sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Ukuran Lapangan Kasti dan Perlengkapannya beserta Gambar (Lengkap)

ukuran lapangan kasti
ukuran lapangan kasti

Ukuran Lapangan Kasti – Ketika kamu masih kecil, kasti menjadi salah satu permainan yang tidak pernah lupa dimainkan setiap harinya. Karena memang permainan ini sangat seru sekali. Bahkan ada juga perlombaan kasti dengan ukuran lapangan kasti yang sudah ditentukan sebelumnya.

Jadi sebenarnya ukuran lapangan tersebut ada ketentuan pastinya. Sehingga jika kamu ingin menyelenggarakan sebuah kompetisi resmi, maka harus mengikuti ketentuan ukuran lapangan tersebut.

Ukuran Lapangan Kasti

gambar ukuran lapangan kasti

Lapangan menjadi bagian yang paling penting ketika kamu memainkan olahraga kasti. Tanpa membuat sebuah lapangan yang ideal, maka permainan kasti tidak akan bisa seru dan mengasyikkan. Lapangan yang ideal mampu memberikan ruang untuk berlari dan juga mengejar tim lawan.

Tentunya lapangan yang ideal itu bukan seperti lapangan kasti yang sering kamu buat sehari-hari waktu kecil. Ada beberapa ketentuan yang harus dipenuhi agar lapangan kasti itu bisa dikatakan ideal dan bahkan juga sudah bisa dikatakan berstandar.

Secara umum lapangan kasti ini memiliki bentuk persegi panjang dengan area yang cukup luas. Sebab para pemain perlu ruang berlari yang bebas tanpa adanya benda yang menghalangi. Selain itu bola yang dilemparkan tim penjaga juga bisa kena pelempar dengan tepat tanpa terkena benda lain dulu.

Secara umum, panjang lapangan kasti adalah sekitar 60 meter sampai dengan 70 meter. Sementara itu lapangan kasti memiliki lebar sekitar 30 meter. Lalu dari ukuran itu akan terbagi-bagi menjadi beberapa bagian dengan bantuan garis. Ada ruang tunggu dengan ukuran 10 meter.

Kemudian kamar pemukul ukuran panjang 5 meter dan lebarnya 5 meter. Ruang bebas memiliki ukuran panjang 15 meter dan lebar 5 meter.

Jarak penandaan yaitu 1 meter. Kemudian dengan ukuran lapangan tersebut, kamu masih harus memberikan beberapa garis-garis agar memudahkan jalannya permainan.


Baca Juga: √Ukuran Lapangan Bola Voli


Pengertian Kasti

pengertian kasti
pengertian kasti

Jika kamu masih bingung apa itu permainan kasti, ini merupakan sebuah permainan lapang di mana ada dua regu yang saling bertempur. Permainan kasti memanfaatkan bola tenis untuk bisa menembak lawan dengan tepat dan menembak pada batu yang disusun.

Di bawah ini sekilas cara bermain kasti:

• Pada awalnya batu itu disusun dengan rapi berdiri tegak. Lalu kedua regu akan berusaha merobohkan susunan batu tersebut dengan menggunakan bola tenis. Regu yang berhasil merobohkan akan berlari menjauh. Karena regu yang tidak berhasil merobohkan akan melemparkan bola kasti ke mereka.

• Jika sampai kena lemparan maka regu itu akan kalah dan berpindah posisi. Tapi jika regu yang merobohkan tadi berhasil menyusun batu itu kembali seperti semula atau berdiri tegak, maka akan menjadi pemenang.

• Namun mereka harus menghindari setiap lemparan bola yang dilakukan agar tidak kalah. Ada juga versi lain dari permainan kasti ini. Pertama untuk menentukan regu mana yang menjadi penjaga tumpukan batu dan penyusun akan ditentukan terlebih dulu.

• Lalu setelah itu regu penjaga akan melemparkan bola ke regu penyusun agar mereka gagal menyusun kembali tumpukan batu itu. Oleh karena itu, permainan ini membutuhkan kekompakan dan kerja sama tim yang sangat tinggi.

• Selain itu versi lainnya jauh lebih menarik lagi. Setelah terbagi menjadi dua regu, maka satu dijadikan tim jaga dan tim satunya menjadi pemukul. Lalu ada beberapa pos yang disiapkan dengan garis dan tiang untuk tempat berlindung regu pemukul.

• Para pemain di tim atau regu pemukul akan bergantian berusaha memukul bola yang diumpankan. Saat tim pemukul berhasil memukul bola itu, maka akan berlari menuju ke pos-pos yang sudah disediakan dengan garis.

• Namun saat berlari mereka harus waspada, sebab tim jaga akan menangkap bola yang dipukul tadi dan menembaknya ke pemain tim pemukul yang lari tadi. Jika sampai kena, maka mereka dianggap mati. Jika mereka berhasil lolos, maka harus segera masuk ke garis di dalam pos itu untuk berlindung.

• Saat pemain lain memukul dan berhasil terlempar jauh, pemain lainnya akan berlari lagi ke pos selanjutnya sampai menuju ke pos awal tempat pukulan atau disebut dengan rumah. Jika semua pemain di tim pemukul berhasil lolos melewati semua pos dan kembali ke tempat pukulan maka dinyatakan menang.

Ada Juga Tips Olahraga Lompat Jangkit di Sini

Pola Garis Pada Lapangan Kasti

Pola Garis Pada Lapangan Kasti

Lapangan kasti memiliki garis-garis yang akan memudahkan para pemain untuk menjalankan permainan. Jenis kasti yang sering digunakan adalah yang bergaya seperti bisbol yaitu tanpa batu tumpukan. Para pemain bisa memanfaatkan pos-pos untuk berlindung dari serangan tim jaga.

Dengan ukuran lapangan kasti yang termasuk sangat besar, ada pembagian beberapa tempat di dalamnya. Tempat itu seperti untuk memukul, mengumpan bola, wasit, pos dan lain-lain.

Berikut ini penjelasan pola garis berdasarkan gambar yang ada pada halaman ini paling bawah:

  • A pojok luar = adalah panjang ukuran lapangan.
  • B pojok luar = lebar lapangan kasti.
  • Gambar bendera = bertujuan untuk bendera penanda.
  • Kotak warna merah = sebagai tempat di mana pemain tim pemukul melakukan pukulan.
  • Romawi I = menjadi lokasi rekan tim pemukul mengumpan bola. Bentuk garis area ini adalah kotak dengan ukuran 5 meter.
  • Romawi II = area batas di mana pemukul bisa melakukan pukulan dan tidak boleh melebihi garis tersebut. Ukuran area ini adalah 5 meter dengan bentuk kotak tepat di bawah romawi I.
  • Romawi III = tempat rekan tim pelambung mengumpan bola. Memiliki ukuran yang sama dengan romawi I tadi.
  • Romawi IV dan gambar laki-laki = menjadi tempat ruang bebas dan lokasi di mana wasit berada. Lapangan ini memiliki ukuran yang lebih luas sampai panjangnya 15 meter dan lebarnya 5 meter.
  • Lingkaran dengan arsir = menjadi lokasi pos untuk tim pemukul berlindung. Ukuran area ini adalah 1 meter dan jumlahnya ada 3 lokasi yang disebar ke seluruh lapangan kasti.

Peralatan dan Perlengkapan Permainan Kasti

Peralatan dan Perlengkapan Permainan Kasti
Peralatan dan Perlengkapan Permainan Kasti

Setelah tahu bagaimana rincian lapangan permainan kasti, selanjutnya kamu juga harus tahu mengenai alat dan perlengkapan apa saja yang dibutuhkan untuk memainkan olahraga seru ini. Berikut ini alat dan perlengkapannya:

  • Bola Kasti

Bola kasti biasanya akan memanfaatkan bola tenis. Kamu juga bisa menggunakan bola lain yang memiliki ukuran sama. Namun pastikan bahannya adalah karet dengan lapisan serat maupun kain. Agar tidak begitu sakit ketika terkena lemparan-nya.

  • Tongkat Bola

Tongkat bola secara umum biasanya memiliki ukuran panjang sekitar 50 cm sampai dengan 60 cm. Kemudian bahan yang digunakan biasanya kayu yang tidak begitu ringan dan tidak begitu berat. Tapi kamu harus memilih kayu yang sekiranya sangat kuat agar tidak mudah patah.

  • Bendera Kecil

Bendera kecil akan ditempatkan pada setiap sudut lapangan dan memiliki fungsi sebagai tanda lapangan. Kamu bisa menggunakan bahan apa saja tapi warnanya usahakan harus cerah. Agar mudah terlihat.

Gambar Lapangan Kasti

Berikut ini contoh gambar desain lapangan kasti:

  1. gambar lapangan kasti
  2. gambar lapangan kasti dengan rumput hijau

Mengingat kasti merupakan permainan yang sangat seru, kamu harus paham ukuran lapangan kasti dan beberapa perlengkapan lainnya. Sehingga kamu bisa memainkan olahraga ini lebih seru, karena menggunakan lapangan yang sudah berstandar.

Baca Juga: Jumlah Pemain Sepak Bola

Akhir Kata

Demikianlah sajian informasi mengenai ukuran lapangan kasti beserta gambar dan perlengkapannya, semoga membantu dalam belajar dan mempermudah dalam memahaminya.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *