sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Ini 5 Cara Menabung di Bank (Disertai Langkah Pembukaan Rekening)

Cara Menabung Uang di Bank

Cara Menabung di Bank – Bagi generasi milenial tampaknya mengatur keuangan adalah salah satu hal prioritas. Segala sesuatu dapat terjadi di waktu yang serba tiba-tiba, maka mengetahui cara menabung di bank yang benar harus bisa menjadi perhatian.

Sedari kecil, menabung adalah sebuah gerakan yang selalu digaungkan. Namun, pada kenyataannya, hanya beberapa persen saja yang benar-benar menerapkan prinsip menabung. Padahal ada banyak keuntungan dari menabung, terutama di bank.

Panduan dan Cara Menabung di Bank

1. Siapkan Keperluan Administratif

Sama seperti urusan di birokrasi lainnya, saat akan membuka rekening pun Anda akan dimintai identitas diri sebagai syarat administrasi.

Anda dapat menyerahkan Kartu Tanda Penduduk atau identitas lain, seperti kartu mahasiswa ketika pertama kali membuka rekening.

Dahulu, biasanya Anda harus membawa kopian dari identitas diri tersebut, tetapi sekarang tiap bank sudah memiliki fasilitas tersebut sehingga Anda hanya perlu menunjukkan kartu dan mengisi data diri di formulir yang sudah disediakan.

2. Setoran Awal

Salah satu pentingnya mengetahui cara menabung di bank yang tepat lewat pencarian data terlebih dahulu adalah masalah setoran tunai.

Ketika membuka rekening pertama kali umumnya Anda akan dikenakan setoran awal. Ini artinya Anda harus mempersiapkan uang tunai sebesar saldo minimal yang ditetapkan oleh tiap bank untuk tiap jenis produk tabungan mereka.

3. Datang Ke Bank

Sekarang ini ada cara mudah menabung di bank yaitu lewat mesin ATM atau aplikasi. Anda dapat membuka rekening dengan mengikuti panduan yang ada di mesin digital tersebut.

Tetapi, jika Anda ragu, langkah yang tepat adalah mendatangi kantor cabang dari bank yang Anda pilih.

Ketika sampai di kantor, Anda biasanya akan disambut oleh satpam yang menanyakan kepentingan Anda datang ke sana. Jelaskan maksud tujuan Anda dan kemudian ikuti instruksi yang diberikan oleh satpam.

Umumnya, Anda akan diberikan nomor antrean untuk bisa menemui Customer Service yang ada. Sambil menunggu, Anda akan disodori formulir yang harus diisi, umumnya terkait dengan data diri dan keperluan pembukaan rekening.

4. Menemui CS

Setelah nomor antrean Anda dipanggil, maka Anda akan diantar untuk menemui CS. Sampaikan tujuan Anda, yaitu membuka rekening.

Biasanya, CS akan memberikan informasi singkat terkait produk yang mereka keluarkan serta langkah dan cara menabung di bank di kemudian hari.

Jangan ragu untuk bertanya selengkap mungkin terkait jenis tabungan yang akan Anda pilih. Sebab, terkadang informasi yang ada di media sosial kurang terkini, beda dengan informasi real time yang disampaikan oleh CS.

Kemudian, Anda akan diminta untuk menunjukkan kartu identitas, formulir yang sudah diisi serta menjawab sejumlah pertanyaan yang diajukan.

Jika Anda ingin menggunakan fasilitas mobile banking atau internet banking, maka Anda juga harus mengikuti instruksi yang disampaikan oleh CS.

5. Mengaktifkan ATM

Jika memilih untuk menggunakan fasilitas ATM sesuai cara menabung di bank, yang disediakan oleh produk tabungan pilihan Anda, maka nantinya akan diberikan sebuah surat yang berisikan nomor ATM default dari bank.

Nantinya, Anda harus mengaktifkan kartu tersebut secara mandiri lewat mesin ATM. Anda juga dianjurkan untuk mengganti nomor pin sesuai dengan pilihan Anda. Cara pengaktifan ini cukup mudah dan Anda hanya perlu mengikuti petunjuk yang ada.

Jika Anda ragu, mintalah pertolongan satpam di bank untuk aktivasi kartu ATM. Setelah diaktivasi, Anda harus menunggu 15 sampai 30 menit sampai kartu tersebut siap digunakan.

Pertimbangan Sebelum Memutuskan Cara Menabung di Bank

Pertimbangan Sebelum Memutuskan Cara Menabung di Bank

Berikut adalah langkah tepat cara menabung di bank dengan sop yang mudah.

1. Pilih Bank

Sebelum membuka rekening, ada baiknya Anda memilih bank yang akan dijadikan sebagai tempat untuk menyimpan uang. Ada banyak bank yang ada di Indonesia, mulai dari bank pemerintah hingga swasta.

Semua bank juga memiliki kelebihan dan kekurangan masing-masing. Namun, agar uang yang disimpan aman, pastikan bank tersebut sudah berada di bawah pengawasan Lembaga Penjamin Simpanan (LPS).

Pertimbangan lain adalah keberadaan mesin ATM. Jika Anda sering menggunakan mesin ATM, maka pilih bank yang memiliki kemudahan dalam akses mesin ATM. Pilih bank yang sudah terpercaya dan terbukti bagus pelayanannya.

2. Pilih Jenis Rekening

Ada banyak jenis penyimpanan yang ada di bank, mulai dari tabungan konvensional, berjangka, pendidikan, hingga tabungan haji. Dengan mengetahui jenis-jenis tabungan ini, maka Anda dapat menyesuaikannya dengan kebutuhan.

Cara membuka tabungan di bank dengan pemilihan jenis tabungan yang tepat akan membuat anggaran Anda menjadi lebih teratur dan pemanfaatannya pun tepat guna.

3. Kartu ATM

Dengan adanya kartu ATM, maka Anda dapat dengan mudah menarik tunai maupun transaksi lainnya. Namun, memiliki kartu ATM bukanlah sebuah keharusan.

Jika Anda memang berniat menabung untuk simpanan, maka lebih baik memang tidak menerbitkan kartu ATM.

Saat membuka rekening, Anda akan ditawari pilihan, menerbitkan kartu ATM atau tidak. Anda dapat menolaknya jika memang merasa tidak memerlukan kartu tersebut.

Walaupun memiliki banyak keuntungan, tetapi menerbitkan kartu ATM juga dapat berarti potongan administrasi yang bertambah.

Keuntungan Menabung di Bank

Keuntungan Menabung di Bank

  • Keamanan

Proses menabung di bank memang sangat mudah, hal ini dilakukan agar banyak orang yang tertarik untuk menabung di bank. Salah satu keuntungan yang diberikan oleh bank adalah perihal keamanan.

Ketika menyimpan uang di bank, maka hanya Anda yang memiliki akses terhadap uang tersebut. Anda dapat menambah saldo, menarik tunai dan melakukan berbagai transaksi dengan tabungan tersebut, tanpa campur tangan pihak lain kecuali ada surat kuasa.

Selain itu, setiap uang yang ditabung di bank dijamin oleh negara yaitu lewat Lembaga Penjamin Simpanan. Jadi, ketika bank yang Anda pilih ternyata dinyatakan pailit, uang yang Anda simpan akan tetap aman dan dikembalikan sesuai dengan nominal yang sesungguhnya.

  • Bunga

Ketika menabung di rumah dengan celengan atau penyimpanan konvensional lainnya, uang Anda hanya akan bertambah jika Anda memasukkan uang secara rutin. Hal ini berbeda dengan ketika menyimpan uang di bank.

Anda pasti mengenal istilah bunga tabungan. Besar bunga ini berbeda, tergantung dari bank serta jenis tabungan yang Anda pilih.

Jika Anda rutin menabung dalam jangka waktu tertentu, maka uang Anda akan bertambah karena adanya penambahan bunga. Cara menabung di bank swasta maupun pemerintah tentu sama saja melibatkan bunga di dalamnya.

  • Kemudahan Transaksi

Ada banyak produk yang disediakan oleh bank, mulai dari ATM, mobile banking, hingga internet banking. Dengan adanya kemudahan tersebut, Anda dapat melakukan berbagai transaksi dengan mudah.

Bukan hanya menarik tunai, Anda bahkan bisa membayar berbagai tagihan hanya dengan sekali sentuh.

Kesimpulan Cara Menabung di Bank

Di era arus informasi cepat seperti sekarang ini, cara menabung di bank sudah mulai dipermudah. Bahkan, ketika ingin memiliki tabungan atau mengganti kartu ATM, nasabah tidak perlu harus datang ke bank.

Banyak bank mulai membuat aplikasi dan juga memanfaatkan mesin ATM mereka untuk membuat rekening baru dan beberapa layanan perbankan lainnya.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *