sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

12+ Ide Jenis Usaha Perseorangan (Praktis dan Menguntungkan)

Jenis Usaha Perseorangan

Jenis Usaha Perseorangan – Melakukan bisnis apapun membutuhkan perhitungan yang tepat. Apalagi jika Anda mendirikan usaha yang merupakan jenis usaha perseorangan.

Menjadi wiraswasta dinilai cukup berat jika semuanya dikerjakan sendiri. Anda tak memiliki partner untuk sharing atau sekedar mengeluh.

Namun tak semua jenis usaha tersebut membuat Anda pusing. Ada beberapa jenis usaha yang tidak terlalu membutuhkan tenaga lain untuk sekedar menerima dan menghitung pemasukan. Berikut ini adalah ide usaha yang bisa menjadi inspirasi manakala Anda memiliki modal.

12 Jenis Usaha Perseorangan

1. Memiliki Kos-Kosan

Jenis Usaha Perseorangan Kost Kosan

Kos-kosan merupakan tempat sewa berupa sebuah kamar yang biasanya ditinggali oleh mahasiswa atau pekerja single.

Usaha yang satu ini cukup menggiurkan untuk dijadikan pendapatan pasif. Bisnis kos-kosan banyak terjadi di perkotaan karena ramai dan pusat bisnis.

Jika Anda memiliki banyak uang untuk memulai bisnis, maka jenis usaha perseorangan ini bisa Anda pilih. Buatlah rumah dengan banyak kamar dan lengkapi dengan fasilitas yang memadai. Makin bagus dan lengkap isi dan fasilitasnya, maka tempat Anda akan dilirik penyewa.

2. Membuat Toko

Jenis Usaha Perseorangan Membuat Toko

Usaha ini masih menjadi pilihan banyak orang. Semakin kecil kompetisinya, maka keuntungan yang datang juga akan semakin besar.

Ada banyak jenis toko yang bisa Anda buka mengikuti pasar sekitar Anda, misalnya warung. Warung adalah bentuk jenis usaha perseorangan perdagangan.

Tentunya, membuka toko mengharuskan Anda memiliki jumlah modal yang cukup besar. Selain untuk modal membeli produk yang akan dijual, harus ada lapak untuk berjualan.

Jika tak memiliki bangunan sendiri, Anda perlu menyewa. Semakin strategis sebuah tempat, maka harga sewanya semakin mahal.

3. Usaha Laundry

Jenis Usaha Perseorangan Usaha Laundry

Usaha laundry di Indonesia begitu menjanjikan. Apalagi jika usaha ini dibuka di sekitar kampus atau kos-kosan yang ramai.

Banyak orang yang memilih laundry karena tidak sempat mencuci atau menyetrika pakaian sendiri. Laundry adalah bentuk jenis usaha jasa perseorangan.

Tak hanya mesin cuci saja yang harus disiapkan untuk membuka usaha ini. Anda harus siap tempat menjemur yang aman, karyawan untuk membantu Anda packing dan filter, dan tempat yang bersih. Apabila kompetisi ketat, Anda harus memasang harga bersaing dan pelayanan yang lebih seperti antar jemput.

Baca Juga:

Lengkap! Laporan Perubahan Modal (Komponen dan Tujuan)
12+ Ide Contoh Usaha Perdagangan (Minim Modal)
10 Ulasan Jenis Usaha Ekonomi (Sektor dan Contohnya)

4. Usaha Konter Pulsa

Jenis Usaha Perdagangan Usaha Konter Pulsa

Tak banyak orang yang menggunakan aplikasi seperti m-banking atau aplikasi lain yang menyediakan layanan beli pulsa.

Orang-orang masih mengandalkan konter pulsa untuk membeli karena jauh lebih mudah dan praktis. Apalagi jika tinggal di desa atau memiliki handphone yang biasa saja.

Top-up pulsa universal bisa menjadi pilihan tepat karena bisa mengisi pulsa ke mana saja. Kini juga ada pilihan inject data untuk pulsa internet dan jauh lebih laris.

Usaha ini bisa memiliki toko konter maupun tidak. Yang penting, Anda selalu terhubung dengan jaringan untuk mentransfer pulsa.

5. Usaha Kuliner

Jenis Usaha Perdagangan Usaha Kuliner

Kuliner merupakan kebutuhan orang setiap hari dan Anda bisa berkompetisi dengan usaha lain meski produknya sama.

Usaha kuliner adalah jenis usaha perseorangan industri kecil. Anda bisa memulai dengan membuka dapur lalu menjajakkannya dengan metode titip warung.

Selain titip warung, Anda juga bisa menjualnya sendiri. Ada pilihan lain selain membuka toko, yakni menjajakkan-nya secara berkeliling.

Gerobak makanan adalah alat yang praktis dalam usaha kuliner. Anda bisa menjangkau lebih banyak orang dan tak hanya orang-orang di sekitar Anda saja.

6. Membuka Kafe

Jenis Usaha Perseorangan Membuka Kafe

Contoh jenis usaha perseorangan yaitu kafe. Kafe yang ukuran kecil pun banyak dikunjungi oleh orang karena “nongkrong” telah menjadi sebuah kebutuhan. Ketimbang di rumah, mereka memilih untuk mengobrol di kafe karena merasa bebas dan bisa sambil minum.

Selain menjual tempat untuk ngobrol, tentunya Anda juga perlu menyiapkan menu kopi dan pastry yang enak untuk disajikan.

Sebelum membuka kafe, pastikan Anda sudah tahu cara membuat kopi yang baik. Ambil kelas barista jika perlu agar Anda bisa menjadi seorang yang pro.

7. Membuka Warung Jajan

Jenis Usaha Perseorangan Membuka Warung Jajan

Warung jajan adalah jenis usaha perseorangan yang identik dengan anak-anak. Menu yang dijual pun harus disesuaikan dengan selera anak-anak.

Warung jajan biasanya menjual berbagai menu seperti es, snack kemasan, atau makanan olahan daging seperti bakso atau sosis goreng.

Membuka usaha ini sebaiknya di sebuah sekolah, apapun jenjangnya. Anda juga memiliki banyak waktu luang karena tak harus membuka warung sepanjang hari. Pilihan lain adalah lapak di sekitar tempat bermain anak, taman hiburan, atau area di sekitar lapangan olahraga.

8. Usaha Tutor Belajar

Jenis Usaha Perseorangan Usaha Tutor Belajar

Bisnis les-lesan atau tutor bisa menjadi jenis usaha perseorangan dan kelompok. Orang tua banyak yang menyerah saat menemani anaknya belajar di rumah.

Mereka lebih memilih untuk menyewa jasa tutor karena dinilai lebih praktis, berpengalaman, dan juga ekspektasi hasil yang jauh lebih baik.

Untuk menjadi seorang tutor, Anda tak perlu di bawah naungan manajemen tertentu. Anda bisa mengiklankan diri di berbagai website belajar hanya dengan mengisi latar belakang dan tarif.

Jenis usaha perseorangan ini cukup menguntungkan karena bayaran tinggi dan jam kerja yang sedikit.

9. Usaha Sewa Lapangan

Jenis Usaha Perseorangan Usaha Sewa Lapangan

Banyak orang yang ingin bersenang-senang bersama teman-teman atau berpesta, namun tak memiliki tempat yang tepat.

Anda bisa membuka usaha sewa lapangan baik di dalam maupun luar gedung. Lapangan tak hanya untuk olahraga saja, namun juga untuk pesta seperti resepsi pernikahan.

Usaha sewa gedung mungkin tak akan setiap hari didatangai klien, namun sekali sewa harganya cukup mahal. Anda bisa mendapatkan untung besar setiap tahunnya.

Jika Anda memiliki tanah kosong, sulaplah menjadi lapangan dan mulai sewakan kepada orang lain.

10. Usaha Sewa Playstation

Jenis Usaha Perseorangan Usaha Sewa Playstation

Playstation adalah barang yang cukup mewah sebagai mainan anak-anak. Bermain playstation juga memiliki sensasi yang berbeda dari bermain game di komputer atau handphone.

Itu sebabnya, tempat sewa playstation selalu ramai dikunjungi bahkan untuk orang selain anak-anak.

Tentunya, Anda butuh modal yang cukup untuk membangun jenis usaha perseorangan ini. Setidaknya, Anda membeli 3-4 playstation lengkap dengan layar televisinya.

Area yang dibuat juga harus aman, nyaman, dan cukup untuk menampung beberapa orang sekaligus.

11. Usaha Sewa Tenda

Jenis Usaha Perseorangan Usaha Sewa Tenda

Setiap tahun, banyak orang yang menyelenggarakan acara-acara penting yang bersifat outdoor. Mereka biasanya menggunakan tenda untuk menaungi hadirin agar terkesan lebih formal dan mewah. Jenis acaranya adaah pernikahan, pesta ulang tahun, atau bahkan pengajian.

Anda bisa membuka usaha sewa tenda lengkap dengan dekorasinya. Tenda ada yang terbuat dari terpal, ada juga yang berupa awning. Untuk memberikan pelayanan yang lebih, Anda bisa melengkapinya dengan menyewakan kursi dan meja tamu.

12. Usaha Sewa Motor

Jenis Usaha Perseorangan Sewa Motor

Penyewaan kendaraan seperti motor tidak pernah ada matinya. Apalagi di kota besar atau tempat wisata, orang menyewa motor agar lebih leluasa bepergian.

Selagi ada modal, cobalah jenis usaha perseorangan ini. Yang pasti, Anda harus siap uang untuk servis ke bengkel.

Kesimpulan Jenis Usaha Perseorangan

Menjalankan jenis usaha perseorangan bukanlah tanpa tantangan. Anda tetap memiliki potensi rugi jika tidak dikelola dengan baik.

Jangan lupa untuk membuat visi misi usaha sekecil apapun skala usahanya. Meski mengerjakan usaha sendiri, Anda tetap bisa memiliki usaha yang sukses.

Demikian penjelasan mengenai jenis usaha perseorangan untuk mempermudah dalam memahami dan mempraktikkan-nya. Semoga bermanfaat.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *