sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

12+ Ide Contoh Usaha Perdagangan (Minim Modal)

Jenis Usaha Perdagangan

Jenis Usaha Perdagangan – Banyak orang yang memilih untuk berdagang sebagai salah satu solusi mendapatkan pendapatan.

Berdagang memang membutuhkan keterampilan untuk menjual dan memproduksi produk tertentu. Jenis usaha perdagangan sangat banyak di sekitar kita dan terjadi di kehidupan sehari-hari.

Semakin banyak produk yang laku, secara otomatis makin besar pula keuntungan yang bisa kita raup. Keuntungan inilah yang cenderung menggiurkan bagi para pelaku usaha.

Jika Anda baru mau memulai usaha dagang, berikut ini adalah usaha yang cukup menjanjikan.

12 Jenis Usaha Perdagangan

1. Membuka Warung

Jenis Usaha Perdagangan warung

Indonesia terkenal dengan toko kelontong yang disebut sebagai warung. Warung adalah toko kecil yang menjual kebutuhan rumah tangga seperti makanan, bahan dapur, alat mandi, dan sebagainya. Warung adalah usaha perdagangan secara perorangan.

Namun membangun sebuah warung membutuhkan dana yang besar. Anda tak bisa memiliki stok yang sedikit. Misalnya kopi sachet yang harus terdiri dari berbagai merk, rasa, dan jumlah yang banyak. Anda bisa menjual barang yang paling laku untuk rumah tangga jika modalnya terbatas.

2. Berjualan Online

jenis usaha perdagangan berjualan online

Sekarang, melakukan aktivitas dagang tak selalu membutuhkan toko. Anda bisa berjualan secara online. Tak hanya melalui market place yang terkenal saja, Anda bisa membuat branding di media sosial dan memasarkan produk di sana. Malah akan lebih mudah karena tersedia opsi iklan.

Anda bisa melakukan jenis usaha perdagangan ini secara online selama barang yang dijual memenuhi persyaratan pengiriman.

Hal ini mungkin terbatas seperti penjualan alat spray tidak bisa dikirim melalui jalur udara. Dengan online, penjualan lebih baik karena mudah dijangkau banyak orang.

3. Menjual Sembako

jenis usaha perdagangan Menjual Sembako

Sembako alias sembilan bahan pokok merupakan komoditi utama dalam rumah tangga. Usaha perdagangan meliputi perdagangan bahan seperti beras, minyak, telur, mie instan dan lainnya. Berjualan sembako bisa mendatangkan keuntungan yang besar karena barang ini laku di pasaran.

Contoh usaha perdagangan ini membutuhkan tempat seperti toko atau gudang untuk menyimpan barang. Anda bisa fokus menjual satu barang saja seperti beras, namun dengan berbagai pilihan. Sembako juga barang tahan lama dan tidak mudah busuk dalam hitungan hari.

4. Menjual Sayur-Mayur

jenis usaha perdagangan Menjual Sayur-Mayur

Sayuran adalah komoditi harian yang dibutuhkan oleh rumah tangga. Barang ini akan layu dalam 2-3 hari, sehingga ini menjadi tantangan Anda dalam melakukan jenis usaha perdagangan ini. Sayuran pasti banyak dicari oleh rumah tangga karena menjadi bahan makanan sehari-hari.

Anda bisa menjual sayuran di toko, berkeliling, atau bahkan secara online jika memungkinkan. Untuk bisa membuka usaha ini, pastikan tempat menaruh sayur aman dari binatang atau lembab. Perlu perhitungan yang jeli tentang stok agar sayur cepat habis dalam waktu kurang dari 2 hari.

Baca Juga:

Lengkap! Laporan Perubahan Modal (Komponen dan Tujuan)
12 Contoh Usaha Jasa (Ide Praktis dan Menguntungkan)
12+ Ide Jenis Usaha Perseorangan (Praktis dan Menguntungkan)

5. Berjualan Kuliner Khas

Jenis Usaha Perdagangan Berjualan Kuliner Khas

Jika Anda tinggal di kota yang merupakan tujuan wisata. Usaha perdagangan contohnya adalah seperti menjual kuliner. Kulinernya tentu saja yang menjadi ikon dari kota Anda. Misalnya kota Bandung yang terkenal dengan tapai singkong atau peuyeum.

Usaha yang satu ini akan sangat menggiurkan jika Anda tinggal di tempat yang strategis. Sebagai dapur usaha, Anda bisa dengan mudah mendistribusikannya. Sebagai tempat usaha, barang Anda musah dilirik oleh pelanggan maupun wisatawan yang berkunjung ke kota Anda.

6. Membuka Warung Tenda

Jenis Usaha Perdagangan Membuka Warung Tenda

Apakah Anda mengenal istilah warung tenda? Warung tenda merupakan warung yang berada di pinggir jalan dan hanya ada pada malam hari.

Warung ini menyediakan jajanan atau sajian menu makan malam, lengkap dengan tempat makan yang dinaungi oleh tenda terpal.

Beberapa kuliner khas warung tenda adalah pecel lele, bubur ayam, hingga martabak telur. Mereka hanya berdagang di malam hari saja. Jenis usaha perdagangan ini juga tak membutuhkan toko, namun Anda perlh lapak khusus dan pastinya bebas berjualan tanpa mengganggu fasum.

7. Berjualan Ikan Hias

Jenis Usaha Perdagangan Berjualan Ikan Hias

Pasar ikan hias tak akan pernah sepi. Peminatnya selalu saja ada dari berbagai kalangan. Bisnis ini cukup menggiurkan.

Pasalnya, Anda tak memiliki banyak pesaing. Kecuali Anda memilih lapak berjualan di pasar khusus yang menju ikan hias.

Anda tak hanya bisa menjual ikan hias saja. Ada banyak yang bisa dijual seperti pakan ikan, vitamin, ikan kecil untuk pakan, alat-alat memancing, akuarium, serta pernak-perniknya. Yang pasti, Anda harus menyiapkan toko yang aman untuk ikan yang dijual.

8. Berjualan Menu Sarapan

Jenis Usaha perdagangan Berjualan Menu Sarapan

Orang Indonesia tak pernah meninggalkan sarapan untuk memulai hari. Anda bisa mencoba contoh usaha perdagangan ini untuk meraup untung. Ada berbagai menu lazim orang Indonesia untuk sarapan seperti nasi uduk, lontong sayur, hingga bubur ayam.

Jenis usaha perdagangan ini juga menguntungkan dari segi waktu. Anda menyiapkan makanan sedari pagi, namun lama menjualnya bahkan tak sampai siang.

Jadi Anda bisa memiliki waktu banyak di siang dan malam hari. Carilah menu yang belum banyak dijual di sekitar Anda.

9. Menjual Kue Kering

Jenis Usaha Perdagangan Menjual Kue Kering

Kue kering adalah camilan yang banyak dicari orang. Kue-kue seperti stik, nastar, kue coklat banyak dinikmati di saat apapun seperti bersantai atau untuk jamuan tamu. Permintaan pasar terhadap kue kering juga cukup baik, apalagi sebagai oleh-oleh.

Keuntungan menjual kue kering adalah masa kadaluarsanya yang panjang. Selama Anda menggunakan bahan yang berkualitas, kue akan tahan lama. Anda tidak akan rugi banyak karena kue tidak langsung basi dan masih bisa dijual dalam beberapa minggu.

10. Berjualan Hadiah Ulang Tahun

Jenis Usaha Perdagangan Berjualan Hadiah Ulang Tahun

Banyak orang yang kebingungan untuk memberikan kado. Apalagi berkreasi untuk membuatnya berada dalam kotak kado yang menarik.

Peluang dari jenis usaha perdagangan yang satu ini sangat menarik dan Anda bisa mendapat untung yang banyak, terutama jika memanfaatkan layanan penjualan online.

Anda bisa menyiapkan isi kotak hadiah dengan barang yang lucu seperti piyama, boneka atau jam tangan.

Kemudian, hadiah tersebut dibungkus dengan kotak yang dihias semenarik mungkin. Nilai estetik inilah yang bisa dijadikan hasil usaha perdagangan yang besar.

11. Menjual Barang Elektronik

Jenis Usaha Perdagngan Menjual Barang Elektronik

Barang elektronik selalu dibutuhkan oleh rumah tangga. Kini, siapapun tak bisa hidup tanpa barang elektronik. Anda bisa membuka toko baik online maupun offline. Barang elektronik meliputi televisi, kulkas, mesin cuci, rice cooker, dan lain-lain.

Nilai tambah yang bisa dijadikan peluang lain adalah jika Anda sendiri atau toko memiliki karyawan teknis. Teknisi akan bisa mengatasi masalah pelanggan, sehingga bisa memberi pelayanan lebih dan maksimal. Ini akan menjadi umpan agar pelanggan tak lari ke toko lain.

12. Membuka Konter Pulsa

Jenis Usaha Perdagangan Membuka Konter Pulsa

Jika modal usaha Anda tak seberapa namun tetap ingin berdagang, cobalah contoh usaha perdagangan skala kecil seperti jual pulsa.

Hampir semua orang telah memiliki handphone dan pulsa adalah hal yang penting. Hampir setiap hari orang membutuhkan pulsa dalam jumlah yang tidak sedikit.

Mulailah dengan menyediakan pulsa dan data dengan sistem top-up. Yang pasti, Anda harus menyediakannya dalam banyak layanan provider.

Semakin berkembang, Anda bisa merambah ke pulsa listrik dan berbagai jenis top-up lainnya.

Kesimpulan Jenis Usaha Perdagangan

Selain modal, Anda juga memerlukan strategi bisnis. Jenis usaha perdagangan di atas tidak akan berkembang jika kurang tepat dalam membuat strategi. Ketatnya persaingan bisa membuat usaha berhenti di tengah jalan dan tidak mendapat untung sama sekali.

Semoga penjelasan jenis usaha perdagangan ini dapat membantu dalam memahami dan menerapkannya. Semoga bermanfaat.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *