sindunesia Sindunesia, (Pejuang Waktu) yang suka belajar apa saja untuk kemanfaatan sesama.

Peta Asia & Penjelasan Peta Benua Asia Lengkap

peta asia

Peta Asia – Peta Asia adalah gambaran bumi terbesar dan terpadat sebagai peta benua terluas di dunia yang memiliki skala dalam bentuk bidang datar.

Peta Asia menunjukkan letak utama benua Asia berada di Timur dan Utara Hemispheres dengan luas mencapai 44.579.000 km² persegi (17.212.000 mil mi).

Asia mencakup area sekitar 30% dari total luas bumi dan 8,7% dari total luas permukaan bumi.

Benua Asia ini terbagi atas daratan benua Eurasia dengan benua Eropa dan daratan benua Afro-Eurasia dengan Eropa dan Afrika.

Wilayah ini merupakan benua yang telah lama menjadi rumah serta sebagai situs dari banyak peradaban pertama bagi mayoritas populasi manusia.

Peta Asia

Asia tidak hanya terkenal karena ukuran dan populasinya yang besar secara keseluruhan, tetapi juga memiliki permukiman padat dan besar, serta wilayah-wilayah luas yang nyaris tidak berpenduduk.

Terhitung 4,5 miliar penduduknya pada survei (per Juni 2019). Jumlah tersebut menunjukkan bahwa sekitar 60% penduduk dunia merupakan populasi manusia yang mendiami wilayah Asia.

Disamping itu, Peta Asia juga menggambarkan komponen-komponen alam terlengkap meliputi hutan,  gunung, pantai, gurun padang pasir, iklim, dsb.

Peta Asia juga menunjukkan titik tertinggi dan terendah di permukaan bumi yang memiliki garis pantai terpanjang di antar benua mana pun.

Secara keseluruhan Asia memiliki iklim tropis terluas di dunia, sehingga menghasilkan bentuk vegetasi dan kehidupan hewan paling beragam di Bumi.

Berdasarkan sejarah, Asia merupakan wilayah yang melahirkan berbagai macam agama di dunia, baik Agama Samawi atau Agama Bumi.

Agama Samawi adalah Islam, Nasrani, dan Yahudi. Sedangkan agama bumi yaitu Hindu, Budha, Konghuchu, dan lainnya.

Sehingga wilayah Asia tersebut banyak ditemukan tempat-tempat suci di dalamnya. Asia sendiri juga memiliki jumlah suku dan persebaran kebudayaan terbanyak di dunia.

Gambar Peta Asia

Gambar peta Asia lengkap beserta dengan nama negara.

Gambar peta Asia

Peta Asia Lengkap

Gambar peta Asia lengkap beserta dengan garis khatulistiwa dan garis lintang.

peta asia lengkap

Peta Buta Asia

Gambar peta Asia jenis peta buta berwarna putih kombinasi garis hitam.

peta buta asia

Peta Benua Asia

Gambar peta benua Asia kombinasi beberapa warna beserta nama negara.

peta benua asia

Peta Asia Hitam Putih

Gambar peta Asia hitam putih beserta legenda pembagian kawasan benua Asia.

peta Asia hitam putih


Baca Juga: Peta Yogyakarta Lengkap


Sejarah Pembentukan Peta Asia

Sejarah pembentukan peta asia

Sejarah pembentukan peta Asia erat kaitan-nya dengan pembuatan peta pertama di dunia. Peta dunia pertama dan tertua yang diketahui adalah Babilonia atau yang dikenal sebagai Imago Mundi, berasal dari abad ke 6 SM.

Gambaran peta ini direkonstruksi oleh Eckhard Unger menunjukkan wilayah Babel di Eufrat, dikelilingi oleh daratan melingkar Asyur (Assyria), Urartu ( Armenia ) dan beberapa kota disekelilingnya dengan delapan daerah-daerah terpencil (nagu) di sekelilingnya berbentuk segitiga yang membentuk bintang.

Diantara tahun  610 – 546 SM seorang filsuf Yunani Anaximander telah membuat salah satu peta pertama di dunia yang berbentuk bundar dan menunjukkan tanah-tanah dunia yang dikelompokkan di sekitar Laut Aegean.

Selang beberapa abad kemudian, peta kembali dibuat oleh Hecateus Miletus pada tahun 550 – 476 SM.

Pada peta tersebut dapat mengidentifikasi gambaran kasar wilayah Asia dan Eropa berdasarkan peta Anaximander tentang Bumi, yang kemudian dikoreksi dan diperbesar oleh Hecateus Miletus.

Kemudian pada tahun 43 M, ahli geografi kuno Pomponius Mela membuat peta dunia baru yang menggambarkan Asia dan Eropa yang lebih lengkap dan membagi Bumi menjadi lima zona, meski perubahan itu masih belum akurat.

Perkembangan peta terus berlanjut hingga pada tahun 12 – 15 M seorang ahli geografi Arab Muhammad Al-Idris menciptakan peta yang paling akurat. Karya beliau meliputi peta wilayah Asia, Eropa, dan Afrika.

Selanjutnya pada tahun 1570 M, Abraham Ortelius membuat peta dunia dengan cakupan yang lebih luas yang meliputi Benua Amerika dan Australia.

Kemudian setelah mengalami penjelajahan pada tahun 1718, peta dunia berhasil dikembangkan menjadi sangat akurat dan lengkap dengan nama negara beserta berbagai komponen didalamnya.

Dari perkembangan itulah hingga akhirnya Peta dunia dapat dibentuk menjadi buku Atlas yang memuat peta-peta negara di seluruh dunia.

Selain itu, saat ini peta dapat divisualisasikan sebagai bentuk tiga dimensi pada bola. Dimana peta modern dari dunia lama dan baru dikembangkan melalui Zaman Penemuan .

Pada abad ke-21, dengan munculnya era komputasi dan era informasi, peta sekarang dapat didigitalkan dalam bentuk numerik, ditransmisikan dan diperbarui dengan mudah melalui GPS satelit dan aplikasi seperti Google Maps.

Sehingga peta dunia maupun peta Asia dapat digunakan secara universal dengan lebih mudah daripada sebelumnya.

Komponen-Komponen Alam Terindah di Asia

komponen alam asia

Asia merupakan benua unik dan spesial dengan sejuta komponen-komponen keindahan alam yang tidak ditemukan di benua-benua lainnya. Berikut adalah uraian tentang komponen alam indah Asia:

  1. Mount Everest Asia Adalah Gunung Tertinggi Di Dunia

Mount Everst

Mount Everst adalah pegunungan yang familiar di kalangan masyarakat manapun.

Terletak di sub-jajaran Himalaya Mahalangur di Himalaya dan perbatasan China-Nepal.

Gunung Everest juga disebut Mt. Qomolangma yang merupakan puncak tertinggi di dunia dengan ketinggian 8.850 meter (29.035 kaki) di atas permukaan laut.

Sehingga tidak ada gunung lain di bumi ini yang memiliki ketinggian melebihi daripada Mount Everest. Bagian atas gunung Everest ditutupi dengan salju sepanjang tahun.

Gunung ini menyajikan keindahan alam berupa gletser es yang terang dengan berbagai bentuk seperti jembatan, pagoda, dan batuan bercahaya seperti stalagmit, stelae, pedang batu yang menghiasi muka bumi.

  1. Pegunungan Himalaya Asia Adalah Pegunungan Tertinggi Di Dunia

pegunungan himalaya

Pegunungan Himalaya membentang sekitar 2500 kilometer / 1565 mil melalui India utara, Pakistan, Nepal, Tibet, dan Bhutan.

Sembilan dari sepuluh puncak tertinggi dunia terletak di sini, termasuk Mt. Everest.

Dalam bahasa Sansekerta kata Himalaya berarti “tempat tinggal/kediaman salju”. Banyak sungai penting di Asia yang bersumber dari Pegunungan Himalaya termasuk Indus, Gangga, dan Brahmaputra.

Pegunungan Himalaya mengandung deposit es dan salju terbesar ke-3 di dunia di planet ini. Hanya Antartika dan Arktik yang memiliki lebih banyak. Secara keseluruhan pegunungan Himalaya adalah rumah bagi sekitar 15.000 gletser.

  1. Gurun Arab Adalah Gurun Paling Berpasir Di Dunia

gurun arab

Siapa yang tidak kenal dengan Gurun Arab? Peta Asia menunjukkan lokasi geografis Gurun Arab cukup strategis karena menempati hampir semua semenanjung Arab yang dibatasi oleh Gurun Suriah di utara, Laut Merah di barat, Laut Arab di selatan dan Teluk (juga secara kontroversial dikenal sebagai Teluk Persia atau Teluk Arab) di sebelah timur.

Adapun wilayah yang dilintasi gurun ini meliputi semenanjung Arab, yakni Yordania, Irak, Kuwait, Oman, Qatar, Arab Saudi, Uni Emirat Arab, dan Yaman.

Gurun ini adalah gurun yang paling kaya kedua akan pasirnya setelah Gurun Sahara. Dimana banyak terbentuk gunungan pasir yang menjulang tinggi dengan luas wilayah sebesar 2.330.000 km².

  1. Gurun Gobi Adalah Gurun Terdingin Di Dunia

gurun gobi

Gurun Gobi adalah gurun terbesar di Asia, yang membentang lebih dari 1.600 km (1.000 mil) di atas Cina dan Mongolia, dan merupakan gurun ke-5 terbesar di dunia.

Gurun Gobi bukan hanya pasir biasa, namun sebagian besar Gurun Gobi terpapar batu gundul. Hanya 5% saja Gurun Gobi berupa bukit pasir.

Gurun Gobi dingin. Begitu dingin sehingga di musim dingin salju pun turun dan terkadang menutupi bukit pasir. Hal ini karena kedekatannya di utara dan letaknya sekitar 910–1,520 meter (2.990–4.990 kaki) di atas permukaan laut.

Di wilayah ini suhu dapat berubah sebanyak 35 ° C (63 ° F) dalam jangka waktu 24 jam.

Gurun Gobi Mongolia dapat dibagi menjadi 5 ekoregion yang berbeda, termasuk padang pasir Gobi Timur, semi-gurun dataran Tinggi Alashan, padang pasir Gurun Lakes Valley Valley, semi-desert Dzungarian Basin, dan rentang Tian Shan.

  1. Dataran Tinggi Tibet Merupakan Dataran Tinggi Terluas Di Dunia

dataran tinggi tibet

Dataran Tinggi Tibet juga dikenal sebagai Qinghai-Tibet (Qingzang) Plateau, yang merupakan dataran tinggi di Asia Tengah.

Wilayah ini mencakup sebagian besar Daerah Otonomi Tibet, Provinsi Qinghai di Cina, dan Ladakh di Kashmir India.

Dataran Tinggi Tibet menempati area sekitar 1.000 hingga 2.500 kilometer, dan memiliki ketinggian rata-rata lebih dari 4.500 meter.

Dataran tinggi Tibet dibentuk oleh kekuatan yang sama seperti terbentuknya pegunungan Himalaya, yaitu dengan pergerakan lempeng benua India ke Asia.

Dataran tinggi ini memiliki efek besar terhadap iklim di wilayah tersebut, dan merupakan penyebab utama terjadinya hujan monsoon.

Agama dan Negara-Negara Di Wilayah Asia

Agama dan Negara-Negara Di Wilayah Asia

Adapun pembagian negara-negara di wilayah Asia yang meliputi Asia Barat, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, dan Asia Tenggara dengan aneka ragam Agama dan budaya didalamnya.

Berikut adalah uraian nama negara, Agama, dan budaya Asia selengkapnya:

  1. Asia Barat

Secara umum Asia Barat adalah wilayah negara yang erat dengan kehidupan dan Kebudayaan Islam.

Sebagian besar wilayah Asia Barat berupa gurun dan padang pasir dan banyak bangunan suci (Masjid-masjid) yang tersebar sebagai tempat ibadah Umat Islam.

Berikut daftar negara-negara di wilayah Asia Barat:

  • Arab Saudi
  • Armenia
  • Uni Emirat Arab
  • Yaman
  • Yordania
  • Azerbaijan
  • Bahrain
  • Irak
  • Iran
  • Kuwait
  • Lebanon
  • Turki
  • Suriah
  • Palestina
  • Siprus
  • Qatar
  • Oman

Wilayah Asia Barat jika dikelompokkan berdasarkan zonasi negara adalah sebagai berikut:

  • (Wilayah Jazirah Arab): meliputi negara Timur Tengah yaitu Uni Emirat Arab, Qatar, Arab Saudi, Bahrain, Oman, Yaman dan Kuwait.
  • (Wilayah daratan Syam): meliputi Palestiana dan Israel.
  • (Wilayah Laut Tengah): meliputi negara Pulau Siprus.
  • (Wilayah Semenanjung Sinai): meliputi negara Mesir.
  • (Wilayah Timur atau di Levenant): meliputi negara Lebanon, Yordania, Suriah dan Irak.
  1. Asia Tengah

Asia Tengah adalah wilayah yang membentang dari Laut Kaspia di sebelah barat ke Cina dan Mongolia di sebelah timur, serta dari Afghanistan dan Iran di sebelah selatan hingga Rusia di sebelah utara.

Negara asia tengah berkembang dan menghasilkan berbagai kultur budaya, Agama, dan sistem pemerintahan secara individual.

Wilayah Asia tenggah ini terdiri dari bekas pecahan republik Soviet higga akhirnya terbentuk negara-negara di wilayah Asia Tenggah meliputi:

  • Kazakhstan
  • Kirgistan
  • Tajikistan
  • Turkmenistan
  • Uzbekistan dan
  • Rusia

Agama Islam adalah agama yang paling umum di Republik Asia Tengah, Afghanistan, Xinjiang dan wilayah barat pinggiran, seperti Bashkortostan.

Sebagian besar Muslim Asia Tengah adalah Sunni, meskipun ada minoritas Syiah yang cukup besar di Afghanistan dan Tajikistan.

Buddhisme dan Zoroastrianisme adalah agama besar di Asia Tengah sebelum datangnya agama Islam. Pengaruh Zoroaster masih terasa sampai sekarang dalam perayaan seperti Nowruz, yang diadakan di kelima negara Asia Tengah.

Agama Budha adalah agama terkemuka di Asia Tengah sebelum datangnya agama Islam. Dan penyebaran agama Buddha di sepanjang Jalur Sutra hingga akhirnya membawa agama itu ke Cina.

Di antara orang-orang Turki, Tengerisme adalah bentuk agama terkemuka sebelum datangnya Islam.

Ada juga agama Kristen yang paling dipraktikkan di wilayah ini pada abad-abad sebelumnya adalah Nestorianisme, tetapi sekarang denominasi terbesar adalah Gereja Ortodoks Rusia.

Dengan banyak anggota di Kazakhstan, di mana sekitar 25% dari populasi 19 juta diidentifikasi sebagai Kristen, 17% di Uzbekistan dan 5% di Kyrgyzstan.

  1. Asia Timur

Asia Timur adalah rumah bagi seperlima dari populasi manusia. Lokasi dunia di Lingkar Pasifik menyediakan akses untuk berinteraksi dengan ekonomi global.

Negara-negara di wilayah ini banyak menciptakan lingkungan industri yang telah membangkitkan semangat kewirausahaan manusia di dunia.

Manufaktur telah memicu mesin-mesin berteknologi tinggi di ekonomi Lingkar Pasifik, yang baru-baru ini mengambil keuntungan dari kumpulan pekerja besar-besaran di jantung China.

Di seberang Pasifik dari Asia Timur adalah negara adidaya Amerika Serikat dan mitra Perjanjian Perdagangan Bebas Amerika Utara (NAFTA), serta negara-negara yang bersaing dan berdagang dengan Komunitas Asia Timur (EAC).

Negara-negara yang termasuk dalam wilayah Asia Timur adalah

  • Cina
  • Jepang
  • Mongolia
  • Korea Utara
  • Taiwan
  • Korea Selatan
  • Hongkong
  • Macau

Adapun agama – agama besar di Asia Timur termasuk Budha, Mahayana, Konfusianisme dan Neo-Konfusianisme, Taoisme, pemujaan leluhur, dan agama rakyat Tiongkok di Daratan Tiongkok, Hong Kong, Macau dan Taiwan. Budha dan Shinto di Jepang serta Kekristenan, Buddhisme dan Sindoisme di Korea.

Tengerisme dan Buddhisme Tibet lazim di kalangan orang Mongol dan Tibet, sementara agama-agama lain seperti Shamanisme tersebar luas di kalangan penduduk asli Cina timur laut seperti Manchus .

Bahasa utama di Asia Timur meliputi Mandarin, Jepang, dan Korea. Kelompok etnis utama di Asia Timur termasuk Han, Yamato, dan Korea.

Ada 76 kelompok etnis minoritas yang diakui secara resmi di Asia Timur, 55 asli daratan Cina, 16 asli pulau Taiwan (secara kolektif dikenal sebagai masyarakat adat Taiwan).

Kemudian ada satu etnis asli dari pulau utama Jepang di Hokkaido (Ainu) dan 4 asli Mongolia.

  1. Asia Selatan

South Asia atau Asia Selatan adalah wilayah selatan dari benua Asia yang terdiri dari negara sub-Himalaya. Sehingga wilayah ini dilintasi oleh Pegunungan Himalaya dan Dataran Tinggi Tibet.

Wilayah ini memiliki jajaran pegunungan yang mengelilinginya sehingga memberikan kesan pemandangan alam yang indah.

Asia Selatan memiliki perbatasan di sebelah selatan dengan Samudra Hindia dan di wilayah darat (searah jarum jam, dari barat ) berbatasan dengan Asia Barat, Asia Tengah, Asia Timur dan Asia Tenggara.

Daftar negara-negara di wilayah Asia selatan adalah:

  • Pakistan
  • Afghanistan
  • India
  • Bangladesh
  • Nepal
  • Bhutan
  • Maladewa
  • Sri Langka

Agama di wilayah Asia Selatan. Pada 2010, Asia Selatan memiliki populasi Hindu, Jai, dan Sikh terbesar di dunia.

Sekitar 510 juta adalah umat Muslim, serta lebih dari 25 juta umat Buddha dan 35 juta orang Kristen.

Umat ​​Hindu membentuk sekitar 68 persen atau sekitar 900 juta sedangkan Muslim ada 31 persen atau 510 juta dari keseluruhan populasi Asia Selatan, sementara sisanya adalah umat Budha, Jain, Kristen, dan Sikh.

Umat ​​Hindu, Budha, Jain, Sikh, dan Kristen mendominasi di wilayah India, Nepal, Sri Lanka, dan Bhutan.

Sedangkan Muslim yang mendomisili di wilayah Afghanistan sebesar (99%), Bangladesh (90%), Pakistan (96%) dan Maladewa (100%).

  1. Asia Tenggara

Southeast Asia atau Asia Tenggara adalah wilayah yang  negara-negara didalamnya membentuk sebuah organisasi atau komunitas Perhimpunan Bangsa-Bangsa atau disebut dengan ASEAN (Association of Southeast Asian Nations).

Wilayah Asia Selatan dibatasi di sebelah utara oleh Asia Timur, sebelah barat oleh Asia Selatan & Teluk Benggala, sebelah timur oleh Oceania dan Samudra Pasifik, dan di selatan oleh Australia dan Samudra Hindia.

Berikut adalah daftar nama-nama negara di wilayah Asia Tenggara:

  • Indonesia
  • Malaysia
  • Brunei Darussalam
  • Singapura
  • Thailand
  • Filipina
  • Laos
  • Vietnam
  • Myanmar
  • Kamboja

Wilayah ini merupakan satu-satunya kawasan Asia yang sebagian terletak di dalam Belahan Bumi Selatan, meskipun sebagian besar berada di Belahan Bumi Utara.

Dalam definisi kontemporer, Asia Tenggara terdiri dari dua wilayah geografis yaitu:

Daratan Asia Tenggara, adalah wilayah yang dikenal secara historis sebagai Indocina, terdiri dari Kamboja, Laos, Myanmar, Semenanjung Malaysia, Thailand dan Vietnam.

Maritim/Kepulauan Asia Tenggara, adalah wilayah yang dikenal secara historis sebagai Nusantara, Hindia Timur, atau Kepulauan Melayu, yang terdiri dari Kepulauan Andaman dan Nikobar (India), Kepulauan Ashmore & Cartier (Australia), Brunei, Pulau Natal (Australia), Cocos (Keeling) Kepulauan (Australia), Malaysia Timur, Timor Timur, Indonesia (kecuali Nugini Barat, yang dianggap sebagai bagian dari benua Australia), terakhir Filipina dan Singapura.

  1. Agama atau Kepercayaan Lain di Asia

Selain agama-agama besar yang dibahas di atas, banyak praktik spiritual setempat yang ditemukan di seluruh Asia.

Seperti Animisme misalnya, praktek ini sangat umum di kalangan etnis minoritas di Asia Selatan dan Asia Tenggara.

Shamanisme mistis juga menjadi ciri khas banyak orang Asia Utara dan Tengah.

Ada juga pemujaan perdukunan yang dapat ditemukan di Korea Selatan, Jepang dan wilayah sekitarnya.

Sejarah dan Asal Usul Benua Asia

Sejarah Benua Asia

Berikut adalah sejarah dan siklus asal-usul peradaban benua Asia.

Sejarah Benua Asia Secara Geologis

Berawal ketika massa daratan besar Afrika dan India bertabrakan dengan Eropa dan Asia, sekitar 100 juta tahun yang lalu, kejadian ini menyebabkan kerak bumi runtuh ke atas membentuk pegunugan tanah tinggi yang hampir terus menerus.

Pergerakan ini diketahui dari pegunungan Alpen, melalui Turki, Iran dan Afghanistan menuju Himalaya. Pada masa ini yang kemudian memiliki pengaruh besar terhadap sejarah asal usul benua Asia dan kehidupan manusia.

Di sebelah selatan dan timur barisan pegunungan terdapat berbagai daerah subur, memiliki sungai-sungai besar yang mengalir dari pegunungan.

Sebaliknya, di utara pegunungan adalah jalur berkelanjutan dari padang rumput kurang subur yang banyak digunakan sebagai tempat penunggang kuda dari Mongolia ke Moskow.

Bentangan daratan yang tak terputus ini di utara pegunungan, mencapai daerah Pasifik di timur sampai ke Atlantik di barat, Artinya bahwa batas antara Asia dan Eropa memiliki konsep yang belum begitu jelas.

Sejarah Benua Asia Berdasarkan Peradaban

Sejarah Benua Asia dapat dilihat sebagai sejarah yang berbeda dari beberapa daerah pesisir pinggiran.

Daerah pesisir tersebut adalah Asia Timur, Asia Selatan, Asia Tenggara, dan Timur Tengah yang dihubungkan oleh massa interior stepa Asia Tengah .

Pinggiran pantai adalah rumah bagi beberapa peradaban paling awal yang dikenal di dunia, masing-masing berkembang di sekitar lembah sungai yang subur.

Dapat diketahui bahwa peradaban di Mesopotamia, Lembah Indus dan Sungai Kuning memiliki banyak kesamaan.

Pada masa peradaban ini mungkin telah bertukar teknologi dan ide-ide seperti matematika dan roda. Inovasi lain, seperti menulis, tampaknya telah dikembangkan secara individual di setiap bidang. Bahkan Kota, negara bagian, dan kekaisaran berkembang di daerah dataran rendah ini.

Wilayah stepa tengah telah lama dihuni oleh pengembara penunggang kuda yang bisa mencapai semua wilayah Asia dari stepa.

Ekspansi yang dipostulatkan paling awal dari stepa adalah bahasa Indo-Eropa, yang menyebarkan bahasa mereka ke Timur Tengah, Asia Selatan, dan perbatasan Cina, tempat tinggal para Tochari.

Bagian paling utara benua Asia termasuk meliputi Siberia, sebagian besar tidak dapat diakses oleh para perantau stepa, karena memiliki hutan lebat, iklim ekstrim dan tundra . Oleh karena itu, daerah-daerah tersebut masih sangat jarang ditemukan penduduknya.

Sedangkan wilayah benua Asia pusat dan pinggiran sebagian besar dipisahkan oleh gunung dan gurun.

Ketika para penunggang kuda padang rumput hendak melewati wilayah Caucasus, pegunungan Himalaya, Karakum dan gurun Gobi mereka banyak menemukan hambatan dan kesulitan.

Di sisi lain penduduk kota lebih maju secara teknologi dan sosial, tetapi banyak kasus dalam aspek militer mereka tidak bisa berbuat banyak untuk bertahan melawan gerombolan stepa yang semakin meningkat.

Namun, karena wilayah dataran rendah yang tidak memiliki cukup padang rumput terbuka untuk mendukung pasukan kuda dengan jumlah besar, membuat kelompok ini kesulitan untuk bertahan.

Karena kondisi tersebut dan beberapa alasan lainnya, maka para perantau yang menaklukkan negara-negara di Cina, India, dan Timur Tengah sering berinteraksi dan beradaptasi dengan masyarakat lokal yang lebih makmur.

Hingga pada masa kekalahan kekhalifahan Islam dari kekaisaran Bizantium dan Persia menyebabkan sebagian besar wilayah Asia di bawah kendalinya selama penaklukannya pada abad ke-7.

Sampai pada abad ke-13 Mongol Empire menaklukkan sebagian besar Asia, wilayah membentang dari Cina ke Eropa. Sebelum invasi Mongol, dinasti Song dilaporkan memiliki sekitar 120 juta warga dengan sensus 1300 yang mengikuti invasi sekitar 60 juta orang.

Kemudian sejak abad ke-17 Kekaisaran Rusia mulai ekspansi ke Asia. Hingga akhirnya mengambil kendali dari semua Siberia dan sebagian besar Asia Tengah pada akhir abad ke-19.

Ottoman Empire di Anatolia ikut dikendalikan beserta sebagian besar Timur Tengah, Afrika Utara dan Balkan dari pertengahan abad ke-16 dan seterusnya.

Pada abad ke-17, Manchu menaklukkan Tiongkok dan mendirikan dinasti Qing. Kekaisaran Mughal Islam dan Kekaisaran Maratha Hindu menguasai sebagian besar India pada abad ke-16 dan ke-18.

Kekaisaran Jepang menguasai sebagian besar Asia Timur dan sebagian besar Asia Tenggara, Papua, dan kepulauan Pasifik sampai akhir perang dunia II.

Informasi Geografis Asia

informasi geografis benua asia

Benua Asia adalah benua terbesar dan terpadat di dunia yang juga disebut sebagai rumah lebih dari 4 miliar orang Asia. Benua Asia juga berisi negara terpadat di dunia, Cina, dan negara terbesar di dunia yaitu Rusia.

Keunikan dari Benua Asia yakni kaya akan ragam ras, budaya, dan bahasa. Banyak agama besar dunia keluar dari Asia termasuk Kristen, Yahudi, Islam, Hindu, dan Budha.

Asia memiliki pengaruh besar terhadap budaya dunia dan ekonomi dunia. Negara-negara seperti Rusia, Cina, Jepang India dan Indonesia menghasilkan produk dan layanan yang digunakan oleh setiap negara di dunia.

Asia juga memiliki sumber daya alam melimpah. Minyak dari Timur Tengah adalah pemasok utama banyak energi dunia.

Asia dibagi lagi menjadi 49 negara, Lima di antaranya (Georgia, Azerbaijan, Rusia, Kazakhstan dan Turki) adalah negara lintas benua dan memiliki bagian dari tanah mereka di Eropa.

Secara astronomis, letak benua Asia berada di 77º LU-11º LS dan 26º BT-169º BT. Secara geografis dilihat dari peta benua Asia maka menunjukkan benua ini dibatasi di sebelah timur oleh Samudra Pasifik, di sebelah selatan oleh Samudra Hindia, dan di sebelah utara oleh Samudra Arktik.

Secara rinci informasi Geografis Benua Asia dapat disimpulkan sebagai berikut:

Populasi: 4.164.252.000 (Sumber: 2010 Perserikatan Bangsa-Bangsa)

Area: 17.212.000 mil persegi.

Peringkat kepadatan penduduk: Benua Asia adalah benua terbesar dan terpadat di dunia.

Bioma Utama: gurun, padang rumput, hutan subtropis, taiga Kota

Kota Utama:

  • Tokyo, Jepang
  • Jakarta, Indonesia
  • Seoul, Korea Selatan
  • Delhi, India
  • Mumbai, India
  • Manila, Filipina
  • Shanghai, Cina
  • Osaka, Jepang
  • Kolkata, India
  • Karachi, Pakistan

Batas Perairan: Samudera Pasifik, Samudra Hindia, Samudra Arktik, Laut Arab, Teluk Benggala, Laut Cina Selatan, Laut Kuning, Laut Bering

Sungai dan Danau Utama: Laut Kaspia, Danau Baikal, Laut Aral, Laut Qinghai, Danau Yangtze, Sungai Kuning, Sungai Gangga, Sungai Indus.

Fitur Geografis Utama: Himalaya, Pegunungan Ural, Pegunungan Kunlun, Gurun Arab, Gurun Gobi, Gurun Takla Makan, Gurun Thar, Pulau Jepang, Gunung Everest, Siberia.

Batas Geografis Benua Asia

Dapat dilihat dari peta benua Asia, benua tersebut dibatasi oleh samudera dan lautan mulai dari sisi utara, barat, timur hingga selatan. Berikut rincian batas wilayah benua Asia:

  • Batas wilayah benua Asia di sisi Timur: Selat Bering dan Samudera Pasifik.
  • Batas wilayah benua Asia di sisi Barat : Laut Merah, Pegunungan Ural, Laut Tengah.
  • Batas wilayah benua Asia di sisi Utara: Samudera Arktik.
  • Batas wilayah benua Asia di sisi Selatan: Samudera Hindia.

Kondisi Geografis Benua Asia

Kita dapat melihat dari peta benua Asia bahwa benua ini memiliki beragam kondisi geografis yang berbeda di berbagai wilayah didalamnya.

Benua Asia juga memiliki begitu banyak pegunungan yang menjulang tinggi. Pegunungan yang popular adalah Himalaya dan Gunung Everest. Gunung Everest merupakan gunung tertinggi di dunia.

Asia memiliki kondisi gurun luas seperti Gurun Gobi di negara Cina. Selain itu, bentang alam gurun bisa ditemukan di beberapa negara Asia Tengah, Asia Barat dan Timur Tengah.

Sementara di beberapa wilayah Asia dilewati oleh garis khatulistiwa dengan kondisi iklim tropis yang didominasi di beberapa negara Asia Tenggara.

Kondisi Iklim Benua Asia

kondisi iklim Asia

Asia memiliki kondisi iklim dan fitur geografis yang sangat beragam. Iklim berkisar dari arktik dan subarktik di Siberia hingga tropis di India selatan dan Asia Tenggara.

Berdasarkan letak lintang dan kondisi bentang alam yang ada, iklim di Benua Asia dibedakan menjadi beberapa macam meliputi:

  • Iklim tropis
  • Iklim subtropis basah
  • Iklim sedang
  • Iklim kutub dan
  • Iklim gurun
  1. Iklim tropis, dipengaruhi angin musim yang mendomisili sebagian besar wilayah Asia Tenggara dan pantai barat India dengan curah hujan yang tinggi.
  2. Iklim subtropis basah, terletak diantara 23,50 LU  – 300 LU. Wilayah ini mendomisili sebagian besar Asia Timur dengan curah hujan tinggi akibat angin musim tenggara dari samudra pasifik.
  3. Ketika berembus angin musim dari Asia Tengah maka iklim akan berubah menjadi musim kemarau.
  4. Iklim sedang, terletak diantara lintang 300 LU – 66,50 LU, meliputi sebagian kecil Asia Timur, dengan curah hujan yang rendah. Karena hembusan angin timur dari arah kutub memiliki suhu udara sangat rendah.
  5. Iklim Kutub, yang terletak diantara lintang 66,50 LU – 900 LU meliputi wilayah Siberia Utara. Suhu sangat rendah karena didominasi oleh pengaruh kutub dan pada musim dingin suhu dibawah titik beku..
  6. Iklim gurun, berada didaerah-daerah gurun Asia meliputi gurun Gobi, Taklamakan, Mongolia, Tibet dan Jazirah Arab. Curah hujan daerah ini sangat rendah karena memiliki hembusan angin yang berasal dari daratan kering.

Sedangkan tempat paling aktif di Bumi untuk aktivitas siklon tropis terletak di timur laut Filipina dan selatan Jepang.

Sebuah survei yang dilakukan pada 2010 oleh resiko pertanian global Maplecroft mengidentifikasi 16 negara yang sangat rentan terhadap perubahan iklim.

Kerentanan setiap negara dihitung menggunakan 42 indikator sosial, ekonomi, dan lingkungan, yang kemungkinan dapat mengidentifikasi dampak perubahan iklim selama 30 tahun ke depan.

Negara-negara Asia seperti Bangladesh, India, Vietnam , Thailand, Pakistan, dan Sri Lanka termasuk di antara 16 negara yang menghadapi risiko ekstrem akibat perubahan iklim.

Beberapa shift sudah terjadi. Misalnya, di bagian tropis India dengan iklim semi-kering, suhu meningkat 0,4 ° C antara 1901 dan 2003.

Sebuah studi 2013 oleh Lembaga Penelitian Tanaman Internasional untuk Tropis Semi-Arid (ICRISAT) bertujuan untuk menemukan pendekatan dan teknik berbasis ilmu pengetahuan, yang berpihak pada kaum miskin.

Kegiatan ini memungkinkan sistem pertanian Asia dapat mengatasi perubahan iklim, sambil memberi manfaat bagi petani miskin dan wilayah rentan.

Rekomendasi study tersebut mampu meningkatkan penggunaan informasi iklim dalam perencanaan lokal dan memperkuat layanan agro-advisory berbasis cuaca, guna merangsang diversifikasi pendapatan rumah tangga pedesaan dan memberikan insentif kepada petani.

Keuntungan Letak Geografis Benua Asia

Disamping visualisasi peta Asia, ternyata benua ini dianugerahi banyak keuntungan berbagai macam sumber daya yang nyata sebagai berikut:

  • Benua Asia cenderung memiliki lahan subur.Pasalnya, dunia pertanian menjadi salah satu komoditi utama penduduk Asia.
  • Benua Asia terkenal akan kekayaan minyak bumi. Ada beberapa kawasan penghasil utama minyak bumi di benua Asia, seperti Indonesia, Brunei, dan Timur Tengah.
  • Benua Asia merupakan wilayah jalur perdagangan strategis, sebab berbatasan dengan Afrika, Eropa dan Australia

Fakta Menarik tentang Benua Asia

  • Asia memiliki masa dengan jumlah sekitar 30% dari luas daratan dunia dan 60% dari populasi dunia.
  • Titik tertinggi di bumi, Mt. Everest, ada di Asia. Titik terendah di daratan, Laut Mati, juga di Asia.
  • Asia adalah satu-satunya benua yang berbatasan dengan dua benua lain; Afrika dan Eropa. Pada kondisi tertentu benua ini bisa bergabung dengan benua ketiga, yaitu benua Amerika Utara, di musim dingin oleh es yang terbentuk di Laut Bering.
  • Asia merupakan rumah bagi 2 negara dari 3 ekonomi terbesar di dunia: Cina (terbesar kedua) dan Jepang (terbesar ketiga). Rusia dan India juga merupakan 10 besar ekonomi dunia.
  • Asia adalah rumah bagi banyak hewan menarik termasuk panda raksasa, gajah Asia, harimau, unta Baktria, naga komodo, dan king kobra.
  • Berdasarkan jumlah penduduk Cina dan India adalah dua negara terbesar di dunia. Cina nomor satu dengan lebih dari 1,3 miliar orang. India adalah nomor dua dengan lebih dari 1,2 miliar orang. Negara ketiga adalah Amerika Serikat yang hanya memiliki lebih dari 300 juta orang.

Penutup

Nah, demikianlah rangkuman peta Asia beserta turunannya. Kita ketahui dibalik peta benua Asia menyimpan kekayaan dan sumber daya melimpah yang jarang dimiliki oleh beberapa benua lainnya.

Dari sejarah pembentukan peta Asia yang berawal sejak sebelum zaman penanggalan Masehi, hal ini menjadi informasi yang dapat membantu kita dalam memahami materi-materi yang kaitannya dengan geografi benua Asia.

Selain itu kita juga dapat memahami pembagian wilayah Peta Asia menjadi 5 kawasan meliputi: Asia Barat, Asia Tengah, Asia Timur, Asia Selatan, dan Asia Tenggara sebagaimana merupakan wilayah kita sendiri yang wajib diketahui.

sindunesia Sindunesia, (Pejuang Waktu) yang suka belajar apa saja untuk kemanfaatan sesama.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *