”.

Berikut ini contoh gambar tulisan Arab assalamu’alaikum:

tulisan arab bismillah dan assalamaualaikum

tulisan arab assalamualaikum

 

Contoh Tulisan Arab Bismillah Lengkap

Dalam penulisan Arab, terdapat berbagai macam atau jenis tulisan dalam seni kaligrafi Arab. Khat yang umum dan sangat populer dianataranya ialah khat naskhi, tsuluts, diwani jali, farisi, riq’ah, raihani, kufi, kufi persegi, kontemporer dan sebagainya.

Berikut ini contoh tulisan Arab bismillah dalam berbagai jenis khat:

  •  Bismillah khat naskhi

tulisan arab bismillah khat naskh

  • Bismillah khat tsuluts

bismillah khat tsulust

  • Bismillah khat diwani jali

Bismillah khat diwani jali

  • Bismillah khat farisi

Bismillah khat farisi

  • Bismillah khat raihani

bismillah khat raihani

  • Bismillah khat kufi

bismillah khat kufi

  • Bismillah khat kufi persegi

Bismillah khat kufi persegi

  • Bismillah khat kontemporer

Bismillah khat kontemporer

Arti Bismillah

Arti Bismillah

  • Arti Frasa Per-Kata Bismillahirahmanirahim

بسم الله

Dibaca bismillaah, yang artinya dengan menyebut nama Allah SWT.

الرحمن

Dibaca arrahmaan, artinya yang maha pemurah.

الرحيم

Dibaca arrahiim, artinya yang maha penyayang.

  • Bismillah Menurut Para Ahli

Para ahli tafsir telah menjelaskan bahwa setidaknya terdapat 4 arti yang terkandung didalamnya antara lain:

  • 1. Pertama, kata bi apabila dikaitkan dengan “kekuasaan dan pertolongan Allah”.

Maka yang mengucapkan juga harus menyadari bahwa pekerjaan yang sudah dilakukanya dapat terlaksana atas kekuasaan Allah SWT.

  • 2. Kedua, rahasia penting mengapa bismillah didahulukan pada setiap hal dan dangat erat kaitannya secara prinsip tauhid laa ilaha illa Allah.

Yaitu dengan menjadikan Allah itu sebagai sebab utama didalam segala perbuatan.

  • 3. Ketiga, Allah adalah dzat yang wajib ada. Satu-satunya yang mempunyai hak segenap dari pujian serta nama teragung yang sudah pernah ada.

Dimana seorang muslim menyebutkan nama Allah didalam bismillah, berarti ia sudah mendeklarasikan nama yang sangat mulia di seluruh alam semesta, yaitu nama Allah SWT.

  • 4. Keempat, Allah mempunyai dua sifat yang sempurna yaitu Ar-rahman dan Ar-rahiim. Ar-rahman yakni curahan curahan rahmat-Nya dengan aktual yang diberikan di dunia ini kepada semua makhluk-Nya.

Sedangkan Ar-rahiim bermakna rahmat-Nya Allah SWT di akhirat kelak hanya pada orang-orang yang beriman.

Makna Tulisan Bismillah

Makna Tulisan Bismillah

Para ulama menafsirkan lafal/kalimat bismillahirrahmanirrahim menjadi 4 hal penting yaitu:

  • Awalan Bi, memiliki makna kekuasaan dan pertolongan.

Orang yang melafalkan bismillah dalam memulai sesuatu dan meniatkan segala perbuatan atas dasar kekuasaan dan pertolongan Allah SWT.

  • Bismillahirrahmanirrahim erat kaitannya dengan kalimat tauhid “Laa ilaha Illa Allah”, kalimat tauhid merupakan kalimat yang sangat mulia berisi membesarkan atau mengagungkan nama Allah SWT.

Jika seorang muslim mengucapkan bismillah, berarti ia sudah mengagungkan nama Allah SWT.

  • Kalimat bismillahirrahmanirrahim merupakan salah satu bentuk pengakuan bahwa Allah SWT adalah sang penguasa alam semesta yang sangat agung.
  • Lafal bismillahirrahmanirrahim mengandung dua sifat Allah SWT yakni Ar-rahman dan Ar-rahim. Ar-rahman artinya maha pemurah, dan Ar-rahim berarti maha penyayang.

Keutamaan Membaca Bismillah

keutamaan membaca bismillah

Kalimat bismillahirrahmanirrahim merupakan kalimat yang sangat dianjurkan saat memulai sesuatu. Ini bertujuan untuk memohon kebaikan dan keberkahan disetiap hal yang ingin dilakukan. Dibawah ini beberapa keutamaan membaca bismillah:

  • 1. Pembatas dengan setan

Membaca kalimat bismillah dapat membuat pembatas antara manusia dan setan. Jika seorang manusia mengucapkan kalimat ini, maka akan terhindar dari gangguan setan dan perilaku buruk yang menyimpang dari syariat Islam.

  • 2. Pembuka rezeki

Dengan membaca kalimat bismillah saat akan melakukan sesuatu maka Allah SWT akan membukakan pintu rezekinya, segala tujuan akan dilancarkan dan diberi keberkahan dari setiap usaha yang ia kerjakan.

Dalam suatu riwayat hadits menyebutkan dari abu Hurairah, dari Rasulullah Saw bersabda, “setiap perkara penting yang tidak dimulai dengan bismillahirrahmanirrahim, amalan tersebut terputus berkahnya”. (HR. Al-khatib)

  • 3. Mencegah musibah

Dari suatu riwayat hadits nabi mengatakan, dari Ali bin Abi Thalib, Rasulullah Saw pernah bersabda, “wahai Ali maukah aku (Muhammad) ajarkan kalimat menghadapi petaka”? Ali kemudian mengiyakan.

Rasulullah kembali melanjutkan sabdanya, “jika menghadapi petaka maka ucapkanlah: bismillahirrahmanirrahim wala haula walaa quwata Illa billahil ‘aliyil ‘adzim”.

Niscaya dengan kalimat tersebut Allah akan menghilangkan petaka apapun yang ia kehendaki.” (Imam Nawawi).

  • 4. Melindungi saat tidur

Dari imam Muhammad Nawawi al Jawi yang menukil dari imam Ahmad As-showi dalam kitabnya “kasyifatusaja“.

Diterangkan bahwa diantara keistimewaan bacaan basmalah adalah sebagai berikut.

“ketika seseorang membaca sebanyak 21 kali sebelum tidur, maka pada saat malam itu ia akan terselamatkan dari gangguan setan, kemalingan, mati mendadak dan bencana yang lainnya.”

Tulisan Arab Lain-nya

Tulisan Arab “Allah”
اَللّهُ

Muhammad
مُحَمَّد

Alhamdulillah
اَلْحَمْدُلِلّهِ

Astaghfirullah
اَسْتَغْفِرُ اَللّهَ

Arab Insya Allah
اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Masya Allah
مَاشَآءَاللّهُ

Marhaban ya Ramadhan
مَرْحَبًا يَا رَمَضَان

Idul Fitri Mubarak (selamat idul fitri)
عيد فطر مبارك

Minal ‘aidin wal faidzin
‫ ‬ مِنَ العَائِدِيْنَ وَ الفَائِزِيْنَ

taqabalallahu minna wa minkum
تَقَبَّلَ اللّهُ مِنَّ وَ مِنْكُمْ

Assalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Wassalamualaikum Warahmatullahi Wabarakatuh
وَ السَّلاَمُ عَلَيْكُمْ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

Waalaikumusalam Warahmatullahi Wabarakatuh
وَعَلَيْكُمْ السَّلاَمُ وَرَحْمَةُ اللهِ وَبَرَكَاتُهُ

laa haula wa laa quwwata illa billah
لاَ هَوْلَ وَلاَ قُوَّتَ اِلاَّبِاللّهِ

subhanallah
سُبْحَانَ اللّهُ

laa ilaaha illallah
لاَ اِلَهَ اِلاَّ اللّهُ

Allahu Akbar
اَللّهُ اَكْبَرُ

Masya Allah
مَاشَآءَاللّهُ

Salawat atas Nabi Muhammad
اللَّهُمَّ صَلِّ وَسَلِّمْ عَلَى مُحَمَّد

Nabi Muhammad Sallallahu Alaihi Wasallam (Arab gundul)

نبي محمد صلى الله عليه وسلم

Halal
حَلاَلً

Haram
حَرَمً

Innalillahi wa inna ilaihi raajiuun
اِنّا لِلّهِ وَاِنّا اِلَيْهِ رَجِعُوْنَ

Insya Allah
اِ نْ شَآ ءَ اللّهُ

Ahlan wa sahlan
اَهْلاًوَسَهْلاً

Jazakallah
جَزَاكَ اللّهُ

Jazakillah
جَزَاكِ اللّهُ

Jazakumullah
جَزَاكُمُ اللّهُ

Aamiin
آمِّينَ

Aamiin Ya Rabbal ‘Alamin
اَمِين يَا رَبَّ الْعَالَمِيْن

Akhir Kata

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai tulisan Arab bismillah lengkap beserta tulisan Arab bismillah kaligrafi, tulisan Arab bismillah png, tulisan Arab bismillah untuk undangan dan untuk word.

Dilengkapi dengan tulisan assalamu’alaikum, contoh tulisan Arab bismillah lengkap, arti bismillah, makna bismillah dan keutamaan membaca bismillah.

Terimakasih, semoga bermanfaat bagi kita semua, aamiin ya robbal’alamin.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

One Reply to “Tulisan Arab Bismillah: بِسْمِ اللَّهِ الرَّحْمَنِ الرَّحِيم Penjelasan Lengkap”

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *