sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

10 Deretan Mata Uang Tertinggi di Dunia (Dari Tertinggi ke Terendah)

Mata Uang Tertinggi di Dunia

Mata Uang Tertinggi di Dunia – Di dunia ini terdapat lebih dari satu mata uang yang beredar di dunia. Namun, dari sekian banyak mata uang, akan selalu ada mata uang tertinggi di dunia dibandingkan dengan lainnya.

Kekuatan mata uang ini tidak selalu dimiliki oleh negara besar. Bahkan, negara kecil seperti Kuwait bisa memiliki mata uang dengan nilai tukar paling tinggi. Hal ini disebabkan oleh banyak faktor, salah satunya adalah kekayaan alam yang melimpah.

Selain itu, tentunya peran serta pemerintah dan rakyat yang mau bekerja sama membangun negara.

Daftar Mata Uang Tertinggi di Dunia

Berikut adalah daftar mata uang dunia dari tertinggi sampai terendah.

1. Dinar Kuwait (KWD)

Seperti yang sudah dibahas sedikit di atas, negara Kuwait memiliki mata uang yang paling tinggi nilainya dibandingkan dengan negara lainnya.

Mata uang yang dinamai Dolar Kuwait ini bahkan lebih tinggi dari mata uang negara adidaya, Amerika Serikat.

Meskipun Kuwait adalah negara yang kecil, namun negara ini mendapatkan peringkat salah satu negara paling kaya di dunia.

Kekayaan ini didapatkan dari kekayaan alam, terutama minyak bumi. Bahkan, produksi minyak bumi di negara ini bisa stabil sehingga mampu melakukan ekspor. Dari kegiatan ekspor inilah devisa negara Kuwait didapatkan.

Bahkan, hanya 20% pendapatan negara yang didapatkan dari bidang selain industri minyak. Negara lain banyak yang memilih untuk mengimpor minyak dari Kuwait karena harganya yang lebih murah. Hal ini membuat perekonomian negara kecil tersebut bisa sangat stabil.

2. Dinar Bahrain (BHD)

Bahrain juga merupakan negara yang kecil, bahkan jumlah penduduknya hanya berjumlah jutaan saja. Namun, Bahrain juga memiliki mata uang dengan nilai tertinggi di dunia.

Mata uang negara yang terletak di kepulauan Teluk Persia ini sangat kuat karena pendapatan negara dari sisi ekspor juga besar.

Jika Kuwait mengandalkan minyak bumi sebagai sumber pendapatannya, maka Bahrain memiliki tambang batu bara yang besar dan diolah dengan baik.

Ekspor emas hitam ini bahkan dapat menekan laju pertukaran dengan dolar Amerika Serikat tetap stabil sejak 2005 silam.

3. Oman Rial (OMR)

Sama seperti negara di Semenanjung Arab lainnya, sumber pendapatan dari negara Oman juga lebih banyak bertumpu pada ekspor minyak bumi.

Selain itu, letak geografis Oman yang strategis juga memperkuat ekonomi negara ini di sisi perdagangan. Bahkan, kualitas hidup di negara ini adalah salah satu yang paling tinggi.

Saking tingginya nilai mata uang Oman Rial, pemerintah setempat harus mengedarkan uang dengan pecahan ¼ hingga ½ Rial.

Maka tidak heran jika Oman memiliki salah satu mata uang tertinggi di dunia yang hanya dapat dibandingkan dengan dolar Amerika Serikat.

Baca Juga:

Memahami Investasi Jangka Panjang beserta Strateginya
7 Tips Mudah Cara Mengatur Keuangan (Dengan Metode Terkenal)
Mengenal Deretan Uniknya Mata Uang Dunia (Mulai dari Garam Hingga Kayu)

4. Dinar Yordania (JOD)

Sebuah anomali terjadi di negara Yordania. Jika tiga mata uang dengan nilai tukar tertinggi sebelumnya muncul karena kekuatan negara di bidang ekonomi, maka tidak demikian dengan Yordania.

Jika dilihat dari segi kekayaan alam, Yordania tidak memiliki kekayaan yang menonjol, bahkan bisa dikatakan kekurangan.

Secara kekuatan ekonomi pun negara ini tidak berkembang secara signifikan. Walau demikian, nilai tukar Dinar Yordania terhadap Dolar Amerika Serikat tetap tinggi yaitu 1 : 1,41.

5. Poundsterling Inggris (GBP)

Sebagai bagian negara dari Britania Raya, beberapa negara koloni memiliki mata uang mereka sendiri. Jika dilihat dari penampakan fisiknya, Poundsterling berbeda dengan uang yang dicetak oleh Bank of England.

Namun dari segi nilai tukar, mata uang tertinggi kelima di dunia ini memiliki nilai yang sama yaitu 1 : 1.

Tiap poundsterling memiliki ciri berbeda. GBP Skotlandia berbeda dengan GBP Irlandia Utara dan begitu pula dengan negara koloni lainnya. Jika menurut pada jumlah negara koloni, maka ada 8 Poundsterling yang berbeda.

6. Dolar Kepulauan Cayman (KYD)

Jika datang ke kepulauan ini, Anda akan menemukan ratusan bank yang berdiri, begitu pula dengan perusahaan asuransi maupun hedge fund.

Maka tidak heran jika kepulauan ini menjadi salah satu surga bagi penarikan pajak, bahkan menjadi yang terbaik di dunia.

Berkat kebijakan yang diterbitkan oleh pemerintahan setempat, tidak heran jika mata uang tertinggi di dunia urutan keenam ada di tempat ini.

Satu KYD dihargai sekitar 1,22 Dolar Amerika Serikat. Tentunya ini adalah sebuah angka yang tinggi.

7. Euro Eropa (EUR)

Sebagai mata uang resmi gabungan dari negara yang ada di kawasan Benua Eropa, tidak heran jika Euro menjadi salah satu mata uang tertinggi.

Bahkan posisi Euro semakin menguat dari tahun ke tahun, meskipun bisa dikatakan usia mata uang ini masih muda.

Walaupun hanya menduduki posisi ketujuh dalam urutan mata uang tertinggi di dunia, namun Euro menjadi cadangan kedua dari mata uang dunia.

Bahkan, dari keseluruhan cadangan yang ada, prosentase Euro mencapai 22,2%. Sedangkan sisa cadangan dikuasai oleh Dolar Amerika Serikat yaitu sebesar 62,3%.

8. Franc Swiss (CHF)

Swiss merupakan salah satu negara yang paling terkenal. Bukan hanya karena coklat, kualitas hidup maupun kekayaan, tetapi Swiss juga terkenal karena sistem keamanan bank yang sangat menjamin kerahasiaan nasabahnya.

Sebagai salah satu negara yang juga memiliki kekayaan paling banyak, mata uang Swiss menduduki peringkat kedelapan sebagai mata uang dengan nilai tukar yang tinggi. Hal ini membuat Swiss semakin disegani di bidang perekonomian.

9. Dolar Amerika Serikat (USD)

Sebagai negara adidaya, tidak heran jika Dolar Amerika Serikat masuk ke dalam jajaran mata uang tertinggi nilainya di dunia.

Bahkan, mata uang dari negeri Paman Sam ini adalah mata uang yang menjadi cadangan dunia. Penyebabnya adalah peredaran USD yang hampir ada di mana pun.

10. Dolar Kanada (CAD)

Meskipun hanya sebuah negara kecil, namun mata uang Kanada mampu menjadi urutan kelima dalam cadangan mata uang dunia. Nilai dari mata uang yang juga disebut Loonie ini pun terbilang tinggi terhadap Dolar Amerika Serikat.

Urutan Mata Uang Tertinggi di ASEAN

Urutan Mata Uang Tertinggi di ASEAN

Setelah mata uang tertinggi di dunia, ada pula mata uang yang tertinggi di kawasan Asia Tenggara atau yang disebut juga dengan ASEAN.

Di bawah ini akan dibahas singkat tentang mata uang tersebut dan nilai tukarnya terhadap rupiah:

1. Dolar Singapura

Nilai tukar dari mata uang yang dicetak dan diatur oleh Otoritas Moneter Singapura ini adalah sebesar 10.927 rupiah.

2. Dolar Brunei

Patokan nilai tukar mata uang dunia milik Brunei ini adalah dolar Singapura dengan perbandingan 1 : 1. Adapun nilai tukarnya dengan rupiah sebesar 10.925 rupiah.

3. Ringgit Malaysia

Di posisi ketiga diduduki oleh Malaysia dengan nilai tukar terhadap mata uang rupiah sebesar 3.534 rupiah.

4. Rupiah Indonesia

Mata uang dari negara Indonesia ini dicetak dan diawasi peredarannya oleh Bank Indonesia. Rupiah menduduki peringkat keempat mata uang tertinggi di kawasan Asia Tenggara dengan kode ISO 4217 IDR.

Kesimpulan Mata Uang Tertinggi di Dunia

Sebuah mata uang tertinggi di dunia memiliki nilai tukar yang cukup fantastis. Hal ini tidak berjalan dengan sendirinya, tetapi ada peran pemerintah dan juga masyarakat dalam membangun mata uang tersebut.

Itulah daftar urutan mata uang tertinggi di dunia hingga rupiah Indonesia. Semoga Bermanfaat.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *