sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Memahami Smash Bola Voli: Pengertian, Teknik, Cara Latihan & Kesalahannya

smash bola voli
smash bola voli

Smash Bola Voli – Ketika kamu ingin bermain bola voli, tentunya harus tahu beberapa teknik yang harus dikuasai. Salah satunya seperti teknik smash bola voli, yang sebenarnya tidak mudah dilakukan. Smash yang baik adalah smash yang mampu memukul bola dengan sangat kuat dan menukik ke pihak lawan.

Namun banyak yang tidak paham bagaimana cara sebenarnya melakukan smash yang baik dan benar. Oleh karena itu penting sekali bagi kamu untuk mempelajari teknik tersebut.

Pengertian Smash Bola Voli

Saat kamu melihat pertandingan bola voli tentu pernah melihat salah satu pemain memukul bola dengan keras dan membuat lawan tidak mampu menghalaunya. Itu dinamakan dengan pukulan smash dan menjadi pukulan andalan untuk pertandingan bola voli.

Bahkan pada beberapa pertandingan tangan lainnya seperti bulu tangkis juga mengandalkan smash untuk bisa membuat lawan gagal mengembalikan bola dan mendapatkan poin. Pukulan smash selalu diupayakan sangat kuat dan membuat bola bergerak sangat cepat.

Sementara itu pada permainan bola voli, smash sering menjadi senjata utama untuk mendapatkan poin dan menjadi pemenang. Tapi untuk bisa melakukan smash bola voli yang baik, perlu kerja sama tim yang baik dan pemain yang bisa memukul dengan kuat.

Tentunya jika sudah memahami teknik melakukan smash, kamu bisa meniru aksi-aksi para pemain bola voli profesional yang memukul smash dengan kuat dan menukik.

Teknik Smash Bola Voli

Teknik Smash Bola Voli
Teknik Smash Bola Voli

Pada permainan bola voli, smash bagi para pemula bukan sesuatu yang mudah. Banyak yang bisa melakukan smash tapi gagal memukul bola dengan kuat dan menukik. Oleh sebab itu penting sekali mempelajari tekniknya. Berikut ini teknik yang harus kamu pelajari:

  • Teknik Awalan pada Smash Bola Voli.

  1. Tahap pertama siapkan tubuh kamu di lapangan dengan menjaga jarak dari net mulai 2,5 meter sampai 4 meter.
  2. Setelah itu buat tubuh kamu jadi rileks, tenang dengan bentuk sedikit bungkuk ke depan.
  3. Usahakan juga menyeimbangkan berat tubuh ketika masih di bawah. Sebab jika tidak akan menyebabkan lompatan menjadi tidak sempurna dan jatuh. Bahkan kamu bisa juga cedera jika gagal menyeimbangkan berat tubuh.
  • Teknik Tolakan

  1. Ketika posisi tubuh sudah siap melakukan smash, selanjutnya maju sekitar 1 sampai 2 langkah menuju ke arah net.
  2. Saat sekiranya sudah dekat dan berjarak cukup ideal, gunakan salah satu kaki sebagai tumpuan sambil dihentakkan ke tanah.
  3. Pada saat itu juga ayunan tangan melambai ke atas depan sambil kaki yang terus menyesuaikan diri agar tenaga bisa dikeluarkan dengan maksimal.
  • Teknik Pukulan Smash Bola Voli.

  1. Ketika kamu sedang melayang di udara, tarik bahu dan juga lengan ke arah belakang untuk persiapan memukul bola yang dikirimkan oleh rekan.
  2. Saat itu juga usahakan mata terus fokus ke arah bola yang sedang dikirimkan agar bisa menyesuaikan posisi tubuh dengan bola.
  3. Selanjutnya arahkan telapak tangan menuju ke bola dengan posisi yang terbuka. Pukul sekuat tenaga dengan mendorong bahu dan lengan ke arah bola tersebut.
  4. Lalu di saat pola sudah mengenai telapak tangan, usahakan juga memanfaatkan kaki agar bisa menambah tenaga yang dikeluarkan. Lakukan tolakan kaki ke arah atas agar tubuh bisa lebih tinggi sambil memukul bola sekuat tenaga.
  • Teknik Landing atau Mendarat setelah memukul bola

  1. Setelah melakukan pukulan, biarkan tubuh turun dengan menyiapkan kedua kaki sebagai tumpuan utama.
  2. Saat kaki sudah menginjak kembali lapangan bola voli, tekuk lutut pada saat itu juga agar bisa meredam tekanan berat badan yang diterima oleh kaki.
  3. Upayakan saat turun tubuh dalam kondisi rileks dan tidak kaku agar bisa mendarat dengan nyaman dan aman.

Baca Juga: √Ukuran Lapangan Bola Voli


Cara Latihan Smash Bola Voli

Cara Latihan Smash Bola Voli
Cara Latihan Smash Bola Voli

Smash bukan merupakan sesuatu yang mudah jika kamu jarang melakukan latihan. Tapi jika sering latihan maka kemampuan smash kamu bisa lebih baik dan bisa dengan mudah mendapatkan poin.

Berikut ini beberapa latihan yang harus kamu lakukan:

1. Melatih Jangkauan Loncatan

Latihan pertama yang harus dilakukan adalah mengenai jangkauan loncatan. Para pemain profesional selalu mampu melompat tinggi agar bisa menghindari blocking yang dilakukan lawan. Berikut ini caranya:

  • Siapkan sebuah wilayah yang rata dengan ukuran 15 meter.
  • Setelah itu, berdiri dan buka kaki sedikit, lutut ditekuk sedikit dan posisikan tubuh seperti jongkok.
  • Ayunkan kedua tangan ke atas dan kemudian lompat setinggi mungkin dengan memakai kaki sebagai tumpuan dan lutut sebagai pendorong tambahan.
  • Pada saat akan melompat, kamu harus siap mengayunkan tangan seperti akan melakukan smash.
  • Lompat setinggi mungkin sambil mempraktikkan gerakan smash.
  • Lakukanlah gerakan melompat ini sebanyak 6 set di mana setiap setnya terdiri dari 10 lompatan ke arah depan.

2. Memperkuat Daya Tahan Tubuh

Untuk bisa menghasilkan pukulan smash bola voli yang sangat kuat,kamu harus memiliki kekuatan tubuh yang baik. Salah satunya adalah daya tahan tubuh yang kuat agar bisa mendukung ketika sedang melakukan smash.

Jika daya tahan tubuh tidak kuat, maka kamu tidak akan bisa memukul dengan kuat. Daya tahan tubuh juga akan mendukung teknik lain seperti blocking, passing dan lain-lain.

Cara menjaga daya tahan tubuh adalah dengan rutin push up, sit up dan lain-lain dengan jumlah yang naik secara bertahap.

3. Meningkatkan Kekuatan Ayunan

Ketika sudah bisa melakukan gerakan smash, tugas selanjutnya memperkuat pukulan atau ayunan tangan. Agar bisa memukul bola dengan kuat, kamu harus rajin push up, melakukan angkat beban seperti barbel dan olahraga tangan lainnya.

Usahakan rutin mengayunkan barbel memutar untuk bisa melatih kekuatan tangan. Selain itu usahakan juga melakukan olahraga yang bisa meningkatkan kekuatan kaki, perut dan bagian lainnya. Semua bagian tubuh akan saling mendukung untuk melakukan smash.

Meski kamu harus lebih fokus ke peningkatan kekuatan tangan, lengan dan juga bahu.

Baca Juga: √ Penjelasan Lengkap Lompat Jangkit

Kesalahan Smash Bola Voli

Kesalahan Smash Bola Voli
Kesalahan Smash Bola Voli

1. Langkah awalan terlalu lebar akibat salah penghitungan. Efeknya kamu gagal melompat tepat di mana bola dikirimkan teman.

2. Melompat saat bola sudah di atas kepala. Dampaknya bola akan melewati tubuh kamu dan smash gagal dilakukan. Meski berhasil, biasanya kekuatan yang dihasilkan tidak akan maksimal.

3. Siku ditekuk terlalu dalam. Hal ini akan menyebabkan jangkauan tangan lebih pendek dan bisa saja gagal melakukan smash.

4. Melakukan pendaratan setelah smash hanya memanfaatkan satu kaki saja dan tidak ngeper. Tindakan ini bisa berdampak sangat fatal yaitu mengakibatkan cedera karena beban tubuh hanya ditahan satu kaki saja.

5. Saat melakukan pukulan, tubuh terlalu miring saat melompat. Efeknya smash tidak akan bisa mengarah dengan baik.

6. Tidak kreatif dalam upaya menghindari blocking yang dilakukan pihak lawan.

7. Memukul bola dengan cara menggenggam. Teknik ini tidak benar dan akan membuat kamu kesulitan mengarahkan bola saat smash.

8. Hanya menggunakan satu kaki saat melompat. Meski sebagian orang terbiasa dengan ini, tapi usahakan menggunakan kedua kaki saat melompat. Agar ketinggian yang diraih bisa maksimal.

9. Menekuk kaki saat melompat yang bisa menyebabkan tubuh tidak bisa terbang lebih tinggi untuk meraih bola dan memukul.

Memahami teknik smash bola voli sangat penting sekali. Mengingat smash bukan merupakan sesuatu yang mudah dilakukan semua orang. Dengan memahami tekniknya, kamu bisa melakukan smash secara benar dan keras.

Baca Juga: √ Jumlah Pemain Sepak Bola

Akhir Kata

Demikianlah pembahasan mengenai smash bola voli beserta dengan pengertian, cara, teknik dan kesalahan yang harus dihindari dalam melakukan smash bola voli. Semoga bermanfaat.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *