sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Ukuran Lapangan Takraw: Pembagian dan Sejarah (Lengkap)

ukuran lapangan takraw

Ukuran Lapangan Sepak Takraw – Di dalam dunia olahraga, sepak takraw sudah menjadi jenis permainan yang tidak asing lagi. Tapi bagi masyarakat umum olahraga ini masih belum begitu familiar.

Apalagi ukuran lapangan sepak takraw termasuk kecil untuk permainan bola, membuat olahraga ini semakin terlihat aneh bagi sebagian orang.

Tapi justru dari situlah permainan ini sangat menarik dilihat. Sebab ukuran yang kecil akan membuat permainan semakin seru.

Para pemain berusaha mengembalikan bola dengan lincah dan tangkas meski ukuran lapangannya termasuk cukup kecil.

Ukuran Lapangan Sepak Takraw

Ukuran Lapangan Sepak Takraw

Jauh berbeda dengan olahraga bola yang selama ini kamu lihat, sepak takraw memiliki ukuran lapangan yang sangat kecil.

Mungkin kamu juga sudah pernah melihatnya sekilas ketika sedang menonton pertandingan sepak takraw untuk negara se-Asia Tenggara.

Ukuran lapangan sepak takraw sangat kecil sekali dengan jumlah pemain yang juga sedikit. Lapangan yang sempit akan memaksa para pemainnya untuk bergerak dengan lincah, atletis dan cekatan.

Sebab bola bisa saja jatuh ke tanah dan menjadi poin bagi pihak musuh.

Ukuran lapangannya seperti cenderung ke ukuran lapangan bola voli. Apalagi banyak juga yang menyebut sepak takraw merupakan gabungan sepak bola dan bola voli. Karena permainanya kaki untuk menghalau bola, namun bola itu tidak boleh jatuh ke tanah.

Panjang ukuran lapangan ini sekitar 13,40 meter dengan lebar 6,10 meter. Kemudian dari panjangnya itu dibagi menjadi dua untuk kedua tim yang bertanding.

Di bagian tengah ada net sebagai pembatas lapangan dengan ukuran seluas lapangan bola voli, para pemain harus menghalau dan mengembalikan setiap bola takraw yang datang dengan menggunakan kaki.

Bahkan cara smashnya juga dengan kaki lewat gaya seperti salto.

Sejarah Sepak Takraw

sejarah sepak takraw

Meski kamu familiar dengan olahraga sepak takraw, tapi jarang sekali melihat pertandingannya kan? Meskipun sebenarnya, olahraga ini sering juga dimainkan pada kompetisi-kompetisi olahraga tingkat nasional.

Memang masyarakat umum sangat asing sekali melihat pertandingan sepak takraw secara langsung. Sebab di Indonesia sendiri, olahraga ini hanya dikenal di kawasan Kalimantan, Sumatra dan juga Sulawesi. Selain itu juga di kawasan Pulau Jawa bagian barat.

Jadi jika kamu tidak tinggal diantara beberapa lokasi itu, sangat sulit menemukan pertandingan langsung sepak takraw. Banyak juga negara-negara di kawasan Asia Tenggara yang mengenal sepak takraw.

Tidak heran jika ketika ada kompetisi olahraga tingkat Asia Tenggara, selalu ada lomba sepak takraw.

Ini merupakan sebuah permainan yang muncul saat Kesultanan Melayu masih berjaya. Pada masa lalu, olahraga ini disebut juga dengan sepak bola namun cara permainannya berbeda.

Bukti sepak takraw dari bangsa Melayu adalah ditemukannya olahraga ini pada sejarah Malaysia.

Saat pemerintahan Sultan Mansur, Shah Ibni Almarhum Sultan Muzaffar Shah yang memiliki anak yaitu Raja Ahmad mulai dari 1459 sampai 1477.

Dia mengalami pengasingan dari negara asalnya setelah diduga melakukan pembunuhan terhadap anak dari seorang bendahara di kerajaan itu.

Penyebabnya adalah konflik masalah olahraga. Dan kemungkinan olahraga yang dimaksud adalah sepak takraw ini.



Pembagian Ukuran Lapangan Sepak Takraw

Jika kamu amati, olahraga sepak takraw ini memiliki garis-garis lapangan yang sangat berbeda dengan olahraga lainnya.

Ada garis khusus yang menjadi tempat di mana para pemain melakukan servis menggunakan kaki. Selain itu ada juga bagian-bagian lainnya yang ada di dalam lapangan.

Pembagian ukuran ini didasarkan pada jumlah pemain yang ada di dalam lapangan. Selain itu juga didasarkan pada gaya permainan sepak takraw yang mengandalkan kaki dan ketangkasan. Berikut ini pembagian ukurannya lebih rinci lagi:

  • Dimensi Ruang Lapangan Sepak Takraw

Dimensi Ruang Lapangan Sepak Takraw

Dalam pembuatan sebuah lapangan sepak takraw, kamu tidak bisa langsung memberikan garis-garis per bagian. Namun harus terbentuk dulu bentuk lapangan inti dengan ukuran yang sudah disesuaikan standar yang ada.

Bentuk inti lapangan sepak takraw adalah persegi panjang dengan ukuran panjangnya yaitu 13,4 meter. Panjang lapangan ini diambil tengahnya dan diberi garis untuk membagi menjadi dua bagian bagi masing-masing tim. Kemudian lebar lapangan adalah 6,1 meter.

Lalu setelah membentuk lapangan inti berupa persegi panjang dengan dibagi dua bagian, selanjutnya kamu harus memberikan lingkaran tepat di tengah pada masing-masing bagian.

Lingkaran tepat di tengah area tim ini berfungsi untuk lokasi melakukan servis. Ukurannya adalah berdiameter 0,3 meter atau 30 cm.

Kemudian bagian lainnya adalah sebuah kawasan yang bebas dari penton dengan dibatasi sebuah garis yang berukuran 2 meter.

Garis ini akan menjadi bagan yang paling luar dari sebuah lapangan sepak takraw. Semua garis yang kamu berikan di dalam lapangan harus memiliki lebar 4 cm.

Tidak jarang lapangan sepak takraw di bangun pada sebuah ruangan atau indoor. Sebab jika outdoor memang sangat rawan terjadi hujan dan masalah-masalah lainnya. Tapi jika kamu ingin mendirikan lapangan indoor, maka tinggi minimal ruangan itu adalah 8 meter.

  • Ukuran Tinggi Tiang & Net Sepak Takraw

Ukuran Tinggi Tiang & Net Sepak Takraw

Setelah menyiapkan area pembangunan dengan ukuran lapangan sepak takraw sesuai standar, selanjutnya adalah memberi kelengkapannya.

Salah satu kelengkapan lapangan sepak takraw adalah net. Kamu tidak bisa sembarangan membuat net untuk pertandingan sepak takraw.

Mengingat tingginya berbeda dari permainan bola voli karena sepak takraw menggunakan kaki. Pada garis tengah yang membagi dua lapangan menjadi lokasi pemasangan net. Tingginya adalah 1,55 meter dengan tinggi bagian tengahnya paling pendek adalah 1,52 meter.

Selain itu tiang untuk net ditempatkan di luar lapangan sedikit menjauh dengan jarak 30 cm. Bahan untuk net sepak takraw terbuat dari nilon dan lebar setiap lubang net adalah 6 cm sampai dengan 8 cm. Lebar net adalah 0,70 meter dengan panjangnya yang menyesuaikan lapangan atau 6,1 meter.

  • Ukuran dan Bahan Bola Sepak Takraw

Ukuran dan Bahan Bola Sepak Takraw

Bola sepak takraw juga memiliki ukuran tersendiri yang memiliki standar tersendiri. Bahan yang digunakan biasanya terbuat dari rotan yang dianyam berbentuk bulat.

Saat ini juga sudah banyak sekali bola sepak takraw berbahan plastik sintetis yang juga sangat kuat dan bisa memantul.

Anyaman pada setiap bola itu memiliki lapisan mulai 9 lilitan dan ada juga yang 11 lilitan. Diameter pada bola tersebut adalah minimal 41 cm dan maksimal 43 cm. Anyaman tidak boleh sembarangan karena jumlah lubang anyamannya harus ada 12 buah.

Kemudian beratnya 170-180 gram untuk pria dan untuk wanita 150-160 gram.

  • Ukuran Takraw Ne Soccer Wanita Takraw

Ukuran Takraw Ne Soccer Wanita Takraw

Tinggi bersih untuk takraw ne soccer wanita takraw adalah 1,45 meter di bagian samping dan kemudian di tengah minimal 1,42 meter.

Seluruh balok adalah 30 cm dan berada di luar garis. Bahan net yang digunakan terbuat dari nilon dengan lebar kotaknya adalah mulai 6 cm sampai 8 cm.

Sementara itu ukurannya secara total adalah lebar atau tingginya 70 cm dan panjangnya 6,10 cm.

Ternyata ukuran lapangan sepak takraw hampir mirip dengan bola voli, tapi memiliki garis-garis yang unik dan berbeda.

Jika belum pernah melihat langsung, setelah membaca artikel ini kamu sudah bisa membayangkan bagaimana bentuk lapangannya.



Akhir Kata

Demikian penjelasan megnenai ukuran lapangan takraw beserta pembagian dan sejarahnya. Semoga bermanfaat dan mempermudah kita dalam memahami materi ukuran lapangan takraw sepenuhnya.

sindunesia Sindunesia, pembelajar beragama dan berbudaya yang suka calistung.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *