sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Jumlah Pemain Sepak Bola dan Fungsi Setiap Posisinya Lengkap

jumlah pemain sepak bola
jumlah pemain sepak bola

Jumlah Pemain Sepak Bola – Zaman sekarang siapa yang tidak kenal dengan olahraga sepak bola. Bisa jadi kamu sehari-hari memainkannya di halaman rumah atau juga di sekolah. Tapi terkadang masih bingung sebenarnya berapa jumlah pemain sepak bola.

Perlu kamu ketahui, ada aturan tersendiri mengenai jumlah pemain yang wajib ditaati pada setiap pertandingan resmi. Selain mengatur masalah jumlah pemain, aturan yang bersifat internasional ini juga mengatur mengenai ukuran lapangan, ukuran bola dan lain-lain.

Jumlah Pemain Sepak Bola

Penting sekali memiliki jumlah pemain sepak bola sesuai dengan aturan yang berlaku. Karena setiap pemain memiliki posisi-posisi tersendiri yang sudah ditentukan sebelumnya oleh pelatih.

Ketika posisi itu kosong atau tidak diisi oleh pemain, tentunya strategi yang dijalankan oleh pelatih tidak akan berjalan dengan baik.

Dari keseluruhan jumlah pemain, semuanya memiliki peran tersendiri dan tidak bisa digantikan oleh pemain lainnya. Oleh karena itu jumlah pemain yang pas penting sekali untuk melancarkan jalannya pertandingan.

Ada sebuah organisasi internasional yang menentukan jumlah pemain yang ada di lapangan dan organisasi itu bernama FIFA. Setiap negara yang menyelenggarakan pertandingan lokal maka harus menaati aturan jumlah pemain yang diberlakukan oleh FIFA.

Apalagi pada pertandingan internasional, maka semua klub harus menaati aturan jumlah pemain tersebut.


Jumlah Pemain Olahraga Sepak Bola

Jumlah Pemain Olahraga Sepak Bola
Jumlah Pemain Olahraga Sepak Bola

Jika melihat sejarah, olahraga sepak bola dimulai pada sekitar abad kedua sampai ketiga sebelum tahun Masehi. Pada masa itu, jumlah pemain setiap tim sangat banyak sekali mulai dari 15 orang sampai dengan 21 orang.

Karena memang pada saat itu belum ada sebuah aturan resmi yang bersifat internasional.

Lalu mulai sekitar abad ke-20 inilah, olahraga sepak bola mulai mempunyai sebuah aturan yang resmi dan berlaku untuk semua orang di seluruh dunia. Aturan itu terutama membahas masalah jumlah pemain sepak bola pada setiap tim yang sedang bertanding.

Jika kamu amati dari total keseluruhan pemain yaitu 11 orang, semuanya memiliki tugas dan posisi tersendiri serta berbeda-beda pada setiap pemain. Semua posisi yang disebar itu akan bekerja sama untuk bisa mengalahkan musuh mulai dari bekerja sama dalam kondisi bertahan dan juga menyerang.

Kamu juga harus tahu bahwa secara umum dari keseluruhan pemain yang turun kelapangan sejumlah 11 orang, ada 4 pembagian posisi yang dibedakan berdasarkan tugas dan perannya. Empat posisi itu adalah penjaga gawang atau kiper, pemain bertahan atau becker, pemain tengah dan pemain depan.

Setiap posisi memiliki tugas masing-masing dan akan saling bekerja sama untuk mengalahkan tim musuh. Lalu selain empat posisi itu, masih ada juga orang yang ada di luar lapangan yang bertugas sebagai pemain cadangan.

Mereka akan dipakai saat ada pemain di dalam lapangan yang cedera atau ketika akan melakukan perubahan strategi.

Baca: √Penjelasan Lengkap Ukuran Lapangan Kasti


Jumlah Pemain Cadangan Sepak Bola

Jumlah Pemain Cadangan Sepak Bola
Jumlah Pemain Cadangan Sepak Bola

 

Secara umum ada 25 pemain yang disiapkan dengan pembagian 11 orang pemain utama dan 14 orang pemain cadangan. Namun aturan mengenai jumlah pemain cadangan ini ternyata dibedakan berdasarkan kompetisi yang sedang dijalani. Berikut ini pembagian-nya:

1. Pemain Cadangan Piala Dunia

Pembagian pertama jumlah pemain sepak bola untuk cadangan yaitu pada kompetisi Piala Dunia. Kompetisi ini diikuti oleh negara-negara di seluruh dunia yang sudah lolos babak kualifikasi. Aturan jumlah pemain yang ikut masuk ke dalam sebuah tim adalah 22 orang.

Kemudian dari total keseluruhan 22 orang pemain tersebut, 11 pemain lainnya menjadi pemain utama di tengah lapangan. Lalu sisanya sekitar 11 orang menjadi pemain cadangan untuk menggantikan pemain utama.

2. Pemain Cadangan Liga Champions Eropa

Jumlah pemain pada Liga Champions Eropa juga berbeda jauh jika kamu bandingkan dengan Piala Dunia. Jumlah pemain cadangan yang bisa disiapkan sangat sedikit sekali, sehingga membuat pelatih harus benar-benar memilihnya dengan baik.

Total keseluruhan pemain yang ikut dalam kompetisi adalah 18 orang. Pembagiannya 11 orang sebagai pemain utama dan 7 orang lainnya sebagai pemain cadangan.

3. Liga Domestik

Pada Liga Domestik jumlah pemain yang ikut berangkat pada sebuah pertandingan jauh lebih sedikit lagi. Total keseluruhan adalah 16 orang dengan pembagian 11 orang pemain utama dan 5 orang yang menjadi cadangannya.


BACA JUGA: √ Ukuran Lapangan Bola Voli Lengkap


Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya

Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya
Posisi Pemain Sepak Bola dan Tugasnya

Dari jumlah pemain sepak bola sebanyak 11 orang, ada lagi pembagian posisi yang memiliki fungsi-fungsi tertentu. Berikut ini beberapa posisi dan tugasnya:

Penjaga Gawang/Kiper

Pemain pertama yang memiliki fungsi sangat penting adalah penjaga gawang atau kiper dalam bahasa Inggris goalkeeper. Posisi pemain ini berada tepat di gawang dan bertugas menghalau setiap bola yang mendekat dan akan masuk ke dalam gawang.

Pemain Bertahan/Bek

Tepat di depan penjaga gawang atau kiper, ada beberapa pemain yang berfungsi menahan setiap pemain lawan yang mendekat ke gawang. Biasanya para pelatih akan menempatkan sebanyak empat pemain untuk posisi bertahan atau bek. Dua berada di tengah dan dua lainnya di sisi pinggir.

Pemain Tengah/Gelandang

Kamu pastinya pernah melihat sekelompok pemain yang berada di tengah lapangan dan bertugas maju membantu serangan dan mundur membantu pertahanan. Pemain ini dinamakan dengan pemain tengah atau gelandang.

Tugas pemain gelandang terhitung sangat berat. Karena mereka yang memiliki tanggung jawab mengatur bagaimana ritme permainan berjalan. Tanpa pemain gelandang yang baik, maka sangat sulit membawa alur permainan agar sesuai dengan strategi.

Pemain Depan/Penyerang (Striker)

Posisi yang satu ini tentunya kamu sudah tidak asing lagi yaitu pemain depan atau striker. Posisi ini memiliki peran yang sangat penting untuk bisa menembus pertahanan dan memasukkan bola ke dalam gawang. Tidak jarang juga striker akan turun ke sisi belakang untuk membantu pertahanan.

Baca Juga: TRips & Trik Teknik Smash Bola Voli

Peraturan Olahraga Sepak Bola

Peraturan Olahraga Sepak Bola
Peraturan Olahraga Sepak Bola

Saat pertandingan berlangsung, tentu ada peraturan-peraturan yang wajib ditaati oleh para pemain, tim dan juga semua penyelenggara. Berikut ini beberapa peraturan dalam sebuah pertandingan sepak bola:

  • Peraturan Sebelum Pertandingan Dimulai

Kedua tim berjabat tangan dan semua pemain menghadap ke penonton. Wasit akan melempar koin untuk menentukan siapa yang mendapat bola pertama.

  • Peraturan Jumlah Pemain

Setiap tim yang bertanding, wajib menurunkan pemain sebanyak 11 orang. Lalu sisanya berada di bangku cadangan bersama dengan pelatih dan official tim.

  • Peraturan Waktu Permainan

Layaknya pertandingan lain, sepak bola juga memiliki waktu permainan. Satu pertandingan penuh memiliki waktu sekitar 90 menit. Lalu dari 90 menit itu dibagi menjadi dua babak dengan masing-masing 45 menit.

  • Peraturan Pelanggaran

Ada beberapa tindakan yang dihitung sebagai pelanggaran yaitu mencederai dengan sengaja, mengepalkan tangan, mendorong pihak lawan, menarik baju lawan, mengganggu kiper dan lain-lain.

Akhir Kata

Penting sekali mengetahui aturan-aturan yang wajib ditaati selama pertandingan sepak bola berlangsung. Apalagi jika kamu ingin menjadi pemain profesional, maka wajib tahu aturan pertandingan seperti jumlah pemain sepak bola.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *