sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Sejarah Sepak Bola Dunia dan Sejarah Sepak Bola Indonesia (Lengkap)

Sejarah Sepak Bola Dunia

Sejarah Sepak Bola Dunia  – Sepak bola merupakan olahraga dan sekaligus permainan yang sangat seru sekali. Tapi apakah kamu pernah bertanya-tanya bagaimana sejarah sepak bola dunia?

Sebab ada banyak sekali cerita yang beredar mengenai sejarah sepak bola dunia dengan banyak versi.

Sejarah Sepak Bola Dunia

Sepak bola menjadi salah satu olahraga yang memiliki banyak sekali penggemar. Bahkan hampir setiap belahan di dunia ini pasti tahu sepak bola.

Namun ada sebuah sejarah mengenai sepak bola dunia yang terjadi sebelum pada akhirnya dikenal semua orang. Berikut ini sejarahnya:

Sejarah Sepak Bola Kuno

Sejarah Sepak Bola Dunia

Berbicara masalah sejarah tentu ada perkembangan dari zaman dulu atau kuno sampai sekarang zaman modern.

Untuk zaman kuno, sejarah ternyata sudah dimulai sejak masa Romawi Kuno, Yunani Kuno dan juga China khususnya pada saat Dinasti Tsin 9255-206 SM.

Namun jika menelusuri sejarah lebih lama lagi, maka sepak bola ini terlihat berasal dari kawasan China saat Dinasti Han berkuasa.

Warga China memang mempunyai sebuah permainan yang dinamakan dengan T’su Chu dan beberapa permainan lainnya.
Permainan itu yang diduga menjadi cikal bakal sepak bola di zaman sekarang. Tapi pada masa itu, orang-orang menggunakan bola yang asalnya dari kulit dan gawang yang diberikan sebuah jaring kecil. Jadi cukup sulit untuk memasukkan bola ke dalam gawang.

Tidak hanya di China, ternyata Jepang juga mulai mengenal permainan ini. Bahan utama untuk bola yang digunakan masyarakat Jepang adalah dari kulit kijang.

Permainan yang sama juga terlihat di Inggris, Amerika Tengah, Meksiko sampai Mesir Kuno. Mereka menggunakan bola dari bahan karet.

Di Inggris, sepak bola sempat menerima pelarangan dari raja-raja. Karena diduga permainan ini telah menyebabkan aksi kekerasan.

Selain itu juga tidak ada aturan yang bersifat resmi agar permainan sepak bola menjadi tertata dan tidak terjadi kekerasan.

Tapi ada juga ahli sejarah yang mengatakan bahwa sejarah sepak bola dunia berawal dari bangsa Romawi Kuno. Nama permainan ini yaitu episkyros dan kemudian mengalami perkembangan sampai menjadi sepak bola di era modern seperti saat ini.

Sejarah Sepak Bola Modern

sejarah sepak bola modern

Seiring perkembangan zaman dan peradaban di dunia, sepak bola mengalami perubahan yang sangat drastis. Bahkan sampai saat ini di zaman modern, sepak bola sudah dikenal oleh seluruh penduduk bumi sebagai olahraga yang seru dan menyenangkan.

Jejak sejarah sepak bola dunia modern mulai terjadi ketika adanya organisasi persatuan sepak bola yang ada di London, Inggris.

Nama organisasi itu adalah Football Association Freemason’s Tavern. Ketika organisasi itu resmi berdiri, maka mulailah muncul beberapa peraturan yang mengikat para pemain.

Karena merasa memiliki olahraga yang sama, beberapa organisasi luar seperti Irlandia, Skotlandia dan juga Wales turut mengadopsi peraturan tersebut.

Kemudian ketika sepak bola mengalami perkembangan, beberapa negara memutuskan berkumpul dalam satu organisasi.

Nama organisasi itu adalah International Football Association Board atau IFAB. Ini menjadi sebuah asosiasi atau perkumpulan negara yang terbesar di bidang sepak bola.

Bersama dengan itu warga dunia semakin mengenal sepak bola dan memainkannya.

Perkembangan sepak bola modern semakin pesat ketika diresmikan Federation International de Football Association atau FIFA yang berlangsung di Paris pada 21 Mei 1904.

Setelah adanya organisasi ini, semakin banyak kompetisi tingkat dunia berlangsung dan juga meluas sampai ke Indonesia.



Sejarah Sepak Bola Indonesia

sejarah sepak bola indonesia

Indonesia termasuk negara dengan minat terhadap sepak bola yang sangat tinggi. Perjalanan olahraga ini dikenal di Nusantara berlangsung saat para penjajah Barat memberikan pengaruh yang kuat termasuk seperti sepak bola.

  • Berdirinya Organisasi Sepak Bola Pertama

Pada masa itu, China mengenalkan olahraga sepak bola untuk menunjukkan bahwa mereka merupakan negara yang superior.

Di Indonesia sendiri kemudian berdiri sebuah persatuan bernama UMS tepatnya di Jakarta. Sejak itulah perkembangan sepak bola di Indonesia terus maju dan sangat pesat sekali.

  • Terbentuknya PSSI

Melihat perkembangan ini, pada 19 April 1930 di Yogyakarta mulai dibentuk sebuah wadah untuk menaungi semua pesepak bola yang ada di Nusantara.

Nama organisasi ini adalah Persatuan Sepak Bola Indonesia yang kamu kenal sampai saat ini dengan nama PSSI.

Setelah itu pada tahun 1938, Indonesia yang masih berada di bawah kolonial Belanda mulai mengikuti kompetisi kelas internasional yaitu Piala Dunia.

Tapi pada saat itu ada NIVU dan PSSI yang mengalami perselisihan dalam menentukan siapa yang ikut Piala Dunia yang berlangsung di Perancis.

Pendiri PSSI yang bernama Soeratin Sosrosoegondo ingin PSSI ikut Piala Dunia. Namun pada akhirnya FIFA memutuskan bahwa yang ikut Piala Dunia adalah gabungan dari PSSI dan NIVU.

Tapi kemudian pada tahun 1938, pendiri PSSI memutuskan untuk memisahkan diri dari NIVU.

Langkah itu diambil oleh Soeratin karena kecewa dengan apa yang terjadi selama pertandingan Piala Dunia. Sebab ketika Indonesia ikut, bendera yang digunakan adalah NIVU atau Belanda dan seakan-akan tidak mengakui PSSI atau Indonesia.

Kemudian menjelang kemerdekaan 1945 dan ketika Jepang berkuasa, PSSI sempat tidak mengalami pergerakan apapun dalam kompetisi.

Penyebabnya adalah Jepang membuat PSSI sebagai Badan Bidang Olahraga buatan pemerintah Jepang.

Setelah kemerdekaan, PSSI terus memajukan diri dan mampu mengadakan banyak kompetisi sepak bola di dalam negeri.

Kompetisi yang paling bergengsi adalah Liga Super Indonesia yang menjadi sebuah perkumpulan diikuti oleh beberapa perkumpulan yang ada hampir di semua kota.

PSSI juga melangsungkan kompetisi sepak bola yang dibedakan berdasarkan umurnya yaitu U-15, U-16 sampai U-23. Pasca berkembangnya kompetisi, semakin banyak klub yang resmi terdaftar dan ikut meramaikan pertandingan.


Pertanyaan Umum Sejarah Sepak Bola

Setelah memahami sejarah sepak bola dunia, berikut ada beberapa pertanyaan penting yang perlu Anda ketahui.

  • Siapa Penemu Olahraga Sepak Bola?

Mungkin kamu sempat bertanya-tanya siapa sebenarnya penemu olahraga sepak bola ini. Jika didasarkan sebuah artikel dari media cetak L’Osservatore Romano, yang dikeluarkan pada 28 Juni 2010 lalu, olahraga sepak bola ditemukan oleh sebuah suku yang ada di Guarani, Paraguay.

Suku itu menemukan olahraga sepak bola pada tahun 1793. Tahun tersebut berjarak sekitar 70 tahun sebelum wilayah itu pada akhirnya dikuasai dan diklaim oleh Kerajaan Inggris.

  • Sepak Bola Berasal dari Negara Apa?

Setelah adanya organisasi yang menaungi olahraga sepak bola secara internasional, kamu tidak perlu bingung dari mana asal olahraga ini.

Sebab FIFA menetapkan secara resmi bahwa sepak bola asalnya adalah dari China di abad 2 sampai dengan 3 SM. Tepatnya ketika Dinasti Han menguasai wilayah itu.

  • Kapan Pertama Kali Sepak Bola Masuk ke Indonesia?

Indonesia dijajah oleh Belanda cukup lama sekali. Tidak heran jika Belanda memberikan pengaruh yang besar pada perkembangan sepak bola di Indonesia. Pada masa penjajahan itulah olahraga sepak bola ini mulai dikenal oleh warga pribumi.

Kemudian baru pada tahun 1930, Soeratin Sosrosoegondo mendirikan PSSI. Itu menjadi sebuah organisasi sepak bola resmi yang ada di Indonesia.

Sejarah sepak bola dunia memang sangat menarik sekali. Apalagi di Indonesia sendiri, olahraga ini sangat diperjuangkan agar bisa lebih maju.

Terlihat dari langkah Soeratin Sosrosoegondo yang menolak segala dominasi Belanda pada bidang olahraga di Nusantara.

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai sejarah sepak bola dunia dari sejarah sepak bola kuno, sejarah sepak bola modern dan sejarah sepak bola Indonesia beserta penjelasan selengkapnya.

Semoga bermanfaat dan mempermudah kita untuk memahami sejarah sepak bola dunia.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *