sindunesia Sindunesia, (Pejuang Waktu) yang suka belajar apa saja untuk kemanfaatan sesama.

√ Kenali Macam-Macam Peralatan Dapur yang Wajib Anda Miliki Sendiri

macam-macam-peralatan-dapur-macam macam peralatan dapur-macam macam peralatan dapur beserta fungsinya-macam-macam peralatan dapur dan fungsinya-macam macam peralatan dapur dan harganya-macam macam peralatan dapur dalam bahasa inggris-macam-macam peralatan dapur di hotel-macam macam peralatan dapur bahasa inggris-macam macam peralatan dapur dalam bahasa sunda-macam macam peralatan dapur dari plastik-macam-macam peralatan dapur besar dan fungsinya

macam-macam-peralatan-dapur-macam macam peralatan dapur-macam macam peralatan dapur beserta fungsinya-macam-macam peralatan dapur dan fungsinya-macam macam peralatan dapur dan harganya-macam macam peralatan dapur dalam bahasa inggris-macam-macam peralatan dapur di hotel-macam macam peralatan dapur bahasa inggris-macam macam peralatan dapur dalam bahasa sunda-macam macam peralatan dapur dari plastik-macam-macam peralatan dapur besar dan fungsinya

Macm-Macam Peralatan Dapur–Peralatan dapur merupakan sebuah kebutuhan vital bagi masyarakat pada umumnya. Terutama bagi mereka para seorang yang berumah tangga atau kawula muda yang baru saja menikah.

Peralatan dapur sangat bermanfaat dalam menunjang aktivitas kehidupan sehari-hari yang berhubungan dengan makanan.

Dengan adanya peralatan dapur yang memadahi, Anda akan lebih bergairah dan mudah untuk memasak setiap hari.

Dengan memiliki peralatan dapur sendiri pastinya akan berpengaruh terhadap pengeluaran rumah tangga anda. Penghematan pun bisa dilakukan karena kebiasaan makan di luar bisa diminimkan.

Selain itu kesehatan anda akan menjadi lebih terkontrol dan terjaga dengan baik. Pada artikel ini akan kami sajikan macam-macam peralatan dapur yang wajib dimiliki.

Macam-Macam Peralatan Dapur

Berikut adalah bebrapa macam-macam peratalatan dapur yang umum digunakan:

  • Pisau
  • Panci dan Wajan
  • Telenan
  • Spatula, Sendok, Jepitan
  • Timbangan
  • Alat Pengupas
  • Panci Pemanggang
  • Mangkuk Adonan
  • Blender
  • Lemari Pendingin / Freezer
  • Rice Cooker
  • Dispenser

Pisau

macam-macam-peralatan-dapur-pisau-macam macam peralatan dapur-macam macam peralatan dapur beserta fungsinya-macam-macam peralatan dapur dan fungsinya-macam macam peralatan dapur dan harganya-macam macam peralatan dapur dalam bahasa inggris-macam-macam peralatan dapur di hotel-macam macam peralatan dapur bahasa inggris-macam macam peralatan dapur dalam bahasa sunda-macam macam peralatan dapur dari plastik-macam-macam peralatan dapur besar dan fungsinya

Pisau merupakan sebuah alat yang digunakan untuk memotong. Pisau terdiri dari dua bagian utama, yaitu pegangan pisau dan bilah pisau.

Bilah pisau dibuat dari logam, besi, atau baja pipih yang tepinya dibuat tajam tepi yang tajam ini disebut mata pisau.

Pada umumnya pegangan pisau didisain berbentuk memanjang agar dapat digenggam dengan tangan.

Pisau merupakan alat paling berharga untuk pekerjaan seorang chef. Seperangkat yang pisau bagus dapat mempengaruhi kualitas hidangan Anda.

Pisau dapur menurut fungsinya memiliki bentuk dan jenis yang berbeda pula.

Dalam dapur harus terdapat banyak pisau yang akan memudahkan dalam menyesuaikan jenis potongan sesuai dengan keinginan Anda.

Panci dan Wajan

macam-macam-peralatan-dapur-panci-dan-wajan-macam macam peralatan dapur-macam macam peralatan dapur beserta fungsinya-macam-macam peralatan dapur dan fungsinya-macam macam peralatan dapur dan harganya-macam macam peralatan dapur dalam bahasa inggris-macam-macam peralatan dapur di hotel-macam macam peralatan dapur bahasa inggris-macam macam peralatan dapur dalam bahasa sunda-macam macam peralatan dapur dari plastik-macam-macam peralatan dapur besar dan fungsinya

Panci merupakan alat masak terbuat dari logam, alumunium, baja, dll dengan varian beberapa silinder mengecil pada bagian bawahnya.

Panci bisa memiliki gagang dua ataupun tunggal, pada kedua sisi atau disebut gagang telinga ini berfungsi sebagai pegangan untuk membawa ataupun mengangkat panic tersebut.

Panci biasanya digunakan untuk merebus air, masak sayur kuah, dll. Ukuran panci biasanya dinyatakan dengan volume, antara 1-8 liter.

Dalam kegiatan memasak anda pasti memerlukan seperangkat wajan dan panci yang bagus, agar dapat menumis, merebus, dan membuat saus berhasil dengan sedap.

Untuk panci memiliki ukuran dasar yang lebih dalam yang berguna untuk membuat kaldu, sup, dan saus.

Sedangkan wajan umumnya terbuat dari stainless steel yang berguna untuk menumis ikan, daging, dan sayuran.

Telenan

macam-macam-peralatan-dapur-telenan-talenan-macam macam peralatan dapur-macam macam peralatan dapur beserta fungsinya-macam-macam peralatan dapur dan fungsinya-macam macam peralatan dapur dan harganya-macam macam peralatan dapur dalam bahasa inggris-macam-macam peralatan dapur di hotel-macam macam peralatan dapur bahasa inggris-macam macam peralatan dapur dalam bahasa sunda-macam macam peralatan dapur dari plastik-macam-macam peralatan dapur besar dan fungsinya

Talenan adalah alat dapur yang sangat berguna sebagai alas dalam memotong, atau mencencang, berbagai bahan makanan yang terbuat dari bahan papan.

Alat dapur ini ada beberapa ragam jenis bentuk dan ukuran. Dari beberapa jenisnya telenan ada juga yang terbuat dari baja, kaca, dan marmer.

Telenan pada umumnya digunakan untuk mempersiapkan makanandan juga untuk alas dalam memotong bahan masakan, namun ada kalanya pada jenis telenan lain digunakan untuk memotong plastik atau kulit.

Telenan yang terbuat selain dari plastik sifatnya mudah dibersihkan daripada yang berbahan kayu atau plastik, tetapi cenderung akan menumpulkan pisau karena bahannya yang keras.

Bedakan antara satu talenan untuk setiap bahan makanan yang berbeda guna mencegah kontaminasi rasa.

Sbisa mungkin hindari untuk menggunakan talenan yang telah digunakan untuk mencacah bawang merah dan bawang putih untuk mengiris daging mentah. Selain kurang higienis, hal ini juga bisa merusak rasa hidangan.

Spatula, Sendok, Jepitan

macam-macam-peralatan-dapur-Spatula-Sendok-Jepitan-macam macam peralatan dapur-macam macam peralatan dapur beserta fungsinya-macam-macam peralatan dapur dan fungsinya-macam macam peralatan dapur dan harganya-macam macam peralatan dapur dalam bahasa inggris-macam-macam peralatan dapur di hotel-macam macam peralatan dapur bahasa inggris-macam macam peralatan dapur dalam bahasa sunda-macam macam peralatan dapur dari plastik-macam-macam peralatan dapur besar dan fungsinya

Ketiga alat ini merupakan perlengkapan dapur yang pasti dimiliki pada setiap rumahan karena memilii fungsi yang selalu digunakan setiap harinya.

Spatula, sendok, jepitan merupakan hal penting untuk digunakan dalam menghemat waktu berharga saat layanan ramai diserbu oleh konsumen.

Yang pasti alat ini digunakan untuk mengaduk, menyendok, dan menjepit masakan seperti dibuat untuk membalik daging , mengangkat mie, atau mencicipi saus, dan juga sebagai alat untuk pengorengan .

Timbangan

macam-macam-peralatan-dapur-timbangan

Mulai dari menimbang saus, daging, rempah, hingga bumbu, timbangan merupakan perlengkapan yang perlu dan penting untuk dimilki oleh seorang chef ketika hendak menakar.

Ingat, Anda tentu tidak ingin memberi lebih atau kurang dari yang dibutuhkan, jadi ketika ada alat timbangan dalam dapur akan memudahkan anda dalam mengatur ukuran resep.

Belum Tau Alat Ukur? Baca Macam-Macam Alat Ukur yang Harus Anda Ketahui 

Alat Pengupas

macam-macam-peralatan-dapur-alat-pengupas-macam macam peralatan dapur-macam macam peralatan dapur beserta fungsinya-macam-macam peralatan dapur dan fungsinya-macam macam peralatan dapur dan harganya-macam macam peralatan dapur dalam bahasa inggris-macam-macam peralatan dapur di hotel-macam macam peralatan dapur bahasa inggris-macam macam peralatan dapur dalam bahasa sunda-macam macam peralatan dapur dari plastik-macam-macam peralatan dapur besar dan fungsinya

Mengupas merupakan sesuatu kegiatan yang biasa Anda lakukan ketika sebelum memasak, baik sayuran ataupun buah-buahan.

Alat pengupas membantu mempermudah dalam melepaskan kulit luar sayuran dan buah seperti kentang ,wortel, terong, dan anggur.

Meski Anda bisa menggunakan pisau ukir untuk melakukan pengupasan, maka alat pengupas tetap merupakan alat yang lebih efisien lebih dan cepat untuk membersihkan bahan makanan Anda.

Panci Pemanggang

macam-macam-peralatan-dapur-panci-pemanggang-macam macam peralatan dapur-macam macam peralatan dapur beserta fungsinya-macam-macam peralatan dapur dan fungsinya-macam macam peralatan dapur dan harganya-macam macam peralatan dapur dalam bahasa inggris-macam-macam peralatan dapur di hotel-macam macam peralatan dapur bahasa inggris-macam macam peralatan dapur dalam bahasa sunda-macam macam peralatan dapur dari plastik-macam-macam peralatan dapur besar dan fungsinya.
(tokopedia.com)

Bagi Anda yang hobi memasak di dapur, pasti sudah tidak asing dengan panci panggang (grill pan). Dengan menggunakan satu alat ini, Anda bisa melakukan kegiatan memasak dari mulai menggoreng, menumis, sampai memanggang.

Nah, sangat mudah bukan? Ada berbagai jenis grill pan yang tersedia di pasaran seperti, wajan dengan garis-garis cembung, wajan besi cor, wajan berbentuk segi empat dengan berbagai macam merknya .

Jadi untuk Anda yang suka memanggang roti maupun pastri, setiap dapur patut memiliki panci atau wajan pemanggang tersebut.

panci pemanggang termasuk macam-macam peralatan dapur dalam kategori tekhnologi baru yang praktis dan efisien, karena dapat digunakan dan dibawa kemana-mana.

Mangkuk Adonan

Mangkuk adonan adalah alat atau wadah yang berbentuk setengah lingkaran, terbuat dari batu, porselen, plastik, logam, atau gelas.

Bentuknya yang setengah lingkaran umumnya digunakan untuk meletakkan makanan yang berkuah banyak, seperti sup sayur, rawon, bakso dll.

Mangkuk adonan dibuat dari berbagai jenis material, tetapi yang menjadi rekomendasi adalah jenis stainless steel yang paling banyak dijumpai di berbagai dapur komersial dan juga aman anti karat.

Mangkuk ini memiliki desain cukup dalam untuk menaruh bahan makanan tanpa perlu khawatir akan tumpah.

Blender

Blender merupakan sebuah alat elektronik berupa wadah yang dilengkapi pisau berputar digunakan untuk mengaduk, mencampur, membaur,menggiling, atau melunakkan bahan makanan.

Pisau didisain membentuk sebuah baling-baling pendek yang dipasang pada bagian bawah wadah.

Pisau ini diputar dengan cepat dengan tenaga dari sebuah mesin listrik sehingga dengan segera dapat mencincang,mencampur, membaur,dan melumatkan bahan dan makanan yang dimasukkan ke dalamnya.

Blender berguna untuk membantu mencampur dan menghaluskan berbagai bahan dan makanan lainnya.

Menggunakan blender, Anda  dapat dengan mudah membuat sup kental atau melumatkan jenis bahan padat menjadi cair.

Lemari Pendingin / Freezer

Lemari pendingin atau freezer adalah sebuah alat rumah tangga listrik yang menggunakan refrigerasi (proses pendingin) untuk menolong pengawetan makanan dari pembusukan bakteri.

Sekitar 99,5% rumah di Amerika Serikat mengunakan kulkas. Kulkas bekerja menggunakan pompa panas pengubah fase berproses pada sebuah putaran refrigeration.

Lemari pendingin ini merupakan salah satu alat elektronik sebagai perlengkapan dasar di dapur profesional, yang membantu mempertahankan kesegaran bahan makanan dalam waktu lama.

Baca Juga: Macam-Macam Alat Berat & Penjelasan Lengkap

Rice Cooker

Di jaman yang serba modern ini tentu manusia menjadi menginginkan semua hal yang ingin dikerjakanya bisa lebih mudah praktis.

Jadi, sangat direkomendasikan untuk anda agar mempunyai alat penanak nasi otomatis ini, rice cooker.

Dengan adanya rice cooker, anda tidak perlu repot lagi untuk memasak nasi secara manual dan takut hasilnya kurang baik .

Keberadaan rice cooker dirasa akan sangat membantu dalam urusan memasak nasi.

Terlebih untuk anda yang tinggal di kost tanpa harus memasak menggunakan kompor rece cooker ini bisa menjadi alternatifnya.

Yang perlu diperhatikan adalah mengenai takaran air agar hasil nasi yang didapatkan sesuai dengan keinginan tidak terlalu lunak atau pun terlalu keras.

Dispenser

Dispenser merupakan alat khusus rumah tangga yang menggunakan listrik untuk memudahkan Anda dalam hal penyimpanan air.

Dispenser ada yang menggunakan prinsip kerja dengan elemen untuk pemanas dan juga menjalankan mesin pendinginnya.

Jika membutuhkan air atau dingin Anda tinggal pencet saja sesuai tombolnya. Namun sebagai saran untuk membeli yang satu fungsi saja, yakni untuk memanaskan air.

Untuk dua fungsi dirasa tidak perlu, karena fungsi pendingin bisa anda peroleh dari freezer.

Disamping itu satu fungsi jauh lebih tahan lama dibanding dengan yang dua fungsi. Biaya yang anda keluarkan pun akan lebih ekonomis.

Pengen Pengeluaran Listrik Hemat? Baca Jenis-Jenis Lampu & Penjelasannya

Penutup

Nah, itulah beberapa penjelasan mengenai macam-macam peralatan dapur yang wajib anda miliki dalam berumah tangga untuk mempermudah dalam urusan masak-memasak.

Dan masih banyak lagi tentang macam macam peralatan dapur-macam macam peralatan dapur beserta fungsinya. Macam-macam peralatan dapur dan fungsinya-macam macam peralatan dapur dan harganya-macam macam peralatan dapur dalam bahasa inggris.

Macam-macam peralatan dapur di hotel-macam macam peralatan dapur bahasa inggris-macam macam peralatan dapur dalam bahasa sunda-macam macam peralatan dapur dari plastik-macam-macam peralatan dapur besar dan fungsinya.

Oke, demikian artikel ini semoga bermanfaat, dan jangan lupa untuk tetap stay baca di sindunesia.com dan sampai jumpa pada artikel-artikel berikutnya.

 

sindunesia Sindunesia, (Pejuang Waktu) yang suka belajar apa saja untuk kemanfaatan sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *