sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Membuat Ukuran Foto 10R dan Memilih Kertas Yang Tepat

ukuran foto 10r

Dalam dunia percetakan, terdapat berbagai ukuran foto yang bisa diatur sesuai kebutuhan dan keinginan pemesan. 

Nah, saat ingin mencetak foto, umumnya Anda akan diberi beberapa opsi ukuran foto mulai dari 1R, 2R, 3R, 4R, 5R dan seterusnya. Semakin besar angkanya tentu hasil foto yang akan di cetak juga besar. 

Di mana uuruf R pada ukuran foto tersebut merujuk pada standar internasional dengan satuan ukuran mm, cm, inci dan pixel. Artinya, ukuran foto 10R merupakan dimensi gambar yang telah disesuaikan dengan standar pengukuran baik milimeter, centimeter dan inci. 

Pencetakan foto dalam ukuran ini tentunya membutuhkan kertas khusus yang sering disebut dengan seri R dan bisa disesuaikan dengan kebutuhan.

ukuran foto 10r

Ukuran Foto 10R Dalam Berbagai Ukuran

Dimensi ukuran pada foto seri R memiliki standar tersendiri yang sangat umum digunakan di berbagai tempat percetakan. Berikut ini satuan ukuran untuk seri R dalam berbagai ukuran yang sudah dikonversi sesuai kebutuhan.

  • Jika perangkat Anda menggunakan satuan milimeter dalam pengukurannya, maka pengaturan foto 10R adalah 254 x 305 mm. Artinya lebar foto adalah 254 sedangkan panjangnya 305 milimeter.
  • Hampir sama dengan pengukuran milimeter, ukuran foto 10R untuk perangkat yang menggunakan satuan centimeter adalah 25,4 x 30,5 cm. Artinya lebar foto yakni 25,4, sedangkan untuk panjangnya adalah 30,5 centimeter.
  • Sedangkan jika perangkat Anda menggunakan satuan inci maka pengaturannya adalah 10 x 12.
  • Jika Anda menggunakan software editing foto yang menggunakan ukuran pixel, maka ada sedikit perbedaan. Untuk foto 10R maka Anda perlu mengaturnya pada ukuran 3000 x 3602 pixel. Artinya lebar foto yaitu 3000 dan panjangnya 3602 pixel.

Jenis Bahan Kertas Foto

Komponen paling penting dalam cetak foto adalah jenis bahan kertas yang digunakan. Bahkan jika Anda mencetak di rumah atau di tempat percetakan sekalipun, kertas foto menjadi poin penting yang harus diperhatikan. 

Bahkan, bisa dikatakan jika kertas foto merupakan tahap finishing yang menentukan bagus atau tidaknya kualitas gambar yang dihasilkan.

Nah, di bawah ini beberapa jenis kertas foto yang umum digunakan dalam dunia percetakan.

1. Glossy

Jenis kertas pertama yang sudah sering dijumpai di berbagai tempat adalah bahan glossy. Seperti namanya, kertas ini memiliki permukaan berlapis yang halus dan mengkilap serta dapat memantulkan cahaya. 

Kualitas gambar yang dihasilkan dengan kertas ini juga sangat baik dengan tampilan yang jernih dan tajam (didukung oleh resolusi gambar dan tinta).

Warna-warna tertangkap jelas dalam kertas ini sehingga tampak lebih hidup. Saturasi warna yang cerah juga membuat kualitas foto semakin bagus. Bahkan jika Anda melakukan scan dan diubah menjadi format digital, hasil gambarnya tidak akan buram dan bertekstur layaknya kertas biasa.

Hanya saja, permukaan yang licin membuat foto kerap kali menempel pada kaca bingkai, terlebih lagi jika disimpan dalam waktu yang lama. Kertas jenis ini juga sangat rentan terhadap sentuhan yang mana akan meninggalkan bekas pada foto berupa goresan, sidik jadi, dan noda. 

Jenis kertas glossy kurang cocok untuk mencetak foto album dan gambar yang akan digunakan lama karena mudah menempel pada plastik. Kertas ini lebih cocok untuk kebutuhan sehari-hari dengan gambar-gambar cerah.

2. Matte

Jika sebelumnya ada kertas glossy dengan permukaan mengkilap maka yang satu ini kebalikannya. Sama-sama memiliki permukaan yang halus, namun kertas matte tidak reflektif dan mengkilap. 

Kualitas warna yang dihasilkan lebih rendah namun tidak mudah meninggalkan sidik jari dan noda. Jika Anda ingin mencetak foto hitam putih maka kertas ini sangat direkomendasikan.

Meskipun kualitasnya kurang tajam dalam menangkap warna seperti kertas glossy, namun banyak fotografer yang mencetak gambar dengan jenis kertas ini. Dengan sentuhan yang tepat, gambar yang dihasilkan dapat berkualitas tinggi dan terlihat klasik. 

Kertas ini sangat cocok untuk mencetak foto frame dan potret-potret kenangan indah Anda bersama orang terkasih. Tentu saja poin utamanya adalah kualitasnya yang tinggi, tidak rentan terhadap goresan. 

Sementara kelemahannya dari jenis ini yaitu sedikit bertekstur saat dipindai yang akan  menampilkan gambar cukup kasar meskipun terlihat samar.

3. Luster

Jenis kertas lainnya yang umum digunakan dalam dunia percetakan foto adalah luster. Kertas yang satu ini sedikit berbeda dengan sedikit sentuhan kilau halus pada permukaannya. 

Kertas ini merupakan kombinasi antara glossy yang apik menangkap warna dan matte anti kilap. Anda bisa membayangkan hasil foto dengan kertas ini sebagai medianya, terlihat profesional dan berkelas.

Selain itu, jika diraba ada sedikit tekstur yang tidak begitu kasar. Kualitas warna yang dihasilkan dengan kertas ini lebih tinggi dari matte dengan kontras tinggi. 

Kertas luster juga lebih tebal dibanding kedua jenis sebelumnya yang tentu menambah poin plus-nya. Kelebihan lainnya adalah kertas ini tidak rentan terhadap goresan, sidik jari dan noda serta tidak bersifat reflektif. Gambar yang dihasilkan selalu tampak profesional dengan warna-warna yang cerah dan membuat foto seolah hidup.

Luster merupakan kertas yang sangat cocok untuk gambar-gambar frame karena tidak mudah lengket pada permukaan kaca maupun plastik. 

 4. Metalic

Kertas lain yang menawarkan kualitas cetakan yang baik adalah metalic. Lapisan kertas ini halus dan mengkilap dengan tampilan lebih mencolok daripada jenis lainnya. Dengan hasil yang seperti chrome, jenis kertas metalic juga kerap digunakan untuk kebutuhan profesional.

Selain itu, kertas metalic juga memiliki khas selayaknya logam yang berkilau dan mampu menangkap warna yang beragam. Foto terlihat lebih kaya dengan warna-warna realistis dan ketajaman yang luar biasa. 

Kelebihan lainnya adalah kertas ini sangat tahan lama sehingga sangat cocok untuk frame dan foto album.

5. Kanvas

Kanvas juga sering digunakan untuk mencetak foto. Seperti namanya, kertas ini memiliki permukaan yang kasar seperti kanvas lukisan. 

Jika diperhatikan, kertas ini memiliki garis-garis yang cukup jelas namun hasil gambarnya sangat bagus. Jika Anda pecinta hal-hal berbau aesthetic mungkin akan menyukai jenis kertas ini.

Permukaan yang kasar menjadi karakteristik dari kertas ini. Yang mana kertas kanvas akan menghasilkan gambar yang sangat artistik tinggi serta tahan lama dibanding jenis lainnya. 

Bahkan Anda bisa melukis di kertas ini karena daya serap yang tinggi membuat tinta cepat kering. Daya serap ini hanya berlaku untuk tinta lukis dan bukan cat air.

Meskipun harganya cukup mahal, namun ini sebanding dengan kualitas yang ditawarkan. Terlebih kertas ini memiliki daya tahan yang bagus dan tentunya anti lengket pada benda lain. 

Itulah informasi mengenai ukuran foto 10R yang bisa di konversi sesuai kebutuhan. Untuk mencetak foto, perhatikan juga jenis kertas yang digunakan guna menghasilkan gambar berkualitas tinggi. Sesuaikan juga jenis kertas dengan kebutuhan, misalnya untuk cetak foto frame maka pilih jenis yang tahan lama.

sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *