sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

60+ Deretan Uniknya Mata Uang Dunia (Mulai dari Garam Hingga Kayu)

Mata Uang Dunia

Mata Uang Dunia – Selain sebagai alat tukar, mata uang dunia memiliki banyak keunikan. Hal ini dikarenakan mata uang negara yang satu akan berbeda dengan negara yang lain. Selain itu, latar belakang penerbitan mata uang juga membawa cerita tersendiri.

Jumlah mata uang yang ada di seluruh dunia tidak sama dengan jumlah negara. Sebab, ada beberapa negara yang menggunakan mata uang yang sama.

Hal ini bisa disebabkan oleh banyak hal, salah satunya adalah peninggalan penjajahan di zaman dahulu.

Daftar Keunikan Mata Uang Dunia

1. Pecahan 100 Juta Miliar

Pecahan 100 Juta Miliar

Keunikan pertama datang dari negara Hungaria. Hal ini dikarenakan negara tersebut pernah mengeluarkan pecahan mata uang dengan nilai yang sangat besar.

Nominal yang tertera dalam mata uang tersebut tidak hanya sekitar juta saja, tetapi mencapai 100 juta miliar.

Nilai ini tentu adalah nilai yang terlampau besar. Namun, Hungaria memiliki alasan dalam menerbitkan mata uang tersebut.

Awal mula dari penerbitan mata uang yang saat itu sebenarnya sama dengan nilai 20 sen di masa sekarang adalah inflasi masih.

Pada tahun 1946 Hungaria mengalami masalah perekonomian yang parah, sehingga pemerintah setempat harus mengambil kebijakan tersebut.

2. Pecahan 100 Triliun

Pecahan 100 Triliun Zimbawe

Lain Hungaria, lain pula Zimbabwe. Mata uang dunia terunik satu ini juga memiliki pecahan yang sangat besar, mencapai 100 triliun dollar. Penyebab terbitnya mata uang dengan nominal fantastis ini juga sama dengan Hungaria.

Pada tahun 2008 silam, Zimbabwe mengalami inflasi masif. Karena keadaan tersebut, Anda bahkan harus membayar sejumlah 10 juta Dolar Zimbabwe hanya untuk membeli satu potong roti.

Melihat kondisi tersebut, keputusan kontroversial pun dikeluarkan oleh Presiden Robert Mugabe kala itu.

3. Koin Freshwater Pearl

Koin Freshwater Pearl Palau

Sebagai sebuah negara kepulauan, maka sudah seharusnya menghargai dan menjaga kekayaan laut yang ada. Hal ini juga dilakukan oleh negara Palau. Bahkan, kecintaan ini diwujudkan dalam keindahan mata uang negara.

Jika umumnya pecahan koin di negara-negara lain hanya berupa lempengan logam dengan ukiran wajah atau benda tertentu, maka berbeda dengan koin negara Palau.

Koin negara Palau memiliki hiasan berupa mutiara kecil yang diletakkan di tengah-tengah koin. Oleh karena itulah koin ini juga dinamakan dengan Freshwater Pearl.

Baca Juga:

Memahami Investasi Jangka Panjang beserta Strateginya
10 Deretan Mata Uang Tertinggi di Dunia (Dari Tertinggi ke Terendah)
Fakta Mata Uang Rupiah (Keunikan yang Harus Anda Tahu)

4. “Uang Bicara”

Uang Bicara Mongolia

Mata uang yang dikeluarkan tahun 2007 ini dinamakan dengan uang bicara, karena memang koin ini memiliki kemampuan untuk menghasilkan suara.

Koin yang dimiliki oleh negara Mongolia ini memiliki sebuah tombol khusus di atas badan koin. Apabila ditekan, maka akan terdengar pidato dari presiden Amerika Serikat ke-35, John F. Kennedy.

Gambar Kennedy juga menghiasi salah satu sisi mata uang dunia berbentuk koin yang bernilai 500 tersebut. Hingga sekarang, belum terungkap alasan dari pemerintah setempat dalam penggunaan gambar dan suara Kennedy alih-alih presiden atau tokoh nasional mereka.

5. Pecahan Uang Bolong

Pecahan Uang Bolong Zaire

Keunikan dari mata uang dunia asal Zaire ini terletak pada bagian uang koin yang bolong. Pecahan uang yang satu ini sebenarnya tidak memiliki lubang.

Latar belakang adanya lubang pada mata uang tersebut adalah karena adanya penggulingan presiden mereka di tahun 1997.

Padahal, gambar yang terletak pada uang tersebut adalah gambar dari presiden yang sudah digulingkan. Untuk menyiasati hal tersebut, dibuanglah bagian muka presiden sehingga terdapat lubang di tengah pecahan uang.

6. Mata Uang Keju

Mata Uang Keju Italia

Mata uang yang dimiliki oleh negara Italia ini merupakan mata uang dunia khusus yang tidak bisa digunakan oleh sembarang orang.

Otomatis, mata uang ini juga tidak diproduksi secara besar-besaran dan diedarkan untuk umum seperti mata uang resmi.

Mata uang yang memang terbuat dari keju ini hanya diperuntukkan bagi para pembuat keju. Gunanya adalah sebagai jaminan jika para pembuat keju tersebut memiliki utang.

Jika mereka tidak dapat melunasinya, maka keju yang memiliki nilai tukar sebesar 300 Dolar Amerika Serikat itu akan dijual. Otoritas yang berhak mengeluarkan dan menjual mata uang keju tersebut adalah Bank Banco Emiliano.

7. Mata Uang Burma

Mata Uang Burma Myanmar

Keunikan yang dimiliki oleh negara Burma adalah dari proses penerbitan pecahannya. Kekacauan ini terjadi ketika Burma berada di bawah presiden Ne Win.

Pada tahun 1985, Ne Win mengeluarkan kebijakan tentang larangan peredaran pecahan 50 dan 100 Kyat. Tidak ada alasan khusus di balik pelarangan tersebut dan semuanya terjadi secara mendadak.

Belum reda keterkejutan rakyat, Ne Win kembali membuat kebijakan mendadak. Dia mengeluarkan pecahan bernilai 75 Kyat.

Alasannya sungguh sederhana namun mengejutkan, dalam minggu tersebut Ne Win genap berusia 75 tahun.

Mata uang dunia yang satu ini memang fenomenal. Tetapi ada lagi yang lebih mengejutkan dan tiba-tiba, yaitu penerbitan uang pecahan 15, 35, dan 9 Kyat.

Alasan uang tersebut diedarkan adalah karena angka-angka tersebut dianggap membawa keberuntungan.

8. Mata Uang Kayu

Mata Uang Kayu Jerman

Perang selalu membawa dampak yang buruk dalam segala bidang, terutama ekonomi. Hal ini juga yang terjadi pada negara Jerman setelah meletusnya Perang Dunia I.

Sama seperti negara lainnya, perekonomian Jerman sangat terpukul. Hal ini membuat mata uang dunia di Jerman seakan tidak berdaya dan tidak bisa diterbitkan.

Maka sebagai solusi, segala benda digunakan sebagai alat pembayaran. Salah satu yang digunakan oleh masyarakat Jerman adalah balok kayu yang kemudian disebut dengan Notgeld.

Untuk membedakan nominalnya, potongan kayu tersebut akan diberi warna. Karena merupakan potongan kayu, maka tidak ada otoritas keuangan yang bertugas untuk mencetak dan mengawasi peredaran uang tersebut.

9. Balok Garam

mata uang balok garam

Sesuai fakta sejarah, garam memang pernah digunakan sebagai mata uang dunia di masa dahulu. Salah satu bangsa yang menggunakan garam sebagai alat pembayaran adalah Bangsa Romawi.

Hal ini juga yang membuat kata gaji dalam Bahasa Inggris menggunakan kata salary yang diambil dari kata Salarium atau Salt Money (Uang Garam).

Balok garam juga dinamakan dengan amoled chew. Biasanya satu balok garam memiliki panjang hingga 12 inch. Nantinya, balok yang memiliki ketebalan 1,5 inch ini akan dipotong kecil guna ditukar dengan barang-barang kebutuhan.

10. Quasi Universal Intergalactic Denomination (QUID)

Mata Uang Quasi Universal Intergalactic Denomination (QUID)

Nama mata uang dunia yang satu ini memang masih cukup asing. Hal ini karena mata uang ini memang belum diedarkan secara luas.

Bisa dibilang mata uang ini adalah mata uang masa depan. Sebab, sesuai dengan namanya, mata uang ini hanya dapat digunakan ketika nanti ada transaksi antar galaksi.

Perusahaan Travelex adalah penggagas mata uang ini. Namun, karena sampai sekarang belum ada yang dapat melakukan perjalanan antar galaksi, apalagi melakukan transaksi, maka mata uang ini masih disimpan di National Space Center.

Nama Mata Uang Dunia yang Populer

No.Nama NegaraNama Mata Uang
1AlbaniaLek Albania
2ArgentinaPeso Argentina
3AustraliaDolar Australia
4BangladeshTaka Bangladesh
5BrazilReal Brasil
6BermudaDolar Bermuda (Bermudian Dollar)
7ChinaChinese Yuan (CNY)
8DenmarkKrona Denmark
9EkuadorDolar Amerika Serikat (US Dollar)
10FinlandiaEuro
11KanadaDolar Kanada (Canadian Dollar)
12PrancisEuro
13JermanEuro
14KolombiaPeso Kolombia
15MesirPound Mesir (Egyptian Pound)
16YunaniEuro
17GuatemalaQuetzal Guatemala
18IndiaIndian Rupee
19IndonesiaRupiah
20IsraelShekel baru Israel (New Israeli
Sheqel)
21ItaliaEuro
22JepangYen Jepang
23LithuaniaEuro
24MalaysiaRinggit Malaysia
25MeksikoPeso Meksiko
26Selandia BaruDolar Selandia Baru
27NorwegiaKrona Norwegia
28Uni Emirat ArabDirham Uni Emirat Arab
29FilipinaPeso Filipina
30PortugalEuro
31Korea SelatanWon Korea Selatan
32RusiaRubel Rusia
33Arab SaudiRiyal Saudi
34SingapuraDolar Singapura
35ThailandBaht Thailand
36SpanyolEuro
37SwediaKrona Swedia
38TurkiLira Turki (Turkish Lira)
39TaiwanDolar Baru Taiwan
40United Kingdom (Britania Raya)Pound Britania
41United States of America (Amerika
Serikat)
Dolar Amerika Serikat
42VietnamDong Vietnam
43VenezuelaBolivar Venezuela
44LibyaDinar Libya
45MacauPataca Macau
46Maldives (Maladewa)Rufiyaa Maladewa
47MyanmarKyat Burma
48KambojaRiel Kamboja
49Brunei DarussalamDolar Brunei
50MongoliaTugrik Mongolia

Kesimpulan Mata Uang Dunia

Ternyata ada banyak cerita unik terkait dengan mata uang dunia. Selain itu, bentuk mata uang ini juga berbeda-beda dan sangat khas.

Walaupun beberapa di antaranya sudah tidak lagi beredar, tetapi sejarah uang tersebut akan tetap dikenang dan dipelajari.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *