sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Peta Korea Selatan | Penjelasan Lengkap

Peta Korea Selatan

Peta Korea Selatan – Korea Selatan adalah sebuah negara di Asia Timur Laut yang meliputi bagian selatan Semenanjung Korea.

Nama resminya adalah Republik Korea ( bahasa Korea : 대한민국). Seperti pada peta Korea Selatan, Seoul adalah kota terbesar dan sekaligus sebagai ibu kota. Korea Selatan berbagi salah satu perbatasan yang paling termiliterisasi di dunia dengan Korea Utara.

Pada akhir Perang Dunia II, bagian utara semenanjung Korea diduduki oleh pasukan Soviet dan bagian selatan oleh pasukan AS, yang pada akhirnya terpecah menjadi 2 kubu selatan dan utara.

Korea juga dikenal dengan pedesaan berbukit hijau yang dihiasi dengan pohon sakura dan kuil Buddha berusia berabad-abad, ditambah desa nelayan pesisir, pulau sub-tropis, dan kota-kota teknologi tinggi.

Berikut adalah penjelasan lengkap mengenai peta Korea Selatan.


Gambar Peta Korea Selatan

Gambar peta Korea Selatan berwarna krem beserta lokasi kota, ibukota dan bandara.

Gambar Peta Korea Selatan

Peta Korea Selatan Lengkap

Peta Korea Selatan lengkap dengan legenda kota, ibukota, jalan, lautan dan perbatasan.

peta korea selatan lengkap

Peta Buta Korea Selatan

Peta Korea Selatan jenis peta buta berwarna merah maron beserta lautan berwarna biru.

Peta Buta Korea Selatan

Peta Korea Selatan Seoul

Gambar peta Korea selatan yang menunjukkan ibukota seoul.

Peta Korea Selatan Seoul

Peta Korea Selatan dan Korea Utara

Gambar peta Korea Selatan dan Korea Utara disertai dengan perbatasan antar negara disekelilingnya.

Peta Korea Selatan dan Korea Utara

Peta Korea Selatan dan Indonesia

Gambar peta Korea Selatan dan Indonesia diantara beberapa negara Asia.

Peta Korea Selatan dan Indonesia


Baca Juga: Peta Bali & Penjelasan Lengkap


Sejarah Singkat Korea Selatan dan Utara

Sejarah Korea Selatan

Korea yang tidak terbagi pada awalnya diduduki oleh Jepang. Setelah kalah dalam Perang Dunia II pada tahun 1945, Jepang menyerah kepada negara sosialis, Uni Soviet.

Akibatnya, Korea yang tidak terbagi dibagi menjadi dua bagian pada tahun 1950 Korea Utara bergabung dengan blok sosialis dalam ideologi negara sosialis Uni Soviet, sedangkan Korea Selatan bergabung dengan blok kapitalis dalam ideologi kapitalis Amerika.

Sejak saat itu, Korea beroperasi dengan dua nama yang berbeda, yaitu Utara dan Selatan dan dua sistem ekonomi yang berbeda.

Kapitalisme Amerika diperkenalkan di Korea Selatan dan sosialisme diperkenalkan di Korea Utara seperti Uni Soviet. Hal ini menyebabkan pembagian Korea yang tidak terbagi pada tahun 1947.

Nama resmi Korea Utara adalah Republik Demokratik Rakyat Korea dan nama resmi Korea Selatan adalah Republik Korea. Ibu kota Korea Utara adalah Pyongyang dan ibu kota Korea Selatan Seoul.


Baca Juga: Peta Benua Eropa | Penjelasan Lengkap


UNIVERSITAS TERBAIK KOREA SELATAN

Universitas di Korea Selatan

Belajar di Korea adalah pengalaman yang luar biasa. Korea Selatan adalah impian banyak pelajar asing di seluruh dunia, terutama mereka yang banyak menonton film Korea.

Hal ini tentunya menjadi faktor yang menentukan mengapa para pelajar muda, khususnya pelajar, ingin berwisata ke Korea untuk merasakan budaya dan pengalaman yang mendebarkan.

Berikut adalah daftar universitas terbaik di Korea Selatan untuk siswa internasional. Beberapa dari universitas ini adalah milik pemerintah, sementara yang lainnya dimiliki oleh swasta.

Mereka memiliki standar pendidikan berkualitas tinggi yang diakui di seluruh dunia.

Universitas Nasional Seoul

Dianggap sebagai salah satu institusi pendidikan tinggi paling bergengsi di Korea Selatan, Seoul National University (SNU).

Sebagai universitas terbaik di Korea Selatan untuk siswa internasional menawarkan kesempatan kepada siswa untuk belajar di jantung ibu kota.

Seoul sering diperingkat sebagai salah satu kota terbaik di dunia untuk pendidikan tinggi dan peringkat universitas yang nyaman di antara universitas terbaik di Asia.

Universitas Nasional Seoul adalah universitas nasional pertama Korea Selatan dan memiliki reputasi untuk bertahan dengan cita-cita demokrasi yang tinggi.

Universitas ini juga menjaga perdamaian di Semenanjung Korea.

Universitas Nasional Seoul memiliki 116 kolese, satu sekolah sarjana dan 10 sekolah sarjana profesional yang menawarkan ratusan program sarjana, pascasarjana dan doktoral.

Universitas Korea

Didirikan pada tahun 1905, Universitas Korea adalah universitas terbesar dan tertua di negara ini dan salah satu universitas terbaik di Korea Selatan untuk siswa internasional.

Ada banyak klub dan asosiasi untuk siswa, termasuk klub ping-pong, klub gitar akustik, klub pelestarian lingkungan, dan klub wanita Korea.

Universitas memiliki kampus di seluruh dunia dan banyak asosiasi untuk memfasilitasi pertukaran mahasiswa yang dikenal dengan perkembangan kegiatan pendidikan internasional.

Universitas Eunice

Universitas Yonsi adalah universitas riset swasta yang berlokasi di Seoul, Korea Selatan.

Didirikan pada tahun 185, Yunus adalah salah satu universitas tertua dan paling bergengsi di Korea Selatan dan salah satu universitas terbaik di Korea Selatan untuk pelajar internasional.

Versi modern universitas dibuat pada tahun 1957 ketika Yoni College dan Severance Union Medical College bergabung (Yoni adalah kombinasi dari huruf pertama dari dua sekolah sebelumnya).

Institut Sains dan Teknologi Korea (KAIST)

Universitas besar lain di Korea di mana semua siswa cerdas matematika dan sains adalah Korea Advanced Institute of Science and Technology (KAIST).

Di universitas ini mereka fokus terutama pada pembentukan tim elit ilmuwan dan peneliti yang dapat mempengaruhi bangsa dan dunia.

Sesuai dengan namanya, KYST sangat terkenal dengan ilmu pengetahuan dan teknologinya dan salah satu keunggulan KYST yang paling terkenal adalah teknologi robotnya.

Dibentuk pada tahun 1919 dengan bantuan penasihat Amerika, Quest menjadi universitas riset dan sains pertama yang dipimpin Korea Selatan dan salah satu universitas terbaik Korea Selatan untuk siswa internasional.

Universitas Sunkinkuan (SKQ)

Universitas Sunkinkuan didirikan 60.000 tahun yang lalu dan merupakan universitas tertua di Asia Timur.

Universitas ini memiliki dua kampus: Departemen Humaniora dan Ilmu Sosial di Seoul dan Kampus Ilmu Pengetahuan Alam di Seoul.

Universitas memiliki program pertukaran akademik dan kemitraan dengan 65.353 universitas di 3 negara.

Hal ini bertujuan untuk memperluas program gelar ganda dengan berbagai universitas terkenal di seluruh dunia.

Universitas saat ini melakukan 33 program gelar ganda dengan mitra, termasuk Sekolah Teknik dan Bisnis Institut Teknologi Massachusetts, Universitas Bunga Universitas Indiana, Universitas Peking dan Universitas Birmingham, serta Sekolah Bisnis Kelly.

Universitas Sains dan Teknologi Pohang (POSTEC)

Didirikan pada tahun 1986 di kota pelabuhan tenggara Pohang, universitas yang berfokus pada penelitian ini merupakan sumber penting lulusan yang sangat baik, menciptakan penelitian kelas dunia dan membina hubungan dekat dengan industri dan mitra dagang.

Berdiri di antara universitas terbaik di Korea Selatan untuk siswa internasional, Post Tech adalah salah satu universitas riset terbaik di benua Asia.

Karena banyaknya bangunan penelitian dan teknologinya, Post Tech telah menempatkan banyak penekanan pada penelitian dan terus mempengaruhi dunia melalui berbagai penemuannya.

Universitas Hanyong

Universitas Haniyang menekankan pada penelitian, tetapi terutama pada teknik. Terletak di Seoul, Universitas Hanyang adalah sekolah arsitektur dan teknik pertama Korea, dan universitas ini berafiliasi dengan banyak universitas terkenal seperti MIT (Massachusetts Institute of Technology) dan Cambridge University.

Universitas Haniyang adalah salah satu universitas terbaik di Korea. “Haniyang” adalah nama lama ibu kota Korea Selatan yang sekarang menjadi “Seoul”.

Didirikan pada tahun 1939, universitas ini terkenal di kalangan akademisi di seluruh dunia karena keahlian-nya di Korea dan di seluruh dunia.

Bagi pelajar internasional, universitas ini terkenal sebagai salah satu universitas terbaik di Korea Selatan.

Institut Sains dan Teknologi Ulsan

Institut Sains dan Teknologi Nasional Alsan adalah salah satu universitas sains dan teknologi terbaik di Korea.
Sebagai universitas yang sangat muda yang didirikan pada tahun 2007 tetapi telah memiliki reputasi untuk keunggulan akademiknya.

Berfokus kuat pada sains dan teknologi, UNIST menempati peringkat di antara sepuluh universitas teratas di negara ini dan terletak di salah satu kota industri terbesar di Korea.

UNIST telah menjadi salah satu universitas riset terkemuka di Korea karena investasinya yang kuat dalam penelitian dan teknologi.

Institut Sains dan Teknologi Guangzhou

Selain terletak di salah satu universitas terbaik di Korea, GIST diperingkatkan sebagai salah satu universitas terbaik di dunia dan secara konsisten diperingkatkan sebagai salah satu universitas terbaik di fakultas yang luar biasa.

Anggota fakultas GIST diakui atas pengalaman mereka di bidangnya masing-masing dan terus memperluas wawasan mereka dengan menerbitkan makalah dan laporan terkait laboratorium.

Universitas Nasional Zionbook

Zionbook National University adalah universitas riset nasional yang didirikan pada tahun 1944 di Gyeongju, Republik Korea. Sebagai universitas nasional di provinsi Zellbuk-du.

ZionBook National University telah diperingkatkan 501-550 di dunia dengan peringkat universitas top QS di Q1.

Universitas Nasional Zhenbuk didirikan pada tahun 1949 sebagai Universitas Nasional Chanbuk dengan dana provinsi dalam kerangka sistem Universitas Nasional Korea. Ini adalah salah satu universitas nasional 1947 terbaik di Korea.

Universitas Kyung Hei

Di antara universitas Korea terbaik lainnya adalah Universitas Kyung Hee. Universitas ini terkenal dengan layanannya kepada komunitas dan interaksinya dengan siswa dan telah mendapatkan tempat yang baik di antara universitas terbaik di Korea Selatan untuk siswa internasional.

Universitas Kyung Hee menekankan pendidikan yang terjangkau dan membuat sebanyak mungkin menawarkan pendidikan yang bagus dengan harga yang terjangkau.

Universitas ini berusaha keras untuk menciptakan dunia yang beradab dengan mengajari mahasiswanya saling menghormati satu sama lain dan sedetail mungkin dalam belajar.

Selain ulasan di atas masih banyak lagi berbagai macam universitas terbaik yang sangat popular si Korea Selatan.


Baca Juga: Peta Aceh & Penjelasan Lengkap


BANK KOREA SELATAN

Bank Korea Selatan

Berikut adalah berbagai macam daftar bank yang ada di Korea Selatan.

Bank Sentral

  • Bank of Korea (Bank of Korea)

Bank-bank besar

  • Hana Financial Group
  • Hana Bank (Hana Bank)
  • KB Financial Group
  • Kookmin Bank (Kookmin Bank)
  • Bank Woori (Bank Woori)
  • Grup Keuangan Shinhan
  • Bank Shinhan (Bank Shinhan)

Bank khusus

  •  NH Bank
  •  Bank Pembangunan Korea (Bank Pembangunan Korea)
  •  SME Bank (Industrial Bank of Korea)
  •  Bank Suhyup
  •  Bank Ekspor-Impor Korea

Bank Daerah

Grup Keuangan Shinhan

  • Bank Jeju

JB Financial Group

  • Bank Jeonbuk
  • Bank Gwangju

BNK Financial Group

  • Bank Busan
  • Bank Kyeongnam

Grup Keuangan DGB

  • Bank Daegu

Bank bersih

  • K Bank
  • Bank kakao (Bank Kakao)

Lembaga keuangan lainnya

  • Bank Semaul (Federasi Koperasi Kredit Komunitas Korea)
  • Koperasi kredit (Federasi Serikat Kredit Nasional Korea)
  • Bank tabungan bersama (Federasi Bank Tabungan Korea)
  • Kantor Pos (Korea Post)

Bank Asing

  • Bank ABN AMRO (ABN AMRO)
  • Bank of America (Bank of America)
  • Mitsubishi UFJ Bank (Bank of Mitsubishi UFJ)
  • Bank Kota Korea (Citibank Korea)
  • Deutsche Bank (Deutsche Bank)
  • Hong Kong dan Shanghai Banking Corporation (The Hongkong and Shanghai Banking Corporation ( HSBC)
  • Bank Mizuho (Bank Mizuho)
  • Korea Standard Chartered Bank (Standard Chartered Bank Korea)

BATAS WILAYAH KOREA SELATAN

Adapun batas wilayah daripada Korea Selatan adalah sebagai berikut:

Korea Selatan berbatasan dengan Korea Utara di utara, Laut Jepang di timur, Selat Korea di selatan dan tenggara, yang memisahkan negara dari Jepang, dan Laut Kuning di sebelah barat.


KOTA PENTING KOREA SELATAN

Kota Penting di Korea Selatan

Daftar kota besar dan penting yang ada di Korea Selatan antara lain adalah:

  • Kota Seoul
  • Andong
  • Chech’ on
  • Wonju
  • Yeosu
  • Ch’ onan
  • Kyongju
  • Ch’ ungju
  • Daejeon( Taejon)
  • Sogwip’ o
  • Anyang
  • Busan
  • Ch’ ongju
  • Kwangju
  • Suwon
  • Tonghae
  • Eumseong
  • Gaegu
  • Ch’ unch’ on
  • Yongwol
  • Gimhae
  • Hallim
  • Jinju
  • Kaesong
  • Kanggyong
  • Hongch’ on
  • Iksan
  • Incheon (Incheon)
  • Jeju (Cheju)
  • Munsan
  • Naju
  • Osan
  • Pohang
  • Pusan
  • Jeonju
  • Kangjon
  • Samch’ ok
  • Kangnung
  • Kimhae
  • Kimje
  • Kongju
  • Kosong
  • Kumi
  • Kunsan
  • Masan
  • Miryang
  • Mosulp’ o
  • Gunsan
  • Gwangju
  • Haenam
  • P’ yongt’ aek
  • Sokch’ o
  • Sunch’ on
  • Uijongbu
  • Namwon
  • Nonsan
  • Yongju
  • Uisong
  • Ulsan
  • Chinhae
  • Chinju
  • Choch’ iwon
  • Yesan
  • Chongup
  • Chonju
  • Yosu

PEMERINTAHAN KOREA SELATAN

Pemerintahan Korea Selatan

Di bawah konstitusinya saat ini, negara tersebut terkadang disebut sebagai Republik Keenam Korea Selatan.

Seperti banyak negara demokrasi lainnya, Korea Selatan memiliki pemerintahan yang terbagi menjadi tiga cabang: eksekutif, yudikatif, dan legislatif.

Eksekutif dan legislatif beroperasi terutama di tingkat negara bagian, meskipun kementerian eksekutif yang berbeda juga menjalankan fungsi di tingkat lokal.

Pemerintah daerah bersifat semi-otonom, dan memiliki badan eksekutif dan legislatif sendiri. Fungsi peradilan di tingkat negara bagian dan lokal. Korea Selatan adalah negara demokrasi konstitusional.

Struktur pemerintahan Korea Selatan ditentukan oleh Konstitusi Republik Korea. Dokumen ini telah direvisi beberapa kali sejak pertama kali mendeklarasikan kemerdekaan pada tahun 1948.

Namun, ia mempertahankan banyak karakteristik umum dan dengan pengecualian Republik Kedua Korea Selatan yang berumur pendek, negara ini selalu memiliki sistem presidensial dengan presiden independen.

Pemilihan langsung pertama diadakan pada tahun 1948. Meskipun Korea Selatan mengalami beberapa kediktatoran militer dari tahun 1960-an hingga 1980-an, Korea Selatan telah tumbuh menjadi demokrasi liberal yang sukses.

Saat ini, Buku Fakta Dunia CIA menggambarkan demokrasi di Korea Selatan sebagai “demokrasi modern yang berfungsi penuh”.


LETAK GEOGRAFIS KOREA SELATAN

Geografi Korea Selatan

Korea Selatan meliputi bagian selatan Semenanjung Korea yang membentang sekitar 1.100 kilometer dari benua Asia.

Semenanjung pegunungan ini dikelilingi oleh Laut Kuning di sebelah barat dan Laut Jepang di sebelah timur. Ujung selatannya terletak di Selat Korea dan Laut Cina Timur.

Termasuk semua pulau Korea Selatan terletak pada 33 ° dan 39 ° LU serta 124 ° dan 130 ° BT dengan luas totalnya 100.032 kilometer persegi.

Korea Selatan dapat dibagi menjadi empat wilayah umum sebagai berikut:

  • Wilayah timur dengan pegunungan tinggi dan dataran pantai sempit.
  • Wilayah barat dengan dataran pantai yang luas, cekungan sungai dan perbukitan.
  • Wilayah pegunungan dan lembah barat daya.
  • Wilayah tenggara yang didominasi oleh Cekungan Sungai Nakdong yang luas.

Secara umum tanah Korea Selatan bergunung-gunung, yang sebagian besar belum diolah. Adapun dataran rendah yang terletak di barat dan tenggara, hanya mencakup 30% dari total luas daratan.

Setelah Perang Dunia II, Amerika Serikat mendukung perekonomian Korea Selatan.


EKONOMI KOREA SELATAN

Perekonomian Korea Selatan

Korea Selatan adalah kekuatan ekonomi global dan termasuk dalam kategori negara maju. Negara ini memiliki ekonomi terbesar kedua belas di dunia dan terbesar ketiga di Asia, setelah Jepang dan Cina.

Sat ini mitra perdagangan dan ekspor terbesar Korea Selatan adalah Cina. Negara ini telah mengalami pertumbuhan ekonomi yang pesat karena ekspor produk jadi, menjadi salah satu dari Empat Macan Asia.

Industri

Cabang terpenting dari industri ini adalah konstruksi mobil, semikonduktor, elektronik (Samsung dan LG Electronics), kapal dan industri baja.

Minyak yang diekstrak dari Pulau Jeju diproses di kilang Yosu dan Ulsan. Bijih besi diekstraksi dari Chongju dan Yangyang, batu bara kokas yang diekstraksi terutama dari Samchock dan kayu digunakan dalam industri baja.

Pusat baja terbesar adalah Inchon dan Pulau Jeju. Bahan kimia utama adalah asam sulfat, soda kaustik dan soda kalsinasi, nitrogen dan pupuk kimia, konsentrat kompleks dan petrokimia (karet, plastik, dll) yang diproduksi, khususnya, di pusat petrokimia terbesar.

Di bidang konstruksi mobil, negara ini menempati urutan kelima di dunia, menjadi produsen terbesar Hyundai dan Kia Motors.

Pertanian

Pertanian mempolarisasi 12% populasi aktif, meskipun sangat produktif pertanian di Korea Selatan tidak menyediakan kebutuhan domestik.

Separuh areal pertanian ditanami padi, 11% lahan jelai, dan sisanya dibudidayakan ubi jalar, tembakau dan kedelai.

Perdagangan

Perdagangan luar negeri tumbuh pesat pada tahun 1960-an, yang mengarah pada perkembangan ekonomi negara tersebut.

Korea Selatan mengekspor produknya ke Amerika Serikat, Republik Rakyat Cina, Jepang dan Republik Cina (Taiwan), dll.

Ekspor Korea Selatan berupa tekstil, mesin, kapal, produk listrik, mobil, barang karet, ikan kaleng dan porselen, dan produk impor utama adalah minyak, petrokimia, bahan kimia, bahan baku, mesin dan peralatan.

Transportasi dan Infrastruktur

Transportasi dan Infrastruktur Korea Selatan berkembang dengan baik, kereta api utama menghubungkan kota Seoul, Daejeon, Daegu dan Busan. Korea Selatan memiliki 11 pelabuhan utama dan 4 bandara utama.

Komunikasi juga berkembang dengan baik, Korea Selatan memiliki 84 stasiun radio AM dan 53 stasiun FM. Korea Selatan adalah produsen ponsel utama, perusahaan utamanya adalah LG dan Samsung.

Pariwisata

Pariwisata di Korea Selatan memiliki acuan terhadap industri pariwisata di Republik Korea. Pada tahun 2012, 11,1 juta turis asing mengunjungi Korea Selatan.

Hal ini menjadikannya negara ke-20 yang paling banyak dikunjungi di dunia dan ke-6 yang paling banyak dikunjungi di Asia.

Sebagian besar wisatawan non-Korea berasal dari bagian lain Asia Timur, seperti Jepang, China, Taiwan, dan Hong Kong.

Popularitas budaya populer Korea baru-baru ini, yang sering dikenal sebagai “Gelombang Korea”, telah meningkatkan kedatangan wisatawan di negara-negara ini.

Seoul adalah tujuan wisata utama bagi pengunjung. Beberapa wisata populer di luar Seoul ialah Taman Nasional Seorak-san, kota bersejarah Gyeongju dan pulau subtropis Jeju.


BUDAYA KOREA SELATAN

Budaya Korea Selatan

Korea Selatan berbagi budaya tradisionalnya dengan Korea Utara, tetapi kedua Korea telah mengembangkan bentuk budaya modern yang berbeda sejak semenanjung itu terpecah pada tahun 1945.

Secara historis, meskipun budaya Korea sangat dipengaruhi oleh negara tetangga Cina, namun berhasil berkembang sebagai identitas budaya yang berbeda dari tetangganya yang lebih besar.

Budaya yang kaya dan dinamis mencakup 19 warisan budaya manusia menurut UNESCO, yang terbesar ketiga di dunia, bersama dengan 12 situs Warisan Dunia lainnya.

Kementerian Kebudayaan, Olahraga, dan Pariwisata Korea Selatan secara aktif mendorong seni tradisional dan bentuk modern melalui program pendanaan dan pendidikan.

Industrialisasi dan urbanisasi Korea Selatan telah membawa banyak perubahan pada cara hidup orang Korea.
Perubahan ekonomi dan gaya hidup telah menyebabkan terjadinya konsentrasi penduduk di kota-kota besar, terutama di ibu kota Seoul.


PAKAIAN ADAT KOREA SELATAN

Pakaian adat Korea Selatan

Pakaian tradisional Korea merupakan salah satu nilai budaya tradisional yang masih bertahan hingga saat ini.
Sama seperti di Indonesia, Korea juga memiliki pakaian adat tradisional yang mengesankan tidak hanya untuk wanita tetapi juga untuk pria.

Hanbok yaitu pakaian tradisional negeri kimchi sejak zaman kuno. Namun di zaman modern sekarang ini, kostum ini hanya dikenakan pada hari libur, hari jadi khusus, atau pada hari pernikahan yang diwakili oleh pengiring pengantin.

Sebagaimana didefinisikan dalam kamus Korea (국어 사전), Hanbok adalah “pakaian tradisional Korea.
Lahir di era Joseon, sekarang Hanbok lebih banyak dikenakan daripada pakaian biasa selama liburan, festival, hari jadi, dan pemakaman.

Dulu, ketika pembagian kasta masih diterapkan, di Korea bahan, warna dan corak kostum menjadi dasar untuk membedakan kelas sosial.

Desainer juga banyak mengubah material, tekstur, desain dan warna untuk memperkaya pilihan pelanggan.
Hingga saat ini, Hanbok Korea masih mempertahankan keindahannya yang khas, makna tersembunyi yang dalam, tetapi diperbarui dengan lebih banyak fitur yang lebih sesuai untuk kehidupan modern.

Di zaman modern ini, siapapun bisa mengenakan kostum tradisional dari bahan apapun dengan warna atau corak apapun yang mereka inginkan.

Yang terpenting, Hanbok telah mengalami inovasi yang sangat unik untuk melayani kebutuhan masyarakat secara maksimal, sehingga pakaian adat dapat menjadi bagian permanen dari kehidupan masyarakat modern.


ARSITEKTUR KOREA SELATAN

Arsitektur Korea Selatan

Karena sejarah yang bergejolak di Korea Selatan, konstruksi dan penghancuran terus diperbarui hingga menghasilkan berbagai gaya dan desain arsitektur.

Arsitektur tradisional Korea bercirikan harmoni dengan alam. Arsitek kuno menerima sistem yang ditandai dengan atap dan lantai jerami yang disebut Hondo. Orang-orang dari kalangan atas membangun rumah-rumah yang lebih besar dengan genteng melengkung yang ramping.

Arsitektur tradisional dapat dilihat di istana dan kuil, rumah-rumah tua yang diawetkan yang disebut hanok, dan situs-situs khusus seperti lingkungan Khajo, Desa Rakyat Yangdong, dan Desa Rakyat Korea.

Arsitektur tradisional tersebut termasuk dalam Daftar Warisan Dunia UNESCO.

Arsitektur Barat pertama kali diperkenalkan ke Korea pada akhir abad ke-19. Gereja, sekolah, dan gedung universitas dibangun dengan gaya baru.

Dengan aneksasi Korea oleh Jepang pada tahun 1910, rezim kolonial ikut campur dalam warisan arsitektur Korea, dan arsitektur gaya Jepang modern diberlakukan.

Perasaan anti-Jepang dan Perang Korea menyebabkan hancurnya bangunan-bangunan yang dibangun saat itu.

Arsitektur Korea memasuki fase perkembangan baru selama Rekonstruksi Pasca-Perang Korea, yang menggabungkan tren dan gaya arsitektur modern.

Didorong oleh pertumbuhan ekonomi pada 1970-an dan 1980-an, rekonstruksi aktif menandai cakrawala baru dalam desain arsitektur.

Setelah menyelesaikan Olimpiade di Seoul pada tahun 1988, Korea Selatan telah menyaksikan variasi gaya yang luas dan merata dalam arsitekturalnya, sebagian besar disebabkan oleh pembukaan pasar arsitek asing.


KONDISI IKLIM KOREA SELATAN

Iklim Korea Selatan

Seperti pada peta Korea Selatan diatas bahwa negara tersebut memiliki iklim kontinental yang lembab dan iklim subtropis yang lembab.

Iklim tersebut dipengaruhi oleh musim hujan Asia Timur, dengan curah hujan yang lebih tinggi selama musim panas dan selama musim hujan singkat atau disebut jangma (장마), yang dimulai pada akhir Juni hingga akhir Juli.

Musim dingin bisa sangat dingin dengan suhu minimum turun di bawah -20 ° C di wilayah pedalaman negara: di Seoul, kisaran suhu rata-rata di bulan Januari adalah -7 hingga 1 ° C, dan kisaran suhu rata-rata di bulan Agustus adalah 22 hingga 30 ° C.

Suhu musim dingin lebih tinggi di sepanjang pantai selatan dan secara signifikan lebih rendah di pedalaman pegunungan.

Musim panas bisa menjadi panas dan lembab yang tidak nyaman, dengan suhu di atas 30 ° C di sebagian besar negara.

Korea Selatan memiliki empat musim yang berbeda; musim semi, musim panas, musim gugur dan musim dingin.

Musim semi biasanya berlangsung dari akhir Maret hingga awal Mei, musim panas dari pertengahan Mei hingga awal September, musim gugur dari pertengahan September hingga awal November, dan musim dingin dari pertengahan November hingga pertengahan Maret.

Curah hujan mendominasi pada bulan-bulan musim panas dari Juni hingga September. Pantai selatan sering dilanda topan musim panas dengan angin kencang, hujan lebat, dan banjir.

Curah hujan tahunan rata-rata bervariasi dari 1.370 mm di Seoul hingga 1.470 mm di Pusan.


LINGKUNGAN KOREA SELATAN

LINGKUNGAN KOREA SELATAN

Selama 20 tahun pertama pertumbuhan pertumbuhan Korea Selatan dilakukan sedikit upaya untuk melestarikan lingkungan.

Industrialisasi yang tidak terkendali dan pembangunan perkotaan telah mengakibatkan penggundulan hutan dan perusakan lahan basah yang sedang berlangsung sebagai penyelidikan negara.

Namun, ada upaya baru-baru ini untuk menyeimbangkan masalah ini, dimana pemerintah mengerjakan proyek pertumbuhan hijau lima tahun senilai $ 84 miliar yang bertujuan untuk meningkatkan efisiensi energi dan teknologi hijau.

Strategi Ekonomi Hijau adalah perombakan menyeluruh ekonomi Korea Selatan, memanfaatkan hampir dua persen dari PDB nasionalnya.

Inisiatif penghijauan mencakup upaya seperti jaringan sepeda di seluruh negeri, energi matahari dan angin, mengurangi ketergantungan kendaraan pada minyak, menghemat energi di siang hari, dan meminimalisir penggunaan teknologi yang berbahaya bagi lingkungan, seperti dioda LED dalam elektronik dan pencahayaan lainnya.

Negara berencana untuk membangun jaringan nasional generasi berikutnya yang akan 10 kali lebih cepat dari fasilitas broadband untuk mengurangi penggunaan energi.

Program default untuk energi terbarukan berjalan dari tahun 2012 hingga 2022.

Sistem kuota bergantung pada generator multinasional yang besar dan terintegrasi secara vertikal dan utilitas listrik, hanya karena sertifikat biasanya dalam satuan satuan satu megawatt-hour.

Pada tahun 2012, telah dipasang sekitar 350 pabrik mikro-kogenerasi perumahan untuk pemanas dan listrik.

Air keran di Seoul baru-baru ini menjadi aman untuk diminum, di mana pemerintah kota brendirale Aris bergerak dalam upaya untuk meyakinkan publik.

Upaya juga telah dilakukan untuk membuat proyek aforestasi. Proyek bernilai miliaran lainnya adalah rekonstruksi Cheonggyecheon, sungai yang mengalir melalui pusat kota Seoul, yang sebelumnya merupakan jalan raya beraspal.


DESTINASI WISATA KOREA SELATAN

Destinasi wisata Korea Selatan

Korea Selatan memiliki berbagai macam tempat wisata yang akan memberikan pengalaman tak terlupakan bagi pengunjungnya.

Korea Selatan telah menjadi salah satu tujuan wisata utama, melalui kombinasi unik antara arsitektur modern dan tradisional, kekayaan budaya, sejarah, teknologi, dan seni kuliner.

Seperti dalam peta Korea Selatan, Seoul menjadi tujuan wisata utama bagi sebagian besar pengunjung, bersama dengan Taman Nasional Seorak, kota bersejarah Gyeongju dan pulau semi-tropis Jeju.

Berikut tempat wisata paling spektakuler di korea selatan:

Istana Gyeongbokgung

Istana Gyeongbokgung

Dibangun pada tahun 1395, Istana Gyeongbokgung adalah yang termegah dari lima istana utama di Seoul, dibangun dengan kokoh pada masa dinasti dan Joseon.

Hancur dan dibangun kembali beberapa kali selama berabad-abad, yang dipulihkan oleh D domba R asbes M ondi.

Sebagian besar istana dihancurkan oleh api selama Perang Imjiwaeran (invasi Jepang 1592-1598), tetapi kemudian, selama Raja Gojong (1852-1919), semua 7.700 kamar dipulihkan.

Hebatnya, struktur paling representatif dari Dinasti Joseon, Paviliun Gyeonghoe-ru dan Danau Hyangwonjeong, tetap utuh.

Kami merekomendasikan mengunjungi Istana Gyeongbokgung jika Anda menyukai arsitektur tradisional Korea, lengkap jug ajika ingin mengetahui lebih lanjut tentang protokol istana.

Istana Gyeongbokgung adalah rumah bagi Museum Nasional Korea dan Museum Etnografi.

Menara N Seoul

Menara N-Seoul

Dikenal sebagai Menara Namsan atau Menara N Seoul, menara observasi ini merupakan objek wisata ikonik di Seoul dan terletak di pusat kota di Bukit Namsan.

Tingginya 236 meter (dari dasar) dan naik hingga 479 meter di atas permukaan laut.

Pertama kali dibuka untuk umum pada tahun 1980, dan kemudian dibuka kembali pada tanggal 5 Desember 2005 sebagai Menara N Seoul .

Panorama dari N Seoul Tower sangat spektakuler baik siang maupun malam hari.

Anda dapat mengunjungi salah satu dari empat dek observasi, salah satu yang paling spektakuler ialah sebuah restoran berputar.

Tentunya ada banyak toko tempat Anda bisa membeli oleh-oleh atau oleh-oleh untuk orang yang Anda cintai.

Perjalanan ke puncak dilakukan dengan elevator dua tingkat yang super cepat, dengan jendela di satu sisi dan layar LED di tiga sisi lainnya dan di langit-langit.

Bahkan ada observatorium digital untuk orang-orang dengan masalah ketinggian, yang dapat menikmati live view 360 derajat menggunakan 32 layar LED.

Untuk akses dengan mobil ke menara tersebut tidak diperbolehkan, jadi kemungkinan untuk mencapai Menara N Seoul bisa dengan berjalan kaki, dengan bus, atau melalui kereta gantung.

Bergantung pada musim atau acara, dengan bantuan sistem pencahayaan baru dan 6 proyektor, menara mengubah penampilannya karena warna yang dipantulkan dari berbagai sudut di atasnya.

Oleh karena itu, Menara N Seoul adalah tempat terbaik untuk menikmati keindahan kota sepenuhnya!

Desa Buckhon

Desa Buckhon Korea Selatan

Bukchon ( berarti desa utara ) adalah sebuah desa dengan rumah-rumah tradisional Korea yang disebut hanok, yang membentuk kelompok mencakup Gahoe-dong, Jae-dong, dan Samcheong-dong di Jongno-gu, ditempatkan di antara dua istana di Referensi Seoul: Gyeonbok dan Changdeok.

Desa adat terdiri dari banyak gang dengan suasana pedesaan 600 tahun yang lalu. Anda dapat memilih berjalan-jalan dan menyusuri gang dengan menyenangkan.

Menurut survei yang dilakukan oleh Pemerintah Metropolitan Seoul terhadap 2000 turis asing, eksplorasi jalan-jalan sempit dan indah di Bukchon menempati peringkat ke-4 dalam aktivitas paling menyenangkan di Seoul.

Sekarang desa Buckhon adalah pusat budaya, yang memungkinkan wisatawan untuk merasakan suasana Dinasti Joseon, dan juga sebagai lokasi di mana film dan serial lokal sering difilmkan.

Hanya di sini Anda berkesempatan untuk mengagumi karya seni asli pengrajin rakyat seperti kostum tradisional atau bahkan pakaian pesta untuk istana.

Detail pada kostum menunjukkan pangkat orang tersebut, dan yang paling umum adalah sulaman dengan naga, jerapah, singa, dan burung pegar.

Bukchon adalah tempat yang tepat untuk menghabiskan sore yang santai dan memberi Anda perasaan seperti di Korea kuno karena arsitektur dan jalannya yang sempit.

Museum Nasional Korea

Museum Nasional Korea

Tempat wisata di Seoul ini menyuguhkan sejarah dan karya seni orang Korea yang luar biasa.

Museum tersebut merupakan salah satu yang terbesar di Asia, terletak di distrik kota Yongsan (dekat dengan Itaewon).

Musium ini berfokus pada arkeologi, sejarah dan seni dan mencakup banyak koleksi karya dan benda berusia lebih dari satu juta tahun.

Ada artefak kuno dan prasejarah, patung, lukisan, dan karya seni lainnya, bersama dengan banyak koleksi benda dan barang antik.

Insa – dong

Insa - dong

Lingkungan yang unik ini penuh dengan toko-toko yang menjual produk-produk tradisional Korea dan merupakan tempat yang menarik di mana Anda dapat mengunjungi berbagai galeri seni atau museum.

Toko-toko tersebut menjual barang-barang seperti hanji (kertas tradisional, kerajinan tangan), hanbok (pakaian tradisional), teh, keramik, dan karya seni unik.

Galeri di Insa-dong menampilkan semua jenis seni Korea. Pada hari Minggu, lalu lintas ditutup dan Insa – dong menjadi pekan raya besar di mana Anda dapat melihat pertunjukan tari tradisional Korea serta pameran budaya lainnya.

Selain daripada wisata tersebut korea sangat banyak berbagai wisata lainnya yang tak kalah indahnya. Selengkapnya Anda dapat melihat melalui peta Korea Selatan.


Penutup

Demikian sajian informasi mengenai peta Korea Selatan beserta karakteristik wilayah, sejarah, dan budaya didalamnya.

Kami harap dengan ulasan tersebut dapat menambah wawasan mengenai peta Korea Selatan yang dapat mempermudah dalam belajar dan mengenalinya. Terimakasih dan semoga bermanfaat.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *