sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Contoh Usaha Perdagangan Lengkap! (Jenis dan Pengertiannya)

contoh usaha perdagangan

Contoh Usaha Perdagangan – Tentu Anda sering mendengar tentang usaha perdagangan, yang sampai saat ini banyak diincar oleh masyarakat yang ingin berbisnis.

Banyaknya peluang usaha saat ini, membuat banyak orang ingin membuka usaha perdagangan. Contoh usaha perdagangan yang bisa dipilih adalah toko sembako.

Menekuni usaha dagang memang menjadi hal yang sangat menguntungkan, karena modal yang dikeluarkan tidak terlalu besar dan cara berdagang itu mudah untuk dipelajari. Maka walaupun masih pemula, Anda tetap bisa melakukan usaha dagang tersebut.

Contoh Usaha Perdagangan yang Ada di Indonesia

Setiap pengusaha atau pebisnis tentu ingin berjualan produk yang laku setiap harinya. Untuk itu Anda harus memilih contoh usaha dagang yang bisa laku setiap hari.

Misalnya jenis usaha yang mampu memberi penghasilan setiap hari dan menjanjikan dari segi keuntungan.

Berikut ini contoh usaha perdagangan yang ada di Indonesia yang laku setiap harinya, dan menjanjikan:

1. Minuman dengan Wi-Fi

Berjualan minuman memiliki persaingan yang cukup ketat saat ini. Untuk itu Anda harus berinovasi dengan berjualan minuman yang berbeda dari yang lain.

Misalnya dengan menyediakan jaringan Wi-Fi, sehingga konsumen bisa membeli minuman sekaligus internetan dengan jaringan Wi-Fi tersebut. Apalagi internet telah menjadi kebutuhan utama para pengguna Smartphone saat ini.

2. Makanan Khas Daerah

Setiap daerah tentu memiliki makanan khasnya masing-masing. Makanan khas ini memiliki potensi besar untuk laku keras setiap harinya, karena makanan khas daerah biasanya sudah dikenal dengan baik oleh masyarakat setempat.

Contoh usaha perdagangan dari makanan khas ini yaitu makanan seperti cimol, cilok, sebkal, dan sebagainya yang akan laku jika dijual di tanah Sunda seperti kota Bandung misalnya. Selain itu, Anda juga bisa berjualan makanan pempek yang khas dari Palembang.

3. Tanaman Hias

Saat ini tanaman sedang menjadi hobi bagi banyak orang. Tak lengkap rasanya jika di suatu rumah tidak ada tanaman hias yang membuat rumah menjadi lebih indah.

Jika Anda suka merawat tanaman maka hal ini juga bisa menjadi contoh usaha perdagangan yang menguntungkan. Banyak pilihan jenis tanaman hias yang banyak diminati, dan akan banyak dicari oleh para pecinta tanaman.

4. Sembako

Sembilan bahan pokok atau yang disebut dengan sembako adalah kebutuhan pokok yang akan selalu dibutuhkan oleh banyak orang. Anda bisa berjualan sembako di rumah dan tidak harus di tempat yang strategis.

Untuk kebutuhan pokok, biasanya orang akan mencarinya sendiri ke tempat Anda sehingga tidak harus di lokasi yang strategis. Cara berjualannya juga mudah dan jumlah modalnya tidak terlalu besar.

5. Makanan Ringan

Selain kebutuhan pokok, Anda juga bisa berjualan makanan ringan yang juga tidak membutuhkan jumlah modal yang besar.

Makanan ringan akan selalu diminati oleh banyak orang sehingga bisa menjadi salah satu contoh usaha perdagangan yang menguntungkan.


Jenis-jenis Usaha Perdagangan yang Ada di Indonesia

Jenis-jenis Usaha Perdagangan yang Ada di Indonesia

Ada banyak sekali jenis usaha perdagangan di Indonesia yang bisa Anda temukan dalam kehidupan sehari-hari.

Jenis usaha dagang ini masih berhubungan dengan keseharian, karena memang merupakan produk yang dibutuhkan.

Peluang usaha dengan potensi keuntungan yang besar bisa Anda peroleh dari usaha perdagangan tersebut.

Sebelum membahas tentang contoh usaha perdagangan, ada baiknya kita bahas lebih dulu jenis usaha perdagangannya.

Berikut ini, jenis usaha perdagangan di Indonesia yang harus Anda ketahui:

1. Jenis Usaha Kuliner

Usaha dagang di bidang kuliner baik makanan/minuman akan menjadi jenis usaha dagang yang potensial.

Anda bisa berjualan di rumah sendiri, misalnya berjualan makanan seblak, bakso, mie, minuman boba, kopi kekinian, dan sebagainya.

Anda harus membeli persediaan bahan bakunya terlebih dulu dari pemasok lalu diolah dan dijual pada konsumen.

Contoh lainnya yaitu berjualan ayam goreng, dengan stok daging serta bumbu yang sudah disediakan oleh pemasok.

2. Jenis Usaha Bidang Fashion

Peluang usaha di bidang fashion juga sangat besar karena pasarnya memang selalu ramai. Selain itu, perhatikan juga risiko perang harga yang semakin hari semakin kuat di bidang fashion tersebut.

Dalam memulai usaha dagang di bidang fashion maka Anda harus membeli produknya di toko besar, lalu menjualnya lagi dalam bentuk eceran/satuan.

Contohnya jika Anda akan berjualan sepatu maka Anda bisa membelinya 1 lusin misalnya, dari pemasok.

Setelah itu sepatu tersebut dijual kembali pada konsumen. Dalam berjualan produk fashion Anda harus peka pada tren fashion yang sedang up date saat ini.

3. Jenis Usaha Gadget

Hampir semua orang memiliki Smartphone saat ini, sehingga pasar Smartphone juga semakin meluas karena sudah menjadi kebutuhan.

Banyak Smartphone yang dijual dengan harga murah hingga mahal dan spesifikasi ringan hingga lengkap.

Untuk bergerak dalam bidang usaha gadget maka Anda harus mencari pemasok yang memberikan harga murah. Namun juga pilih produk Smartphone yang resmi dan terdaftar, sehingga aman untuk dijual kembali.

4. Jenis Usaha Pulsa/Kuota

Jenis usaha perdagangan lainnya yang juga bisa Anda pilih adalah jenis usaha dagang pulsa dan kuota. Kebutuhan akan pulsa/kuota sebanding dengan kebutuhan Smartphone, karena bagi mereka yang memiliki Smartphone tentu harus membeli kuota.

Modal dalam berjualan pulsa dan kuota juga tidak besar, hanya dengan 1 juta rupiah saja Anda sudah bisa berjualan. Tanpa harus membuka kios, Anda bisa berjualan di rumah saja. Walaupun persaingan usaha dagang di bidang ini cukup ketat.

5. Jenis Usaha Komoditi

Anda akan berjualan barang kebutuhan dari daerah lain yang akan dijual di daerah Anda. Contoh usaha perdagangan dari jenis usaha komoditi adalah, ketika Anda memiliki produsen kopi gayo di Aceh lalu membelinya di sana dan menjualnya di Pulau jawa.

Anda bisa membeli dalam jumlah yang besar kemudian angkut komoditasnya ke Pulau Jawa.

Baca Juga:

Sarekat Dagang Islam: (Sejarah, Perkembangan & Perpecahannya)

Transaksi Perusahaan Dagang & Pencatatan Transaksinya Lengkap

Dampak Negatif Perdagangan Internasional & Manfaatnya yang Positif


Pengertian Usaha Perdagangan

Pengertian Usaha Perdagangan

Usaha dagang atau yang disebut dengan perdagangan merupakan usaha dengan kegiatan utamanya yaitu melakukan pembelian.

Pembelian dalam produk/barang tertentu yang nantinya akan dijual kembali dengan mengambil keuntungan dari sana.

Namun tidak ada perubahan pada kondisi produk yang dijual tersebut karena merupakan barang jadi. Banyak juga contoh usaha perdagangan yang bisa Anda pilih, ketika Anda akan mulai membuka sebuah usaha.

Anda bisa membayangkan usaha perdagangan ini dari contoh penjualan pewangi ruangan misalnya. Sebelum menjual pewangi ruangan tersebut, Anda harus membelinya terlebih dulu.

Setelah Anda membelinya melalui agen lalu pewangi ruangan itu akan dijual kembali, dengan cara menerapkan selisih harga dari nilai agen itu sendiri.

Contohnya pewangi dari agen adalah Rp.30.000,- setelah dibeli Anda menjualnya kembali dengan harga Rp.37.500,-.

Bentuk serta kondisi dari pewangi ruangan itu tidak berubah, jadi yang mengalami perubahan hanya harga atau selisihnya saja yang akan menjadi margin keuntungan Anda.

Kesimpulan Contoh Usaha Perdagangan

Masih banyak lagi contoh usaha perdagangan lainnya yang cocok dijadikan usaha dagang saat ini, dengan jumlah pembeli yang terus bertambah dan keuntungan yang besar.

sindunesia Sindunesia, situs informatif dunia officially diposting oleh Admin Sindunesia.com

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *