Sindu Muda Sindu Muda, (Pejuang Waktu) yang suka belajar apa saja untuk kemanfaatan sesama.

13 Aplikasi Pengolah Kata LENGKAP, Pengertian & Manfaat

4 min read

Aplikasi Pengolah Kata

Aplikasi Pengolah Kata – Beberapa orang pasti membutuhkan aplikasi pengolah kata untuk memenuhi kebutuhan pekerjaannya.

Umumnya, software pengolah kata banyak diaplikasikan pada pembuatan artikel, surat lamaran kerja, naskah pidato, proposal, dan lain sebagainya.

Ada beragam aplikasi pengolah kata yang bisa dipilih sesuai dengan kemampuan dan kebutuhan penggunanya.

Pengertian Aplikasi Pengolah Kata

Apa itu Aplikasi Pengolah Kata ? Aplikasi pengolah kata adalah suatu aplikasi atau program komputer yang digunakan untuk melakukan pekerjaan pengolahan kata atau dokumen.

Nah, berikut kami sajikan daftar aplikasi pengolah kata terbaik yang popular banyak digunakan.

1. Microsoft Word

Aplikasi MS wORD

Microsoft Word merupakan salah satu software yang dikembangkan oleh Microsoft yang digunakan sebagai pengolah kata terbaik.

Hal ini karena fitur yang ditawarkan sangat sederhana namun bisa memenuhi kebutuhan penggunanya.

Anda bisa menggunakan Microsoft Word untuk memenuhi proses pembuatan dokumen dengan menggunakan template yang telah disajikan.

Microsoft Word merupakan aplikasi yang masih menjadi nomor satu dalam penggunaannya. Hal ini disebabkan para pengguna software pengolah kata merasa terbiasa dengan fitur yang disajikan oleh Microsoft Word.

Selain itu Microsoft Word juga satu paket dengan Microsoft Office dan Microsoft Excel (aplikasi pengolah kata).

2. Lotus Word Pro

Lotus Word Pro

Lotus Word Pro ialah sebuah perangkat lunak yang biasa digunakan untuk mengolah kata. Aplikasi ini juga mudah digunakan jika Anda terbiasa menggunakan Microsoft Word.

Aplikasi ini bisa digunakan oleh komputer yang menggunakan Windows. Hasil dokumen yang dihasilkan dari Lotus Word Pro juga bisa diedit langsung oleh aplikasi pengolah kata lain seperti Microsoft Word.

Lotus Word Pro juga memiliki fitur unik yaitu Anda bisa mendengarkan dokumen yang telah diselesaikan dengan menggunakan Via Voice Gold Information.

Aplikasi ini juga termasuk software yang mudah digunakan karena memiliki fitur Menu Page Word Pro, dan penggunaan menunya bisa diubah dan disesuaikan seperti Microsoft Word.

3. Corel Word Perfect

Corel Word Perfect

Corel Word Perfect adalah program pengolah kata yang paling terkenal di pasar aplikasi beberapa tahun lalu. Hal ini karena Corel Word Perfect banyak digunakan oleh pekerja dikalangan hukum dan mempermudah proses pembuatan dokumennya.

Fitur unik dari aplikasi ini adalah Anda bisa mengedit file PDF tanpa harus mengubah formatnya. Aplikasi ini juga bisa memproses file yang dihasilkan oleh software pengolah kata lain.

Hal yang penting dari aplikasi Corel Word Perfect adalah harga sangat terjangkau, sehingga Anda tidak usah ragu untuk segera mengunduhnya.

4. AbiWord

AbiWord

Jika komputer Anda memiliki kapasitas yang kecil, maka menggunakan Abiword bisa menjadi solusinya. Aplikasi pengolah kata ini memiliki ukuran yang kecil dan bisa diunduh secara gratis, sehingga Anda bisa memilikinya kapanpun dan dimanapun.

Abiword juga memiliki menu bar yang hampir mirip seperti Microsoft Word, sehingga Anda bisa lebih familiar menggunakannya.

AbiWord juga memiliki fitur undo dan redo yang unlimited. Anda juga bisa menggunakan fitur find juga replace, dan aplikasi ini memiliki fitur yang supporting image.

Hal ini akan membuat pekerjaan Anda lebih mudah dan dinamis. Satu hal yang sama pentingnya, AbiWord memiliki fitur spell checker, sehingga dokumen Anda akan terbebas dari typo.

BACA JUGA: PENGERTIAN WEB BROWSER, SEJARAH, CONTOH KEGUNAAN LENGKAP!

5. OpenOffice Writer

OpenOffice Writer

Jika Anda seorang penulis ataupun editor tulisan OpenOffice Writer bisa menjadi solusinya. OpenOffice Writer merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk mengedit dokumen dalam bentuk apapun. Aplikasi ini juga menyajikan beberapa fitur yang sangat trendy seperti autocorrect dan indexing.

Aplikasi ini biasanya digunakan untuk membuat memo karena kemudahan fiturnya. Kelebihannya yang stabil ini mampu menghasilkan dokumen yang banyak dengan cepat tanpa kendala.

Kelebihan lainnya adalah adanya fitur bullet dan number yang mudah digunakan karena tersambung oleh satu toolbar.

6. StarOffice Writer

StarOffice Writer

StarOffice Writer merupakan softwar untuk olah kata yang memiliki fitur mengatur teks pada paragraph, dan mampu membuat rinciannya secara sederhana. Hasilnya dokumen Anda akan memiliki tampilan yang lebih rapi.

Fitur lain yang terdapat pada StarOffice Writer memungkinkan Anda bisa mengatur tabel dengan menggabungkannya, dan bisa membagikannya menjadi sel tabel.

Fitur lain yang akan melengkapi kebutuhan Anda adalah pada bagian multimedia. Fitur ini akan mempermudah penggunannya untuk mengatur penampilan tulisan menjadi surat kabar, ataupun layar televisi dengan beberapa template yang bisa dipilih.

7. Atlantis Word Processor

Atlantis Word Processor

Atlantis Word Processor merupakan aplikasi pengolah kata yang cocok untuk Anda, jika Anda adalah seorang penulis yang sangat akurat dan sering berhati-hati.

Hal ini karena aplikasi ini mampu memproses kata yang simpel menjadi rumit, ataupun penuh makna. Atlantis Word Processor juga merupakan aplikasi yang bisa digunakan dalam file USB Anda.

8. Lyx

Lyx

Lyx merupakan sistem aplikasi untuk menyiapkan dokumen berupa manuskrip, surat, ataupun proposal dengan format template yang menarik.

Aplikasi ini sangat cocok digunakan untuk membuat memo singkat, disertasi ataupun artikel ilmiah.

Hal ini disebabkan karena ada beberapa fitur yang otomatis untuk merapikan dokumen, sehingga Anda bisa fokus pada konten dokumen.

BACA : APLIKASI BELAJAR BAHASA INGGRIS YANG MUDAH & PRAKTIS!

9. Panacea’s R4U

Panacea’s R4U

Panacea’s R4U merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat tulisan dengan mudah dan dipenuhi beberapa fitur menarik.

Aplikasi dibuat dengan desain yang sederhana dan memiliki fitur standar. Dokumen yang dihasilkan adalah Tamil, dan Anda bisa menggunakan aplikasi ini dengan menu yang memiliki utilitas terbaik.

10. WPS Writer

WPS Writer

Pada aplikasi ini Anda mungkin akan menemukan fitur yang mirip dengan Microsoft Word, sehingga Anda bisa dengan cepat memahami WPS Writer.

Aplikasi ini juga bisa mengedit file dalam bentuk PDF secara langsung. WPS Writer juga menyajikan fitur menu yang bisa berfungsi untuk memudahkan teks tidak rata dengan menariknya sesuai kebutuhan.

11. Notepad

Notepad

Notepad merupakan aplikasi yang bisa digunakan untuk membuat catatan kecil yang dimiliki Microsoft Windows.

Aplikasi ini juga bisa digunakan untuk mengedit teks dasar untuk membuat dokumen, juga mampu menyunting kode yang bisa digunakan untuk memperbaiki sistem operasi pada Windows.

12. EZ Word

EZ Word

EZ Word merupakan aplikasi yang dikembgkan dari Andrew User Interface System. Sistem ini merupakan sebuah proyek yang bekerja sama dengan IBM serta Carnegie Mellon University.

Pada awalnya aplikasi ini dibuat bersama untuk memenuhi sistem UNIX, dan hal itu menandakan bahwa EZ word adalah sistem pengolah data pertama untuk memenuhan grafis pada Linux.

13. KWord

KWord

kWord merupakan aplikasi pengolah kata yang merupakan bagian dari KOffice. KWord juga merupakan aplikasi yang memiliki konsep pigura sama halnya dengan Adobe PageMaker.

Hal ini membuat keduanya memiliki posisi frame yang bisa diletakkan dimana saja pada sebuah halaman, termasuk grafik, objek, dan teks.

Frame pada KWord memiliki fungsi untuk mempermudah Anda dalam menata teks dan grafis yang tidak rapi. Frame ini akan dengan mudah menata teks dan grafis dengan cepat, bahkan dalam bentuk yang sangat rumit.

Aplikasi ini juga memiliki keunggulan pada fitur Embedded Document, yaitu mampu menyatukan dokumen office yang lain dengan sederhana.

Fungsi atau Manfaat Aplikasi Pengolah Kata

Secara umum, fungsi aplikasi pengolah kata atau manfaatnya adalah sebagai berikut:

  • Membuat sebuah dokumen
  • Menyunting dan melakukan pemformatan dokumen
  • Membuat cover
  • Mencetak dokumen
  • Mengarsipkan sebuah tulisan
  • Memberikan hiasan atau bingkai pada dokumen
  • Penulisan digital
  • Dan lainnya

Akhir Kata

Tiga belas aplikasi diatas merupakan software terbaik yang bisa Anda pilih sesuai kebutuhan pekerjaan. Pilihlah dengan bijak dan gunakan yang original, karena jika Anda menggunakan produk palsu akan ada sistem yang berjalan tidak sesuai fungsinya.

Aplikasi untuk mengolah kata adalah software yang paling banyak digunakan, sehingga Anda akan dengan mudah mendapat teman untuk mendiskusikan fungsinya.

BACA JUGA: APLIKASI PEMBERSIH RAM ANDROID & PC TERBAIK, SUDAH PUNYA?

Populer Search Aplikasi Pengolah Kata

aplikasi pengolah kata dan angkapengertian aplikasi pengolah angkamengidentifikasi aplikasi pengolah kataaplikasi pengolah kata di windows
aplikasi pengolah kata microsoft wordaplikasi pengolah kata yang tidak berbayar adalahpengertian aplikasi pengolah kata microsoft wordfungsi microsoft word, artikel microsoft word
pengertian aplikasi pengolah kata microsoft word10 aplikasi pengolah katamacam macam aplikasi pengolah katasoftware pengolah kata adalah
jelaskan fungsi pengolahan kata, aplikasi pengolah dokumencontoh aplikasi pengolah kata, Aplikasi pengolah kata adalahaplikasi pengolah kata selain microsoft wordaplikasi pengolah kata disebut
Sindu Muda Sindu Muda, (Pejuang Waktu) yang suka belajar apa saja untuk kemanfaatan sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *