sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

12 Contoh Usaha Jasa (Ide Praktis dan Menguntungkan)

contoh usaha jasa

Contoh Usaha Jasa – Membuka usaha tapi tak banyak modal? Contoh usaha jasa bisa jadi pilihan untuk Anda. Berikut ini adalah contoh-contoh usaha jasa yang menggiurkan dan fleksibel.

Apakah Anda ingin membuka usaha namun tak memiliki banyak modal untuk memulai? Anda bisa mengandalkan skill yang dimiliki untuk memulai.

Berbagai contoh usaha jasa sangat kompetitif dalam menghadirkan layanan dan juga hasil yang memuaskan pelanggan.

Kelebihan tipe bisnis ini adalah Anda juga tak selalu membutuhkan sebuah tempat usaha. Anda bisa bekerja secara pindah-pindah sehingga tak monoton. Hanya saja Anda harus menjamin kualitas terbaik kepada pelanggan Anda.

Daftar Contoh Usaha Jasa

Berikut ini adalah beberapa contoh usaha jasa perorangan yang bisa Anda ikuti:

1. Jasa Event Organizer

Maraknya berbagai acara membuat jasa event organizer tumbuh dengan subur. Jasa ini menyediakan layanan untuk merancang acara dari persiapan hingga selesai. Event organizer juga bertindak untuk memastikan bahwa acara berjalan dengan lancar.

Bisnis ini terbilang cukup menggiurkan di berbagai daerah. Tak hanya acara yang berhubungan dengan kantor jasa, event organizer juga berperan untuk acara konser musik, pernikahan, hingga ulang tahun. Semakin besar skala acara, maka makin besar pula keuntungan yang Anda dapatkan.

2. Jasa Reparasi

Tak semua orang akan membeli barang yang baru saat barang elektronik mereka mengalami kerusakan. Anda cenderung untuk mencari orang yang menyediakan jasa reparasi, bukan? Jasa ini selalu dibutuhkan kapanpun dan di manapun.

Namun untuk mendirikan contoh usaha jasa ini, Anda memerlukan kemampuan atau teknik yang sangat baik terkait dengan barang yang akan direparasi.

Umumnya reparasi terkait dengan barang elektronik dan barang otomotif. Semakin luas kemampuan Anda, maka akan semakin baik bisnis ini untuk Anda.

3. Jasa Laundry

Banyak orang yang tidak mencuci dan menyetrika pakaiannya. Alasan kesibukan atau karena lebih praktis, jasa laundry menjadi contoh usaha jasa yang sangat menjanjikan.

Laundry mengharuskan pengusaha bisa mencuci dan mengembalikan pakaian dalam keadaan yang rapi.Peluang

bisnis ini bisa dirintis selama Anda siap dengan tenaga dan strategi. Melakukan usaha ini sendirian akan sangat melelahkan.

Belum lagi Anda harus mengejar pelanggan dan menjaga kepercayaannya. Selain baju, Anda bisa membuka jasa laundry seperti sepatu dan helm.

4. Jasa Grooming Peliharaan

Sekarang ini makin banyak orang yang memiliki hewan peliharaan. Mereka biasanya memiliki kucing atau anjing di rumah.

Kedua peliharaan tersebut memerlukan perhatian yang khusus, seperti membawanya grooming secara teratur sebagai perawatan.

Perawatan ini dilakukan di salon grooming khusus. Contoh usaha jasa ini juga mengharuskan Anda untuk merapikan penampilan hewan peliharaan agar kesehatannya terjaga.

Tak hanya oleh dokter hewan, Anda juga bisa membuka usaha ini selama memiliki skill atau sertifikasi tertentu.

5. Jasa SEO

Berkembangnya bisnis online membuat orang berlomba agar websitenya bisa menempati posisi teratas di google. Jasa SEO pun makin marak untuk mengusahakan agar website para klien tak hanya memiliki trafik yang banyak, namun juga menarik minat pengunjung.

Bagi mereka yang memiliki bisnis online, SEO dianggap sebagai investasi yang penting. Contoh usaha dari jasa online ini memang sangat menguntungkan, namun Anda perlu skill yang cukup untuk memulai. Anda juga dituntut untuk terus update terkait dengan tren yang dinamis setiap waktu.

6. Jasa Cleaning

Di perkotaan, jasa cleaning atau bersih-bersih sangat diandalkan bagi sebagian orang. Mereka yang tidak sanggup menggaji rumah tangga namun malas untuk bersih-bersih, jasa ini akan sangat membantu. Upahnya juga sangat terjangkau, sementara bisnis ini dianggap menggiurkan.

Jasa bersih-bersih ini sangat menjanjikan apalagi mereka yang tinggal seperti di apartemen atau rumah yang jarang ditinggali.

Tak hanya untuk membersihkan rumah saja, jasa cleaning juga bisa untuk membersihkan kendaraan pribadi seperti mobil atau benda-benda tertentu di rumah.

Baca Juga:

Lengkap! Laporan Perubahan Modal (Komponen dan Tujuan)
10 Ulasan Jenis Usaha Ekonomi (Sektor dan Contohnya)
12+ Ide Contoh Usaha Perdagangan (Minim Modal)

7. Jasa Tour Guide

Hidup yang jenuh membuat orang memanfaatkan waktu senggangnya untuk berlibur. Di tempat wisata yang sangat besar dan didatangi para pengunjung luar daerah, biasanya pengunjung membutuhkan jasa tour guide atau pemandu wisata agar jalan-jalan terasa lebih praktis.

Pemandu wisata akan memberikan layanan berupa pembuatan jadwal kunjungan sehingga turis bisa berwisata secara efisien.

Selain itu, turis juga akan mendapatkan penjelasan dari Anda. Sebelum memulai usaha ini, ada baiknya Anda menguasai tempat wisata tersebut.

8. Jasa Fotografi

Di acara-acara yang besar, dokumentasi adalah hal yang sangat penting. Hasil foto yang sangat bagus membutuhkan kemampuan fotografi yang sangat baik.

Itu sebabnya, tak jarang orang-orang akan memilih contoh usaha bidang jasa fotografi sehingga hasilnya pun terlihat profesional.

Jasa fotografi juga tidak hanya tentang memotret saja. Biasanya, usaha ini dibarengi dengan jasa editing hingga hasil fotonya menjadi bagus.

Semakin banyak jasa terkait yang Anda tawarkan, maka nilai usaha Anda juga akan semakin baik.

9. Jasa Pembuatan Konten

Saat ini, kebutuhan konten bagi bisnis atau marketing adalah hal yang sangat penting. Konten adalah bentuk komunikasi yang bisa meningkatkan awareness dengan mereka yang membutuhkan. Konten juga menjadi jembatan komunikasi yang dikemas dengan unik dan menarik.

Pasalnya, tak semua orang jago dalam membuat konten. Bidang ini membutuhkan kemampuan desain visual yang efektif dan juga meninggalkan kesan.

Jika Anda memiliki kemampuan dalam membuat konten, membuka jasa konten menjadi contoh bisnis jasa unik dan menjanjikan.

10. Jasa Bimbel

Menjadi seorang guru atau tutor kini tak hanya terbatas di sekolah saja. Jika Anda memiliki background pendidikan, Anda bisa membuka contoh usaha jasa bimbel atau bimbingan belajar. Anda bisa menargetkan anak-anak sekolah jenjang SD hingga SMA yang membutuhkan bantuan belajar.

Jika tak memiliki tempat untuk mengajar, Anda bisa menawarkan jasa guru bimbel panggilan. Anda bisa datang ke rumah-rumah mereka untuk membantu dalam permasalahan di sekolah. Namun, usaha ini harus dibarengi dengan latar belakang pendidikan yang mumpuni.

11. Jasa Penerjemah

Apakah Anda memiliki keahlian dalam bahasa asing? Anda bisa mencoba untuk membuka usaha jasa penerjemah.

Selain bisa memanfaatkan ilmu, jasa penerjemah juga menjadi bisnis jasa yang sangat cemerlang. Contoh usaha jasa di Indonesia ini masih memiliki peluang yang sangat besar di pasar.

Ada dua jenis jasa penerjemah yang sangat ramai di Indonesia. Pertama adalah jasa penerjemah untuk dokumen penting.

Yang jelas, Anda harus menjadi penerjemah tersumpah dahulu. Nah, yang kedua adalah jasa penerjemah saat ada event sehingga Anda merangkap sebagai translator.

12. Jasa Endorse

Tak semua pebisnis mampu membuat iklan besar-besaran seperti di televisi. Memasang baliho juga membutuhkan dana yang besar.

Dengan berkembangnya media sosial, mereka tak hanya beriklan di sana namun juga memanfaatkan jasa endorse yang sering dilakukan oleh para selebritis.

Anda bisa memulai contoh usaha jasa ini jika Anda memang memiliki banyak follower di sosial media seperti instagram. Audiens Anda bisa menjadi aset untuk menjalankan bisnis. Anda bisa mempromosikan makanan, busana, dan barang lain yang sesuai dengan branding Anda di sosial media.

Meskipun tak menjual produk, contoh usaha jasa di atas tetap menjadi bisnis yang menggiurkan. Skill Anda akan berguna bagi masyarakat yang membutuhkan pelayanan Anda. Selain terus meningkatkan pengalaman, pastikan konsumen selalu puas agar usaha jasa tetap berjalan lancar.

Akhir Kata

Itulah berbagai macam contoh usaha jasa yang sangat potensial untuk keperluan bisnis Anda, semoga bermanfaat.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *