sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional & Standar Internasional Lengkap

ukuran lapangan futsal

Ukuran Lapangan Futsal – Selama beberapa tahun ini, futsal menjadi olahraga yang digemari banyak orang. Ukuran lapangan futsal yang kecil membuat orang-orang suka memainkannya.

Karena selain menyehatkan, futsal juga sangat seru dimainkan bersama teman-teman.

Jika kamu perhatikan, memang futsal ini seolah-olah menjadi sebuah sepak bola mini dengan ukuran bola yang hampir sama persis. Terutama ukuran lapangan yang terbilang cukup kecil dan tetap membutuhkan ketangkasan dan kecepatan.

Ukuran Lapangan Futsal

Ukuran lapangan futsal sangat berbeda jauh jika dibandingkan ukuran lapangan sepak bola. Walaupun keduanya memiliki cara permainan yang secara umum sama, yaitu memasukkan bola ke dalam gawang.

Namun ada ketentuan tersendiri mengenai ukuran lapangan khusus olahraga futsal.

Layaknya olahraga lainnya, kamu akan melihat dua standar lapangan yang berlaku yaitu lapangan standar nasional dan internasional. Tapi sebenarnya tidak ada patokan pasti syarat ukuran sebuah lapangan futsal.

#.Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional

Ukuran Lapangan Futsal Standar Nasional

Jika kamu bermain olahraga futsal di dalam negeri atau di Indonesia, maka standar ukuran yang digunakan adalah standar nasional.

Ukuran ini akan sangat sering kamu temukan pada lapangan-lapangan yang digunakan untuk kompetisi dari tingkat terendah sampai tertinggi.

Sayangnya memang tidak ditetapkan sebuah ukuran pasti agar lapangan itu bisa dikatakan berstandar nasional.

Kisaran ukurannya yaitu panjangnya mulai dari 25 meter sampai maksimal adalah 42 meter. Kemudian lebarnya mulai 15 meter dan maksimal 25 meter.

Dengan ukuran tersebut maka secara otomatis bentuk lapangan futsal adalah persegi panjang. Tapi sangat jarang sekali sebuah pertandingan menggunakan ukuran minimal. Karena itu sangat kecil sekali.

#.Ukuran lapangan Futsal Standar Internasional

Lapangan Futsal Internasional

Lalu selanjutnya adalah masalah standar internasional. Ukuran ini bisa kamu temukan pada lapangan-lapangan yang digunakan untuk kompetisi luar negeri atau mancanegara. Jadi kamu tidak akan bisa menyamakan ukuran standar nasional dan juga internasional.

Ukuran untuk standar internasional relatif lebih besar jika dibandingkan standar nasional. Mungkin hal ini terjadi karena postur badan orang-orang luar negeri lebih besar daripada orang-orang yang ada di Indonesia.

Sehingga ukuran lapangan juga disesuaikan menjadi lebih besar.

Panjang minimal lapangan dengan standar internasional adalah 38 meter dan panjang maksimal 42 meter. Kemudian lebarnya minimal 20 meter dan maksimal sampai 25 meter.

#. Ukuran Lapangan Futsal Mini

Kemudian ada juga lapangan futsal mini yang memiliki ukuran jauh lebih kecil dibandingkan dengan ukuran standar nasional dan internasional.

Tentunya dengan ukuran yang relatif sangat kecil ini memiliki fungsi dan tujuan yang berbeda.

Biasanya ukuran lapangan yang kecil ini digunakan untuk para pemain dengan umur yang masih mudah. Karena mereka tidak perlu berlari-lari dengan jarak yang lebih panjang mengejar bola. Jadi bisa lebih menghemat tenaga dan tidak membuat cepat kelelahan.

Ukuran lapangan untuk jenis mini ini adalah panjang 22 meter dan lebarnya 12 meter. Tapi ada juga yang menggunakan ukuran minimal pada standar nasional yaitu panjang 25 meter dan lebarnya 15 meter.



Garis Lapangan Futsal

garis lapangan futsal

Hal lain yang sangat penting setelah ukuran lapangan futsal adalah masalah garis lapangan. Sebab tanpa adanya garis lapangan ini, pertandingan futsal akan sulit sekali berjalan. Posisi dan bentuk garis lapangan futsal sudah memiliki aturan yang ditetapkan sebelumnya.

Jika tidak menaati aturan mengenai garis lapangan ini, maka lapangan itu tidak bisa dikatakan sudah sesuai dengan standar. Berikut ini beberapa aturan mengenai garis lapangan futsal tersebut:

  • Daerah Penalti

Aturan pertama mengenai garis lapangan adalah untuk daerah penalti. Garis di daerah ini dibuat agar bisa mendeteksi pelanggaran dengan baik.

Sehingga ketika ada pelanggaran di daerah penalti, maka pihak yang dilanggar akan mendapatkan hadiah tendangan penalti.

Sering sekali ketika pemain lawan mendekat ke gawang, maka pemain lain akan berusaha menghalau. Jika terjadi pelanggaran di daerah penalti, maka akan terjadi tendangan penalti. Ketika tendangan dilakukan, maka semua pemain juga harus berada di luar garis daerah penalti tersebut.

Garis daerah pinalti merupakan dua buah seperempat lingkaran dengan jari-jari 6 meter. Titik pusat masing-masing seperempat lingkaran itu berada pada tiang gawang.

Lalu antara tiang gawang itu diberikan garis lurus sampai ke sisi luar seperempat lingkaran.

Setelah itu pada daerah penalti juga diberi dua titik penalti. Pertama titik terdekat yaitu 6 meter dari gawang. Kedua titik terjauh yaitu 10 meter dari gawang dan berada di tengah-tengah antara kedua tiang.

  • Daerah Tendangan Sudut

Daerah tendangan sudut ini dibuat untuk bisa menjadi area khusus ketika bola keluar oleh pemain dari tim sendiri. Tendangan sudut dilakukan pada setiap sudut siku di lapangan futsal. Sehingga garis tendangan sudut akan ada pada setiap sudut lapangan dan jumlahnya ada empat.

Bentuk garis daerah tendangan sudut adalah melengkung yang mempertemukan dua garis lapangan. Lengkungan itu memiliki jari-jari 25 cm.

  • Daerah Bebas

Perlu kamu tahu bahwa daerah bebas merupakan sebuah kawasan yang lokasinya berada tepat di tengah lapangan. Bentuk daerah bebas ini adalah lingkaran dengan jarak dari titik tengah adalah 5 meter ke kanan dan ke kiri.

Kawasan ini menjadi kawasan yang bebas untuk memandang. Sebab ada meja wasit yang ketiga dan juga pencatatan waktu.

  • Daerah Pergantian Pemain

Daerah Pergantian Pemain

Daerah ini merupakan garis yang dibuat untuk tempat para pemain cadangan sebagai lokasi menunggu dan bersiap.

Garisnya memiliki ukuran tebal 8 cm dan panjang total 80 cm dengan dibagi dua 40 cm kedalam lapangan dan 40 cm keluar.



Ukuran Gawang Futsal

ukuran gawang futsal

Ukuran gawang untuk futsal terbilang cukup kecil karena disesuaikan dengan ukuran lapangan yang juga kecil.

Gawang futsal memiliki panjang dari tiang kiri ke tiang kanan 3 meter. Kemudian lebar atau ketinggiannya adalah 2 meter dengan ketebalan tiang 8 cm yang berbentuk kotak atau bulat.

Gawang besi itu ditempatkan tepat di tengah-tengah garis gawang yang sudah tersedia. Selain itu aturan lainnya adalah jaring-jaring harus terbuat dari bahan goni, nilon atau tali rami. Aga lebih kuat dan tidak mudah jebol ketika menerima bola yang kuat.


Ukuran Bola Futsal

Mengenai ukuran bola, sebenarnya FIFA sudah memberlakukan aturan yang harus dipatuhi semua penyelenggara pertandingan futsal.

Aturan mengenai bola yang pertama adalah bola berbentuk bulat sempurna dengan bahan yang aman dan tidak berbahaya.

Kemudian keliling bola itu sekitar minimal 62 cm dan keliling maksimalnya 64 cm. Berat bola ketika sudah diisi dengan angin dan siap digunakan adalah 400 gram, maksimal bisa sampai 440 gram. Tekanannya adalah 0,46-0,6 atmosfir atau sekitar 400 sampai 600 g/cm3.

Aturan selanjutnya adalah bola yang siap digunakan untuk pertandingan, saat dijatuhkan dari ketinggian 2 meter mampu melakukan pantulan pertama minimal 50 cm dan maksimal 65 cm.

Dengan adanya aturan-aturan resmi mengenai ukuran lapangan futsal, ukuran bola dan lain-lain, kamu tidak perlu lagi bingung menentukannya. Pastinya kamu bisa menyelenggarakan kompetisi sendiri dengan memperhatikan panduan ukuran ini.


Tips Sukses Memulai Bisnis Lapangan Futsal

Untuk menjalankan bisnis lapangan futsal yang memiliki omzet besar tentunya tidak mudah.

Butuh persiapan yang matang dan juga sejumlah strategi yang terbukti mantap, agar bisnis persewaan lapangan futsal yang digeluti bisa langsung sukses dan untung besar.

Berikut tips sukses membangun bisnis persewaan lapangan futsal, diantaranya adalah:

  • 1. Pemilihan Lokasi

Letak yang strategis sangat mempengaruhi kelancaran bisnis apapun, terutama bisnis lapangan futsal.

Pemilihan lokasi yang tepat untuk bisnis ini ada di pinggir jalan raya yang banyak terdapat orang, dekat dengan pemukiman penduduk dengan wilayah padat penduduk, disekitar kampus, disekitar pusat perkantoran dan lain-lain. Dengan strategi lokasi, dipastikan bisnis lapangan futsal Anda akan menarik konsumen.

  • 2. Sirkulasi Udara Lapangan Futsal

Jika Anda memulai bisnis lapangan futsal skala luar ruangan, sistem sirkulasi udaranya pasti berjalan dengan baik.

Namun jika Anda memiliki usaha lapangan dengan skala dalam ruangan, maka sirkulasi udara yang baik harus diadakan.

Agar penyewa nyaman dalam bermain dan tidak kekurangan udara di dalam gedung.

  • 3. Fasilitas Pelengkap

Salah satu fasilitas pelengkap yang dibutuhkan adalah penyediaan ruang tunggu yang nyaman bagi pelanggan.

Kalau di ruang tunggu juga ada televisi, buku bacaan, majalah, koran sepak bola dan lain sebagainya. Sehingga mereka tidak bosan menunggu giliran bermain futsal.

Berikan juga kartu member dengan detail diskon menarik dan hadiah lotere langsung untuk menarik orang menjadi
pelanggan tetap.

Rincian Biaya Sewa Lapangan Futsal Biaya pembuatan lapangan futsal ini bervariasi tergantung
skema dan skala usahanya.

Ada usaha lapangan futsla semi indoor, outdoor dengan menggunakan plesteran dan matras
dan sebagainya.

Berikut rincian biaya lapangan futsal secara umum, dianataranya adalah:

  1. Biaya pembuatan konstruksi tiang baja Rp.50.000,00 juta.
  2. Biaya pembuatan rumput sintetis mencapai Rp50.000,00 juta.
  3. Biaya pembuatan pondasi dan lantai Rp.100.000,00 juta.
  4. Biaya pembelian jaring, lampu dan bola futsal adalah Rp.10.000,00 juta.

Maka total biaya yang harus dikeluarkan untuk membuka usaha lapangan futsal dari awak kapal hingga siap disewakan sekitar Rp.310.000,00 juta. Dengan asumsi usaha lapangan futsal berada di atas tanah sendiri.


Manfaat Berbisnis di Bidang Futsal

Sebagai bisnis yang sedang booming, membuat peluang bisnis lapangan futsal sangat sayang untuk dilewatkan.

Walaupun bisnis lapangan futsal membutuhkan dana investasi yang tidak sedikit, namun banyak keuntungan dan keuntungan yang akan Anda dapatkan dari melakukan bisnis persewaan lapangan
futsal, antara lain:

  • 1. Mudah Dikelola

Untuk memulai bisnis lapangan futsal pada awalnya membutuhkan biaya yang tidak sedikit. Namun setelah bisnis lapangan futsal berdiri, maka Anda dapat dengan mudah mengelola bisnis ini.

Selain mengambil staf Kariawan untuk urusan administrasi dan umum. Kemudahan berbisnis bisa Anda tambah di bisnis persewaan lapangan futsal ini.

  • 2. Permintaan Pasar Besar

Sepak bola merupakan salah satu jenis olahraga yang disukai banyak orang mulai dari usia anak-anak hingga dewasa.

Apalagi bagi pelajar dan karawan yang disibukkan dengan pekerjaannya akan membutuhkan waktu untuk bermain bola khususnya futsal di tempat persewaan lapangan futsal.

  • 3. Omset Bulanan Besar

Bisnis persewaan lapangan futsal di Indonesia menjanjikan keuntungan, karena bisnis ini memiliki bisnis turunan lain.

Selain membuka usaha persewaan lapangan, Anda juga bisa membuat jenis usaha lain yang masih ada kaitannya dengan futsal.

Seperti usaha kantin, jual perlengkapan futsal, kafe, jual perlengkapan sepak bola dan banyak lagi lainnya.

Akhir Kata

Demikianlah penjelasan mengenai ukuran lapangan futsal standar nasional, ukuran lapangan futsal standar internasional, ukuran lapangan futsal mini  hingga ukuran bola futsal.

Semoga bermanfaat dan mempermudah kita ketika ingin membuat ukuran lapangan futsal sesuai dengan ukuran yang benar.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *