sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Ide Cara Membuat Lampion yang Unik Cantik dan Menarik

Cara Membuat Lampion, Cara Membuat Lampion Dari Balon, Cara Membuat Lampion Dari Bambu, Cara Membuat Lampion Dari Bambu, Cara Membuat Lampion Dari Kertas Karton, Cara Membuat Lampion Dari Kertas Krep, Cara membuat lampion dari kertas origami, Cara Membuat Lampion Dari Kertas Warna, Cara Membuat Lampion Dari Sendok Plastik, Cara Membuat Lampion Gantung, Cara Membuat Lampion Sederhana, Cara Membuat Lampion Terbang

Hallo sobat sindunesia kali ini kita akan belajar bagaimana cara membuat lampion. Lampion atau biasa disebut denglong oleh masyarakat Tionghoa, merupakan sebuah kerajinan yang biasa dipakai di Indonesia untuk penerangan kota, gedung-gedung, dan rumah tangga.

Lampion biasanya dibuat silinder bulat tabung dan bola didalamnya terdapat lampu atau lilin yang dibakar. Karena lampion memberi penerangan pada malam hari, biasa dianggap sebagai simbol kegembiraan hidup.

Selain itu lampion banyak juga dipakai ketika acara pesta, upacara, hari raya, dan lain sebagainya. Penasaran bukan bagaimana cara membuat lampion yang cantik dan menarik.

Pembuatan lampion ini tidak sulit juga tidak rumit, Anda hanya perlu sedikit kesabaran saja. Baik, mari kita mulai, silahkan simak dan perhatikan langkah-langkahnya.

Cara Membuat Lampion Terbang

 

Cara Membuat Lampion Dari Balon, Cara Membuat Lampion Dari Bambu, Cara Membuat Lampion Dari Bambu, Cara Membuat Lampion Dari Kertas Karton, Cara Membuat Lampion Dari Kertas Krep, Cara membuat lampion dari kertas origami, Cara Membuat Lampion Dari Kertas Warna, Cara Membuat Lampion Dari Sendok Plastik, Cara Membuat Lampion Gantung, Cara Membuat Lampion Sederhana, Cara Membuat Lampion Terbang

Baik, kita akan membahas bagaimana cara membuat lampion terbang yang cantik dari kertas minyak simple sederhana dan sangat mudah dibuat.

Menyiapkan Alat dan Bahan

Bahan utama membuat lampion terbang dari kertas minyak adalah:

  • Kertas minyak, alasan mengunakan kertas minyak karena kertas ini memiliki kekuatan, lebih ringan, lebih tipis, serta mudah ditembus dan merambatkan cahaya.

Selain itu kertas minyak memiliki daya tahan yang baik yang bisa lebih lama menahan panas, karena memiliki lapisan plastik yang rata.

  • Dua bambu rotan, digunakan untuk membuat kerangka tulang pada lingkaran bawah lampion.
  • Kawat tembaga, digunakan untuk menopang bahan bakar pada lampion.
  • Tissu atau kain, sebagai bahan bakar utama dan sumber cahaya.

Adapun alat membuat lampion terbang adalah:

  • Tang capit
  • Alat potong (pisau/cutter)
  • Penggaris
  • Lem

Setelah semua alat dan bahan lengkap, saatnya untuk eksekusi membuat lampion terbang dari kertas minyak.

Langkah-Langkah Membuat Lampion Terbang dari Kertas

1. Mempersiapkan kertas

cara membuat lampion

  • Gunting bahan kertas tadi menjadi bentuk persegi dengan ukuran 65 cm x 39 cm sebanyak lima lembar.
  • Ambil dan pisahkan empat dari lima kertas yang telah digunting.
  • Lipat keempat tepian kertas tadi pada bagian atas sisi kiri dan kanan lalu lipat ke dalam sepanjang 4 cm seningga membentuk garis miring kedalam.
  • Gunting dengan rapi pada bagian lipatan.
  • Rekatkan keempat kertas yang telah digunting tadi dengan lem hingga membentuk seperti kotak.
  • Tutup bagian atas kotak kertas yang telah jadi menggunakan sisa lembaran kertas yang dipisahkan tadi hingga berbentuk kotak persegi seperti gambar.

Catatan: Lakukan perekatan sesempurna mungkin, pastikan tidak ada celah sebagai jalan keluar hawa panas pembakaran.

Kebocoran kecil saja akan membuat lampion kehilangan keseimbangan dan sulit terbang.

2. Membuat Kerangka dasar lampion terbang

cara membuat lampion

  • Bentuklah bambu yang telah disediakan sebelumnya menjadi lingkaran sesuai dengan diameter lebar kertas badan lampion.
  • Setelah lingkaran terbentuk dengan sempurna, lanjut rekatkan lingkaran bambu tersebut menggunakan lem pada bagian bawah lampion yang tidak tertutupi kertas seperti gambar.
  • Langkah pembuatan kerangka ini sebagai penguat dan penopang daripada lampion ketika nanti diterbangkan agar bentuk kotaknya tidak berubah.

3. Pembuatan bahan bakar utama lampion terbang

cara membuat lampion

  • Ambil lilin dan kertas tisu yang telah disiapkan sebelumnya.
  • Panaskan lilin menggunakan alas teplon sampai sifat padatnya hilang dan berubah menjadi cair.
  • Kemudian ambil beberapa lembar tisu makan dan lipat menjadi ukuran kecil daripada bentuk aslinya.
  • Masukkan tisu kedalam cairan lilin yang masih panas dan biarkan beberapa saat sekitar dua menitan, sampai cairan lilin larut dengan sempurna.
  • Setelah cairan lilin bercampur larut kedalam tisu. Angkat dan tiriskan sampai lilin pada tisu kembali padat dan bahan bakar pun siap digunakan.

4. Pemasangan Dudukan Bahan Bakar

Membuat dan memasang dudukan bahan bakar merupakan rangkaian penting agar posisi bahan bakar tadi dapat diletakkan dengan baik dan tidak mudah goyang .

Dudukan bahan bakar dibuat dari tali jenis kawat, kemudian dipasang bersilang saling mengait antara ujung satu ke ujung lainnya sampai posisi seimbang dan rapi.

5. Finishing

Untuk proses akhir ini rekatkan beberapa sisa potongan kertas minyak tadi pada sisi bagian bawah lampion.

Fungsi pemasangan potongan kertas tersebut sebagai stabilizer yang akan menjaga kestabilan lampion saat terbang sehingga lentera tetap stabil kokoh saat diterpa angin.

Setelah semuanya selesai terpasang, lampion pun siap diterbangkan untuk menghiasi langit.

Cara Membuat Lampion dari Benang

cara membuat lampion, Cara Membuat Lampion Dari Balon, Cara Membuat Lampion Dari Bambu, Cara Membuat Lampion Dari Bambu, Cara Membuat Lampion Dari Kertas Karton, Cara Membuat Lampion Dari Kertas Krep, Cara membuat lampion dari kertas origami, Cara Membuat Lampion Dari Kertas Warna, Cara Membuat Lampion Dari Sendok Plastik, Cara Membuat Lampion Gantung, Cara Membuat Lampion Sederhana, Cara Membuat Lampion Terbang

Cara membuat lampion dari benang merupakan sebuah kerajinan yang mudah dibuat tanpa harus mengeluarkan biaya yang mahal. Alat dan bahannya pun banyak dan mudah ditemukan disekitar kita.

Selain itu jika Anda suka berkreasi bisa ditambahkan hiasan dari kain flanel warna-warni agar penampilan lampion lebih meriah dan indah.

Nah langsung saja simak berikut langkah-langkahnya, ada beberapa daftar alat dan bahan yang perlu disiapkan untuk membuat lampion benang.

Menyiapkan Alat dan Bahan

Tujuh Alat dan Bahan Untuk Membuat Lampion Benang.

  1. Balon karet digunakan untuk membuat bentuk dan sebagai badan lampion.
  2. Benang warna digunakan sebagai bahan utama membuat lampion.
  3. Lem kayu digunakan untuk merekatkan benang ke balon karet.
  4. Kain flanel digunakan untuk menghias lampion agar lebih cantic dan meriah.
  5. Kuas digunakan sebagai alat mengoleskan lem pada balon.
  6. Gunting untuk membentuk dan memotong bahan lampion.
  7. Lampu bohlam gigunakan sebagai sumber cahaya dari lampion benang.

Langkah Langkah Membuat Lampion Benang

Setelah semua alat dan bahan yang dibutuhkan telah siap, sekarang waktunya untuk eksekusi membuatnya.

Dalam proses pembuatan lampion cukup diperlukan ketekunan serta keuletan saja. Berikut langkah-langkah membuat lampion benang.

  • Ambil balon karet yang sudah disiapkan, tiup dan isi angin sampai membentuk ukuran yang diinginkan. Usahakan jangan terlalu besar karena akan memerlukan bahan dan waktu yang lebih banyak pula.
  • Buat adonan lem kayu dengan sedikit air dalam wadah dan aduk-aduk sampai sifat lem sedikit encer. Pastikan lem tersebut tidak terlalu encer sampai menghilangkan daya rekatnya.
  • Setelah lem tercampur sempurna dengan air, gunakan kuas dan oleskan lem ke semua permukaan balon tersebut, hal ini dilakukan agar benang bisa melekat pada balon.
  • Setelah permukaan balon rata terselimuti lem, kemudian lilitkan benang pada balon dengan acak menyilang.
  • Bila lilitan benang sudah kelihatan rata dan sedikit tebal, lapisi ulang seluruh permukaannya menggunakan lem dan lilitkan lagi benang ke balon sampai pada tingkat ketebalan yang Anda inginkan.

Perlu diketahui apabila semakin tebal lilitan benang pada balon maka akan semakin redup cahaya yang keluar dari lampion.

  • Setelah selesai langkah pelapisan benang lalu lapisi kembali seluruh permukaan benang dengan lem, agar lapisan luar lampion menjadi kuat dan kelihata bertekstur.
  • Tunggu lem sampai mengering, usahakan selama pengeringan lem, balon di gantung dan hindarkan dari panas matahari langsung, karena dikawatirkan balon akan rusak dan meledak.
  • Setelah lem benar-benar kering, potong pada bagian bawah balon untuk membuat lubang sebagai tempat pemasangan bohlam lampu.
  • Langkah terakhir satukan lampion yang telah dibuat dengan bohlam lampu yang telah disiapkan.
  • Agar tampilan lampion benang semakin menarik dan cantik, Anda boleh menghias menggunakan kain flanel dan membentuk berbagai karakter lucu sesuka hati.

Akhir Kata

Itulah cara membuat lampion benang, bagaimana menarik bukan? Dengan bahan yang sederhana Anda bisa membuat lampion yang memiliki nilai seni tinggi dan menarik.

Bagaimana cukup mudah bukan cara membuat lampion? semoga tutorial cara membuat lampion terbang dari kertas minyak, cara membuat lampion dari benang diatas dapat bermanfaat, serta jangan lupa untuk tetap stay baca di sindunesia.com

Oke cukup sekian dulu dan sampai jumpa pada artikel-artikel unik dan menarik berikutnya mengenai, Cara membuat lampion dari kertas origami.

Popular Search Cara Membuat Lampion

Cara Membuat Lampion Gantung, Cara Membuat Lampion Terbang, Cara Membuat Lampion Dari Bambu, Jenis-Jenis Tas.

Cara Membuat Lampion Dari Kertas Karton, Macam-Macam Kerajinan Kerang, Cara Membuat Lampion Sederhana, Cara Membuat Lemari Minimalis.

Cara Membuat Lampion Dari Kertas Krep, Cara Membuat Lampion Dari Kertas Warna, Cara Membuat Lampion Dari Balon, Cara Membuat Lampion Dari Sendok Plastik dan lain-lain.

sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *